aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Kamis, 20 Desember 2012

Kata-Kata Bijak dari Berbagai Penjuru Dunia


Sahabatku Yang bijak, 

Banyak sekali hikmah dan manfaat yang bisa kita ambil dari sebuah kata-kata bijak dan mutiara kehidupan. Baik itu tentang hidup, Tentang Cinta, Tentang Mimpi, Tentang Cita-cita, Tentang kesuksesan,Tentang Persahabatan dan Tentang banyak lagi. Kita bisa bercermin dari pengalaman terdahulu yang merupakan resep berharga untuk lebih bijak menyikapi kehidupan di masa mendatang.

Kata-kata bijak hanyalah semata-mata pengertian. Mungkin terdengar simple dan sederhana, tapi dibalik semua itu tersimpan makna yang sangat dalam. Sebagai penambah semangat, motivasi, tuntunan, dan cara singkat menyikapi kehidupan. Semoga kita bisa lebih mudah dan bijaksana untuk jalani hidup yang indah ini.

Berikut adalah kumpulan kata-kata bijak dari berbagai penjuru dunia :   
  • Jangan sesali apa yang telah pergi, kamu mungkin kehilangan sesuatu yg baik, tapi kamu juga mungkin mendapatkan sesuatu yg lebih baik.
  • Hidup menawarkan begitu banyak pilihan. Pilih serta jalani yang terbaik, dan menjadi seorang pemenang.
  • Tegap langkahmu dalam menghadapi kerasnya kehidupan tidaklah cukup tanpa disertai tegapnya iman.
  • Hidup bukan tentang seberapa besar kesalahanmu di masa lalu, tapi tentang bagaimana kamu memperbaiki diri dan kuat menjalani hari.
  • Ketika ragu menghampiri, ikuti kata hati. Beri pertanyaan, temukan sebuah jawaban. Belajarlah tuk mempercayai hati.
  • Seorang pemenang yg sesungguhnya adalah ketika dia mampu melawan amarahnya dgn kesabaran. Memaafkan dgn ketulusan.
  • Kamu tak selalu dapat apa yg kamu inginkan, tapi jika kamu berusaha sebaik mungkin, kamu pasti dapat apa yg kamu butuhkan.
  • Pintu kebahagiaan selalu terbuka didepan mata, tapi kerap kali tidak terlihat karena kamu tidak menutup pintu kesedihan masa lalu.
  • Mereka yang menyambut tantangan, adalah mereka yang memberi ruang pada impian tuk menjadi kenyataan.
  • Jangan rendahkan dirimu untuk mendapatkan sesuatu, tapi rendahkan hatimu untuk berikan sesuatu.
  • Secara tidak sadar, seseorang yang menyakitimu hanya akan membuatmu semakin kuat.
  • Mereka yang menyambut tantangan, adalah mereka yang memberi ruang pada impian tuk menjadi kenyataan.
  • Jangan remehkan hal-hal sepele. Sebab, dari sinilah hal-hal besar biasanya terwujud.
  • Kebohongan hanyalah ketenangan sesaat. Dan bila tidak diselesaikan, akan menjadi kegelisahan seumur hidup.
  • Secara tidak sadar, dengan kejujuran kamu telah menyelamatkan dirimu sendiri.
  • Mengapa harus marah, ketika ruang "MAAFKAN" masih tersedia?
  • Jangan katakan sulit. Ketahuilah, tidak ada yang sulit bila dikerjakan dengan sepenuh hati.
  • Peluh yang menetes ketika kau mencari nafkah, akan terbayar dengan nikmat dan berkah yang kau makan.
  • Ketika hidup memberi kata TIDAK atas apa yg kamu inginkan, percayalah, Tuhan selalu memberi kata YA atas apa yg kamu butuhkan.
  • Tidak ada orang yg dpt menyakitimu, kecuali mereka yg benar2 kau peduli, atau mereka yg tidak benar2 peduli padamu.
  • Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama diipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
  • Sukses tak akan datang bagi mereka yg hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yg selalu berusaha wujudkan mimpinya.
  • Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin, karena akan menggangu hebatnya hari ini, dan akan merusak indahnya hari esok .
  • Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Bersyukurlah, Sakit yg kamu rasa tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
  • Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita. 
  • Sahabat slalu ada untukmu, ketika kamu punya masalah. Bahkan terkadang memberi saran yg bodoh hanya tuk lihat kamu tertawa.
  • Orang yg pantas kamu tangisi tak akan membuatmu menangis, dan orang yg membuatmu menangis tak pantas kamu tangisi.
  • Kebesaran Seseorang Tidak Terlihat Ketika Dia Berdiri Dan Memberi Perintah, tetapi ketika dia berdiri sama tinggi dengan orang lain, dan membantu orang lain untuk mencapai yang terbaik dari diri mereka.
  • Anda bisa memiliki apa pun yang Anda inginkan, jika Anda mampu menghilangkan keyakinan bahwa anda tidak akan mendapatkan yang anda inginkan.
  • Bila kegagalan itu bagai hujan, dan keberhasilan bagaikan matahari, maka butuh keduanya untuk melihat pelangi.
  • Berhenti bertanya bagaimana cara mendapatkan apa yg kamu inginkan, karena jawaban yg kamu temukan hanyalah BERUSAHA.
  • Jadilah manusia yang pada saat kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tapi hanya kamu sendiri yang menangis. Dan pada saat kematianmu semua orang menangis sedih, tapi hanya kamu sendiri yang tersenyum.
  • Hidup terlalu singkat tuk mencemaskan hal kecil. Nikmati apa yg kamu miliki hari ini, bukan apa yg mungkin kamu miliki esok hari.
  • Jangan berubah hanya karena ada yg tak menyukaimu. Jadi dirimu sendiri, akan selalu ada seseorang yg menyayangimu apa adanya.
  • Jika kamu tak mampu menghargai dirimu sendiri, tak ada orang yg mampu menghargaimu. Terima dirimu apa adanya. Jadi dirimu sendiri.
  • Ketika kamu terluka, jangan menyerah. Tak perlu takut akan sakit yg ada, karena takkan kamu temukan cinta sejati tanpanya.
  • Ketika hidup buatmu tanpa kata, sebuah pelukan kan membantumu temukan makna. Karena kadang pelukan mampu berkata yg tak terucap.
