aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 23 Januari 2013

FILM-FILM INSPIRATIF


Film tidak selamanya berorientasi pada hiburan semata, banyak film-film khususnya drama yang mengetengahkan cerita yang dapat memberikan inspirasi maupun melahirkan motivasi bagi penontonnya. Film-film berikut memuat nilai-nilai pendidikan yang dapat menjadi media pembelajaran bagi guru, orangtua dan murid. Menonton film-film seperti mengandung banyak mamfaat bagi yang mau memahami dan mengambil hikmah didalamnya.  
Beberapa film-film yang saya maksud diatas, contohnya sebagai berikut :
Miracle Worker
Miracle Worker
THE MIRACLE WORKER
Ungkapan Profesor Yohannes Surya dalam acara Kick Andy bahwa “tidak ada anak bodoh, yang ada adalah anak yang tidak mendapatkan guru yang baik dan memberi pengajaran yang baik”. 


Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai seorang anak tuna rungu. Kekurangannya menyebabkan ia dianggap tidak ‘mampu’ dan harus diperlakukan berbeda. Namun di tangan seorang perempuan dewasa yang memiliki visi dan insting ‘guru’, anak itu akhirnya mampu hidup layaknya manusia normal, bahkan ia menjadi pengacara yang cukup dikenal. Film ini layak ditonton oleh semua kalangan, khususnya tenaga pendidik. 

Freedom Writers
Freedom Writers
FREEDOM WRITERS
Ath-thariqatu ahammu min al-maddah, wa al-ustadzu ahammu min ath-thariqah (Metodologi lebih penting dibandingkan materi pengajaran, tetapi sosok guru yang kompeten lebih baik tinimbang metodologi yang sempurna). Adagium ini mungkin tepat bila dikaitkan dengan film Freedom Writers. Film yang didasarkan atas kisah nyata kehidupan seorang guru di Long Beach, California, Erin Gruwell. Erin berprofesi sebagai guru bahasa Inggris ketika isu rasisme dan kekerasan di Amerika begitu hegemonik. 

Keduanya menciptakan kecurigaan dan segregasi sosial di antara murid-muridnya, sebagian besar murid-muridnya bukan hanya menjadi objek, bahkan menjadi subjek kekerasan. Fenomena ini menjadikan murid-muridnya apatis terhadap kehidupannya, mereka kehilangan visi dan cita-cita. 

Untuk mendekati dan menyelami kehidupan mereka, Erin memberikan buku harian yang harus diisi setiap harinya. Mereka bebas menuliskan apapun dan bila Erin diperbolehkan membaca, maka buku tersebut harus diletakkan di lemari kelas. Pada akhirnya buku harian tersebut menjadi proyek akhir bersama dan di bawah bimbingannya, buku harian tersebut akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku yang berjudul The Freedom Writers Diary. 

a Beautiful Mind
a Beautiful Mind
BEAUTIFUL MIND
Film ini menceritakan kisah hidup profesor Jhon Nash, seorang ahli matematika yang mendapat hadiah nobel. Ia terkena penyakit skizofrenia yang menyebabkan dirinya mengalami delusi yang sangat hebat. Delusi yang tampak di mata John adalah teman satu kamarnya sejak saat pertama kuliah di Preston university, Hanson. Delusinya kembali semakin parah, ia melihat semua majalah adalah kode-kode konspirasi dari orang Rusia yang harus dipecahkan. Nash pikir itu adalah kode yang akan menuntunnya pada lokasi bom yang diletakkan oleh soviet. Adapula delusi orang militer bernama Parcher yang mengancamnya bekerja pada militer memecahkan kode-kode tersebut. Berkat ketabahan istrinya yang membimbing sang suami, akhirnya Nash berhasil mengalihkan perhatiannya pada delusinya sendiri, walaupun bayangan Hanson, Parcher dan sepupu Hanson tidak pernah hilang hingga usia senjanya. 

The Bucket List
The Bucket List
THE BUCKET LIST
Film ini menceritakan akhir kehidupan dua orang penderita kanker yang divonis hidup hanya beberapa bulan saja. Keduanya memiliki kepribadian yang berbeda begitupun latarbelakang ekonomi sosialnya. Pada satu saat Cole melihat Carter yang menulis pesan kematiannya dalam The Bucket List (Ember Cita-cita) yang begitu pesimis, Carter menambahkan beberapa catatan dan memutuskan untuk mengajak temannya melakukan keinginan keduanya seperti yang mereka tulis tersebut. 

Kekuatan film ini ada pada dialog-dialog yang mengalir secara dalam, kerena ditunjang oleh dua aktor kawakan yaitu Morgan Freeman dan Jack Nicholson. 

Le Grand Voyage
Le Grand Voyage
LE GRAND VOYAGE (ar-Rihlah ath-Thawilah)
Film ini adalah film Perancis yang menceritakan perjalanan panjang seorang Ayah untuk menunaikan ibadah haji. Awalnya saya menonton film ini karena mobil yang digunakan adalah Peugeot –mobil idola saya. Tapi kisah dan dialog di film ini sarat dengan makna. 

