aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Kamis, 23 Mei 2013

10 Manfaat Internet Bagi Pelajar & Dunia Pendidikan

Banyak sekali informasi yang disediakan oleh internet, manfaat internet bagi dunia pendidikan dan secara umum memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Selain internet dapat bermanfaat untuk dunia bisnis ternyata banyak sekali manfaat lainnya dibidang lainnya seperti yang dimanfaatkan oleh para pelajar dalam banyak hal.

Orang tua memang harusnya mengawasi anak-anaknya ketika mencari informasi didunia maya, jangan sampai anak tersebut malah tidakk sengaja masuk kedalam situs yang kurang baik sehingga membuatnya penasaran dengan rasa ingin tahunya untuk mengetahui lebih dalam dunia yang seharusnya belum diketahuinya yaitu dunia dewasa.

Seorang pelajar yang salah menggunakan dan memanfaatkan jaringan internet memang akanberdampak negatif internet, Namun didalam dunia internet sebenarnya menyimpan lebih banyak positifnya daripada mudharatnya. Nah untuk meyakinkan para oraang tua agar merestui ketika memanfaatkan jaringan internet, Saya akan share Manfaat Internet Bagi Pelajar yang tidak dapat dipungkiri. 


10 Manfaat Internet Bagi Pelajar sebagai berikut :  

  1. Didalam dunia internet khususnya bagi seorang pelajar adalah dengan sangat mudahnya mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran apa saja.
  2. Dapat memperluas wawasan ilmu pengetahuan umum siswa tanpa harus datang ketempat lokasi, Didalam internet banyak sekali yang disediakan baik itu berupa tulisan maupun dalam bentuk foto&video, Sehingga seorang pelajar akan mudah paham dibandingkan hanya dengan membaca sebuah buku.
  3. Internet dapat memupuk dan mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan membaca banyak arahan dari orang-orang yang sudah berhasil dalam bidangnya.
  4. Melatih siswa agar tidak gaptek,, Internet mempunyai daya tarik tersendiri bagi siswa. Internet dapat memikat seorang siswa agar mengenal komputer mulai. ketertarikan seseorang haruslah dipancing dengan hiburan terlebih dahulu agar siswa merasa nyaman terlebih dahulu lalu barulah sedikit demi sedikit dikenalkan dengan alat pengoprasiannya.
  5. Internet dapat sebagai sarana komunikasi yang murah, Sebenarnya di Indonesia sendiri biaya komunikasi sudah terbilang sangat murah jika masyarakat dan siswa sadar akan pentingnya internet. Tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk komunikasi para pelajar dapat melakukannya via internet baik itu melalui jejaring sosial seperti facebook/twitter maupun dengan video call.
  6. Keberadaan internet dapat mempercepat pekerjaan para siswa, banyak sekali pembahasan pelajaran yang dapat mempermudah tugas-tugas sekolah.
  7. Internet dapat menumbuhkan sebuah imajinasi anak dan inspirasi anak agar lebih berkembang dan tentunya dalam hal yang positif.
  8. Dapat mempermudah siswa ketika saling bertukar informasi karena internet juga menyediakan sebuah forum-forum diskusi bagi pelajar.
  9. Internet saat ini juga bisa dijadikan sebuah pelajaran bisnis untuk para siswa, seperti contoh membuka toko online yang tanpa harus ditunggui terus dan menyediakan kios. tentunya akan sangat meringankan bagi siswa yang mungkin masih sulit untuk membagi waktu untuk menjaga sebuah kios sendiri.
  10. Manfaat Internet yang terakhir adalah sebagai media ekspresi untuk mencari informasi baik itu dalam bentuk makalah maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pelajar.

Iman itu setengahnya adalah Kesabaran dan setengahnya lagi adalah Syukur

Pada masa Harun al-Rasyid berkuasa, ada seorang mentri bernama al-Asma’i. Pada suatu hari ia berburu di padang pasir, dan terpisahlah ia dengan rombongannya. Ketika ia merasa kepanasan dan kehausan, ia melihat kemah di tengah sahara. Ia berjalan mendekati kemah tersebut, dan melihatlah seorang wanita cantik berdiam di kemah itu. 

