aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 31 Juli 2013

Pengenalan Perilaku Siswa Kunci Keberhasilan Kurikulum 2013.

Kondisi siswa saat ini sangat berbeda dari generasi beberapa tahun lalu terlebih dengan akrabnya mereka terhadap dunia TIK ,sehingga perilaku dan motivasi belajar mereka sangat sulit di “manage” ,lantas bagaimana kami dapat memenuhi tuntutan kurikulum 2013 ,kank hari…?

Kurikulum 2013 menganut: 

  • Pembelajaran yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan 
  • Pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.Landasan Teori Kurikulum 2013.Kemendikbud. 
Saat ini kita melihat siswa siswi yang tengah akrab dengan perkembangan teknologi menjadi anak anak yang cenderung open mind,menyukai kebebasan ,lebih peka,berpiki kritis,sulit diatur ,banyak pertanyaan/tuntutan ,gampang bosan dengan rutinitas atau pembelajaran yang tidak disukai dan enggan menghafal .Karena itu peran guru tidak mentransfrom mata pelajaran dengan hafalan atau catatan saja sebagai tugas mngajarnya melainkan mendekati siswa sebagai sosok individual manusia seutuhnya yang memiliki perasaan ,pikiran dan motivasi.Mengingat jika siswa tidak di”manusia’kan mereka mencari solusi atas persoalannya dengan caranya sendiri yang tidak jarang bisa berakibat fatal .Terlebih dunia maya adalah dunia heterogen yang tidak bisa memproteksi anak dari dampak buruk akibat informasi yang merusak pada anak.

Karena itu peran guru dalam mendidik anak sebagaimana tututan kurikulum dimana siswa dapat belajar dari sumber mana saja dan dengan siapa saja,sekaligus memiliki pengalaman belajarnya sendiri ,maka pendekatan individual kepada siswa menjadi kuncinya dan dilakukan secara berkesinambungan .Guna menjadi “sahabat” siswa inilah bebrapa cara yang bisa dilakukan :

Pertama, Kepemilikan dan penggunaan gadget menjadi pilihan siswa saat ini dan beberapa tahun mendatang,supaya anda bisa diterima oleh gank mereka anak tidak bisa melarang atau memperoloknya ,melainkan justru membantu siswa tahu kemanfaatan dari segala peralatan gadget yang dimilikinya sekaligus menjadikan gadget yang dimiliki siswa sebagai media dan sumber belajar nya.

Kedua, saat ini dan beberapa tahun mendatang semestinya anda sudah mempersiapkan diri untuk memiliki kompetensi TIK untuk kegiatan pembelajaran yang menjadi tanggung jawab anda agar lebih menari perhatian ,lebih mudah,lebih cepat difahami siswa dan menyenangkan.

Ketiga, anda semestinya memanfatkan komunitas siswa baik dari dunia nyata atau dunia maya agar dapat memberikan motivasi ,komunikasi,terkonesi dan ‘memantau ‘aktivitas mereka.

Keempat, materi pelajaran yang anda kembangkan harus memiliki muatan pengalaman belajar real yang dialami siswa sekaligus memiliki relevansi dengan latar belakang ,karakteristik dan meningkatkan kompetensi awal yang dimiliki siswa.Karena dengan perilaku”kritis dan Mandiri’ siswa sulit dipaksa belajar menurut kemampuan yang guru suka,jika ini terjadi siswa bisa mengalami demotivasi dalam belajarnya.

Kecenderungan guru diindonesia yang tidak memberikan pelajaran berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sementara di Amerika Serikat, guru menjabarkan materi pendidikan dengan kehidupan sehari-hari sampai 3 kali lipat dan Jepang 5 kali lipat.

Kelima, Tumbuh dan kembangkan minat untuk membelajarkan siswa tidak sebatas hanya pada jam kerja sebagai guru,dimasa mendatang siswa ingin belajar dari anda darimana dan kapan dia inginkan.Milikilah,saluran connected yang dapat dihubungi siswa sewaktu waktu baik melalui web blog ,email ,jejaring social atau saluran komunikasi lainnya.

Keenam, Ciptakan pembelajaran yang menantang rasa ingin tahu siswa untuk belajar secara lebih mendalam dan meningkat dari waktu kewaktu dikarenakan siswa menyukai tantangan.
Menurut sebuah penelitian ; guru-guru memberikan tingkat kesulitan soal terbilang rendah atau lower package order. Mereka tidak mendorong partisipasi muridnya untuk lebih maju lagi. Akibatnya cara pemikiran para pelajar tertinggal.