Reda, seorang remaja Perancis keturunan Maroko yang tiba-tiba mendapat tugas untuk mengantarkan sang Ayah menunaikan haji dengan jalan darat. Perjalanan panjang yang menyusuri banyak negara, seperti Italia, Serbia, Turki, Syria, Jordania dan akhirnya Saudi Arabia menciptakan ketegangan antara Ayah dan anak. Di sini kita akan melihat bagaimana pertarungan nilai dari perbedaan kultur antara Ayah –imigran muslim di Perancis yang dilahirkan dan besar di Maroko dengan anak yang juga muslim, tetapi lahir dan dibesarkan di Perancis yang memiliki kultur yang sangat berbeda dengan Timur Tengah. 

Three Idiots
Three Idiots
THREE IDIOTS
Jangan terjebak dengan judul yang digunakan untuk film ini. Sebagai film India yang bergenre komedi, film ini jauh dari kesan film India lainnya. Film ini memiliki visi dan nilai yang disampaikan kepada penonton. Bagaimana anak-anak di film ini terjebak dalam keinginan para orang tua mereka yang menginginkan anaknya menjadi insinyur. Dan seorang anak yang cerdas tetapi berasal dari keluarga yang tidak memiliki apa-apa. Di sini kita banyak di ajarkan untuk keluar dari yang biasa-biasa saja (out of the box) dan menjadi seseorang yang kreatif dengan metode belajar yang berbeda. Sehingga kita tidak hanya menjadi ‘manusia teknologis’ sebagaimana yang dikatakan Heidegger.  

Film Baraka
BARAKA
Ini ini sangat inspiratif karena menyorot kehidupan manusia dari beragam aspek. Apa yang dicap sebagai budaya primitif atau terbelakang sesungguhnya menjadi bagian dari budaya manusia modern. Film ini juga menyindir tentang apa yang disebut kemajuan ummat manusia. Film ini juga tidak memuat dialog, lebih-lebih sebuah cerita atau plot, film ini menggunakan tema untuk menyajikan perspektif baru dan membangkitkan emosi murni melalui bioskop. 

Film ini dibuat di 152 lokasi di 24 negara: Argentina, Australia, Brasil, Kamboja, Cina, Ekuador, Mesir, Perancis, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Israel, Italia, Jepang, Kenya, Kuwait, Nepal, Polandia, Arab Saudi, Tanzania, Thailand, Turki, dan Amerika Serikat. 

Life is Beautiful
Life is Beautiful
LIFE IS BEAUTIFUL
Film ini merupakan salah satu film terbaik, maka tidak heran bila mendapatkan 3 academy award dan best actor bagi pemain utamanya. Film ini menceritakan upaya seorang ayah yang tidak ingin anaknya mengetahui kekejaman yang terjadi di tempat penampungan Nazi Jerman di mana mereka disekap. Untuk itu ayah tersebut harus selalu menciptkan cerita seakan-akan semuanya merupakan bagian dari permainan dan pemenangnya akan diganjar sebuah tank seperti yang diidam-idamkan anaknya. Film ini diproduseri oleh Ceci Gori, pemilik klub Fiorentina sebelum klub ini turun kasta ke seri B pada awal tahun 2000-an.

Others
Others
Film-film lain yang terkait dengan Dunia Pendidikan adalah :
01. A Head of the Class
02. Coach Carter
03. Denias, Senandung di atas Awan
04. Gokusen (Jepang)
05. Great Teacher Onizuka (Jepang)
06. The Great Debaters
07. Finding Forrester
08. Dead Poets Society
09. Dangerous Minds
10. I Not Stupid
11. Laskar Pelangi
12. Les Choristes
13. Ron Clark Story
14. School of Life
15. Lean on Me
16. School of Rock
17. Spelling Bee
18. Take the Lead
19. The Class (Perancis)
20. The Music of the Heart
21. Garuda di Dadaku
22. Negeri 5 Menara
Dan lain sebagainya yang belum saya ketahui.

10 Ciri Guru yang Matang dalam Merencanakan Pembelajarannya

Dunia Belajar Mengajar adalah dunia yang terus berkembang. Seorang guru yang terus menerus gunakan metode dan pendekatan yang sama saat mengajar, akan terlihat menjadi guru yang hanya menjalankan rutinitas. Terbayanglah sudah jika seorang individu hanya menjalankan rutinitas belaka, maka ia sendiri sebagai pelaku akan mudah terjebak untuk menjadi jenuh dan cepat jadi bosan pada profesi yang menjadi pilihannya. Jika ia tidak bosan maka yang terjadi individu tersebut akan menjadi ‘stagnan’ alias diam ditempat, tidak berkembang dan lupa untuk belajar.