  • Hargai orang lain, siapapun itu, dan jangan pernah menaruh dendam kepada siapapun. Isi setiap harimu dengan kebaikan. 
  • Berfikir sebelum berbuat adalah satu kebijaksanaan, berfikir setelah berbuat adalah satu kebodohan, sementara berbuat tanpa berfikir adalah seribu kebodohan.
  • Terkadang , seseorang lebih memilih untuk tersenyum, hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dia bersedih.
  • Kebesaran Seseorang Tidak Terlihat Ketika Dia Berdiri Dan Memberi Perintah, tetapi ketika dia berdiri sama tinggi dengan orang lain, dan membantu orang lain untuk mencapai yang terbaik dari diri mereka.
  • Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum anda miliki, maka Anda akan harus melakukan sesuatu yang belum pernah anda lakukan.
  • Anda bisa memiliki apa pun yang Anda inginkan, jika Anda mampu menghilangkan keyakinan bahwa anda tidak akan mendapatkan yang anda inginkan.
  • Bila kegagalan itu bagai hujan, dan keberhasilan bagaikan matahari, maka butuh keduanya untuk melihat pelangi.
  • Sebenarnya kegagalan kita bukanlah karena adanya kesulitan yang menghambat langkah kita, Tetapi karena ketidak beranian untuk melawan rasa takut dalam diri.
  • Orang yang gagal selalu mencari jalan untuk menghindari kesulitan, sementara orang yang sukses selalu menerjang kesulitan untuk menggapai kesuksesan.
  • Hidup itu maju kedepan! Bukan mundur ke belakang! Lupakan yg telah berlalu! Jadikan ia patokan untuk lebih baik dimasa depan.
  • Tuhan sebenarnya telah menyediakan penyelesaian atas kesulitan yang kita hadapi, namun Tuhan tidak segera menurunkan penyelesaiannya karena ingin mengetahui seberapa besarnya cinta kita pada Nya.
  • Ilmu itu didapat dengan lidah yang gemar bertanya dan akal yang mau berfikir. Kita menilai diri sendiri berdasarkan apa yang kita perbuat, orang lain menilai kita berdasarkan apa yang telah kita perbuat.
  • Seorang guru yang jujur harus berniat agar muridnya lebih pintar daripadanya, manakala seorang murid yang jujur harus pula mengakui kepintaran gurunya.
  • Cintailah yang memberi nikmat dan jangan engkau cintai nikmat yang diberikan. Mata bisa melihat dengan jelas, namun hanya hati yang bisa melihat dengan jujur.
  • Yang menentukan masa depan anda bukan kekayaan, kedudukan dan kebahagiaan yang anda capai, tetapi ke arah mana anda akan membawa semua itu.
  • Orang yang sibuk mengejar kepentingan dirinya sendiri akan menciptakan banyak lawan Jika kita tidak mampu menjadi pelita yang menerangi malam, maka jadilah kunang-kunang yang menghiasi malam.
  • Hidup adalah komedi bagi siapa yang hidupnya dengan akal. Dan merupakan tragedi bagi siapa yang hidup dengan emosi. 
  • Kemarahan adalah keadaan dimana lidah bekerja lebih cepat daripada pikiran, dan tindakan lebih cepat dari nurani. 
  • Tak ada yang mampu mengubah masa lalu, tapi anda dapat merusak masa depan dengan menangisi masa lalu dan merisaukan masa depan.
  • Kekayaan sejati tidak diukur dari seberapa banyak investasi yang dia lakukan untuk memperoleh uang, tetapi seberapa besar investasi yang dia lakukan untuk memperoleh akhirat. 
  • Senyum adalah anugerah Tuhan bagi setiap manusia yang mengandung cahaya kebaikan dan kesucian, membawa kedamaian bagi yang melihat, dan menumbuhkan welas asih bagi yang memberi. Maka tersenyumlah kepada semua orang.
  • Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap dibandingkan melawan kesombongan diri sendiri.
  • Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.
  • Betapa sulitnya manusia bersyukur atas nafas yang masih berhembus di badan. Namun betapa mudahnya manusia mengeluh hanya karena kakinya menginjak kotoran. 
  • Apapun yang terjadi pada anda esok hari itu karena apa yang anda lakukan hari ini. Tuhan tidak menurunkan takdir begitu saja. Tuhan
  • memberikan takdir sesuai dengan apa yang kita lakukan.
  • Jika kita maju dan berusaha, Tuhan akan memberikan takdir kesuksesan. 
  • Jika kita lengah dan malas, maka Tuhan akan memberikan takdir kegagalan. Kepada orang bodoh sekalipun TUHAN mengirimkan keberuntungan, kepada orang gila sekalipun TUHAN memberikan rejeki kehidupan.
  • Saat kita menatap ke belakang sesungguhnya kita telah tertinggal dengan orang yang merangkak ke depan. Sesungguhnya masa lalu adalah guru bagi kita untuk menatap dan membangun masa depan.
  • Jangan bilang kau tak pernah mengecap manisnya keberhasilan,
  • jangan bilang kau gak pernah mengecap pahitnya kegagalan.Tapi biarlah semua seperti air mengalir dan lakukanlah yang terbaik didalam keseharianmu.
  • Jika kamu takut melangkah, lihatlah bagaimana seorang bayi yang mencoba berjalan. Niscaya akan kau temukan, bahwa setiap manusia pasti akan jatuh. Hanya manusia terbaik lah yang mampu bangkit dari ke jatuhannya.
  • Tuhan adalah sebagaimana yang kamu pikirkan, Jika kau berpikir Tuhan itu Baik, maka Tuhan akan baik padamu. Namun jika kamu pikir Tuhan itu Buruk, maka Tuhan akan memperlakukan mu dengan Buruk. 
  • Jika kamu tidak suka apa yang ada di sekeliling mu, ubahlah, setidaknya ubahlah dirimu sendiri. Ingat, kamu bukan sebatang pohon.
  • Manusia terbaik adalah yang selalu berusaha membuat orang lain senang. Lakukanlah walaupun kamu harus meninggalkan mereka dan sendirian. Kelebihan kita adalah, kita mampu memulai, dan kita juga mampu untuk MENGAKHIRI.
  • Kita Selalu punya pilihan tiap hari. Tinggal kita memilih, memulai niat baik yang kemarin, ataukah menunggu dan mendapatkan rasa penyesalan besok. 