“Hanya 10% guru yang memberikan soal bagi murid dengan jawaban lebih dari satu. Murid didengar bagaimana dia memandang soal tersebut. Di negara lain, sampai 76% dari soal-soal memungkinkan murid jawab persoalan lebih dari satu jawaban’.mediaindonesia.com.

Ketujuh, Citra diri anda sebagai guru dimata siswa sudah harusnya memiliki citra diri yang positif dan memiliki karakter yang kuat ,Karena itu bangunlah sikap,ucapan dan perilaku yang dapat mendatangkan respect dari siswa sehingga tercermin dari perasaan rindu dari siswa untu belajarlebih banyak dan lebih lama dari anda sebagai gurunya.

Kedelapan, ketulusan harus menjadi dasar landasan pelayanan pendidikan kepada siswa, karena itu lakukanlah sedemikian rupa sehingga siswa merasa disayangi dan terpenuhi kebutuhan psikologisnya sehingga anda mendapatkan Trust dari peserta didik .

Kesembilan,dalam kurikulum 2013 , anda harus bisa membangun relasi dan komunikasi dengan sesama rekan guru yang kolaboratif ,sinergi dan integrative. 

Mengingat Kurikulum 2013 dilakukan penguatan tata kelola sebagai berikut:

  1. Tata kerja guru yang bersifat individual diubah menjadi tata kerja yang bersifat kolaboratif;
  2. Penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader); dan
  3. Penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran 
Terakhir, bersiaplah untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan tidak hanya sekedar mengajar dan menghasilkan siswa mencapai standar KKM / mencapai unas tertinggi saja melainkan juga harus mengenali siswa lebih dekat untuk mengembangkan beragam potensi yang dimiliki nya.Apun nama kurikulumnya membela kepentingan terbaik siswa adalah hal yang utama..

Nisnas, Bangsa Yang Hidup Sebelum Adanya Manusia

Disebutkan dalam Kitab-kitab bahwa ada orde Mahluk yang menghuni dan menguasai Bumi sebelum Orde Manusia. Konon dikatakan bahwa mahluk tersebut adalah Bangsa Jin dan Bangsa Nisnas. Bangsa Nisnas adalah makhluk hidup pertama di Bumi, mereka hidup satu masa dengan Jin, merekapun hidup satu masa dengan Dinosaurus, apabila anda sering baca-baca pasti anda bisa menemukan hal-hal yang ganjil pada zaman Dinosaurus, hanya ada satu manuskrip di dunia yang sedikit mengupas tentang hal ini, manuskrip ini sekarang tersimpan di suatu chapel di Swedia.

Bangsa Nisnas adalah bangsa yang besar yang musnah jauh sebelum Nabi Adam A.S. diturunkan ke Bumi. Bangsa Nisnas dipercaya hidup jauh di utara Bumi Dekat dengan Kutub Utara. Salah satu kota tempat terdapatnya peninggalan Bangsa Nisnas ini adalah Sbetzbergen, di kota inilah banyak terdapat peninggalan dari bangsa yang telah musnah ini, seperti lukisan-lukisan manusia bersayap ataupun mahluk setengah hewan. Mungkin pada jaman tersebut mahluk-mahluk setengah hewan memang eksis di Bumi ini, bahkan mungkin setelah Bangsa ini musnah sisa-sisa dari mereka yang bertahan dianggap dewa oleh orde manusia. Tak heran di berbagai penjuru dunia kita dapat menemukan berbagai artefak atau lukisan manusia setengah binatang bahkan di Indonesia sendiri terdapat artefak manusia setengah binatang seperti manusia Garuda.

Di salah satu candi di Jawa Tengah (berbentuk badan manusia dengan sayap dan kepala burung), sama dengan di Mesir dalam lukisan di dalam Pyramid (berbadan manusia berkepala burung). Atau mungkin mitologi dan legenda dahulunya adalah memang kenyataan, seperti Mitologi yunani yang banyak menyebut dan menggambarkan manusia setengah Hewan, atau legenda dari tanah Jawa yang menceritakan manusia setengah hewan (badan manusia kepalanya Anjing yang lazim di sebut Aul), hampir sama dengan Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuno.