Salah satu jembatan yang bisa menghubungkan antara antusiasme, suasana hati seorang guru dan tugas kesehariannya sebagai pendidik adalah hal yang disebut sebagai ‘perencanaan’. Dengan merencanakan guru bisa menikmati profesinya sambil bisa menikmati kehidupan sosialnya. Saya tidak akan menulis tentang bagaimana cara merencanakan yang baik, tetapi saya akan ajak mengenali guru-guru yang merencanakan pembelajarannya dengan baik. 


Adapun ciri-ciri mereka adalah : 
  1. Sudah ada di kelas sebelum kelas dimulai, waktunya bisa 5 sampai 10 menit sebelum siswa datang ke kelas. Dengan demikian ia tidak sering berdiri membelakangi siswa saat menulis atau melakukan persiapan sesuatu dalam mengajar.
  2. Tidak sekedar membawa ‘dirinya’ saja, tapi juga tampil dengan bahan dan sumber belajar, seperti misalnya kartu permainan untuk guru bahasa, dan alat peraga yang sederhana yang sifatnya bersifat ‘hands on’ yang bisa dipakai oleh siswanya di kelas.
  3. Mulai kelas dengan tepat waktu, guru yang merencanakan pembelajarannya dengan baik tidak sabar untuk segera mencoba ‘formulanya’ di kelas.
  4. Jika mengajar hanya satu jam pelajaran ia akan memaksa siswanya untuk siap segera memulai kegiatan dan langsung memberikan arahan serta instruksi pekerjaan pada siswa. Ia tidak akan membiarkan siswa kehilangan arah dan mulai berulah mengobrol atau mengganggu temannya. Semuanya sibuk karena sudah ada pekerjaan yang mesti dikerjakan.
  5. Jika ia mengajar lebih dari 2 jam pelajaran, ia akan membagi siswanya dalam group dengan rotasi dengan alokasi waktu yang sama. Group berguna untuk membuat siswa mnjadi sibuk. Siswa yang sibuk apalagi dengan tugas bermakna menjadi ciri suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan.
  6. Ia akan banyak mengajukan pertanyaan pada siswanya di kelas, siswa akan diarahkan dengan pertanyaan dan bukan dengan ceramah atau perintah.
  7. Penugasan kepada siswa dilakukan dengan pola penugasan ‘paket’ yang terdiri dari soal yang sedikit, ringkas tapi menantang.
  8. Ia akan selalu melihat jam, tapi bukan karena ia bosan. Ia melihat jam demi memastikan semua target pembelajarannya hari ini tercapai dan memenuhi hasrat pengabdian profesional sebagai guru.
  9. Selalu tersenyum saat menerangkan dan tidak mudah marah saat ada siswa yang berbuat kesalahan. Hal ini terjadi karena ia yakin dengan arah pembelajarannya dan panik hanya karena ada satu saja siswa yang berulah.
  10. Suasana kelasnya ‘turun naik’, artinya tidak melulu sunyi senyap, tapi juga ‘meriah’ jika siswa sedang diajak untuk belajar dengan debat, kuis atau kompetisi kecil yang menyenangkan. Saat itu terjadi ia akan cepat menutup pintu khawatir akan mengganggu kelas lain, hal ini cepat diantisipasi karena masuk dalam perencanaannya sebelum mengajar.
  11. Sumber

KENAPA AYAM MAMPU MELIHAT MALAIKAT, SEDANGKAN KELEDAI TIDAK?

Banyak sudah penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran sabda-sabda Nabi SAW secara ilmiah. Berikut ini adalah salah satunya. Nabi SAW bersabda:

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Kita sering kali mendengar hadits ini tetapi bisa jadi jarang memikirkannya dan tidak terlintas dalam benak kita untuk meneliti secara ilmiah mengapa itu terjadi.

Kemampuan sistem visual manusia di dunia ini terbatas. Dalam hal ini justru kalah dengan sistem visual keledai dan ayam jantan. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar infra merah atau di atas sinar ultraviolet.

Tapi kemampuan indera ayam jantan dan keledai melewati batas itu. Pertanyaannya sekarang, bagaimana keledai dan ayam bisa melihat setan dan malaikat, bukan sebaliknya?

Keledai itu dapat melihat dengan sinar infra merah, sedangkan setan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Artinya, setan termasuk dalam lingkup infra merah. Karena itulah, keledai dapat melihat setan, tetapi tidak bisa melihat malaikat.
Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Karena itulah, malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.

Hal ini menjelaskan kepada kita mengapa setan melarikan diri saat disebutkan nama Allah. Penyebabnya adalah karena para malaikat datang ke tempat yang disebut nama Allah itu, sehingga setan melarikan diri.

Mengapa setan menghindar bila ada malaikat?

Jawabannya adalah karena setan terganggu bila melihat cahaya malaikat. Dengan kata lain, jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah di satu tempat, maka sinar merah memudar.

Maha Besar Allah atas segala kuasanya…!
Sumber