  • Jika kamu melihat dunia, maka lihatlah kebawah, karena jika kau menengadah, maka yang kau dapatkan adalah sakit leher dan mata yang berkunang-kunang.
  • Hidup ibarat menaiki sepeda, agar tidak terjatuh dari sepeda dan menjaga keseimbangan, kita harus terus bergerak, dan mengayuhkan kaki.
  • Sebaik-baiknya perdagangan, adalah menjual amal baik untuk ditukarkan dengan surga. 
  • Yang terbaik adalah : "Aku telah mencobanya", dan yang terburuk adalah : "Aku akan mencobanya"
  • Kadang kita lupa, bahwa untuk melihat diri kita, jalan terbaik adalah melalui mata orang lain. 
  • Ingatlah, kepedihan kita hari ini akan terasa indah dan manis saat kita mengingatnya kelak.
  • Kumpulkanlah kesalahan saat ini, karena kelak kumpulan kesalahan yang bernama pengalaman itu akan membawamu kepada puncak ke suksesan.
  • Tuhan sebenarnya tengah bermain catur dengan kehidupan kita. Dia menggerakkan bidak-bidaknya bernama tantangan, cobaan dan godaan, kemudian duduk kembali melihat reaksi kita. Jadi buatlah langkah terbaik sebelum Tuhan memberi kita Skak Mat.
  • Perlakukanlah setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat yang tulus, meski mereka berlaku buruk padamu.lngatlah bahwa penghargaan pada orang lain bukan karena siapa mereka, tapi karena siapakah dirimu.
  • Burung Hantu dijadikan simbol kebijakan, karena Seekor burung hantu yang bijaksana duduk di sebatang dahan. Semakin banyak ia melihat, semakin sedikit ia berbicara. Semakin sedikit ia bicara, semakin banyak ia mendengar. 
  • Mengapa kita tidak mencoba menjadi seperti burung hantu yg bijaksana itu? 
  • Berduka, berkabung dan menyesali tak kan pernah mampu mengubah keadaan. Hanya bergerak, melangkah dan berbuatlah yang bisa menggantikan kedukaan menjadi kebahagiaan.
  • Berbuatlah dan jalankan semua impianmu, karena sebenarnya dalam dirimu telah terdapat energi dan kemampuan untuk melakukan apapun.
  • Kesalahan kita yang paling buruk adalah terlalu sibuk mengamati dan mengurusi kesalahan orang lain.
  • Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian
  • Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, sedangkan berpikir tanpa belajar adalah berbahaya.
  • Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.
  • Orang yang berjiwa besar teguh pendiriannya, tetapi tidak keras kepala.
  • Ulurkan cintamu karena Tuhanmu dan tariklah cintamu karena Tuhanmu, anda tentu tak akan kecewa.
  • Melihatlah ke atas untuk urusan akhiratmu dan melihatlah ke bawah untuk urusan duniamu maka hidup akan tenteram.
  • Ingatlah, boleh jadi manusia itu mencintai sesuatu yang membahayakan dirinya atau membenci sesuatu yang bermanfaat baginya. Mohonlah petunjuk-Nya.
  • Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda
  • Bekerja atas dorongan cinta akan terasa senang tiada jemu dan lelah
  • Orang besar menempuh jalan kearah tujuan melalui rintangan dan kesukaran yang hebat
  • Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri
  • Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna tetapi orang yang mengambil sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna 
  • Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain
  • Cinta akan menggilas setiap orang yang mengikuti geraknya, tetapi tanpa gilasan cinta, hidup tiada terasa indah
  • Bukan kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang yang akan mengangkat anda dalam kehidupan
  • Tegas berbeda jauh dengan kejam. Tegas itu mantap dalam kebijaksana sedangkan kejam itu keras dalam kesewenang-wenangan
  • Sifat orang yang berlilmu tinggi adalah merendahkan hari kepada manusia dan takut kepada Tuhan
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik (Fuller)
  • Jika kita melayani, maka hidup akan lebih berarti (John Gardne)
  • Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. - Bung Karno
  • Kita semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari; dengan kata lain, kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri. - Mary Mccarthy
  • Tiga sifat manusia yang merusak adalah, kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. - Nabi Muhammad Saw
  • Apa yang nampak sebagai suatu kemurahan hati, sering sebenarnya tiada lain daripada ambisi yang terselubung, yang mengabaikan kepentingan-kepentingan kecil untuk mengejar kepentingan- kepentingan yang lebih besar. - La Roucefoucauld
  • Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu. - Benjamin Franklin 
  • Hati yang penuh syukur, bukan saja merupakan kebajikan yang terbesar, melainkan merupakan pula induk segala kebajikan yang lain. - Cicero
  • Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda. - Dale Carnegie
  • Istilah tidak ada waktu, jarang sekali merupakan alasan yang jujur, karena pada dasarnya kita semuanya memiliki waktu 24 jam yang sama setiap harinya. Yang perlu ditingkatkan ialah membagi waktu dengan lebih cermat. - George Downing
  • Ancaman nyata sebenarnya bukan pada saat komputer mulai bisa berpikir seperti manusia, tetapi ketika manusia mulai berpikir seperti komputer. - Sydney Harris
  • Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah. - Nabi Muhammad Saw
  • Cara untuk menjadi di depan adalah memulai sekarang. Jika memulai sekarang, tahun depan Anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak diketahui, dan Anda tak akan mengetahui masa depan jika Anda menunggu-nunggu. - William Feather
  • Dalam masalah hati nurani, pikiran pertamalah yang terbaik. Dalam masalah kebijaksanaan, pemikiran terakhirlah yang paling baik. - Robert Hall
  • Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri. - Martin Vanbee
  • Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi - Ernest Newman
  • Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. - Aldus Huxley
  • Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita selalu menyesali apa yang belum kita capai. - Schopenhauer
  • Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh. - Andrew Jackson
  • Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil; kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik. - Evelyn Underhill
  • Perbuatan-perbuatan salah adalah biasa bagi manusia, tetapi perbuatan pura-pura itulah sebenarnya yang menimbulkan permusuhan dan pengkhianatan. - Johan Wolfgang Goethe
  • Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah kesangsian. Tetapi, jika orang sudah mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan. - Sir Francis Bacon
  • Karena manusia cinta akan dirinya, tersembunyilah baginya aib dirinya; tidak kelihatan olehnya walaupun nyata. Kecil di pandangnya walaupun bagaimana besarnya. - Jalinus At Thabib
  • Bersikaplah kukuh seperti batu karang yang tidak putus-putus-nya dipukul ombak. Ia tidak saja tetap berdiri kukuh, bahkan ia menenteramkan amarah ombak dan gelombang itu. - Marcus Aurelius
  • Kita melihat kebahagiaan itu seperti pelangi, tidak pernah berada di atas kepala kita sendiri, tetapi selalu berada di atas kepala orang lain. - Thomas Hardy
  • Kaca, porselen dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang sekali pecah, dan tak akan dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang nampak. - Benjamin Franklin
  • Keramahtamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih. - Lao Tse
  • Rahmat sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan dan kekecewaan; tetapi kalau kita sabar, kita segera akan melihat bentuk aslinya. - Joseph Addison
  • Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya dan kasihnya yang tidak diketahui orang lain. - William Wordsworth
  • Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah. - Kahlil Gibran
  • Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya. - Alexander Pope
  • Teman sejati adalah ia yang meraih tangan anda dan menyentuh hati anda. - Heather Pryor
  • Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan; dan saya percaya pada diri saya sendiri. - Muhammad Ali
  • Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. - Confusius
  • Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. ~ Nabi Muhammad SAW
  • Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia. ~ Nabi Muhammad SAW
  • Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian. ~ Nabi Muhammad SAW
  • Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. ~ Imam Al Ghazali
  • Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan. ~ Ibnu Mas'ud
  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ~ Khalifah 'Ali
  • Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ~ Ibnu Mas'ud
  • Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa. ~ Bediuzzaman Said Nursi
  • Ilmu pengetahuan tanpa agama adalah pincang. ~ Einstein
  • Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian. ~ Einstein
  • Dua hal yang membangkitkan ketakjuban saya - langit bertaburkan bintang di atas dan alam semesta yang penuh hikmah di dalamnya. ~ Einstein
  • Apa yang saya saksikan di Alam adalah sebuah tatanan agung yang tidak dapat kita pahami dengan sangat tidak menyeluruh, dan hal itu sudah semestinya menjadikan seseorang yang senantiasa berpikir dilingkupi perasaan rendah hati. ~ Einstein
  • Sungguh sedikit mereka yang melihat dengan mata mereka sendiri dan merasakan dengan hati mereka sendiri. ~ Einstein
  • Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna. ~ Einstein
  • Tidak semua yang dapat menghitung dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung dapat menghitung. ~ Einstein
  • Tidak semua yang dapat menghitung dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung dapat menghitung. ~ Einstein
  • Aku melihat manusia datang kedunia lalu pergi jauh, Dunia dan harta selalu berpindah, dengan sayap-sayap yang sama untuk terbang.
  • Aku tersesat dalam kelalaian, sedang kematian bergerak kearahku, semakin lama semakin mendekat. Jika aku tidak mari hari ini, aku pasti mati esok.
  • Aku manjakan tubuhku dengan pakaian-pakaian halus dan mewah, sedikit berpikir bahwa itu akan membusuk dan hancur dalam kubur.
  • Aku bayangkan tubuhku remuk menjadi debu dalam lubang kubur, Di bawah gundukan tanah. Keindahan tubuhku akan berangsur-angsur hilang, sedikit demi sedikit berkurang hingga tinggallah kerangka, tanpa kulit dan daging.
  • Aku melihat detik-detik kehidupan lambat laun habis, namun keinginan-keinginanku masih belum terpenuhi. Suatu perjalanan panjang terbentang di hadapanku, sedangkan aku tiada bekal untuk jalan itu.
  • Aku menentang Tuhanku, melanggar perintah-perintah-Nya terang-terangan, sementara Ia mengawasiku setiap saat.
  • Aduh! Aku memperturutkan hatiku dalam perbuatan-perbuatan yang memalukan! Ah! Apapun yang telah terjadi tak dapat dihapuskan dan waktu bila telah berlalu tidak dapat ditarik kembali.
  • Ah! Aku berdosa secara rahasia, tidak pernah orang laun mengetahui dosa-dosaku yang mengerikan. Tetapi esok, rahasia dosa-dosaku ditampakan dan dipertunjukan kepada Tuhanku.