Sbetzbergen sendiri terletak dekat sekali dgn lingkar kutub, disana matahari hanya bersinar sekitar setengah bulan saja dalam satu tahun, jadi selebihnya gelap gulita, kegelapan tersebut hanya diterangi oleh Aurora Borealis. Banyak sekali peninggalan masa lalu yang tidak terlacak disana. Peninggalan-peninggalan masa lalu sebelum manusia menguasai Bumi. Konon dikisahkan bahwa Bangsa Nisnas ini adalah bangsa yang sangat maju. Bangsa Nisnas ini di berikan kemampuan luar biasa, akal dan pikiran mereka jauh melampaui manusia saat ini, satu kelebihan mereka yang sangat luar biasa yaitu mereka mempunyai kemampuan telepati yang sangat hebat, teknologi mereka sangat maju lebih dari teknologi pada saat ini, mereka telah membangun kota-kota yang sangat mengah dengan segala teknologi canggih dan tata kota yang sempurna.

Bangsa Nisnas mempunyai postur yang jauh lebih tinggi dari Manusia saat ini, tak heran kuil-kuil dan bangunan yang dibangun oleh mereka begitu besar dan megah. Ras mereka dibagi menjadi beberapa, ada yang sangat mirip dengan manusia namun memiliki sayap, ada yang berbadan manusia berkepala binatang ataupun sebaliknya. Karena kecongkakan, ego dan nafsu, mereka saling berperang antar sesamanya hingga akhirnya bangsa ini dihancurkan oleh Azazel (Azaziel) atas Perintah-Nya, dikarenakan mereka telah lupa atas tugas yang telah diberikan oleh-Nya, hampir semuanya musnah dalam pertempuran dengan pasukan langit yang dipimpin Azazel (Azaziel) yang tersisa hanya sedikit dari mereka dan peninggalan mereka, itupun hanya diketahui oleh manusia-manusia tertentu saja, selain di Sbetzbergen peninggalan merekapun ada di Swedia dan suatu kawasan di Asia.

Dengan kecongkakan, ego dan nafsu mereka terus berperang dengan sesamanya demi memperebutkan wilayah dan kekuasaan, dengan kemampuan akal dan penguasaan teknologi yang luar biasa maju mereka mampu menciptakan segala persenjataan yg melampaui zamannya, mereka telah menciptakan apa yg kita sebut sebagai nuklir, pesawat terbang dan teknik pengolahan dan peleburan logam yang nyaris sempurna (teknik ini ternyata ditemukan kembali di Damascus yang terkenal dengan pedang-pedangnya yang mempunyai ketajaman luar biasa tetapi sayangnya teknik ini kembali musnah dan tidak ditemukan kembali), dengan kemampuan inilah mereka berperang menindas sesamanya dimana yang lemah adalah mangsa bagi yang kuat, bumi hancur lebur dibuatnya, mereka telah melupakan tugasnya sebagai khalifah dimuka bumi ini, karena itulah Allah mengutus ribuan Malaikat yang dipimpin oleh Azazel (Azaziel / sebelum dia diusir oleh-Nya ) dan ribuan burung-burung neraka (phoenix), melihat kedatangan para pasukan langit, mereka sangat panik, musnahlah segala kesombongan akan pengetahuan dan teknologi yang mereka kuasai, yang ada hanyalah rasa penyesalan atas perbuatan yang telah mereka lakukan, namun terlambat, pasukan langit telah datang dan siap menghancurkan mereka, singkat cerita mereka dimusnahkan dari muka bumi ini untuk digantikan oleh Khalifah yang baru yaitu Adam A.S.

Namun sebagian ada yang dapat Bertahan dan melarikan diri dari serangan tersebut dan mereka pun menyebar untuk membentuk koloni dan membangun peradaban mereka kembali. Sebagian dari mereka yang berwujud manusia setengah ikan melarikan diri ke palung-palung laut yang paling dalam, mereka inilah yang sering kita dengar sebagai putri/putra duyung mereka membangun peradaban mereka kembali di bawah laut dengan kota-kota yang tidak kalah canggihnya dengan kota mereka yang telah hancur sebelumya, sedangkan sebagian dari mereka yang bertubuh manusia setengah binatang dan mereka yang mempunyai bentuk seperti manusia tetapi memiliki sayap saling membantu untuk membangun peradaban baru, mereka berpencar dan berjanji untuk saling membantu dalam membangun peradaban baru, mereka yang mempunyai fisik mirip manusia dan bersayap membangun peradaban dan kota-kota yang sangat megah sekali selama ratusan tahun yang kita kenal sebagai Atlantis.

Sedangkan mereka yang berwujud manusia setengah binatang membangun apa yang kita sebut sebagai Lemuria (Mu), dan terjadilah perkimpoian diantara mereka yang melahirkan makhluk-makhluk jenius yang melampaui zamannya, mereka sudah dapat melakukan perjalanan antar Galaxy, mereka juga telah mampu menciptakan Satelit-satelit pengintai tetapi hanya satu yang tersisa hingga saat ini yang kita kenal sebagai Bulan dan merekapun menciptakan berbagai macam alat-alat perang yang sangat canggih, akan tetapi suasana damai tidak berlangsung lama, mereka kembali pada tabiat dasar mereka yaitu ingin menguasai dan menghancurkan, akhirnya terjadilah peperangan maha dahsyat yang melibatkan persenjataan super canggih yang mereka miliki, maka kembali hancurlah peradaban yang telah mereka bangun dengan susah payah karena ulah mereka sendiri.akhirnya mereka selamat melarikan diri ke planet-planet yang jauh, tapi sesekali mereka mengunjungi bumi tempat kelahiran mereka dahulu untuk menyebarkan pengetahuan yang mereka kuasai. merekalah yang mengajarkan Bangsa Mesir tulisan Hieroglyph, Pyramida, Ilmu-ilmu kedokteran. Mereka jugalah dalang dibalik perang Mahabharata, Nazca Line, Peradaban Inca, Cristal Skull, Vimanas, mereka jualah yang kini kini kita sebut sebgai UFO.

Pada jaman dahulu mereka mendapat panggilan Dewa dengan kendaraan yang mengeluarkan api /cahaya yang sangat terang yang sesungguhnya adalah kendaraan mereka. Mustahil seorang manusia biasa dapat membangun sesuatu yang rumit dan kompleks sama seperti pembangunan Pyramida atau Candi-candi, tidak mungkin manusia zaman dulu dapat membangunya tanpa ada campur tangan dari suatu makhluk yang mempunyai Itelegensia yang sangat tinggi, ini adalah salah satu contoh bahwa mereka masih ada dan mereka ingin Diketahui. Sebenarnya sudah pernah ditemukan dan sudah beberapa kali expedisi pergi untuk meneliti artefak-artefak peninggalan bangsa ini, reruntuhan pernah ditemukan oleh beberapa peneliti dari Swedia dan Norwegia, namun semakin mereka tahu semakin mereka bingung dibuatnya, akhirnya mereka ragu untuk meneruskan penelitian dan riset mereka, terlalu banyak hal-hal yang berbenturan dengan keyakinan karena semua yang mereka teliti dapat mengacaukan semua keyakinan dan teori-teori yang ada. Oleh karena itu mereka berpendapat lebih baik hal tersebut dibiarkan menjadi rahasia hingga waktu menjawabnya.

Al Qur'an Surah Al Hijr ayat 27 menjelaskan tentang makhluk sebelum manusia adalah bangsa Jin: "Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas." (Al Hijr 15:27)

Menurut syariat Islam, manusia tidak diciptakan dibumi, tapi yang diturunkan dimuka bumi sebagai Manusia dan diangkat /ditunjuk Allah sebagai Khalifah (pengganti /penerus) di muka bumi atau sebagai Makhluk pengganti yang tentunya ada makhluk lain yang di ganti, dengan kata lain adalah Adam "bukanlah Makhluk Pertama" dibumi, tetapi ia adalah "Manusia Pertama" dalam ajaran Agama Samawi, dan Allah tidak mengatakan untuk mengganti manusia sebelumnya, tapi pengganti makhluk yang telah membuat kerusakan dan menumpahkan darah dibumi, itu yang menjadi kegusaran para Malaikat.

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi". Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata):

"Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?? Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya." (Al-Baqarah 30).

Apakah Mahluk ini (Bangsa Nisnas) yang malaikat maksud?

Media Pembelajaran Matematika SMP Dengan PowerPoint

Media Pembelajaran MATEMATIKA dengan Power Point mudah-mudahan dapat membantu Anda sebagai guruMATEMATIKA atau mempelajari secara otodidak bagi siswa. Dengan presentasi, materi dapat diulang-ulang tanpa batas dirumah. Bisa dipelajari melalui Tablet atau Laptop Anda. Materi sudah lengkap selama 3 tahun, dari kelas X sampai kelas XII.

Media Pembelajaran
MATEMATIKA dengan Power Point ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Untuk mendownloadnya klik saja "Ambil data Disini". 


Matematika SMP Kelas IX
1. Kesebangunan [Ambil Data Disini]
2. Kongruensi [Ambil Data Disini]
3. Bangun Ruang [Ambil Data Disini]
4. Statistik [Ambil Data Disini]
5. Peluang [Ambil Data Disini]
6. Bilangan Berpangkat [Ambil Data Disini]
7. Pola Barisan [Ambil Data Disini]

Matematika SMP Kelas VIII
1. Bentuk Aljabar [Ambil Data Disini]
2. Fungsi [Ambil Data Disini]
3. Persamaan Garis Lurus [Ambil Data Disini]
4. Sitem Persamaan [Ambil Data Disini]
5. Teorema Phitagoras [Ambil Data Disini]
6. Lingkaran [Ambil Data Disini]
7. Bangun Ruang [Ambil Data Disini]

Matematika SMP Kelas VII
1. Bilangan Bulat [Ambil Data Disini]
2. Perpangkatan [Ambil Data Disini]
3. Bilangan Pecahan [Ambil Data Disini]
4. Bentuk Aljabar [Ambil Data Disini]
5. Persamaan Linear Satu Variabel [Ambil Data Disini]
6. Perbandingan [Ambil Data Disini]
7. Aritmatika Sosial [Ambil Data Disini]
8. Himpunan [Ambil Data Disini]
9. Garis dan Sudut [Ambil Data Disini]
10.Bangun datar [Ambil Data Disini]
11.Putaran Sudut [Ambil Data Disini] 

Source 

Media Pembelajaran Matematika SMA Dengan PowerPoint

Media Pembelajaran MATEMATIKA dengan Power Point mudah-mudahan dapat membantu Anda sebagai guruMATEMATIKA atau mempelajari secara otodidak bagi siswa. Dengan presentasi, materi dapat diulang-ulang tanpa batas dirumah. Bisa dipelajari melalui Tablet atau Laptop Anda. Materi sudah lengkap selama 3 tahun, dari kelas X sampai kelas XII. 

Media Pembelajaran
MATEMATIKA dengan Power Point ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Untuk mendownloadnya klik saja "Ambil data Disini". 


Matematika SMA Kelas XII
1. Integral [Ambil Data Disini]
2. Program Linear [Ambil Data Disini]
3. Matriks [Ambil Data Disini]
4. Vektor [Ambil Data Disini]
5. Transformasi [Ambil Data Disini]
6. Barisan dan Deret [Ambil Data Disini]
7. Persamaan Eksponen dan Logaritma [Ambil Data Disini]

Matematika SMA Kelas XI
1. Statistika [Ambil Data Disini]
2. Peluang [Ambil Data Disini]
3. Trigonometri [Ambil Data Disini]
4. Lingkaran [Ambil Data Disini]
5. Suku Banyak [Ambil Data Disini]
6. Komposisi Fungsi [Ambil Data Disini]
7. Limit Fungsi [Ambil Data Disini]
8. Turunan [Ambil Data Disini]

Matematika SMA Kelas X
1. Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma [Ambil Data Disini]
2. Persamaan dan Fungsi Kuadrat [Ambil Data Disini]
3. Sistem Persamaan Linear [Ambil Data Disini]
4. Pertidaksamaan Linear [Ambil Data Disini]
4. Pertidaksamaan Bentuk Akar [Ambil Data Disini]
4. Pertidaksamaan Harga Mutlak [Ambil Data Disini]
5. Logika Matematika [Ambil Data Disini]
6. Trigonometri [Ambil Data Disini]
7. Geometri [Ambil Data Disini]
Source 

Media Pembelajaran Biologi SMA dengan Power Point

Media Pembelajaran BIOLOGI dengan Power Point mudah-mudahan dapat membantu Anda sebagai guru BIOLOGI atau mempelajari secara otodidak bagi siswa. Dengan presentasi, materi dapat diulang-ulang tanpa batas dirumah. Bisa dipelajari melalui Tablet atau Laptop Anda. Materi sudah lengkap selama 3 tahun, dari kelas X sampai kelas XII. 

Media Pembelajaran BIOLOGI dengan Power Point ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Untuk mendownloadnya klik saja "Ambil data Disini".


Biologi SMA Kelas X
1. Ruang Lingkup Biologi [Ambil Data Disini]
2. Virus [Ambil Data Disini]
3. Archaebacteria dan Eubacteria [Ambil Data Disini]
4. Protista [Ambil Data Disini]
5. Jamur [Ambil Data Disini]
6. Keanekaragaman Hayati [Ambil Data Disini]
7. Tumbuhan [Ambil Data Disini]
8. Hewan [Ambil Data Disini]
9. Ekosistem [Ambil Data Disini]

Biologi SMA Kelas XI
1. Sel [Ambil Data Disini]
2. Jaringan Tumbuhan dan Hewan [Ambil Data Disini]
3. Sistem Gerak Manusia [Ambil Data Disini]
4. Sistem Peredaran Darah [Ambil Data Disini]
5. Sistem Pencernaan Makanan [Ambil Data Disini]
6. Sistem Pernapasan [Ambil Data Disini]
7. Sistem Ekskresi [Ambil Data Disini]
8. Sistem Regulasi Manusia [Ambil Data Disini]
9. Sistem Reproduksi Manusia [Ambil Data Disini]
10. Sistem Pertahanan Tubuh [Ambil Data Disini]

Biologi SMA Kelas XII
1. Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan [Ambil Data Disini]
2. Metabolisme [Ambil Data Disini]
3. Hereditas [Ambil Data Disini]
4. Teori Evolusi [Ambil Data Disini]
5. Bioteknologi [Ambil Data Disini]

Sebelum dipakai ada baiknya dipelajari atau di edit terlebih dahulu. Terimakasih

Media Pembelajaran Kimia SMA Dengan Power Point


Media Pembelajaran KIMIA dengan Power Point mudah-mudahan dapat membantu Anda sebagai guru KIMIA atau mempelajari secara otodidak bagi siswa. Dengan presentasi, materi dapat diulang-ulang tanpa batas dirumah. Bisa dipelajari melalui Tablet atau Laptop Anda. Materi sudah lengkap selama 3 tahun, dari kelas X sampai kelas XII. 

Media Pembelajaran KIMIA dengan Power Point ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Untuk mendownloadnya klik saja "Ambil data Disini".

Kimia SMA Kelas X
1. Pendahuluan [Ambil Data Here]
2. Struktur Atom [Ambil Data Here]
3. Sistem Periodik Unsur-unsur [Ambil Data Here]
4. Ikatan Kimia [Ambil Data Here]
5. Stokiometri [Ambil Data Here]
6. Larutan Elektrolit dan Konsep redoks [Ambil Data Here]
7. Hidrokarbon dan Minyak Bumi [Ambil Data Here]

Kimia SMA Kelas XI
1. Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia [Ambil Data Here]
2. Termokimia [Ambil Data Here]
3. Laju Reaksi [Ambil Data Here]
4. Kesetimbangan Kimia [Ambil Data Here]
5. Larutan Asam dan Basa [Ambil Data Here]
6. Stokiometri Reaksi dan Titrasi Asam-Basa [Ambil Data Here]
7. Larutan Penyangga [Ambil Data Here]
8. Hidrolisis Garam[Ambil Data Here]
9. Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan [Ambil Data Here]
10. Koloid [Ambil Data Here]

Kimia SMA Kelas XII
1. Sifat-sifat Koligatif Larutan [Ambil Data Here]
2. Reaksi redoks dan Elektrokimia [Ambil Data Here]
3. Kimia Unsur [Ambil Data Here]
4. Senyawa Turunan Alkana [Ambil Data Here]
5. Benzena dan Turunannya [Ambil Data Here]
6. Makromolekul [Ambil Data Here]
7. Biomolekul [Ambil Data Here]

Semoga bermanfaat.

Mengendalikan Lidah


Allah menciptakan satu lisan dengan lidahnya dan dua telinga bukan karena kebetulan. Manusia jika ingin bijak, maka diharuskan banyak mendengar dan efektif dalam berbicara bukan malah sebaliknya. Terlalu banyak bicara dan susah/enggan jika disuruh mendengar. 

Banyak orang merasa bangga dengan kemampuan lisannya (lidah) yang begitu fasih berbicara. Bahkan tak sedikit orang yang belajar khusus agar memiliki kemampuan bicara yang bagus. Lisan memang karunia Allah yang demikian besar. Dan ia harus selalu disyukuri dengan sebenar-benarnya. Caranya adalah dengan menggunakan lisan untuk bicara yang baik atau diam. Bukan dengan mengumbar pembicaraan semau sendiri.

"Tiada satu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS Qaaf [50]: 18)


Lidah tidak bertulang. Petatah itu menggambarkan bagaimana lidah bisa membawa si pemiliknya menuju pintu surga atau menuju pintu neraka. Bahaya yang ditimbulkan oleh lidah sangat besar, dan petaka yang bermula darinya juga luar biasa. Abu Bakar Ash-Shiddiq RA. Pernah memegang lidahnya sambil menangis dan berkata, "Inilah yang mendatangkan berbagai bencana padaku."

Lidah memiliki banyak "penyakit" yang bisa membawa pemiliknya mendapatkan malapetakan seperti perkataan dusta, gosip, adu domba, perkataan kasar, mencela, perkataan kotor, kesaksian palsu, kata-kata laknat, cemoohan, merendahkan orang lain, dan sebagainya. Karena itu tidak aneh jika banyak perkataan yang menghantarkan pelakunya ke neraka, lantaran ia tidak bisa mengontrol lidahnya, dan membiarkan kata-katanya liar.

Lidah laksana binatang buas yang amat berbahaya, ular berbisa, dan api yang meluap-luap. Ibnu Abbas ra, pernah berkata kepada lidahnya sendiri, "Wahai lidah, katakanlah yang baik niscaya engkau akan meraih kebaikan. Atau diamlah, niscaya engkau akan selamat. Semoga Allah merahmati seorang muslim yang menahan lidahnya dari kehinaan, mengikatnya dari gosip, mencegahnya dari ucapan sia-sia, dan menahannya dari kata-kata yang diharamkan."

Dalam hadits shahih disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda kepada Mu'adz ra. sambil memegang lidah, "Tahanlah ini!" Mu'adz berkata, "Apakah kami akan disiksa karena apa yang kami ucapkan, wahai Rasulullah?" "Ibumu akan kehilangan dirimu wahai Muadz. Tidaklah wajah orang-orang itu dilemparkan ke dalam api neraka melainkan karena hasil perbuatan lidah mereka." (HR Tirmidzi dan Ahmad)


Namun begitu, lidah juga merupakan sarana menuju kebaikan dan bisa mengantarkan pemiliknya ke pintu surga. Maka, alangkah damainya orang yang senantiasa berzikir, memohon ampun, memuji, bertasbih, bersyukur, dan bertobat kepada Allah dengan lidahnya. Dan alangkah malangnya orang yang mengoyak kehormatan
manusia, menodai kesucian, serta mendongkel nilai-nilai kebenaran.

Semoga Allah merahmati orang yang berhati-hati dengan segala ucapannya, mengatur lirikan-lirikan matanya, menghaluskan tutur katanya, dan menimbang-nimbang dahulu apa yang akan diucapkan. Allah SWT berfirman, "Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (Qaf [50] : 18)

Dalam hadisnya, Rasulullah SAW juga selalu mengingatkan umatnya untuk selalu menjaga kehormatan lidahnya dalam berbicara. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang menjamin untukku apa yang terletak di antara dua rahangnya (lidah), dan apa yang terletak di antara dua pahanya (kemaluan), maka aku akan menjamin untuknya surga." HR Bukhari dari Sahl bin Sa'ad.

Patut kita sadari, melatih jiwa kita untuk selalu melaksanakan perbuatan-perbuatan yang dianjurkan Allah SWT dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya. Ya Allah, kami memohon pada-Mu agar kami memiliki lidah-lidah yang
jujur dan hati yang bersih.

Apa Itu Jujur? Dan Apa Itu Amanah?

JUJUR DALAM ISLAM 

Jujur dalam kehidupan sehari-hari merupakan anjuran dari Allah dan Rasulnya. Banyak ayat Al Qur’an menerangkan kedudukan orang-orang jujur antara lain: QS. Ali Imran (3): 15-17, An Nisa’ (4): 69, Al Maidah (5): 119. Begitu juga secara gamblang Rasulullah menyatakan dengan sabdanya:

“Wajib atas kalian untuk jujur, sebab jujur itu akan membawa kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan jalan ke sorga, begitu pula seseorang senantiasa jujur dan memperhatikan kejujuran, sehingga akan termaktub di sisi Allah atas kejujurannya. Sebaliknya, janganlah berdusta, sebab dusta akan mengarah pada kejahatan, dan kejahatan akan membewa ke neraka, seseorang yang senantiasa berdusta, dan memperhatikan kedustaannya, sehingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta” (HR. Bukhari-Muslim dari Ibnu Mas’ud)


Oleh sebab itu hendaklah kita akan senantiasa jujur. Dan dikatakan kita sebagai orang yang jujur. Orang jujur ada kemungkinan akan teguh dalam memegang amanah. Sedangkan orang yang pendusta atau tidak jujur sama sekali tidak bisa memegang amanah.

Jujur dan amanah adalah serangkaian sifat yang perlu kita sikapi. Sebagaimana rasulullah adalah seorang yang mempunyai sifat jujur, terpercaya [Amanah]. Oleh sebab itu kita patut menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladan yang baik.

Sebagaimana Firman allah ta’ala:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. [QS. Al-Ahzab :21] 

AMANAH DALAM ISLAM 

Kata “amanah” adalah suatu kata yang besar dalam Islam. Bila dilihat berdasarkan syariat, amanah ini pengertiannya sangat luas dan mendalam. Mulai dari “Menyimpan rahasia hingga “menjalankah sesuatu yang menjadi perjanjian atau tugas”.

Amanah adalah akhlak dari para Nabi dan Rasul. Mereka adalah orang-orang yang paling baik dalam menjaga amanah. Tidak heran bila Rasulullah dikenal sebagi orang yang paling terpercaya, terutama dalam menjalankan amanah.

Ada empat elemen penting dalam konsep amanah, yaitu:

  • Menjaga hak Allah SWT
  • Menjaga hak sesama manusia
  • Menjauhkan dari sifat abai dan berlebihan, artinya amanah memang harus disampaikan dalam kondisi tepat, tidak ditambahi atau dikurangi
  • Mengandung sebuah pertanggung jawaban
Islam mengajarkan bahwa tidak ada iman bagi orang yang tidak amanah dan tak ada agama bagi orang yang tak berjanji. Ini berarti amanah adalah bagian dari iman. Sehingga mereka yang tidak menjaga amanah, termasuk pada golongan orang-orang yang tidak beriman. Selain itu, agama juga mengajarkan kita untuk berjanji dan menepatinya karena itu bagian dari kehidupan.

Berbicara amanah juga merujuk pada golongan manusia yang termasuk para pemimpin. Bagaimanapun juga, kita semua merupakan pemimpin, setidaknya bagi diri sendiri dan keluarga. Sehingga, nanti kita pasti akan ditanya dan dimintai pertanggungjawaban tentang kepempinan kita. Hal ini tercantum dalam Alquran surat Al Anfaal ayat 27:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” 

Dari ayat di atas, kita bisa lihat bahwa Allah benar-benar dengan tegas melarang sifat khianat. Rasulullah pun dengan tegas mendidik orang untuk menjalankan amanah, bahkan sedari kecil.

Menjaga amanah itu sangat penting dan memiliki konsekuensi yang besar untuk orang-orang yang mengabaikan amanah. Begitu besarnya, hingga bumi, langit, dan gunung pun takut melanggarnya. Hal ini tercantum dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 72:

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh."

Bila mereka saja takut, bukankah kita seharusnya lebih takut? Karena kitalah yang akhirnya dititipi amanah itu dan nantinya akan ditanya tentang pertanggungjawabannya.

Dari uraian tentang kejujuran dan amanah di atas, aku sadar bahwa aku telah melanggar amanah dan berbuat tidak jujur. Dan hal itupun jelas bahwa aku telah bertindak tidak profesional terhadap pekerjaanku saat ini. Maka dari itu aku akan memulainya secara bertahap dari hal-hal terkecil terlebih dahulu.

Hari ini telah belajar tentang arti kejujuran dan amanah. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita. Amin..