Ketika melihat Asma’i kepanasan dan kehausan, ia mempersilahkan masuk dan duduk. Wanita itu duduk menjauh dari Asma’i. Asma’i berkata kepadanya, “tolong beri aku air minum.” Wajah wanita itu berubah, ia berkata “Sungguh aku tidak bisa meberi air minum kepadamu sebab suamiku tidak memberikan izin kepadaku memberi air minum kepada orang lain. Namun aku punya bagian makan pagiku, yaitu susu. Aku tidak minum dan kau boleh meminumnya.” Lalu Asma'i memintanya dan wanita itu tidak berbicara kepadanya. 

Dari kejauhan terlihat titik hitam mendekati kemah. Wanita itu berkata “suamiku datang.” Wanita itu mengambil air dan keluar dari kemahnya. Ternyata suaminya adalah seorang yang sudah tua, hitam dan buruk wajahnya. Wanita itu membantu suaminanya turun dari unta, kemudian membasuk kedua tangan dan kakinya, dan dibawa masuk suaminya dengan penuh penghornatan. Sang suami tidak menugur sedikit pun kepada Asma’i. Ia mengabaikan tamu dan memperlakukan istrinya dengan kasar. Melihat hal itu ia merasa benci dengan lelaki itu, dan keluar dari kemah. 

Wanita itu mengantarkan Asma’i keluar dari kemah. Saat itu Asma’i bertanya kepadanya “aku menyesali keadaan mu. Kamu dengan segala kemudaanmu dan kecantikanmu bergantung kepada seseorang seperti itu. Untuk apa kamu bergantung kepadanya? Apa karena hartanya? Sedangkan ia orang yang miskin. Atau tertarik karena ketampanannya? Padahal ia orang yang buruk rupanya. Mengapa kamu tertarik kepadanya?” 

Wajah wanita itu pucat pasi. Lalau ia berkata degan amat keras, “Hai Asma’i, akulah yang menyesali keadaanmu. Aku tidak menyangka seorang perdana mentri Harun al-Rasyid berusaha menghapus kecintaan di hatiku kepada suamiku, dengan jalan menjelek-jelekkan suamiku.” 

“Wahai Asma’i, kata wanita itu menegaskan. “Tidakkah kau tau mengapa aku melakukan semua itu? Aku mendengar nabi Yang Mulia bersabda,”iman itu setengahnya adalah kesabaran dan setengahnya lagi adalah syukur.” Aku bersyukur karean Allah telah memberiku kemudaan, kecantikan, dan ahlak yang baik. Aku ingin menyempurnakan setengah imananku lagi dengan kesabaran berkhidmad kepada suamiku.
Semoga bermanfaat yaa . . .

Hal-hal yang Dibenci Murid dari Seorang Guru

Sadar atau tidak, guru adalah pusat perhatian murid di kelas. Dari atas sampai bawah dan dari penampilan luar hingga dalam. Mereka memperhatikan ‘detail’ seorang guru, sehingga hal itu menjadi salah satu alasan sikap penerimaan mereka. Murid tentu bisa menempatkan diri di depan guru. Mereka ramah, menyalami, tersenyum dan bersikap hormat. Namun, bisa saja ada hal2 yang mereka kurang suka dari seorang guru. Apa itu? Masih dengan referensi buku “ Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif & Inovatif”, buah karya Jamal Ma’mur Asmani. 

Hal-hal yang tidak disukai murid dari seorang guru antara lain :

Penampilan Guru Kurang Rapi
Hum, penampilan luar bisa menjadi kesan pertama bagi seseorang. Tak menutup kemungkinan bagi murid ke gurunya. Jadi, sebelum masuk kelas sangat dianjurkan bagi guru memeriksa kondisi fisik, baju, dandanan dsb. Barangkali kurang rapi. Dengan catatan, tidak terlalu berlebihan juga. Misalnya kadang kita risih melihat seseorang dengan bedaknya yang terlalu tebal, perhiasannya yang terlalu ‘berantai’, baju yang terlalu ‘mencolok’, atau hal2 ‘over’ lain.

Jarang Masuk
Ya, guru yang tak masuk kadang ber-efek menyenangkan bagi murid. Namun sebenarnya, dalam hati mereka, ada rasa butuh akan pelajaran. Apalagi tujuan mereka memanglah mengail ilmu dari guru. Sehingga kalau guru sering tak masuk atau hanya menekankan tugas, terutama dengan alasan kurang jelas, maka hal itu akan menjadikan murid tak suka pada guru bahkan mungkin pada pelajaran yang dibawakannya.

Pilih Kasih
Sebisa mungkin guru tahu semua nama murid2 tanpa kecuali, sehingga murid2 tidak beranggapan kalau guru hanya mengetahui murid2 tertentu (missal hanya yang pintar atau tenar saja). Guru juga mesti membagi ‘pelayanan’ secara rata, tidak melulu berdiam di salah satu bangku dan meladeni pertanyaan murid yang itu-itu saja. Atau, hanya menunjuk seseorang saja. Jika bisa, buat kelas menjadi kaya opini dengan tidak membuat murid canggung untuk berpendapat. Jika ada konflik, jangan dulu memberikan ‘keputusan prematur’ dengan cara memihak salah satu murid (walau murid tersebut terkenal baik dan di-anak-emas-kan), melainkan membuka diskusi dan memberi perhatian secara rata.

Memberi PR Tanpa Mengoreksinya
Jika memberi PR, tentu kita mesti bersiap memberikan evaluasi atas hasil PR tersebut. Jika tidak, bukan tidak mungkin murid akan semakin malas dan menganggap enteng semua tugas yang guru berikan. Bisa dengan menerapkan ‘tim independent’ (yang aku terapkan dalam PPL), bisa dengan bergerak langsung memeriksa satu-persatu, dengan membahasnya secara terbuka sambil meminta partisipasi siswa untuk berkomentar, membubuhkan paraf, menerapkan hukuman bagi yang tidak mengerjakan, atau lebih bersikap toleran dengan tidak menuntut pengerjaan PR secara benar dan menyeluruh, dst.

Berkata Kasar
Sejengkel-jengkelnya kita terhadap tingkah ngeyel murid, khusus untuk urusan lisan memang mesti dikendalikan. Ucapan kasar yang terangkum dalam ingatan tentu akan menumbuhkan trauma yang mendalam, sehingga sebisa mungkin kita mampu menata amarah dengan tidak meloloskan kata2 kasar secuil pun.

Suka Menyuruh, apalagi untuk Kepentingan Diri Sendiri
Umpamanya ketika belajar-mengajar dan kita merasa haus, tiba2 kita menyuruh murid untuk membelikan minuman. Tentu, hal tersebut selain tidak ada urusannya dengan kepentingan belajar-mengajar, juga hanya akan mengganggu aktivitas murid saja.

Menghukum dengan Semena-mena
Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, guru tidak mesti menerapkan keputusan ‘premature’. Perlu pengkajian dan penelusuran lebih lanjut. Selain untuk mendapatkan hasil baik, juga agar ada kesan bahwa guru memperlakukan murid dengan serius dan tak main2. Misalnya ketika sebuah kelompok murid tidak menyetorkan hasil pekerjaannya, lalu kita langsung menghukum tanpa mendengar alasan mereka. Bisa jadi karena hasil kelompok tersebut dibawa oleh teman yang kebetulan tidak sekolah. Namun demikian, kita tak juga harus langsung percaya, melainkan melakukan semacam ‘interogasi’ untuk meng-cek kejujuran mereka.

Cuek di dalam dan di luar Kelas
Cuek di sini bisa berarti sebenarnya, bisa juga tidak. Misalnya tidak gemar melakukan Tanya-jawab dengan murid atau berdialog di dalam dan di luar kelas. Bisa juga cuek akan hal2 yang menimpa murid/kelas, umpamanya menanyakan kabar murid yang lama tak sekolah, yang sering bolos, membicarakan kondisi kelas yang kurang bersih, dsb.

Susah Dimintai Tolong
Ketika murid ada kesulitan dan guru sulit dihubungi, tentu akan menimbulkan prasangka kurang baik bagi murid. Misalnya kita sulit berkomunikasi secara tidak langsung (sms yang tidak dibalas, telpon yang tidak diangkat atau komunikasi dalam jejaring sosial yang tidak direspon), bisa juga secara langsung, seperti susah ditemui, ‘sok’ sibuk, dst. Sebisa mungkin, kita luangkan masa untuk melayani kesulitan mereka.

Demikian hal2 yang sering dibenci murid dari seorang guru. Semoga bermanfaat!

22 Prediksi Ali Bin Abi Thalib Yang 100% Nyata

 "Akan datang suatu masa. Aku khawatir terhadap masa itu:

1. Dimana keyakinan hanya tinggal didalam pemikiran.
2. Dimana keimanan tak berbekas dalam perbuatan.
3. Banyak orang baik tapi tak berakal.
4. Ada pula yang berakal tapi tak beriman.
5. Ada yang lidahnya fasih tapi hatinya lalai.
6. Ada pula yangkhusyu' tapi sibuk menyendiri.
7. Ada ahli ibadah tapi mewarisi kesombongan iblis.
8. Ada pula ahli maksiat tapi rendah hati.
9. Ada yang bahagia tertawa tapi hatinya berkarat.
10. Ada pula yang sedih menangis tapi kufur nikmat.
11. Ada yang murah senyum tapi hatinya mengumpat.
12. Ada pula yang berhati tulus tapi wajahnya cemberut.
15. Ada yang berlisan bijak tapi tidak memberi teladan.
16. Ada pula pelacur tapi menjadi figur.
17. Ada yang memiliki ilmu tapi tidak paham.
18. Ada pula yang paham tapi tidak menjalankan.
19.Ada yang pintar tapi membodohi.
20. Ada pula yang bodoh tapi tidak tahu diri.
21. Ada yang beragama tapi tidak berakhlak.
22. Ada pula yang berakhlak tapi tidak ber-TUHAN.
(Ali bin Abi Thalib)".

Lalu,,, diantara semuanya itu, DIMANAKAH KITA BERADA..?
Reff

Penemu - Penemu Berpengaruh Asal Indonesia

Ternyata menjadi bangsa Indonesia di dunia ini cukup membanggakan, karena memiliki putra-putra besar dalam segi ilmu pengetahuan yang tidak kalah dengan mancanegara, banyak sekali penemuan-penemuan mereka yang begitu bermamfaat untuk kemaslahatan hidup dan diakui oleh dunia, berikut daftarnya :
  1. Abdul Jamil Ridho & Niti Soedigdo - Penemu Varietas Unggul Singkong Raksasa
  2. Adi Rahman Adiwoso - Penemu Teknologi Baru dalam Telepon Bergerak Berbasis Satelit
  3. Alexander Kawilarang - Penemu Kapal Ikan Bersirip
  4. Andrias Wiji Setio Pamuji - Penemu Reaktor Biogas
  5. Arief Mulyana Djumra - Penemu Pemacu Produktifitas dan Kualitas Udang dan Ikan
  6. Aryadi Suwono & Tim Peneliti ITB - Penemu Bahan Pendingin Baru yang Lebih Hemat Energi
  7. Ayub S. Parnata - Penemu Bakteri Kompos Organik
  8. Bacharuddin Jusuf Habibie - Penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang)
  9. Budi Noviantoro - Penemu Klip Penambat Bantalan Kereta Api dengan Dua Gigi
  10. Dani Hilman Natawijaya - Penemu Indikator Alam (Terumbu Karang) terhadap Siklus Gempa
  11. Djuanda Suraatmadja - Penemu Beton Polimer yang Ramah Lingkungan
  12. Eddyman, Intan Elfarini & Kanaka Sundhoro - Penemu Obat Antinyamuk Alami dan Murah
  13. Evvy Kartini - Penemu Penghantar Listrik Berbahan Gelas
  14. Fuad Affandi - Penemu Pupuk Alami dari Air Liur
  15. Herman Johannes - Penemu Tungku Berbahan Bakar Briket Arang Kayu dan Dedaunan
  16. I Gede Ngurah Wididana - Penemu Formula Minyak Oles Bokhasi
  17. I Made Budi - Penemu Formula Sari Buah Merah untuk Pengobatan
  18. Lalu Selamat Martadinata - Penemu Alat Pemanggil Ikan
  19. M. Djoko Srihono - Penemu Penjernih Air Limbah
  20. Maruni Wiwin Diarti - Penemu Senyawa Antimikroba dari Rumput Laut
  21. Minto - Penemu Kompor dan Pengering Hasil Tani dengan Tenaga Matahari
  22. Mumu Sutisna - Penemu Hormon Penyubur Anakan Padi
  23. Mulyoto Pangestu - Penemu Teknik Ekonomis Pembekuan Sperma
  24. Neny Nurainy - Penemu Varian Virus Hepatitis B Indonesia
  25. Puji Slamet Arif - Penemu Motor Listrik Hemat Energi
  26. Rahmiana Zein - Penemu Teknik Pemisahan Cairan dalam Kecepatan Tinggi
  27. Randall Hartolaksono - Penemu Formula Kimia Pemadam Api Ramah Lingkungan
  28. Rizal & Juffri Sahroni - Penemu Penghemat Bahan Bakar Diesel
  29. Robert Manurung - Penemu Minyak Jarak Murni
  30. Saverinus Nurak - Penemu Mesin Pompa Tangan Berkekuatan Tinggi
  31. Sutjipto & Ryantori - Penemu Konstruksi Fondasi Sarang Laba-laba
  32. Sutrisno - Penemu Alat Perangkap Lalat Buah
  33. Sedijatmo - Penemu Konstruksi Fondasi Cakar Ayam
  34. Septinus George Saa - Penemu Rumus Penghitung antara Dua Titik Rangkaian Resistor
  35. Sofin Hadi - Penemu Metode Cincin untuk Sunat Tanpa Luka
  36. Sri Wuryani, Mustadjab, Euis M. Nirmala, Siwi Hardiastuti - Penemu Pengawet Aroma dalam Hampa
  37. Tjokorda Raka Sukawati - Penemu Landasan Putar Bebas Hambatan Sosrobahu
  38. Warsimin Adiwarsito - Penemu Marmer Buatan
  39. Widowati Siswomihardjo - Penemu Bahan Baru untuk Gigi Palsu yang Lebih Aman dan Murah
  40. Windu Hernowo - Penemu Penghemat Bahan Bakar Mesin
  41. Yanto Lunardi Iskandar - Anggota Tim Penemu HIV & Metode Peningkatan Hematopoiesis
  42. Yudi Utomo Imardjoko - Penemu Kontainer Limbah Nuklir
  43. Zahlul Badaruddin - Penemu Zahlul Integrated Unit (Desain Sistem Efisien untuk Produksi Obat/Kimia)
Reff 

Semangat Dalam Hidup

Kalau Anda ingin menyalahkan orang yang paling bertanggung jawab atas kegagalan Anda dalam hidup, maka Anda bisa mulai dengan menyalahkan diri sendiri? Kenapa demikian? Karena Andalah sendiri yang mengambil keputusan untuk gagal. Bukan atasan Anda yang galak. Bukan anak buah Anda yang susah diatur. Bukan istri Anda yang tidak sejalan. Bukan suami Anda yang tidak pengertian. Bukan teman di kantor yang menggosipkan Anda. Tetapi karena Anda sendirilah yang memutuskan, mengambil keputusan dengan penuh kesadaran, untuk gagal.

Seorang pesenam dari Jepang meraih medali emas impiannya setelah menari dengan indah di Olympiade. Padahal hari sebelumnya, tumitnya retak dan dokter mengatakan di akan cacat seumur hidupnya. Rasa sakit dikalahkan oleh kemauan yang kuat untuk mempersembahkan medali emas bagi negaranya.

Sepasang mahasiswa drop-out memulai sebuah perusahaan software kecil-kecilan yang sama sekali tidak diperhitungkan akan menjadi besar. Kini Bill Gates dan Tim Allen merupakan dua orang legenda software dunia, padahal hanya berijazahkan high school (SMA).

Seorang veteran perang dunia pertama menawarkan resep masakan keluarganya kepada lebih dari seribu orang yang dinilainya dapat memberinya modal usaha mengembangkan restoran. Seribu orang itu menolaknya. Tapi ia tidak menyerah. Bayangkan bila saat itu Kolonel Sandersmemutuskan berhenti pada penolakan yang ke 999, hari ini kita tidak akan mengenal Kentucky Fried Chicken.

Thomas Alfa Edison berkata pada seorang wartawan, ketika percobaan lampunya yang ke-sekian ratus gagal… “Saya tidak gagal! Bahkan saya baru saja berhasil menemukan cara ke 879 untuk tidak membuat lampu!” Pantang menyerah.

Sukses Anda, bukan nasib. Sukses adalah sesuatu yang hanya dapat dicapai dengan harta, keringat, air mata dan kadang juga darah. Pada prinsipnya, tidak ada orang yang gagal. Yang ada hanya orang yang “memutuskan untuk berhenti” sebelum mencapai sukses.  

Nilai manusia, bukan bagaimana ia mati, melainkan bagaimana ia hidup; bukan apa yang diperoleh, melainkan apa yang telah diberikan; bukan apa pangkatnya, melainkan apa yang telah diperbuat dengan tugas yang diberikan Tuhan kepadanya.