aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 06 Juli 2013

Di Dunia Online, Privasi Telah Mati

Para facebooker ramai-ramai mengancam akan menutup akunnya di jejaring sosial itu. alasannya, facebook mengumbar privasi setiap membernya. Mark Zukelberg, penciptanya akhirnya angkat bicara. ia mengakui, facebook telah melakukan kesalahan dan segera mengubah kebijakannya.

Sebenarnya facebook menyediakan banyak opsi dalam pengaturan privasi. jika sampai ada privasi yang terbuka untuk semua orang, kemunginan penggunanya belum mengetahui bagaimana cara settingnya.

Apa sih sebenarnya privasi? menurut wikipedia, privasi adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. 

Aku duga Mark menganggap para member yang memprotes kebijakan yang membiarkan privasi tersebut adalah orang-orang yang belum siap menghadapi dunia online. dan saya sangat menyetujui.

Di dunia online seperti sekarang ini privacy is dead. di dunia online, tak ada lagi yang bisa disembunyikan. kita berselancar di dunia maya seperti telanjang. semua orang bisa melihat, memperhatikan, menghakimi dan mencatat, membincangkannya di social media. baik itu di blog, twitter, koprol, foursquare, forum, youtube dan lainnya.

Saat ini setiap orang, adalah pemburu berita sekaligus nara sumber. siapapun dia setiap hari bisa memposting, membincangkan sesuatu yang berhubungan dengan teman, kenalan atau orang lain sesuai dengan persepsi mereka sendiri. begitu juga kita tak bisa melarang setiap orang menuliskan persepsinya tentang kita dan apa yang kita lakukan. 

Era web 2.0 memang dahsyat. internet mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati sebelum bertindak, berpikir sebelum berbicara atau menulis/ memposting. para onliner sekarang ini seperti menggantikan tugas malaikat pencatat amal baik dan amal buruk.

Memang perlu waktu untuk terbiasa dengan karakter internet yang sangat egaliter itu. faktanya masih banyak orang yang gagap menghadapi karakter dunia online sekarang ini. pernah seorang tweeple yang marah-marah ketika postingannya di jadikan headline sebuah media. menurutnya, media harus minta ijin sebelum mempublikasikan. seorang yang keberatan itu lupa, mereka sedang berbicara di ruang publik. 

Jadi bagi mereka yang tidak siap dengan karakter internet, tidak usah sekali-sekali masuk ke dunia online. kembali saja ke dunia masa baheula. mungkin pilihan ini akan lebih menenteramkan. dan jangan lupa menuliskan pengalaman itu dalam buku diary dan menguncinya rapat.
Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar