aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 13 Oktober 2012

Sejarah mengapa 1 menit = 60 detik

Bilangan 60 digunakan untuk menyatakan waktu, sejam 60 menit, semenit 60 detik. Bilangan 60 ini digunakan pertama kali oleh bangsa Sumeria, jadi mereka berhitung dengan basis 60 atau disebut juga Sexagesimal.

 
 

Alasan kenapa digunakan bilangan 60 adalah bilangan ini bilangan terkecil yang bisa dibagi oleh enam angka pertama yaitu: 1,2,3,4,5,6.

Jadi dengan mudah kita bisa terbayang: 1/2 jam = 30 mnt, 1/3 jam = 20 menit, 1/4 jam = 15 menit, dst. Bayangkan kalau satu jam = 100 menit, berarti 1/3 jam = 33,333 mnt??? Kalo kata orang, itu ngga bunyi …

Kalo kata matematisnya, 60 itu highly composite number, atau bilangan yang angka pembaginya/faktornya banyak, yaitu 1,2,3,4,5,6,10,12,15,20,30,60.

Detik
Detik atau sekon adalah satuan waktu dalam SI (Sistem Internasional, lihat unit SI) yang didefinisikan sebagai durasi selama 9.192.631.770 kali periode radiasi yang berkaitan dengan transisi dari dua tingkat hyperfine dalam keadaan ground state dari atom cesium-133 pada suhu nol kelvin.

Dalam penggunaan yang paling umum, satu detik adalah 1/60 dari satu menit, dan 1/3600 dari satu jam.

Sejarahnya
Pada awalnya, istilah second dalam bahasa Inggris dikenal sebagai "second minute" (menit kedua), yang berarti bagian kecil dari satu jam. Bagian yang pertama dikenal sebagai "prime minute" (menit perdana) yang sama dengan menit seperti yang dikenal sekarang.

Besarnya pembagian ini terpaku pada 1/60, yaitu, ada 60 menit di dalam satu jam dan ada 60 detik di dalam satu menit.

Ini mungkin disebabkan oleh pengaruh orang-orang Babylonia, yang menggunakan hitungan sistem berdasarkan sexagesimal (basis 60).

Istilah jam sendiri sudah ditemukan oleh orang-orang Mesir dalam putaran bumi sebagai 1/24 dari mean hari matahari. Ini membuat detik sebagai 1/86.400 dari mean hari matahari.

Di tahun 1956, International Committee for Weights and Measures (CIPM), dibawah mandat yang diberikan oleh General Conference on Weights and Measures (CGPM) ke sepuluh di tahun 1954, menjabarkan detik dalam periode putaran bumi disekeliling matahari di saat epoch, karena pada saat itu telah disadari bahwa putaran bumi di sumbunya tidak cukup seragam untuk digunakan sebagai standar waktu.

Gerakan bumi itu digambarkan di Newcomb's Tables of the Sun (Daftar matahari Newcomb), yang mana memberikan rumusan untuk gerakan matahari pada epoch di tahun 1900 berdasarkan observasi astronomi dibuat selama abad ke-18 dan 19.

Dengan demikian detik didefinisikan sebagai 1/31.556.925,9747 bagian dari tahun matahari di tanggal 0 Januari 1900 jam 12 waktu ephemeris.

Definisi ini diratifikasi oleh General Conference on Weights and Measures ke sebelas di tahun 1960. Referensi ke tahun 1900 bukan berarti ini adalah epoch dari mean hari matahari yang berisikan 86.400 detik. Melainkan ini adalah epoch dari tahun tropis yang berisi 31.556.925,9747 detik dari Waktu Ephemeris.

Waktu Ephemeris (Ephemeris Time - ET) telah didefinisikan sebagai ukuran waktu yang memberikan posisi obyek angkasa yang terlihat sesuai dengan teori gerakan dinamis Newton.

Dengan dibuatnya jam atom, maka ditentukanlah penggunaan jam atom sebagai dasar pendefinisian dari detik, bukan lagi dengan putaran bumi.

Dari hasil kerja beberapa tahun, dua astronomer di United States Naval Observatory (USNO) dan dua astronomer di National Physical Laboratory (Teddington, England) menentukan hubungan dari hyperfine transition frequency atom caesium dan detik ephemeris.

Dengan menggunakan metode pengukuran common-view berdasarkan sinyal yang diterima dari stasiun radio WWV, mereka menentukan bahwa gerakan orbital bulan disekeliling bumi, yang dari mana gerakan jelas matahari bisa diterka, di dalam satuan waktu jam atom.

Sebagai hasilnya, di tahun 1967, General Conference on Weights and Measures mendefinisikan detik dari waktu atom dalam International System of Units (SI) sebagai

Durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133.

Ground state didefinisikan di ketidak-adaan (nol) medan magnet. Detik yang didefinisikan tersebut adalah sama dengan detik ephemeris. Definisi detik yang selanjutnya adalah disempurnakan di pertemuan BIPM untuk menyertakan kalimat

Definisi ini mengacu pada atom caesium yang diam pada temperatur 0 K. Dalam prakteknya, ini berarti bahwa realisasi detik dengan ketepatan tinggi harus mengkompensasi efek dari radiasi sekelilingnya untuk mencoba mengextrapolasikan ke harga detik seperti yang disebutkan di atas.

Setiap orang wajib tahu waktu, oleh karena itu mari kita pelajari konversi atau perubahan waktu berikut ini :
  • 1 Detik = Sama Dengan Seper 60 Menit (1/60 Detik)
  • 1 Menit = Sama Dengan 60 Detik
  • 1 Jam = Sama Dengan 60 Menit
  • 1 Jam = Sama Dengan 3.600 Detik
  • 1 Hari = Sama Dengan 24 Jam
  • 1 Hari = Sama Dengan 1.440 Menit
  • 1 Hari = Sama Dengan 86.400 Detik
  • 1 Minggu = Sama Dengan 7 Hari
  • 1 Bulan = Sama Dengan 28 Sampai 31 Hari
  • 1 Bulan = Sama Dengan 4 Minggu
  • 1 Caturwulan Atau Cawu = Sama Dengan 4 Bulan
  • 1 Semester = Sama Dengan 6 Bulan
  • 1 Tahun = 365 Sama Dengan Hingga 366 Hari
  • 1 Tahun = Sama Dengan 12 Bulan
  • 1 Dasawarsa = Sama Dengan 10 Tahun
  • 1 Abad = Sama Dengan 100 Tahun  
http://forum.vivanews.com

Efek Optimisme Terhadap Jantung

  
Penelitian medis terbaru memastikan akan pentingnya optimisme dan berita gembira, dan memperingatkan bahaya pesimisme, terutama terhadap pasien jantung, bagaimana dengan ajaran agama kita? Mari kita baca ...
Betapa agungnya ilmu dan pengajaran yang dibawa oleh Islam, dan betapa indahnya ayat-ayat Al-Quran, sebagaimana indahnya sabda Nabi Muhammad saw ... Bahwa beliau (Nabi saw) selalu menunjukkan sikap optimis dan memberikan berita gembira berupa rahmat dari Allah, dan beliau tidak pernah merasa sedih atas berbagai urusan dunia, karena beliau selalu mengamalkan firman Allah: "Katakanlah: "Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan". [Yunus: 58]. 

Bahwa nabi saw juga mengagumi dan memotivasi untuk memiliki sikap dan berjiwa optimis, sebagaimana beliau sangat jauh dari orang-orang yang pesimis, bahkan melarang takhayul dan "pandangan hitam/pesimis" terhadap masa depan. 

Karena itu Allah SWT berfirman: 
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (Al-Ahzab:21) 

Maka wajib bagi kita meneladani sunnahnya dan mengambil petunjuk darinya; untuk tidak berjiwa pesimis tapi selalu optimis terhadap hal-hal yang baik, karena ia merupakan salah satu akhlak nabi saw.
Namun bagaimana dengan ilmu pengetahuan modern, apakah ada penemuan ilmiah yang mengkonfirmasikan tentang ajaran Nabi pembawa rahmat ini ? 

Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa seseorang yang berjiwa pesimis dapat membinasakan dirinya, terutama bagi seorang yang mengidap penyakit jantung. Dalam penelitian menunjukkan adanya tingkat kerentanan bagi penyakit jantung yang berakibat pada kematian, terutama pada saat terjadi sikap pesimis yang memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan jantungnya. 

Dr. John Barefoot dari Pusat Medis Universitas Duke of America berkata: ini adalah penelitian awal yang menguji seberapa besar pengaruh motivasi terhadap pasien dalam kesembuhan penyakitnya, yang akhirnya mempengaruhi peluang mereka untuk bertahan hidup. 

Pada penelitian sebelumnya difokuskan pada dampak harapan pasien terutama yang berhubungan dengan kondisi penyakitnya, kemampuannya untuk melanjutkan hidup secara normal, dan secara khusus yang berkaitan dengan aktivitas dan latihan fisik. Namun sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa pengaruh sikap optimisme seorang pasien pada kesehatan fisiknya sangatlah besar. 

Para peneliti dari Duke University of America melakukan penelitian terhadap 2800 pasien yang menderita sakit arteri koroner, setidaknya, setiap mereka menderita penyumbatan pada arteri. Dan pada kesempatan itu, para pasien diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengukur ekspektasi mereka tentang kemampuan mereka untuk pulih dari penyakit dan pola pemulihan kehidupan normal. 

Menurut penelitian tersebut disebutkan bahwa 978 pasien meninggal dalam kurun waktu 6-10 tahun sejak dimulainya penelitian ini. Hal ini mengungkapkan bahwa 66% penyebab kematian mereka adalah karena penyakit arteri koroner. 

Hasil studi ini menyebutkan adanya tingkat kematian terhadap pasien yang menunjukkan sikap pesimis terhadap kesehatan mereka, yaitu dua kali lipat dibandingkan dengan pasien lain. 

Menurut sudut pandang peneliti; adalah sesuatu yang wajar jika terjadi hubungan antara depresi dengan meningkatnya angka kematian pada seseorang, walaupun hasil temuan saat ini menunjukkan besarnya dampak harapan pasien pada pemulihan dan kesahatan dari penyakitnya, meskipun ada faktor-faktor psikologis atau sosial lainnya. 

Dr "Barefoot" menegaskan bahwa penelitian memberikan nasihat kepada para dokter akan pentingnya memberikan perhatian khusus terhadap sudut pandang dan pola fikir pasien tentang penyakitnya, karena hal ini akan berdampak pada pemulihan. Sebagaimana dijelaskan bahwa pasien yang memiliki harapan positif (optimis) terhadap penyakitnya, tidak hanya akan memperbaiki perasaannya saja, namun juga dapat memberikan harapan untuk hidup lebih lama. 

Dari temuan-temuan ilmiah ini dapat kita fahami akan pentingnya sikap optimis, terutama orang yang beriman akan rahmat Allah, sebagaimana firman-Nya:
“Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang yang besar dari Allah, dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman”. (Al-Imran:171). 

Dan Nabi saw sendiri merasa takjub dengan segala urusan orang beriman, karena seluruhnya mengandung kebaikan: Jika ditimpa musibah (kesusahan) bersabar maka itu adalah baik baginya, dan jika ia ditimpa kesenagan bersyukur dan itu juga baik baginya!! 

Dari sini kita mendapatkan dua pelajaran tentang ciri orang yang bertaqwa: sabar dan syukur. Karena itu orang yang beriman memiliki ciri khas tersendiri daripada orang yang tidak beriman melalui dua karakter tadi, terutama pada saat berhadapan dan berinteraksi dengan kehidupan dan problematikanya.  

Bahwa sabar dan syukur membuat orang beriman lebih optimis dan jauh dari sikap pesimis, karena ia sadar bahwa Allah selalu bersamanya, dan tidak akan merasa khawatir dengan masa depannya, apalagi surga telah menunggunya sehingga dirinya tidak akan merasa bersedih hati terhadap sesuatu yang luput darinya, dan tidak takut terhadap keburukan yang sedang dihadapinya.  

Allah SWT berfirman:“Ingatlah, Sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. [Yunus: 62-64]. 

Apakah ada sesuatu yang lebih indah yang dimiliki orang yang beriman dari kabar gembira di dunia ini dan di akhirat nanti, apa yang dia inginkan setelah itu?
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai- sungai di dalam syurga yang penuh kenikmatan. Do'a mereka di dalamnya Ialah:  "Subhanakallahumma", dan salam penghormatan mereka Ialah: "Salam" dan penutup doa mereka Ialah: "Alhamdulilaahi Rabbil 'aalamin". (Yunus:9-10)  
Sumber : www.kaheel7.com/id

Keajaiban Ilahi Pada Penciptaan Matahari dan Hikmah Diciptakannya Empat Musim yang Berbeda

  
Nah, sekarang coba lihat peredaran matahari pada garis edarnya dalam jangka waktu satu tahun. Setiap hari matahari itu terbit dan terbenam mengikuti peredaran yang telah ditetapkan oleh penciptanya, tidak akan lebih cepat dan tidak akan lebih lambat. Kalaulah bukan karena terbit dan terbenamnya matahari tentu kita tidak bisa mengenal siang dan malam. Dan kita tidak akan dapat mengetahui waktu. Kegelapan akan menyelimuti bumi atau cahaya mentari akan selalu menyinarinya sehingga tidak dapat lagi dibedakan kapan waktu mencari kehidupan dan kapan waktu istirahat.

Coba perhatikan bagaimana Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui menetapkan perjalanan timur dan barat yang jauh itu. Perjalanan pertama mendaki hingga sampai ke puncaknya, perjalanan kedua menurun hingga sampai ke dasarnya. Matahari dan bulan bergerak perlahan berpindah dari satu posisi ke posisi yang lain hingga sampai pada tujuannya.

Dari perjalanan yang telah ditetapkan oleh kudrat Ar-Rabb Yang Maha Kuasa itu terjadilah empat musim yang berbeda. Yakni musim panas, musim dingin, musim gugur dan musim semi. Jika perjalanan matahari condong menurun dari garis tengah langit maka udara akan dingin pertanda datangnya musim dingin. Jika perjalanan matahari tepat di garis tengah pertanda musim panas. Jika posisi perjalanan matahari di antara keduanya maka udara akan normal. Manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan memperoleh keuntungan dari keempat musim tersebut. Dan perbedaan musim itu pula yang menyebabkan perbedaan jenis makanan, kondisi tumbuh-tumbuhan, warnanya, kebutuhan hewan dan bahan pangan serta yang lainnya.

Sekarang coba lihat hikmah di balik keempat musim tersebut. Sekiranya Allah hanya memberi satu musim saja tentunya manfaat dari ketiga musim lainnya akan terluput. Sekiranya yang ada hanya musim panas saja tentu manfaat musim dingin akan terluput. Demikian pula sebaliknya, jika yang ada hanya musim dingin saja tentu manfaat musim panas akan terluput. Demikian pula bila yang ada hanya musim gugur saja atau musim semi saja.

Pada musim dingin, panas akan terkonsentrasi ke dalam rongga atau perut bumi dan gunung sehingga menumbuhkan benih-benih buah dan tumbuhan. Sementara permukaan bumi akan diselimuti hawa dingin. Udara akan longgar sehingga menghasilkan awan, hujan, salju dan es yang merupakan salah satu unsur kehidupan bumi dan penduduknya, tubuh hewan akan bertambah kuat dan kokoh melebihi kekuatan alami yang telah dimiliki sebelumnya. Kotoran pada tubuh sisa-sisa musim panas akan terhapus dengannya.

Pada musim semi, sirkulasi alam akan bergerak. Benih-benih yang tumbuh pada musim dingin sekarang mulai bertunas dan berbunga. Pepohonan mulai menghijau. Hewan-hewan bergerak untuk menghasilkan keturunan. Pada musim panas suhu akan meningkat dan akan sangat panas. Buah-buahan akan matang. Kotoran-kotoran sisa musim dingin akan terhapus dari badan. Hawa dingin akan terkonsentrasi ke perut bumi. Oleh sebab itulah mata air dan sumur menjadi dingin airnya. Lambung tidak kesukaran melumat makanan yang keras seperti halnya pada waktu musim dingin. Sebab lambung dibantu dengan suhu panas pada musim panas yang terpusat ke perut. Ketika datang musim panas suhu akan memancar dari permukaan kulit secara otomatis suhu dingin akan menghilang.

Apabila datang musim gugur, suhu akan kembali normal, udara akan menjadi jernih dan lambat laun akan menjadi dingin. Semua itu agar tidak terjadi perubahan secara drastis dari panas yang bersangatan menjadi dingin yang bersangatan. Jika demikian tentu akan sangat menyusahkan dan sangat merugikan. Jika perubahan itu terjadi secara perlahan dan teratur tentu tidak akan menyulitkan. Sebab manusia dan hewan dapat mempersiapkan dirinya untuk menyambut suhu yang lebih bersengatan. Sehingga ia dapat menyambut gelombang udara dingin setelah melakukan persiapan. Itu jelas merupakan hikmah yang amat agung dan tanda kekuasaan ilahi yang sangat besar. Demikian pula musim semi, merupakan perantara dari musim dingin kepada musim panas. Makhluk-makhluk bisa menyesuaikan diri berpindah dari udara dingin kepada udara panas dengan perlahan dan teratur.

Kemudian coba perhatikan terbitnya matahari menyinari alam semesta ini. Coba perhatikan bagaimana Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menetapkannya! Karena sekiranya matahari itu muncul di satu tempat di atas langit lalu berhenti di situ dan tidak bergeming dari tempatnya tentu saja sinarnya tidak akan sampai ke seluruh belahan bumi. Tentu hanya satu belahan bumi yang tersinari oleh sinarnya. Sudah pasti bagi belahan bumi yang tidak kebagian sinar matahari akan diselimuti kegelapan malam terus menerus. Sementara belahan bumi yang kebagian sinar akan diterangi siang terus menerus. Tentu semuanya akan kacau balau.

Maka merupakan hikmah ilahi dan inayah rabbani adalah menetapkan tempat terbitnya pada pagi hari dari arah timur sinarnya akan menerangi sampai ke ufuk barat. Demikianlah matahari terus bergerak hingga berakhir di ufuk barat. Dan akan menyinari belahan bumi yang tidak tersinari olehnya pada pagi hari. Maka terjadilah perbedaan siang dan malam antara orang yang di timur dan di barat. Dengan demikian maslahat mereka bisa terpenuhi.

Kemudian coba perhatikan posisi matahari dengan bulan. Allah telah memberi cahaya pada bulan dan sinar pada matahari. Coba perhatikan bagaimana Allah menciptakan gugusan-gugusan bintang dan garis edar yang akan dilalui oleh keduanya fase demi fase. Dengan begitu terjadilah perputaran waktu dalam setahun dan sempurnalah perhitungan waktu di bumi ini yang sangat dibutuhkan umat manusia demi maslahat mereka. Dengan waktu itu dapat diketahaui perhitungan jam kerja dan tenggang waktu bagi proses utang piutang, sewa menyewa, mu’amalah, bilangan dan berbagai macam maslahat lainnya. Sekiranya matahari dan bulan tidak beredar pada garis edarnya dan tidak berpindah dari satu fase ke fase yang lainnya tentu manusia tidak akan mengenal waktu. Allah telah mengingatkan hal tersebut pada sejumlah ayat di dalam Al Qur’an, di antaranya adalah firman Allah:

“Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manjilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.” (Yunus: 5)

Dalam ayat lain Allah berfirman:
“Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Rabbmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan.” (Al Isra’: 12)


Sumber: Majalah Asy Syariah

Penilaian Ilmuwan Non Muslim Tentang Keajaiban Al-Qur'an

 
Al Quran pun diakui kemukjizatannya oleh tokoh-tokoh non muslim.Berikut beberapa pendapat tokoh – tokoh non muslim tentang AL- QUR’AN :

1.Harry Gaylord Dorman
dalam buku “Towards Understanding lslam”, New York, 1948, p.3, berkata: “Kitab Qur’an ini adalah benar-benar sabda Tuhan yang didiktekan oleh Jibril,sempurna setiap hurufnya, dan merupakan suatu mukjizat yang tetap aktual hingga kini, untuk membuktikan kebenarannya dan kebenaran Muhammad.”

2.Prof. H. A. R. Gibb
dalam buku “Mohammadanism”, London,1953, p. 33, berkata seba-gai berikut: “Nah, jika memang Qur’an itu hasil karyanya sendiri, maka orang lain dapat menandinginya. Cobalah mereka mengarang sebuah ungkapan seperti itu. Kalau sampai mereka tidak sanggup dan boleh dikatakan mereka pasti tidak mampu, maka sewajarnyalah mereka menerima Qur’an sebagai bukti yang kuat tentang mukjizat.”   

3.Sir William Muir 
dalam buku “The Life of Mohamet”, London, 1907; p. VII berkata sebagai berikut: “Qur’an adalah karya dasar Agama Islam. Kekuasaannya mutlak dalam segala hal, etika dan ilmu pengetahuan.”

4.DR. John William Draper
dalam buku “A His-tory of the intelectual Development in Europe”, London, 1875, jilid 1 ,p. 343-344, berkata: “Qur’an mengandung sugesti-sugesti dan proses moral yang cemerlang yang sangat berlimpah-limpah; susunannya demikian fragmenter, sehingga kita tidak dapat membuka satu lembaran tanpa menemukan ungkapan-ungkapan yang harus diterima oleh sekalian orang. Susunan fragmenter ini, mengemukakan teks-teks, moto dan peraturan- peraturan yang sempurna sendirinya, sesuai bagi setiap orang untuk setiap peristiwa dalam hidup.”

5.DR. J. Shiddily
dalam buku “The Lord Jesus in the Qur’an”, p. 111 , berkata: “Qur’an adalah Bible kaum Muslimin dan lebih dimuliakan dari kitab suci yang manapun, lebih dari kitab Perjanjian Lama dan kitab perjanjianBaru.”

6.Laura Vaccia Vaglieri
dalam buku “Apologie de I’Islamism, p. 57 berkata: “Dalam keselu-ruhannya kita dapati dalam kitab ini, suatu koleksi tentang kebijaksanaan yang dapat diperoleh oleh orang-orang yang paling cerdas, filosof-filosof yang terbesar dan ahli-ahli politik yang paling cakap… Tetapi ada bukti lain tentang sifat Ilahi dalam Qur’an, adalah suatu kenyataan bahwa Qur’an itu tetap utuh melintasi masa-masa sejak turunnya wahyu itu hingga pada masa kini…Kitab ini dibaca berulang-ulang oleh orang yang beriman dengan tiada jemu-jemunya. Keistimewaannya pula, Qur’an senantiasa dipelajari/dibaca oleh anak-anak sejak sekolah tingkat dasar hingga tingkat Profesor. 

“ Sebaliknya malah karena diulang- ulang ia makin dicintai sehari demi sehari. Qur’an membangkitkan timbul-nya perasaan penghormatan dan respek yang mendalam, pada diri orang yang membaca dan mendengarkannya…. Oleh karena itu bukan dengan jalan paksaan atau dengan senjata, tidak pula dengan tekanan mubaligh-mubaligh yang menyebabkan penyiaran Isiam besar dan cepat, tetapi oleh kenyataan bahwa kitab ini, yang diperkenalkan kaum Muslimin kepada orang-orang yang ditaklukkan dengan kebebasan untuk menerima atau menolaknya adalah kitab Tuhan. Kata yang benar, mukjizat terbesar yang dapat diperlihatkan Muhammad kepada orang yang ragu dan kepada orang yang tetap berkeras kepala.”

7.Prof. A. J. Amberry
dalam buku “De Kracht van den Islam”, hlm. 38, berkata: “Qur’an ditulis dengan gaya tak menentu dan tidak teratur, yang menunjukkan bahwa penulisnya di atas segala hukum-hukum pengarang manusia.”

8.G. Margoliouth
dalam buku “Introduction to the Koran” (kata pendahuluan untuk buku J. M. H. Rodwell), London, 1918, berkata: “Diakui bahwa Our’an itu mempunyai kedudukan yang penting diantara kitab-kitab Agama di dunia. Walau kitab ini merupakan yang terakhir dari kitab-kitab yang termasuk dalam kesusasteraan ini, ia tidak kalah dari yang mana pun dalam effeknya yang mengagumkan, yang telah ditimbulkannya terhadap sejumlah besar manusia yang telah menciptakan suatu phase kemajuan manusia dan satu tipe karakter yang segar.”

9.George Sale
dalam buku “Joseph Charles Mardrus-Premilinary Discourse”, berkata: “Di seluruh dunia diakui bahwa Qur’an tertulis dalam bahasa Arab dengan gaya yang paling tinggi, paling murni….diakui sebagai standard bahasa Arab… dan tak dapat ditiru oleh pena manusia… Oleh karena itu diakui seba gai mukjizat yang besar, lebih besar daripada membangkitkan orang mati, dan itu saja sudah cukup untuk meyakinkan dunia bahwa kitab itu berasal dari Tuhan.”

10. E. Denisen Ross 
dari “Introduction to the Koran-George Sale”, p. 5, berkata: “Qur’an memegang peranan yang lebih besar terhadap kaum Muslimin daripada peranan Bible dalam agama Kristen. Ia bukan saja merupakan sebuah kitab suci dari kepercayaan mereka, tetapi juga merupakan text book dari upacara agamanya dan prinsip-prinsip hukum kemasyarakatan…..Sungguh sebuah kitab seperti ini patut dibaca secara meluas di Barat, terutama di masa-masa ini, di mana ruang dan waktu hampir telah dipunahkan oleh penemuan-penemuan modern.”

11.James A. Michener 
dalam “Islam the Misun-derstood Religion Readers Digest”, Mei 1955, berkata sebagai berikut: “Berita Qur’an inilah yang mengusir patung–patung dewa, dan memberikan ilham kepada manusia untuk merevolusikan hidup dan bangsa mereka…. Kombinasi antara persembahan kepada Satu Tuhan ditambah dengan perintah prakteknya yang membuat Qur’an menjadi khas. Bangsa yang beragama di Timur yakin bahwa negara mereka hanya akan diperintah dengan baik apabila hukum–hukumnya sejalan dengan Qur’an.

12W.E. Hocking 
dalam “Spirit of World Politics -New York 32″, p. 461 , berkata: “…saya merasa benar dalam penegasan saya, bahwa Qur’an berisi amat banyak prinsip-prinsip yang diperlukan untuk pertumbuhannya sendiri. Sesungguhnya dapat dikatakan bahwa hingga pertengahan abad ke-13, Islamlah pembawa segala apa yang tumbuh yang dapat dibanggakan oleh dunia Barat.”

13.Napoleon Bonaparte
Dari “Stanislas Cuyard-Ency des Sciences Religioses”, Paris, 1880, jilid IX, p. 501 berkata sebagai berikut: ” Selama abad-abad pertengahan, sejarah Islam peradaban sepenuhnya. Berkat keuletan kaum Musliminlah maka ilmu pengetahuan dan falsafah Yunani tertolong dari kebinasaan, dan kemudian datang membangunkan dunia Barat serta membangkitkan gerakan intelektual sampai pada pembaruan Bacon. Dalam abad ke-7 dunia lama itu sedang dalam sakaratulmaut. Muhammad memberi kepada mereka sebuah Qur’an yang rnerupakan titik tolak ke arah dunia baru.”

Dari buku “Bonaparte et I’Islarn oleh Cherlifs, Paris, p. 105, berkata sebagai berikut: “I hope the time is not far off when I shall be able to unite all the wise and educated men of all the countries and establish a uniform regime based on the prinsiples of the Qur’an wich alone can lead men to happiness. Artinya: Saya meramalkan bahwa tidak lama lagi akan dapat dipersatukan semua manusia yang berakal dan berpendidikan tinggi untuk memajukan satu kesatuan kekuasaan yang berdasarkan prinsip–prinsip ajaran Islam, karena hanyalah Qur’an itu satu-satunya kebenaran yang mampu memimpin manusia kepada kebahagiaan. 

Fakta Ilmiah Biologi dalam Al-Qur'an

  
”Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga percaya?” (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 30 )

Bayangkan di Gurun Pasir Arab, dimana air hampir tidak ada, al-Qur ‘an mengatakan semuanya diciptakan dari air, siapa yang akan percaya?.Al Qur ‘an mengatakan Semua nya diciptakan dari air di tempat yang tidak ada air. Semua makhluk Hidup mempunyai sel, baik yang bersel satu ataupun bersel banyak. Didalam satu sel tersebut terdapat Sitoplasma. Hari ini kita tahu bahwa Sitoplasma yang merupakan zat isi pokok dari sel hidup mengandung 80% air. Semua makhluk hidup mengandung 50-70% air.dan tanpa air makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Dan terbukti kebenarannya. Alqur ‘an bertanya : “Kami jadikan semuanya makhluk hidup dari air. Apakah kalian tidak percaya?” dia bertanya kepada semua manusia, dan dia menginginkan jawabannya

Firman Allah :
”Dan Allah telah menciptakan semua makhluk hidup (dabbah) dari air, maka sebagian dari makhluk itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. An-Nur(24) : 45 )
”Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.” (Q.S. Al-Furqon : 54 )

Wallahu ‘alam ….

Alqur an dan Botany
 

Kita baru-baru ini tahu tanaman memiliki dua jenis kelamin, jantan dan betina sebelumnya kita tidak tau. Bahkan tanaman yang tidak berjenis kelamin pun memiliki ciri-ciri jantan dan betina. 

Allah berfirman :
"Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang berbeda. (Q.S. Thohaa(20) : 53 )

Al-Qur ‘an mengatakan “berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang berbeda” berarti Al-Qur ‘an mengatakan bahwa jenis kelamin dari tumbuhan berbeda, ada yang jantan dan ada yang betina,

Firman Allah :
”Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan / dua dan dua (zawjaynitsnayni), Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. Ar-Ra’du(13) : 3 )

Al qur ‘an mengatakan bahwa “buah-buahan berpasang-pasangan / dua dan dua (zawjaynitsnayni)” yang berarti jantan dan betina.

Wallahu ‘alam…

Al qur ‘an dan Zoology   

  

-Burung


Firman Allah :
”Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat-umat/komunitas seperti kalian. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun di dalam Al Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.” (Q.S. Al-An ‘am (6) : 38 )

Ilmu pengetahuan sekarang telah tahu bahwa binatang dan burung hidup dalam komunitas seperti juga manusia.

Al Qur ‘an menjelaskan tentang burung:

”Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman”. (Q.S. An-Nahl(16) : 79 )

”Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya(amsaka) (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu.”(Al-Mulk(67) : 19 )


Ayat ini dari Al-Qur ‘an yang kita ketahui dari perkembangan Ilmu Pengetahuan sekarang ini bahwa Burung memiliki rencana ‘migrasi’ yang tertentu. Burung-burung muda pun bisa terbang jauhan mil tanpa penunjuk arah.Contoh nya adalah yang diberikan oleh Prof. Humberger dalam bukunya “ Power Envigility” yaitu burung Maten yang tinggal di Pasifik. Dia melakukan perjalanan lebih dari 15.000 mil butuh waktu sekitar 6 bulan dan dia kembali lagi hanya 1 minggu setelah dia sampai. Bagaimana mungkin? Tanpa penunjuk arah, ribuan mil terus bisa pulang lagi tanpa tersesat. Kata Professor ini ‘harus ada yang memprogram mereka’, Siapa yang memprogram mereka? Dalam Alqur ‘an kita temukan jawabannya : “Tidak ada yang menahannya(amsaka) (di udara) selain Yang Maha Pemurah” Yang Maha Pemurah lah yang memprogram mereka. Kata Al-Qur ‘an “amsaka” digunakan untuk menahan dan melihat (mengawasi) .

- Tawon 

   

Firman Allah SWT :
” Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu(fasluki) yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”.(Q.S. An-nahl(16) : 68-69)  

Apa Maksud Al-Qur an mengatakan “dan tempuhlah jalan Tuhanmu(fasluki)” ?
Konfris, seorang ilmuwan yang mendapatkan hadiah Nobel tahun 1973 ketika dia menjelaskan kelakuan dari binatang terutama soal komunikasi dari lebah. Hari ini kita telah tahu bahwa ketika seekor lebah pekerja menemukan sebuah bunga yang baru atau kebun baru tempat dia mengambil madu dia akan pergi dan memanggil teman-temannya. Arah yang tepat dan peta tempat kebun terssbut disebut dengan “Tarian Lebah” ketika hari ini kita tahu dengan fotogarafis tingkat tinggi bagaimana cara komunikasi ini diberikan. Jenis kelamin lebah yang digunakan ayat ini ialah betina termaktub dalam kata kerja “fasluki” 

Kata kerja untuk perempuan(karena kata ganitnya ‘ki’ (dia(perempuan), maka sang lebah adalah betina. Sebelumnya kita berfikir bahwa lebah jantan lah yang menjadi pekerja tidak heran Shakes peare dengan drama dan puisinya menulis “ Lebah Pekerja, Lebah Jantan datang dan melapor pada sang raja” tetapi sekarang kita tahu bahwa bukan kepada raja dia melapor tapi kepada Ratu. Lebah Pekerja bukanlah lebah jantan tapi betina. Bayangkan Al-qur ‘an telah menulis jenis kelamin lebah pekerja 1400 tahun yang lalu yang baru kita temukan sekarang.
  

- Al-Qur-an dan Laba-Laba, Semut

”Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah(mudah hancur) ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.(Q.S. Al-ankabut(29) : 41)

Selain Al Qur an dalam ayat ini mengatakan bahwa “Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah(mudah hancur) ialah rumah laba-laba” maka ada satu lagi keburukan dari rumah tangga laba-laba yaitu Laba-laba betina seringkali membunuh laba-laba jantan

- Semut

“Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari";(QS An-Naml(27) : 17-18)” 

Mungkin orang-orang akan berfikir setelah membaca ayat tersebut buku dongeng seperti apa Al-Qur an ini ? Al-Qur ‘an sedang bercerita tentang semut yang berbicara sesama mereka. Al-Qur ‘an ini buku dongeng, kata mereka. Tapi sekarang kita tahu bahwa binatang apa saja, serangga apa saja yang memiliki kemiripan paling dekat dengan manusia ialah semut. Semut mengubur yang sudah mati sama seperti manusia.mereka memiliki metode pekerjaan yang rumit, dari mulai pemimpin, pengawas, pekerja dan lain lain,mereka sering bertemu untuk berbincang-bincang,mereka tahu tempat mereka bertukar barang,mereka menyimpan butir padi dimusin dingin dan ketika butir padi mulai berkuncup mereka memotong kuncupnya seolah para semut tau bahwa kuncup bisa me,buat butir padi membusuk.musim hujan apabila butir padi basah, mereka mengeluarkan nya ke sinar matahari agar mongering, seolah mereka tau bahwa kelembaban akan merusak system akar yang menyebabkan butir2 padi membusuk. Al-Qur ‘an bicara tentang semut 1400 tahun yang lalu.
Wallahu 'alam...

Al-Qur ‘an dan Embriologi 

  

Ada sekelompok pelajar Arab mengumpulkan semua hal di dalam Al qur an yang berhubungan dengan embriologi lalu dan menunjukkan pada Prof. Keith Moore ,Kepala dan ketua Anatomi dari Universitas Toronto di Kanada dan juga salah satu pihak otoritas di dunia dalam bidang Embriologi. Ketika Prof Keith Moore menganalisa terjemahan ayat2 Al-Qur ‘an yang berhubungan dengan Embriologi bahwa sebagian besar yang Al-Qur ‘an katakan tentang Embriologi sesuai dengan penemuan terbaru dalam bidang Embriologi. (Prof ini mengatakan ‘sebagian besar’ bukan berarti yang lainnya salah tapi karena belum diketahui dan selanjutnya Prof. Keith Moore melakukan analisis terhadap terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut)

Firman Allah SWT dalan surah ‘Alaq(96) ayat 1-2 :
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah/sesuatu yang lengket/bahan yang seperti lintah(‘alaq).” Kata ‘‘alaq’ didalam Alqur ‘an memiliki tiga arti segumpal darah/sesuatu yang lengket/bahan yang seperti lintah

Prof. Keith Moore mengatakan bahwa dia tidak tau apakah embrio itu seperti lintah atau tidak, lalu dia ke laboratorium, dibawah mikroskop yang sangat kuat dia melihat bentuk tahap awal Embrio dan membandingkannya dengan foto lintah.dan dia heran pada bentuk yang sangat menyerupai lintah.

Dan sewaktu ditanya tentang Embriologi? Sewaktu Prof. Keith Moore ditanya mengenai pertanyaan inti tentang Embriologi yang diambil dari Al-Qur’an dan hadist? Ia menjawab Apabila pertanyaan ini ditanyakan 30 tahun yang lalu maka aku hanya bisa menjawab lebih 50% nya karena perkembangan dari embriologi hanya baru-baru ini 10-50 tahun baru berkembang. Dan Prof. Keith Moore tentang membuat ‘Perkembangan Manusia’ buku dalam cetakan barunya ,cetakan ke tiga dia memasukkan penemuan terbarunya yang ia dapatkan dari Al-Qur ‘an dan Hadist. Yang menjadikan buku itu sebagai buku medis terbaik. Dan buku tersebut menajdi ‘buku wajib’ dalam bidang Embriologi apabila sang mahasiswa ingin mendapatkan nilai tinggi. Kemudian buku tersebut diterjemahkan dalam berbagai bahasa dunia. Selanjutnya Prof. Keith Moore mengatakan bahwa saya tidak keberatan mengatakan bahwa Muhammad SAW adalah Rasulullah dan Al-Qur’an pasti wahyu dari Allah SWT. (Pen,- di masuk Islam)

Firman Allah SWT dalam Surah Tariq(86) ayat 5-7 :
“Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan?,Dia diciptakan dari air yang terpancar,yang keluar dari antara tulang sulb/Sumbu tulangbelakang dan tulang dada/ungkit tulang rusuk iga.”   

Sekarang kita tau bahwa organ alat kelamin seperti tertis pada pria dan ovarium pada wanita. Pada masa embrionik mereka berkembang dari suatu ruang dimana ginjal berada antara tulang belakang dan tulang rusuk. Kemudian testis yang turun dari ‘ungkit(tulang rusuk)’ menuju ke dalam ‘strotum’, ovarium pada wanita menuju pada tulang pinggul.  

Tapi pada masa Embrionik Embrio ada di antara tulang sulb/Sumbu tulang belakang dan tulang dada/ungkit tulang rusuk iga. Bahkan pada masa dewasa setelah organ genital turun tetap saja mereka menerima persediaan darah,suplai gizi dan pembuangan kotoran pada tempat yang sama yaitu antara tulang sulb/Sumbu tulang belakang dan tulang dada/ungkit tulang rusuk iga.”


Firman Allah SWT dalam surah Mukminun (23) : 13 :
‘Kemudian Kami jadikan Nutpah dalam tempat yang kokoh (rahim)’

Surah Hajj(22) : 5 :
‘ Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari Nutfah, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.’

Al-Qur ‘an mengatakan bahwa Manusia dijadikan dari ‘Nutfah’ dalam Al-Qur ‘an disebutkan 11 kali, dan kata ‘Nutpah’ disebutkan sebanyak 12 kali. ‘Nutpah’ artinya sejumlah kecil dari cairan

Firman Allah SWT dalam Surah Sajdah(32) : 8 : Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati (sulalah) dari cairan .

Kata arab ‘sulalah’ berarti jumlah yang sangat sedikit atau bagian terbaik dari keseluruhan. Sekarang kita mengetahui hanya ada 1 sperma yang menembus/membuahi sel telur dari sekitar 10 juta yang dikeluarkan bersama air mani. Al-qur ‘an mengatakan ini dengan kata sulalah’ berarti jumlah yang sangat sedikit atau bagian terbaik dari keseluruhan atau dengna kata ‘Nutpah’ artinya sejumlah kecil dari cairan.

Firman Allah SWT surah Insan (76) : 2 :
‘Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari (nutfatin amsaj) yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.”

Kata Arab nutfatin amsaj berarti sejumlah kecil cairan yang bercampur , ini mengacu pada sewaktu suami istri melakukan ‘hubungan’ dan membentuk zigot, proses ini masih dinamakan ‘Nutpah’ artinya sejumlah kecil dari cairan. Itu juga mengacu pada cairan sperma yang mengandung beberapa ‘sekresi’ dari berbagai macam ‘glen’ misalnya ‘testis’ yang mengandung ‘spermatozoa’. Itu juga termasuk pada sekresi dari ‘seminalfesil’, air mani yang merupakan tempat penyimpanan dari spermatozoa tapi tidak mengandung alat perantara yang membawa. Itu jga mengacu pada pengeluaran dari ‘kelenjar prostat’ yang memberi tekstur krim dan bau dengan sifat tertentu pada sperma, begitu juga dengan kelenjar yang berhubungan dengan ‘uretra’ , kelenjar litera yang memberikan tekstur khusus daripada sperma. Al-Qur ‘an mengatakan nutfatin amsaj berarti sejumlah kecil cairan yang bercampur . 

Firman Allah SWT dalam surah Zumar(39) : 6
“Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga jalan kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?”

Apa maksud tiga jalan kegelapan’? Prof. Keith Moore mengatakan ‘tiga jalan kegelapan’ adalah mengacu pada bagian dalam pada perut ibu, tembok rahim dan selaput janin.

Al-Qur ‘an telah menggambarkan tahap-tahap Embriologi dengan perincian yang sangat hebat,
Firman Allah SWT Surah Mu’minun (23) : 12-14 ; “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah,Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani(nutfah) (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh/aman (Qararimmakin).,Kemudian air mani(nutfah) itu Kami jadikan segumpal darah(‘alaqah) lalu segumpal darah(‘alaqah) itu Kami jadikan segumpal daging(mudghah), dan segumpal daging (mudghah), itu Kami jadikan tulang belulang(‘izhoman), lalu tulang belulang(‘izhoman) itu Kami bungkus dengan daging(lahman). Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.”

Jadi Al-Qur an menggambarkan perkembangbiakan manusia : Nutfah (setetes kecil dari cairan)- ‘alaqah (sesuatu yang melekat)- mudghah (gumpalan berbentuk tabung)- ‘izhoman(tulang belulang) dan melapisi tulang itu dengan lahman(daging) lalu menjadikannya suatu makhluk. Subhannallah!. 

Ayat ini adalah ayat yang hebat dalam perkembangan Embriologi mari kita ulang sejenak
Perkembangan embriologi dimulai dari nutfah kemudian diletakkan ditempat yang aman (qararimmakin). Embriologi memberitahukan bahwa janin dilindungi dengan kokoh oleh tulang belakang dan otot rahim dari ibu sepenuhnya oleh dinding uretra dan begitu juga dengan selaput janin. Proses ini berlanjut menjadi ‘alaqah. Kata arab ‘ ‘alaqah’ memiliki 3 arti sesuatu yang melekat, bahan yang seperti lintah, dan gumpalan darah. Alhamdulillan ke-3 arti ini tepat karena janin pada tahap awal melekat pada dinding rahim pada ibunya, itu juga terlihat seperti lintah baik bentuk maupun sifatnya, dari bentuk telah dibuktikan Oleh Prof. Keith Moore, dari sifat nya seperti lintah dia menghisap nutrisi dari ibunya. Pada tahap ini apabila terjadi aborsi maka itu terlihat seperti gumpalan darah. Subhanallah, Al-Qur’an dengan satu kata menyatakan 3 arti yang mana sesuai semuanya. ‘alaqah dalam Al-Qur ;an disebut dalam Al-Qur ‘an 6 kali. 2 kali dalam surah Mu’minun ayat 12-14, surah Hajj ayat 5, surah ghafir ayat 67,surah Qiyamah ayat 38, surah Iqra ayat 2.

Sebelumnya pada abad ke 17, orang-orang berfikir bahwa sperma merupakann tempat kediaman manusia miniatur(calon bayi) , manusia miniatur ada pada bagian kepala dari sperma yang kemudian berkembang menjadi rahim atau kandungan ibu lalu sebagai bayi yang baru lahir. Ini dipercaya oleh Ramal Duff.  

Kemudian setelah diketahui bahwa ovum lebih besar dari sperma, maka timbul lah teori baru bahwa bukan sperma yang didiami manusia miniatur tapi ovum . kemudian valvarates abad ke 18,ia mengajukan teori People yang mengatakan bahwa keduanya bertanggung jawab seperti yang Allah SWT telah katakan. Sperma dan ovum bertanggung jawab atas kelahiran anak.

Al-Qur’an mengatakan kami membuat ‘alaqah menjadi mudghah memiliki dua arti yang berarti pertama gumpalan tabung, kedua sesuatu jendel(CMIIW) yang kita masukkan ke dalam mulut. Prof. Keith Moore mengatakan kedua arti itu digunakan lalu dia mengambil sebungkus plastik dan memasukkan diantara giginya. Terlihat seperti mudghah (Gumpalan berbentuk tabung), dia terkejut setelah melihat bekas giginya seperti sumbu tulang belakang.  

Lalu Mudghah itu berubah menjadi ‘izhoman(tulang belulang) dan melapisi tulang itu dengan lahman(daging/otot) lalu Allah SWT mengatakan Kami menciptakap tahap ‘ansya’nah (Almasah), Kami menciptakan makhluk yang baru.Apa maksud Kami menciptakan makhluk yang baru?karena Hanya pada tahap Almasah ini sifat manusia terlihat mereka mempunyai kepala tangan dan kaki. Bayangkan Al-Qur’an menggambarkan tahap ini 1400 tahun yang alu

Mungkin ada yang berkata, mungkin dulu ada yang meneliti kehamilan (membedah ibu hamil) lalu menulisnya dalam Al-Qur ‘an.? Maka katakanlah bahwa semua tahap dalam embriologi yang dikatakan dalam Al-Qur ;an ini tidak dapat diamati dengan mata telanjang harus memakai mikroskop. 

Ketika Prof Matthew Jhonson (Ketua Departemen Anatomi di RS Sir Thomas Jefferson di Philadelfi, Amerika Serikat) ditanya untuk berkomentar tentang ayat ini dia berkata : Mungkin Nabi Muhammad SAW memiliki Mikroskop untuk mengamati hal ini. Maka dikatakan kepadanya bahwa Mikroskop belum ditemukan pada abad itu, dia tertawa keras dan berkata ‘ya saya tahu itu’ lalu tidak berkomentar lagi. Mikroskop yang pertama kali ditemukan tidak memperbesar sampai 10 kali dan gambarnya tidak jelas.

Firman Allah SWT dalam surah Hajj (22) ayat 5 : “Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.”

Apa makna terjemahan ayat ini “Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna(terbentuk sebagian dan sebagian lagi belum terbentuk)? Seandainya kita mengambil bagian dari tahap ini (Mudgah) dan menganalisa embrio ,memotong organ bagian dalamnya maka kita akan menemukan ada sebagian yang sudah terbentuk sempurna dan ada yang belum. Dalam dunia kedokteran Prof Matthew Jhonson mengatakan bahwa tahap ini apabila digambarkan maka gambarkan bentuk yang telah sempurna saja atau gambarkan bentuk yang tidak sempurna saja. Tidak ada penggambaran yang lebih baik dalan Al-Qur’an pada tahap Mughah ini, Al-Qur ‘an mengatakan tahap Mughah ini dengan bahasa yang sangat logis ‘terbentuk sebagian dan sebagian lagi belum terbentuk’ . 

Prof Keith Moore mengatakan saat ini dalam bidang embriologi kita memiliki beberapa tahap perkembangan embriologi tapi sangat sulit untuk memahaminya karena tidak ada nomor urut. Tahap I, tahap 2, dan tahap 3. Al-Qur an menggambarkan perkembangan embriologi ini berdasarkan bentuk dan perkembangan secara berkala ( Nutfah-‘alaqah-Mudghah-‘izhoman-lahman-Almasah(Penciptaan makhluk baru) jauh lebih unggul dan mudah (tidak rumit) dibanding dengan penemuan embriologi. 

Jika ahli embriologi menggambarkan dengan terbentuk nya embriologi menurut Al-Qur ‘an maka ini jauh lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan menurut ilmu embriologi yang rumit dan susah dimengerti.

Firman Allah SWT dalam surah ‘Abasa(80) ayat 19- 20 : “Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya.,Kemudian Dia memudahkan jalan kelahirannya”,

Orang-orang banyak heran dengan proses kelahiran bayi. bagaimana caranya bayi bisa keluar yang hampir tidak muat 3 atau 4 jari, kerangka tubuh kaku ada ikatan persendian tulang?. Bagaimana bisa mungkin. Kembali Al-Qur’an menjawab ini dengan bahasanya yang indah “Allah memudahkan jalan kelahirannya” sesuatu(cairan) telah dikeluarkan oleh ovari dan plasenta yang melonggarkan persendian tulang pinggul dan melunakkan leher rahim, kontraksi rahim yang terjadi mendorong bayi ke arah kanal(lubang) kelahiran. Bagian belakang dari ketuban yang pecah menyediakan permukaan yang licin bagi bayi untuk keluar dan meluncur dan pergerakan bayi sewaktu proses kelahiran mempermudah gerakan persendian pinggul. Hal ini dikatakan Allah memudahkan jalan kelahirannya . Al-Qur’an menunjukkan tanda-tanda dia menunjukkan Tanda-tanda ke tahap perkembangan embrio. Siapa yang dapat menggambarkan tahap ini dengan sempurna? Lalu kenapa kalian tidak percaya ? apakah kalian tidak percaya bahwa Al-Qur ‘an ini tidak bertentangan dengan Iptek dan merupakan wahyu dari Allah SWT? 

Firman Allah SWT dalam Surat Sajdah(32) ayat 9 : “Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.” 

Lalu pesan ini diulang dalan surah Insan(76) ayat 2 : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.” 

Jadi dari ayat diatas dikatakan bahwa urutan penciptaan adalah pendengaran lalu penglihatan. Sekarang kita mengetahui bahwa indra yang pertama kali berkembang adalah pendengaran lalu penglihatan. Waktu bulan ke -5 telinga terbentuk dan bulan ke 7 dari kehamilan matapun terbuka. 1400 tahun yang lalu Al-Qur’an telah memberikan urutannya pertama pendengaran lalu penglihatan. Apakah kalian masih juga tidak percaya?
Wallahu 'alam....

Al-Qur ‘an dan Genetika 

  

Firman Allah SWT surah Najm(53) : 45-46 : “ dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan,dari Nutfah, apabila dipancarkan.”

Tentu saja klo dia dipancarkan haruslah cairan laki-laki, Al-Qur’an mengatakan bahwa laki-lakilah yang bertanggung jawab atas jenis kelamin dari anak. Al-Qur’an mengulangi nya dalah surah Qiyamah (75) : 37- 39; “Bukankah dia dahulu Nutfah yang  ditumpahkan (nutfatanmimmniyiyyumna) (ke dalam rahim),kemudian Nutfah itu menjadi ‘alaqah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya,lalu Allah menjadikan(jenis kelamin) daripadanya sepasang: laki laki dan perempuan.” 

Sumber : Berbagai Macam

Misteri Otak, Sistem Koordinasi Syaraf Dan Kecerdasan

  

Misteri Otak

Sejumlah besar misteri yang sulit dipecahkan dalam tubuh manusia terhimpun di dalam otak besar. Otak besar merupakan organ yang paling membingungkan kita, seperti misalnya hidup dan mati, kesadaran, tidur dsb, semua itu adalah misteri yang belum mampu dipecahkan manusia hingga saat ini:

~ Alam mimpi
Jika kita menanyakan soal yang sama pada 10 orang, apa yang menyebabkan kita bermimpi? Mungkin anda akan memperoleh 10 jawaban yang tidak sama. Ini dikarenakan misteri yang belum bisa dipecahkan ilmuwan saat ini. Teori pertama bahwa melalui rangsangan saraf informasi antar molekul otak besar menjalankan latihan terhadap otak besar selama mimpi berlangsung. Teori lainnya adalah orang-orang bermimpi akan tugas dan perasaan yang tidak sempat diperhatikan lagi, dalam proses demikian bisa membantu kita memperkuat ingatan dan pikiran. Umumnya, ilmuwan setuju dengan pengertian bahwa “mimpi bisa terjadi saat tidur sebentar”.

Tidur Dalam sepanjang hidup manusia sedikitnya menghabiskan ¼ waktunya untuk tidur. Tidur sangat vital bagi keberlangsungan hidup makhluk menyusui, tidur dalam jangka yang terlalu lama dapat menyebabkan kurang sadarkann diri, halusinasi, dan pada akhirnya menyebabkan kematian.Dua kondisi selama tidur berlangsung yakni masa tidur penuh (aktivitas bola mata melambat), saat demikian aktivitas metabolisme otak melambat; dan masa tidur sebentar (saat demikian bisa bermimpi), saat demikian aktivitas otak sangat dinamis. Menurut ilmuwan bahwa tidur dalam masa sepenuhnya dapat membuat tubuh kita istirahat, menjaga stamina, seperti tidurnya binatang. Tidur dalam masa sebentar dapat membantu membentuk sesuatu yang diingat, namun, pengertian ini belum dibuktikan.

~Halusinasi
Diperkirakan sekitar 80% orang yang diamputasi pernah mengalami perasaan tersiksa, stres, keinginan, kehangatan dan lain-lain perasaan. Orang yang mengalami fenomena demikian, selalu merasa anggota tubuh yang dipotong masih eksis. Sebuah penjelasan berpendapat, daerah saraf yang terpotong membentuk hubungan yang baru dengan sumsum tulang belakang, dimana anggota tubuh yang kurang seolah-olah masih ada, terus mengirim sinyal ke otak besar. Kemungkinan lainnya, otak besar adalah sebuah “kawat” transmisi, ia mengendalikan tubuh yang cacad bagaikan memperlakukan tubuh yang sempurna tanpa cacad, ini berarti otak besar tetap menyimpan kendali ketika anggota tubuh masih dalam keadaan utuh dan sempurna.

~Tertawa
Tertawa adalah salah satu perilaku manusia yang paling sulit dimengerti. Saat kita tertawa, ada tiga bagian otak besar kita menjadi dinamis yakni: daerah dalam kekuasaan pikiran, ia membuat Anda mendapatkan banyolan (tertawa); daerah gerakan mendorong otot Anda bergerak; daerah emosi (perasaan) membuat kita menyunggingkan senyuman. Perintis peneliti humor John Morryer mendapati, suara tawa adalah sebuah reaksi yang sangat menarik terhadap 24 cerita yang menyalahi kebiasaan. Dan pengertian lainya menganggap tawa sebagai sebuah saluran yang mengirimkan informasi “menarik (lucu)” kepada orang lain. Dengan demikian tampak jelas: tertawa membuat perasaan kita lebih baik.

~Apriori (bawaan) dan sesudah lahir
Apakah pikiran dan sifat kita dikendalikan oleh gen atau berhubungan dengan lingkungan pertumbuhan sesudah lahir, masalah ini selalu diperdebatkan selama ini.

Para ilmuwan tengah berupaya mencoba mengumpulkan sejumlah besar bukti yang meyakinkan, untuk menjawab pertanyaan di atas. Kurangnya kemampuan meneliti gen individual, menunjukkan bahwa kita sama sekali tidak mampu mengendalikan atas sejumlah besar karakteristik manusia. Namun, beberapa hasil penelitian mendapati, bahwa dalam banyak hal, tekanan yang dihadapi segenerasi atau pendidikan yang diterima, akan menimbulkan dampak yang dalam terhadap orang yang bagaimana, dan apa yang akan kita lakukan.  


Sistem Saraf
Sistem saraf punya 3 fungsi utama, yaitu menerima rangsangan , memproses informasi yg diterima dan memberi respon terhadap rangsangan.
Nah penyusun sistem saraf ini terdiri dari sel-sel saraf (neuron).

 

  • Dendrit => perpanjangan dari sitoplasma, berfungsi meneruskan rangsangan yang diterima ke badan sel.
  • Sitoplasma => didalamnya t'dapat nukleus dan organel yang lain sepertimitokondria, vakuola, dll.
  • Akson => menghantarkan rangsanagan dari satu neuron ke neuron yang lain. diujungnya bercabang menjadi akson terminal. lalu diujungnya ada sinapsis (bentuknya gelembung) berisi cairan nerotransmitter (asetilkolin/kolinesterase)
  • Sel schwann => Memberi nutrisi dan membantu regenerasi akson.
  • Selubung Mielin => melindungi akson, tersusun dari sel schwann. lapisan terluarnya disebut neurilema.
  • Nodus Ranvier => mempercepat jalannya impuls, tempat akson mendapat oxigen.
  • Nukleus => Yang mengatur kerja seluruh bagian neuron.

Secara Gampang, proses penghantaran rangsang pada neuron begini :
Dendrit - badan sel - Akson - akson terminal - sinapsis - dendrit - badan sel

Jenis neuron ada 3, yaitu : Saraf Sensorik, Saraf Motorik, Saraf Asosiasi.
Kalo senseroik menerima rangsang dari indra ke saraf pusat, kalo motorik menghantarkan impuls dari saraf pusat ke efektor (yang diperintah, otot). Kalo asosiasi dibagi 2 yaitu adjustor dan konektor, fungsinya menhubungkan saraf sensorik dengan motorik dan sebaliknya. Kalo Asosiasi menhibungkan antara saraf motorik dgn sensorik, jenisnya ada 2 yaitu adjustor di otak dan konektor di sumsum tulang belakang

Sistem Saraf Manusia




1 . Sistem Saraf Pusat  

OTAK
 
Otak merupakan pusat koordinasi dalam tubuh. otak berada di dalam tengkorak kepala. Otak dilindungi lapisan meninges yang terdiri dar beberapa lapis :
  • durameter => melekat dengan tengkorak.
  • arachnoid => berbentuk sperti jaring laba-laba. dibawah durameter.
  • piameter => lapisan terdalam, melekat dengan korteks otak
  • cairan cerebrospinal => cairan yang berad diantara piameter dan archnoid, bagian pelindung guncangan. meregenerasi lapisan meninges yang rusak.

Bagian Otak terdiri dari Otak Besar (Cerebrum), Otak kecil (Cerebellum), Otak tengah(Mesencepahalon) dan sumsum lanjutan(Medulla Oblongata).

Fungsi-fungsinya bisa dilihat dibawah ini :
  • Otak Kecil => Pusat kordinasi Otot dan keseimbangan tubuh, Terdapat Jembatan Varol penghubung impuls antara tubuh bagian kanan dan kiri tubuh.
  • Talamus => Stasiun Pemancar Impuls bagi rangsangan sensoris yang mencapai korteks.
  • Hipotalamus => pusat pengaturan suhu tubuh, keseimbangan cairan tubuh, selera makan, tidur, proses kimiawi lemak dan karbohidrat.
  • Sumsum lanjutan => Pusat gerakan tak disadari(pencernaan, pernafasan, eksresi, peredaran darah), batuk, bersin. menghantarkan impuls ke otak dari sumsum tulang belakang.

 
Otak Depan (Prosencephalon)
Otak Tengah (Mesencephalon)
Otak Belakang (Rombenncephalon)

Otak Depan :
  • Telencephalon -> Lobus Olfaktorius = pusat penciuman
  • Dincephalon -> m'bentuk retina mata, menyatu dengan otak tengah 
  1. Bagian atas m'bentuk kelenjar pineal
  2. Membentuk talamus dan hipotalamus
  3. membentuk kelenjar hipofisis
  4. Lobus Prontalis = dahi, pusat emosi dan kepribadian
  5. Lobus Temporalis = Ubun-ubun, pusat suhu sentuhan dan tekanan (kulit)
  6. Diantara ubun-ubun dan otak tengah ada pusat perkembangan, ingatan, kemauan dan sikap.

Otak Tengah :
Lobus Oksipitalis, bagian belakang = Pusat Bahasa, membaca, pemahaman apa yang dibaca

Otak Belakang :
-> Otak Kecil
-> Sumsum Lanjutan

Kecerdasan


Pada dasarnya, manusia memiliki 9 kecerdasan utama sesuai dengan pembagian kecerdasan pada otak kita.

Berikut ini pembagian kecerdasan manusia dimaksud.

1.Kecerdasan Linguistik 
Kecerdasan dalam mengolah kata-kata secara efektif baik bicara ataupun menulis (jurnalis, penyair, pengacara)
Ciri-ciri :
  • Dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata
  • Gemar membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas

2. Kecerdasan Matematis-Logis 
Kecerdasan dalam hal angka dan logika (ilmuwan, akuntan, programmer)
Ciri-ciri :  
  • Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi
  • Berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis
  • Pandangan hidupnya bersifat rasional

3. Kecerdasan Visual-Spasial 
Kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual (arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur)
Ciri-ciri :
  • Kepekaan tajam untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang
  • Mudah memperkirakan jarak dan ruang
  • Membuat sketsa ide dengan jelas

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani 
Kecerdasan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresiakan gagasan dan perasaan (atlet, pengrajin, montir, menjahit, merakit model)
Ciri-ciri :
  • Menikmati kegiatan fisik (olahraga)
  • Cekatan dan tidak bias tinggal diam
  • Berminat dengan segala sesuatu

5. Kecerdasan Musikal 
Kecerdasan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk musik dan suara (konduktor, pencipta lagu, penyanyi dsb)
Ciri-ciri :
  • Peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat 
  • Dapat mengikuti irama 
  • Mendengar music dengan tingkat ketajaman lebih

6. Kecerdasan Interpersonal 
Kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak dan temperamen orang lain (networker, negotiator, guru)
Ciri-ciri :
  • Menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka
  • Menjalin kontak mata dengan baik
  • Menunjukan empati pada orang lain
  • Mendorong orang lain menyampaikan kisahnya

7. Kecerdasan Intrapersonal 
Kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri (konselor, teolog)
Ciri-ciri :
  • Membedakan berbagai macam emosi
  • Mudah mengakses perasaan sendiri
  • Menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya
  • Mawas diri dan suka meditasi
  • Lebih suka kerja sendiri

8. Kecerdasan Naturalis 
Kecerdasan memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam (petani, nelayan, pendaki, pemburu)
Ciri-ciri :
  • Mencintai lingkungan
  • Mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang
  • Senang kegiatan di luar (alam)

9. Kecerdasan Eksistensial 
Kecerdasan untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia (filsuf, teolog)
Ciri-ciri :
  • Mempertanyakan hakekat segala sesuatu
  • Mempertanyakan keberadaan peran diri sendiri di alam/ dunia
Reff : mawasangka-bagea.blogspot.com 

Cara Kerja Otak Manusia

 
John Medina, sang penulis buku Brain Rules : Principles for Thriving at Work, Home and Schoolmenjelaskan bayak hal tentang cara kerja otak manusia. Buku ini sangat menarik meski kental dengan pandangan-pandangan evolusi, mungkin dikarenakan John adalah ahli biologi molekuler.

Sebelum membahas tentang cara kerja otak manusia yang ada di buku Brain Rules, ada baiknya saya beritahukan bahwa kita bisa mendapatkan penjelasan gratisan lengkap dengan presentasi dan video di BrainRules.net. Silahkan hantar mata anda ke situs itu jika otak Anda dipenuhi asap penasaran.

Di buku itu John menulis banyak hal tentang cara kerja otak manusia namun otak Anda akan meleleh dan keluar dari telinga jika saya tulis semuanya. Sebab itu saya mencoba menyajikan sekepal rangkuman tentang 12 cara kerja otak manusia menurut buku Brain Rules. Ini dia cara kerja otak manusia :

1. Berolahraga Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak

Saat kita berolahraga atau sekedar menggerak-gerakkan badan (layaknya senam karena terpaksa), darah akan terpompa ke otak, mengalirkan oksigen dan glukosa.

Nah, dari sini kita bisa tahu mengapa ketika kuliah dulu kita selalu merasa bosan didalam kelas, yaitu disebabkan kita hanya duduk terdiam memandangi punggung dosen yang secara beringas menghabiskan ruang di papan tulis. Duduk dan diam itu menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke otak. Jadinya, kuliah dari dosen menguap seiring uapan dari mulut kita yang menganga selebar-lebarnya. Uuaaah…..

Selain meningkatkan kemampuan otak, berolahraga juga mampu mengurangi resiko terkena Alzheimer dan Dementia (penurunan kapasitas otak).

2. Otak Juga Beradaptasi Dan Berevolusi

Perubahan alamiah (alam maupun sosial) yang terjadi dibumi ini memang selalu egois pada makhluk hidup, sebab itu manusia sebagai salah satu bagian dari makhluk hidup harus mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Tentunya organ utama yang merespon perubahan ini adalah otak. Kenapa? Karena otak manusia terus berkembang untuk belajar, memahami dan menyelesaikan berbagai permasalahan. Baik itu permasalahan dalam berinteraksi dengan alam ataupun dengan manusia lain. Itu sebabnya otak manusia dituntut untuk selalu efektif dalam beradaptasi atau bahkan berevolusi, terutama ketika berhubungan dengan permasalahan ataupun perubahan lingkungan sosial.

Dalam hal efektifitas ini, John memaksudkan bahwa otak manusia harus bisa beradaptasi dan berevolusi secara nyata dan itu tercermin pada kemampuan manusia dalam memahami dan menyelesaikan persoalan juga membangun relasi dengan orang lain.

Sebagai contoh dalam lingkup perubahan sosial, otak manusia harus bisa beradaptasi ketika memasuki wilayah baru dengan orang-orang baru karena jika otak manusia tidak bisa memahami lingkungan sosialnya maka semuanya tidak akan efektif. Seorang pekerja kantoran tidak akan bisa bekerja secara efektif jika otaknya tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan kantor.

3. Masing-Masing Otak Tersusun Secara Berbeda

Rangkaian hubungan syaraf-syaraf di otak manusia akan terus terbangun tapi disaat bersamaan ada juga dari rangkaian itu yang terputus. Putus sambung ini (kok kayak lagu ya) menyebabkan otak manusia sangat dinamis atau tidak berhenti berkembang, baik secara fisik maupun susunan otak.

Dinamika otak manusia itu terjadi akibat berbagai kejadian dan pengalaman yang dialami sehari-hari. Itu sebabnya tidak ada satu otak manusiapun yang sama di dunia ini. Semuanya tersusun secara berbeda, bergantung pada rangsangan, kejadian dan pengalaman yang dialami si pemilik otak.

4. Otak Manusia Memiliki Batasan Konsentrasi

Otak manusia hanya bisa fokus kepada sesuatu selama 10 menit. Itu sebabnya ketika mendengarkan kuliah, ceramah atau presentasi kita cepat bosan dan langsung ambil sesuatu tuk mengalihkan perhatian, BB contohnya.

Jadi jika Anda memiliki kesempatan untuk menjelaskan sesuatu kepada seseorang ataupun khalayak, biasakan Anda me-refresh otak audiens setiap 10 menit sekali, misalnya dengan gurauan ataupun dengan membuka sesi tanya jawab.


5. Mengulangi Untuk Mengingat

Otak manusia memiliki 4 tahap pengolahan informasi yaitu mengodekan, menyimpan, memanggil dan melupakan. Keempat tahap itu menjadikan otak manusia bagaikan mesin pengolah informasi dengan beragam mekanisme.

Ketika otak tidak berniat menyimpan sebuah informasi dengan baik maka peluang untuk terlupa akan cukup besar namun ketika otak dirangsang untuk menyimpan informasi dengan baik maka ingatan akan informasi itu akan terus kuat.

6. Mengulangi Informasi

Banyak informasi penting yang diterima otak namun sulit untuk ‘dipanggil’ karena sudah terlalu lama disimpan. Sebab itu otak harus terus menerus dirangsang untuk mengulangi suatu informasi agar proses ‘pemanggilan’ tidak tersendat atau bahkan tidak berhasil, dan inilah yang disebut dengan lupa.

Tak jarang pula proses pemanggilan suatu informasi ttidak berhasil meski informasi tersebut baru saja diterima otak. Hal ini terjadi karena otak dirangsang untuk menyimpan informasi yang relevan dan masuk kedalam hitungan tertinggi di skala prioritas.

7. Otak Jarang Beristirahat

Salah satu organ tubuh yang jarang beristirahat adalah otak. Meski sedang tidur, otak manusia tidak sepenuhnya beristirahat tapi tetap aktif secara ritmis. Sebab itu ketika manusia kurang tidur yang menyebabkan otaknya kurang beristirahat maka kemampuan otak seperti ketangkasan motorik, keterampilan kuantitatif, penalaran, pengambilan keputusan ataupun perhatian akan menurun drastis.

8. Otak Bisa Mengalami Stres Berat Dan Ringan

Manusia hanya memiliki satu otak yaitu otak yang sama yang kita digunakan di rumah, di sekolah, di kantor, dan dimana saja. Sebab itu stress yang dialami otak di suatu tempat akan berpengaruh pada kinerja otak ketika digunakan ditempat lain.

Saat stres ringan yang biasanya berdurasi pendek seperti ketika sedang diburu kerjaan kantor yang laporannya harus masuk hari itu juga, maka kinerja otak akan meningkat. Sedangkan jika otak mengalami stres berat maka kemampuan otak untuk belajar dan berfungsi dengan baik akan terganggu.

9. Otak Merekonsruksi Informasi Yang Diterima Melalui Indera

Sebuah informasi yang didapat indera akan dikirim ke otak atau dengan kata lain otak menerima informasi melalui indera. Lalu, otak akan menerjemahkan informasi itu kedalam bentuk sinyal-sinyal listrik, meneyebarkannya ke bagian otak yang lain dan merekonstruksi sebuah ingatan untuk informasi tersebut.

10. Otak Lebih Mudah Menyimpan Informasi Gambar Daripada Suara

Otak manusia akan bekerja lebih efektif dalam merekonstruksi dan menyimpan sebuah informasi dalam bentuk gambar daripada tulisan, apalagi kalimat yang terucap. Otak manusia hanya mampu mengingat 10% dari kata-kata terucap setelah tiga hari, tapi informasi dalam betuk gambar akan teringat 65% dalam waktu yang sama.

Otak manusia akan lebih mudah mengingat fisik kalajengking daripada mengingat tulisan kalajengking

11. Otak Pria Dan Wanita Berbeda

Dalam merespon informasi, otak pria dan wanita berbeda. Otak pria akan mengaktifkan amygdala di sebelah kanan otak, sedangkan wanita mengaktifkan yang disebelah kiri. Aktivasi otak sebelah kiri ini akan menyimpan informasi secara lebih detil karena menyimoan bagian inti dari informasi tersebut.

12. Otak Selalu Ingin Tahu

Keinginan untuk mengeksplorasi sesuatu begitu besar pada otak. Keinginan itu tetap ada meski sudah berusia lanjut. Otak akan bersikap aktif pada lingkungan seperti melakukan pengamatan, membuat dugaan, melakukan pengujian, merumuskan kesimpulan dan sebagainya. Beberapa bagian otak manusia dewasa tetap lentur seperti bagian otak bayi. Itu sebabnya otak menciptakan staraf-syaraf baru untuk mengeksplorasi sesuatu.

Itulah keduabelas cara kerja otak manusia menurut John Medina melalui buku Brain Rules : Principles for Thriving at Work, Home and School.

Sumber : kolompemuda.com

8 Langkah Agar Otak Berpikir Cepat


Otak manusia itu pada dasarnya seperti sebuah komputer yang canggih.
bayangkan saja berbagai memori di otak kita disimpan begitu baik, tidak seperti hardisk komputer yang masih mempunyai batasan kapasitas. Selain itu, otak juga mempunyai kemampuan canggih sehingga dapat mengendalikan semua kegiatan di tubuh kita. 

Tapi, jangan lupa otak juga tetap membutuhkan nutrisi, oksigen, serta membutuhkan latihan yang rutin. Jika otak terlalu dimanja dan jarang dilatih maka menyebabkan kualitas otak akan menurun. Nah, itulah alasan mengapa otak kita lambat dalam berpikir. Berikut ini adalah cara untuk membuat otak anda kembali fresh dan dapat berpikir cepat:

1. Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin.  Riset menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan stamina bagi otak, Sehingga otak tidak cepat lelah dan kemampuanya dapat tetap terjaga.

2. Kerjakan sebuah permainan yang membutuhkan aktivitas otak. Permainan ini seperti mengerjakan teka-teki silang, bermain rubik, sudoku dan lain sebagainya. Sebab, permainan seperti itu bermanfaat untuk melatih otak kita. Semakin kita sering berlatih, semakin cepat kita dapat merasakan perbedaan pada otak kita. Sama halnya seperti otot, jika kita jarang melatih otot, maka otot kita pun akan menjadi semakin kaku.

3. Olahraga teratur. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan
tubuh kita, tetapi juga bermanfaat bagi otak kita. Sebab, olahraga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah yang masuk ke otak dan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih.

4. Pelajari bahasa yang baru. Dari mempelajari bahasa baru, kita dapat menambah impuls-impuls yang ada di otak dan juga dapat meningkatkan koneksi saraf yang baik.

5. Tertawa. Tertawa dapat meningkatkan kualitas dan fungsi otak untuk menstimulasi kedua belah otak pada saat yang sama.

6. Mencoba hal baru. Cobalah belajar suatu alat musik tertentu dan kesenian yang lain seperti melukis. Dengan mencoba hal baru, kita dapat menambah wawasan dan pengalaman, ibarat komputer yang telah ditambah program baru. Begitu juga otak kita, jika kita melakukan kegiatan yang baru maka otak kita juga semakin berkembang.

7. Cobalah belajar untuk melempar sesuatu. Maksud dari melempar sesuatu ini adalah kita belajar untuk melempar barang. Kegiatan ini anda lakukan dengan olahraga seperti basket. Hasil riset dari Jerman menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur jaringan otak kita.

8. Gunakan daya imajinasi anda. Apa anda tahu Einstein?? Einstein pernah mengatakan bahwa imajinasi lebih penting bagi daripada pengetahuan yang anda miliki. Coba ambillah waktu luang anda untuk berimajinasi sedalam mungkin, bebaskan diri anda untuk sementara dari pikiran-pikiran yang mengganggu anda untuk berimajinasi. Maka , anda akan menemukan suatu metode berpikir yang belum pernah anda lakukan sebelumnya.

Nah,setelah itu apa yang harus anda lakukan? Berlatih dan berlatih, jangan lupakan itu! Sebab, seperti yang dijelaskan tadi bahwa berlatih dapat meningkatkan fungsi otak dan juga menambah impuls-impuls otak. Berlatih bukan hanya sekedar mengisi teka-teki silang saja, tapi bisa diimprovisasi dengan bermain tebak-tebakan dengan anggota keluarga atau bisa juga dengan mencari informasi di berbagai media. Semoga berhasil!  

Sumber : mjeducation.co

Penyebab Siswa Cepat Bosan dan Malas Belajar


Beberapa anak-anak peserta bimbingan belajar itu tampak sangat mengantuk, tak jarang mereka menguap dan secara tidak sadar kepala mereka telah berada di atas meja. Padahal, sebelum bimbingan belajar berlangsung, mereka bermain dengan riang dan gembira seakan tidak ada lelahnya. Apakah mereka kelelahan karena asyik bermain? Atau karena aktivitas sekolah? Mungkinkah belajar itu lebih melelahkan daripada olahraga?

Salah seorang pakar ilmu jiwa, Dr. Dale Carnegie menjawab situasi seperti ini melalui analisa kejiwaan. Menurut beliau, otak adalah organ tubuh yang tidak akan mengalami lelah. Otak berbeda dengan organ tubuh lainnya yang jika melakukan pekerjaan akan mengalami capek dan lelah. Oleh sebab itu, otak manusia tidak akan mungkin merasa lelah walau digunakan untuk berpikir dan belajar selama sehari semalam. Kelelahan otak terjadi akibat dari rasa bosan dan penat yang dialami seseorang. Perasaan bosan dan penat inilah yang menyebabkan seseorang cepat merasa lelah dan ingin menghentikan pekerjaannya untuk kemudian beristirahat. Untuk lebih jelasnya, Carnegie memberikan analogi sederhana untuk mendeskripsikan

Ada seorang karyawan bekerja di suatu perusahaan yang lokasinya relatif tidak jauh dari rumahnya, dan jika pulang kerja, ia tampak begitu lelah hingga ketika sampai di rumah, ia langsung menuju ke kamar untuk tidur. Namun, ketika ada telepon dari kawannya menawarkan untuk pergi tamasya ke tempat wisata yang jauh, seketika itu juga rasanya ia sanggup untuk pergi ke tujuan wisata yang relatif jauh dari rumahnya. Orang tersebut merasa lelah karena rutinitas membosankan yang dilalui selama ia bekerja. Ketika ia diajak untuk melakukan hal yang digemarinya ternyata rasa capek itu seolah sirna.

Hal yang semacam ini kerap kali dialami para siswa. Tidak sedikit diantara mereka yang mengantuk ketika pelajaran sedang berlangsung. Celakanya, ketiduran di kelas membuat dampak negatif yang besar jika pelajaran yang penting tersebut belum dipahami oleh siswa. Oleh karena itulah, agar tujuan belajar tercapai sesuai dengan target yang ditentukan, para guru dan pengajar hendaknya mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan kebosanan dan kepenatan dalam proses belajar mengajar.

Secara umum, ada 4 faktor penyebab para siswa bosan dalam belajar, antara lain:

1. Jenis Pelajaran

Setiap mata pelajaran memiliki karateristik masing-masing dan mengandung kekhususan yang membedakan satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya. Maka dari itu, cara pengajaran tiap mata pelajaran itu berbeda-beda. Ada yang penyampaiannya dapat dilakukan hanya teoritis saja, ada yang memerlukan praktik, bahkan ada yang harus melakukan eksperimen atau percobaan.

Dalam sudut pandang ilmu didaktik, para pengajar harus menerapkan metode yang tepat agar pelajaran yang ia sampaikan tidak monoton dan membosankan. Ada beberapa pelajaran yang “rawan” dalam hal ini, biasanya pelajaran-pelajaran yang memerlukan metode penyampaian satu arah cenderung lebih membosankan daripada metode belajar dua arah, seperti Sosiologi, Sejarah, dan Ekonomi. Dalam mata pelajaran Sosiologi yang berisi analisa dari para sosiolog tentang gejala-gejala yang timbul dalam masyarakat, jika sang pengajar menjelaskan pelajaran ini dengan gaya yang monoton, tidak jarang akan menimbulkan perasaan bosan yang dapat memecah konsentrasi belajar para siswa. Demikian juga dengan ilmu Sejarah, jika guru tidak pandai menerangkan dan menyampaikannya kepada para siswa, bisa-bisa malah menjadi dongeng empuk pengantar tidur.

Pelajaran-pelajaran eksak memang tak menggunakan metode pengajaran satu arah, karena harus disampaikan dengan metode latihan dan eksperimen. Namun tak jarang guru malah menerapkan metode pengajaran satu arah. Bila pelajaran Kimia umpamanya diajarkan hanya melalui penjelasan lisan dari pengajar, tentu akan menimbulkan kepenatan luar biasa di kalangan murid.

Jadi, metode satu arah dapat diterapkan asal menggunakan cara yang interaktif, motivatif, inspiratif, dan membangun karakter murid, karena cara ini akan mengikutsertakan siswa dalam proses belajar mengajar yang tentunya memacu konsentrasi siswa dalam menyerap pelajaran.

2. Kurangnya rangsangan keaktifan siswa dalam belajar

Tingkat kecerdasan setiap siswa berebeda-beda. Ada siswa yang cerdas sehingga mampu menyerap pelajaran dalam sekali penyampaian, dan ada juga siswa yang harus mendapat berulang kali pengarahan baru ia mengerti dan memahami suatu pelajaran. Siswa yang mampu menyerap pelajaran dengan mudah bisanya lebih aktif daripada siswa yang kurang mampu menyerap pelajaran dengan baik, hal ini karena kebanyakan mereka menganggap bahwa dirinya tidak akan bisa memahami pelajaran ( rendah diri ). Ini menjadi penyebab terpenting dalam membangun kebosanan bagi siswa. Oleh karena itu, setiap guru dituntut untuk merangsang keaktifan para siswa.

Contoh mudah adalah dengan membuat sebuah game sederhana yang memacu keaktifan pelajar, berupa kuis yang berisi pertanyaan logika atau hal-hal menyenangkan lainnya. Yang penting adalah, sedapat mungkin para guru membuat semua siswa aktif dalam belajar dengan membuat kegiatan yang mengasyikkan. Jangan biarkan para siswa belajar secara pasif. Sebagaimana yang telah disinggung di poin pertama, hendaknya setiap murid diikutsertakan dalam proses pembelajaran, sebab hal ini sangat menguntungkan bagi guru dan murid, karena guru dan murid masing-masing akan mengetahui kelemahannya untuk kemudian dievaluasi agar tercipta proses belajar mengajar yang lebih baik.

3. Pendekatan yang salah

Seringkali seorang guru mencoba untuk membangun image yang menjadikan dirinya berwibawa. Namun banyak guru salah kaprah dalam menerapkan image ini. Bukannya bertambah wibawa, tidak jarang malah mereka menjadi olok-olokan di kalangan siswa. Ini terjadi karena para pengajar sering melakukan pendekatan yang salah terhadap para muridnya.

Masih menurut Dr. Carnegie, tidak ada seorang manusia pun yang rela direndahkan derajatnya dan harga dirinya. Oleh sebab itu, jika seorang guru membangun wibawanya dengan cara menyombongkan dirinya dan menjatuhkan harga diri siswanya melalui kata-kata yang menunjukkan bahwa hanya sang gurulah yang benar, maka penjelasan dari guru tersebut tidak akan pernah didengar oleh para siswa, sebaliknya mereka akan mencari kesibukan masing-masing atau bahkan mereka tidur di kelas. Demikian halnya jika sang guru memberi kesan agar murid-murid takut kepadanya, yang terjadi adalah para murid hanya akan hormat sesaat kepada sang guru yaitu pada saat jam pelajaran sedang berlangsung, akan tetapi di luar itu sang guru tersebut menjadi bahan olok-olokan dan bahan tertawaan bagi siswanya. Jadilah guru yang disegani bukan ditakuti, karena kalau disegani walaupun gurunya tidak ada mereka tetap hormat, tapi kalau ditakuti, begitu gurunya tidak ada langsung menjadi bahan tertawaan.

Pendekatan semacam ini menyebabkan guru sering menganggap remeh kepada muridnya, sehingga ia pun mengajarkan hal-hal yang sebenarnya telah diketahui oleh siswanya, dan yang lebih parahnya lagi, apa yang ia ajarkan itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Jika ini terjadi, maka dapat dipastikan murid tidak akan mau berkonsentrasi, sebab ia merasa telah memahami permasalahan tersebut lebih baik daripada gurunya.

Padahal sebagai seorang guru yang baik, sudah seharusnyalah untuk berlaku adil. Maksudnya, walaupun secara perhitungan kasar mayoritas siswanya berpengetahuan rendah, tapi tetap ada beberapa siswa yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata, mereka juga mempunyai hak untuk diberi pelajaran yang lebih baik, dan setiap guru harus mampu mengayomi minat belajar siswanya.

Dalam ilmu retorika, seorang pembicara akan sukses bila apa yang ia sampaikan betul-betul dapat mengubah pikiran orang lain, dan ini hanya akan terjadi, bila sang pembicara mampu menarik minat pendengar, yaitu dengan cara melakukan pendekatan yang sesuai dengan keinginan pendengar. Hal inilah yang harus dipelajari setiap guru agar sukses dalam menyampaikan materi pelajaran kepada murid-muridnya.

4. Kondisi kejiwaan yang sedang memburuk

Kondisi fisik yang baik belum tentu akan menghasilkan perbuatan yang baik pula, walaupun pepatah berkata bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, namun faktanya sering berlainan. Maka kondisi kejiwaan ( mood ) harus benar- benar sesuai agar menciptakan hasil yang sesuai pula. Manusia sebagai makhluk yang cerdas sebenarnya lebih sering dipengaruhi oleh keadaan jiwa dalam melakukan suatu pekerjaan. Maka dari itu, guru haruslah mengetahui mood murid-muridnya, jangan-jangan murid tersebut sedang ada masalah di luar sekolah, entah di rumah atau di tempat lainnya. Adakanlah bimbingan konseling untuk mengatasinya, jadikanlah sekolah sebagai tempat yang nyaman dan melindunginya, ini akan membantu untuk meningkatkan gairah dan semangat belajarnya.

Sebagai penutup, hindarilah keempat hal di atas agar tercipta suasana belajar yang menjadi idaman semua orang. Ingatlah, belajar yang baik itu tidak penting mahal atau fasilitasnya harus canggih, karena hal tersebut tidak menjamin proses belajar yang efektif tanpa adanya metode belajar yang baik, tapi yang terpenting adalah bagaimana caranya kita untuk menjadikan belajar itu menjadi menyenangkan. 

Sumber : mjeducation.co