  • Ah! Aku berdosa terhadap-Nya, walaupun hati merasa takut, namun aku sangat mempercayai ampunan-Nya yang tak terbatas, aku ber-dosa dan tak tahu malu, dengan berani bergantung kepada ampunan-Nya yang tak terbatas.
  • Siapa lagi selain Dia, yang akan mengampuni dosa-dosaku. Sesungguhnya Ia patut bagi segala pujian! Seandainya tidak ada adzab setelah kematian. Tiada janji akan surga, tiada ancaman akan neraka. Kematian dan kebusukan cukup sebagai peringatan, agar kita menjauhi sia-sia. Namun akal kita bebal. Kita tidak mengambil peringatan apa pun. Sekarang tiada harapan lagi bagi kita, kecuali Yang Maha Pengampun mengampuni dosa-dosa kita, karna bila seorang hamba berbuat salah, hanyalah Tuhannya, tanpa seorangpun yang mengampuninya tak diragukan lagi aku adalah yang terburuk dari semua hamba-Nya.
  • Aku yang menghianati perjanjianku dengan Tuhanku yang dibuat di keabadian. Dan, adalah hamba yang cakap yang janji-janjinya tak berarti. Tuhanku, akan bagaimanakah nasibku, ketika api membakar tubuhku? Api yang melelehkan batu yang paling keras!
  • Ah! Aku sendiri ketika dibangkitkan dari kubur (tanpa seorangpun yang menolongku pada hari itu). Wahai Engkau, Yang Maha Esa yang tiada sekutu terhadap keagungan-Mu. Belas kasihanillah kesendirianku, karna ditinggalkan oleh segalanya
  • Dunia tidak tetap dengan seorang yang hidup di mana pun, juga tidak ada seorang pun yang hidup selamanya menikmati kesenangannya, kematian dan penderitaannya bagaikan dua ekor kuda yang berlari cepat ke arah manusia, untuk menginjak-injak mereka dan melahap mereka
  • Sungguh jalanan paling licin yang bahkan kaki ulamapun tergelincir di atasnya adalah ketamakan
  • Tiga tanda kesempurnaan iman : Kalau marah, marahnya tidak keluar dari kebenaran. Kalau senang, senangnya tidak membawanya pada kebatilan Ketika mampu membalas, ia memafkan
  • Tertipulah yang melakukan tiga perkara : Membenarkan apa yang tak terjadi, mengandalkan orang yang tidak dipercaya, dan menghasratkan apa yang tak dimiliki
  • Hati Adalah Ladang. Sesungguhnya setengah perkataan itu ada yang lebih keras dari batu, lebih tajam dari tusukan jarum, lebih pahit daripada jadam, dan lebih panas daripada bara. Sesungguhnya hati adalah ladang, maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik, karna jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik), niscaya tumbuh sebahagiannya
  • SEMPURNAKANLAH (Akhiri) APA YANG KITA KERJAKAN DENGAN DOA. (Mario Teguh)
  • Bersyukurlah jika anda sudah di level terendah dalam hidupmu, karena tidak ada pilihan lain selain untuk naik. (Mario Teguh)
  • Belajarlah dari semut. Saat berjalan dan dihadapkan dengan tembok di depannya, mereka melihatnya hanya sebagai jalan naik menuju ke atas, tidak lebih. (Mario Teguh)
  • Jangan batasi kebaikan yang bisa Anda lakukan karena itu akan membatasi kebesaran yang bisa Anda capai. (Mario Teguh)
  • Tetapkanlah diri Anda sebagai sahabat bagi kebaikan orang lain, Lalu perhatikan apa yang terjadi. (Mario Teguh)
  • Harga kita hanya sebanding dengan penghargaan kita terhadap waktu. (Mario Teguh)
  • Setiap hari berpotensi baik; tetapi memang tidak setiap pribadi dari kita berfokus pada perasaan, pikiran, dan tindakan yang mengubah potensi baik menjadi kenyataan baik. (Mario Teguh)
  • Kelihatannya, waktu memilah-milah orang berdasarkan kualitas sikapnya dalam menggunakan waktu. (Mario Teguh)
  • Yang bersikap baik dalam menggunakan waktu, akan hidup dengan baik. Yang menyepelekan waktu, akan hidup memprotes penyepelean dari orang lain. (Mario Teguh)
  • Engkau adalah pena yang menuliskan cerita kehidupanmu sendiri. Jika cerita yang kau pilih berisi kasih sayang dan keindahan, maka tangan yang menggunakan mu adalah tangan Tuhan. (Mario Teguh)
  • Maka bersegeralah menambahkan kebaikan dalam setiap langkah keseharian mu, agar keajaiban yang menata perjalanan hidupmu memindahkan mu ke jalan-jalan menuju taman-taman keindahan hidupmu. (Mario Teguh)
  • Rasa enggan adalah kekuatan yang sangat besar, baik untuk mencapai keberhasilan atau menyebabkan kegagalan. Maka engganlah terlibat dalam hal-hal yang tidak menghasilkan. Dan bersegeralah dengan hal-hal yang menghasilkan, walau sekecil apapun. (Mario Teguh)
  • Bukan kurangnya pengetahuan yang menghalangi keberhasilan, tetapi tidak cukupnya tindakan. Dan bukan kurang cerdasnya pemikiran yang melambatkan perubahan hidup ini, tetapi kurangnya penggunaan dari pikiran dan kecerdasan. (Mario Teguh)
  • Bila ada pelajaran yang harus segera kau perbarui pengertiannya kepada sahabat terdekat yang namanya diri mu itu, maka pelajaran itu adalah tentang keberanian – sebuah nama bagi kesediaan untuk bertindak yang didasari oleh pengertian yang baik. (Mario Teguh)
  • Anda tidak akan pernah menemukan kedamaian dengan cara mengabaikan kehidupan (Virginia Wolf)
  • Tak ada sesuatu yang lebih menyenangkan daripada menimbulkan senyum pada wajah orang lain, terutama wajah orang yang kita cintai (RA Kartini)
  • Untukbisa menikmati kebebasan kita harus mengontrol diri sendiri (Virginia Wolf)
  • Tak seorang pesimis pin yang mampu menguak rahasia bintang-bintang (Hellen Keller)
  • Kemalasan memang tampak menggoda, tapi bekerja memberi kepuasan (Anne Frank)
  • Jauh lebih sulit membunuh bayang-bayang daripada membunuh sebuah realitas (Virginia Wolf)
  • Hasil tertinggi pendidikan adalah sikap teloransi (Hellen Keller)
  • Lebih banyak emas telah ditambang dari pemikiran manusia dibandingkan dengan yang diambil dari tanah (Napoleon Hill)
  • Tak seorang pun pernah menjadi miskin karena berbagi (Anne Frank)
  • Seberapa jauh p'jalanan anda dim hidup ini b'gantung pd apakah anda b'sikap kasih kpd yg lebih tua.b'simpati kpd yg harus b'juang Ibh keras.dan b'tenggang rasa kpd yg lemah dan kuat.Suatu hari dim hidup ini.anda akan menjadi salah satu di antaranya. (George Washington Carver)
  • P'lakukanlah setiap orang dgn kebaikan hati dan rasa hormat.meski mereka b'laku buruk pada kmu.lngatlah bahwa kmu menunjukan penghargaan pd orang lain bukan krn siapa mereka tp karena siapakah diri kmu. (Andrew T.Somers)
  • Bila ada cahaya dalam jiwa.maka akan hadir kecantikan dalam diri seseorang. Bila ada kecantikan dalam diri seseorang.akan hadir keharmonisan dalam rumah tangga.Bila ada keharmonisan dalam rumah tangga,akan hadir ketertiban dalam negara.Dan bila ada ketertiban di dalam negara,akn hadir kedamaian dunia. (Pepatah Cina)
  • Kebahagiaan anda tumbuh berkembang manakala anda membantu orang lain. Namun bilamana anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengering.Kebahagiaan itu bagaikan sebuah tanaman harus di sirami sikap dan tindakan memberi. (J. Donald Walters)
  • Hal terindah dalam hidup Qta adalah misteri.Misteri adalah sumbersemuaseni sejati dan semua ilmu pengetahuan. (Albert Einsten)
  • Di tangan manusia t'letak masa depan bumi yg ga' t'hingga,dan qta bisa lebih dan akan senantiasa semakin memahami kenyataan ini apabilaqta meningkatkanpengetahuan dan cinta qta. ( Sir Julian Huxley)
  • Masa depan harus di fikirkan baik2,ttetapi ga'boleh disertai dengan kekhawatiran akan hari esok. ( Dale carnegie)
  • Saya lebih suka lamunan masa yg akan datang dari pada sejarah masa lalu. (Thomas Jefferson)
  • Hari ini.jalan ini pasti semakin b'liku.karena masa depan belum tentu menjanjikan surga bagi merekayg lemah dan mudah kecewa. (Mahatir Muhammad)
  • Hadapilah problem hidup diri kmu dan akuilah keberadaannya, tetapi jangan biarkan diri kmu di kuasainya.Biarkanlah diri kmu menyadari adanya pendidikan situasi berupa kesabaran, kebahagiaan, dan pemahaman makna. (Hellen Keller) Memecahkan masalah itu sult.mengenal masalah lebih sulit.tetapi menemukan masalah jauh lebih sulit (Albert Einstein)
  • Jangan jadi bagian dari masalah, tetapi jadilah bagian dari pemecahan masalah.
  • Barang siapa melewatisatu hari tanpa mengisinyadengan kebenaran, kewajiban, kemuliaan, pujian, kebaikan, atau ilmu yg di petikna' maka dia tlah mendurhakai harinya dan menganiaya dirinya. ( Syair ARAB)
  • Jika hari kemarinkmu b;buat kesalahan, maka hapuskanlah dgn p'buatan baik dan Kmupun menjadi t'puji.
  • Harta adalah apa yg dimakan sampai kenyang, yg dipakai sampai lapuk dan yg di sumbangkan kepadaorang lain. Mahluk yg paling mulia di dunia ini adalah manusia, dan bagian tubuh manusiayg paling mulia adalah hati. (Imam al Ghazali)
  • Janganlah kmu b'sedih hati kecuali karena sesuatu yg akan mencelakakanmu esok di akhirat, dan Janganlah kmu b'senang hati, kecali karena sesuatu yg akan menye-nangkannyadi aim keabadian nanti. (Abdullah bin Khubaiq)
  • Hati mempunyai alasan2 yg ga'bisa dimengerti oleh akal. (Pascal)
  • Hati dapat menciptakan p'damaian n'ketentraman diri,karena hati dapat me-lihat kebenaran 70kali lebih akurat dibandingkan dengan indera lainnya. (Jalaludin Rumi)
  • Kesetiaan merupakan sifat yg paling suci dari hati manusia. (Seneca) Nikmatilah hidup kmu dengan melakukan hal - hal kecil, karena suatu saat nanti jika menoleh ke belakang, t'nyata hal - hal kecil itu tidak kecil. ( Robert Brault)
  • Banyak ilmu akan banyak kawan, kaya harta akan banyak musuh. (AN bin abi Thalib)
  • Ilmu bertambah dengan banyak menye-dekahkannya, dan berkurang jika anda menahannya. (Al llbari)
  • Kebaikan iman dengan amalan, kebaikan hati dengan niat, dan kebaikan niat dengan ikhlas.
  • Seni memori yg sebenarnya adalah sen! p'hatian. Benar p'hatian akan ingat, dan salah p'hatian akan lupa. (Samuel Johson)
  • Ingatan ga' p'nah salah yg salah adalah cara qta menggunakan ingatan Jika kmu menghadapi dunia ini dengan jiwa yg luas, maka kmu melihat b'bagai hakekat kegembiraan semakin b'tambah dan luas, sedangkan hakekat kedudukan semakin mengecil n'menyempit. (Ar - Rafi'i)
  • Tidak adayg bisa membantu ketenangan jiwa selain dari diri sendiri. (G.Chr.Lich-tenberg)
  • Kebahagiaan dan tidak kebahagiaan manusia t'gantung pada diri sendiri. ( Abraham lincoln)
  • Barang siapa yg mencita - citakan satu kebaikan dan tidak jadi melaksanakannya, maka baginya dituliskan (pahala) kebaikan. (H.R. Muslim)
  • Seekor burung hantu yang bijaksana duduk di sebatang dahan. Semakin banyak ia melihat, semakin sedikit ia b'bicara.Semakin sedikit ia bicara, semakin banyak ia mendengar. Mengapa qta ga' seperti burung hantu yg bijaksana itu? (Edward Mersey Ricards)
  • Jadilah diri kmu sendiri karenaga' adayg bisa melakukannya lebih baik dari diri qta sendiri. (franklin D.Roosevelt)
  • Jangan t'lalu mencemaskan kepercayaan diri kmu sendiri. Cemaskanlah karakter kmu sendiri. ( Dr. Laura Schlessinnger)
  • Bila rahasia sebuah atom dari atom - atom t'sikap, rahasia segala benda ciptaan, baik lahir maupun batin akan t'sikap, dan kmu takkan melihat pada dunia ini atau dunia yg akan datang sesuatu kecuali TUHAN. (Syaikh Ahmad AI-Alawi)
  • Bila kmu melrlukan kata2 'ntuk menggambarkan pengetahuan n'pemahaman, itu sprti burungdim sangkar. Memiliki sayap tapi ga' bisaterbang. (Kahlil Gibran)
Source: kemanabintang.blogspot.com

13 Peranan Guru dalam Pendidikan

  
Guru mempunyai peran begitu banyak dalam pendidikan, antara lain :
  1. Guru Sebagai Korektor, guru harus dapat membedakan nilai yang baik dan man nilai yang buruk.Semua nilai yang baik harus guru pertahankan dan nilai yang buruk harus disingkirkan dari watak dan jiwa anak didik.
  2. Guru Sebagai Inspirator, guru harus dapat memberikan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik. Guru harus dapat memberi petunjuk (ilham) bagaimana cara belajar yang baik.
  3. Guru Sebagai Informator, guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu penetahuan dan teknologi, selain bahan pelajarn untuk setiap mata pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum.
  4. Guru Sebagai Organisator, guru memiliki kegiatan pengelolaan akademik, menyusun tata tertib sekolah, menyusun kalender akademik, dan sebagainya.
  5. Guru Sebagai Motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar. Peran ini sangat penting dalam interaksi edukatif.
  6. Guru Sebagai Inisiator, guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran. Bukan mengikuti terus tanpa mencetuskan ide-ide inovasi.
  7. Guru Sebagai Fasilitator, guru hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegitan belajar anak didik, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
  8. Guru Sebagai Pembimbing, guru membimbing anak menjadi manusia dewasa susila yang cakap dan mandiri.
  9. Guru Sebagai Demonstrator, mempergakan apa yang diajarkan secara diktatis, sehingga apa yang guru inginkan sejalan dengan pemahaman anak didik, tujuan pengajaran tercapai dengan efektif dan efisien.
  10. Guru Sebagai Pengelola Kelas, agar anak didik betah tinggal di kelas dengan motivasi yang tinggi untuk senantiasa belajar di dalamnya.
  11. Guru Sebagai Mediator, guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pendidikan baik jenis dan bentuknya, baik media material maupun nonmaterial.
  12. Guru Sebagai Supervisor, guru dapat membantu, memperbaiki, dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
  13. Guru Sebagai Evaluator, guru dituntut untuk menjadi seorang evaluator yang baik dan jujur, dengan memberikan penilaian yang menyngkut intrinsik maupun ekstrinsik. Guru tidak hanya menilai produk, tetapi juga menilai proses.

Rancangan Aerodinamis Yang Mengagumkan Burung Walet

 
Dalam bahasa inggris Walet disebut swift atau si gesit. Performa yang luar biasa bisa di tunjukkan oleh burung walet sewaktu berada di udara. Dengan bobot tubuh yang tidak seberapa, walet tetap bisa terbang tinggi membelah udara.

Walet merupakan rancangan aerodinamis yang mengagumkan. Ia memiliki sayap efisien berbentuk sabit yang melengkung ke belakang dan mengurangi banyak hambatan yang memperlambat sebagian besar burung di saat terbang. Sewaktu terbang tinggi, ia menambah kecepatan dengan kepakan pendek namun cepat sambil sesekali meluncur untuk waktu singkat.

Kesanggupan manuvernya yang luar biasa sebagian disebabkan oleh kesanggupan mereka mengepak-ngepakkan salah satu sayap lebih cepat daripada sayap lainnya sewaktu terbang. Dengan kepakan sayap yang sedikit tidak sinkron itu, walet dapat menikung tajam tanpa mengurangi kecepatan.

Ini memungkinkannya terbang gesit sekali untuk memburu serangga-serangga yang sedang terbang dan mencaplok mereka dengan mulut menganga. Walet harus menyantap serangga dalam jumlah besar guna memenuhi tuntutan energi yang besar dalam kehidupannya yang serba cepat. Dan, penerbang yang energik ini dapat terbang sejauh ratusan kilometer setiap hari guna mencari serangga yang menjadi mangsanya.

Meskipun keterampilan terbang walet sangat menonjol, tidak demikian dengan penampilannya. Baik yang betina maupun yang jantan sama-sama tidak tampak mengesankan, kebanyakan berwarna abu-abu kusam atau cokelat. Di seluruh dunia, ada banyak jenis walet dan mereka khususnya dapat ditemukan di negeri-negeri tropis serta subtropis. Pada musim dingin, walet yang mendiami Belahan Bumi Utara bermigrasi sejauh ribuan kilometer ke daerah beriklim hangat.

Walet membuat sarangnya dengan bahan bangunan yang sangat tidak lazim,air liurnya sendiri! Dengan kelenjar air liur yang khusus, walet dapat menghasilkan air liur dalam jumlah besar sebagai perekat bahan-bahan pembuat sarang.

Walet jarang mendarat di tanah datar, dan mereka tidak dapat bertengger seperti halnya burung lain. Walet memiliki tungkai pendek dan cakar kecil seperti kait sehingga tidak dapat mengangkat tubuhnya cukup tinggi untuk mengepak-ngepakkan sayapnya secara sempurna. Akan tetapi, cakar mereka cocok sekali untuk bergayut pada permukaan vertikal, seperti tebing, gua, dan tembok bangunan. Sewaktu tiba musim membangun sarang, walet tidak dapat mengumpulkan daun, batang, atau lumpur dari tanah, seperti umumnya burung lain. Ia harus mencari cara lain.

Walet-cerobong-asap mengumpulkan ranting kecil dengan cara terbang cepat melewati cabang-cabang pohon, menyambar sebatang ranting, dan mematahkannya dengan kekuatan momentumnya. Kemudian, ia merekatkan ranting-ranting itu dan menyemennya pada permukaan vertikal dengan air liurnya yang lengket. Walet-palem-Amerika terbang gesit sambil merenggut rambut, bulu, dan kapas serta bahan lain yang ringan dan dapat melayang, yang digunakannya bersama air liur untuk membangun sarang.

Ada juga walet yang sarangnya dapat dimakan. Hampir seluruh sarangnya terbuat dari air liurnya sendiri yang mengeras. Selama berabad-abad, sarang dari air liur ini telah menjadi bahan utama untuk membuat sup sarang burung yang lezat dan digemari di Asia. Menurut laporan, jutaan sarang digunakan setiap tahun untuk menghasilkan hidangan lezat ini.

Aneh, Nilai NEM SD Tinggi, tetapi Kemampuan Rendah


Sebagai pengajar di sebuah SMP Negeri, yang kebetulan tahun ini disamping mengajar anak kelas IX saya juga mengajar anak kelas VII. Sehingga saya tahu pasti dalam Proses Penerimaan Siswa Baru dalam tahun ini, siswa-siswa yang diterima menjadi siswa di SMP Negeri tempat saya berdinas dengan NEM rata-rata 9. Secercah asa muncul dibenak saya, betapa menyenangkan mengajar siswa-siswa dengan nilai rata-rata NEM setinggi itu. Pasti anak-anak Genius kalau tidak pasti anak-anak ber-IQ Sangat Cerdas.

Namun, realita ternyata menjungkir balikkan asumsi yang saya bangun dengan begitu percaya diri. Ternyata siswa-siswa yang saya ajar, jauh dari harapan awal saya. Ternyata, siswa-siswa saya begitu rendah sekali kualitasnya, begitu lemah cara berpikirnya? Jangankan untuk perhitungan yang rumit, untuk perhitungan dasar saja rasanya mereka belum mencapai level itu.

Saya sebagai seorang guru, benar-benar saya tidak habis pikir, mengapa hal ini bisa terjadi didepan mata saya? Nyata dan tak terelakan, ternyata nilai NEM yang sangat tinggi sama sekali tak ada korelasinya dengan kemampuan siswa. Bahkan dapat saya asumsikan, bahwa siswa-siswa SMP Negeri sekarang tidak ada jaminan lebih baik dibanding dengan siswa-siswa SMP swasta saat ini?

Ada apa dengan ini?
Sebelumnya saya mohon maaf kepada guru-guru SD, mengapa Anda semua bisa menghasilkan siswa-siswa yang mampu meraih NEM begitu tinggi, sementara kualitasnya sangat tidak sepadan dengan nilai-nilai itu? Apa artinya pendidikan yang anda ajarkan di SD?

Jika dahulu NEM begitu membanggakan, karena mencerminkan kemampuan seorang siswa dalam menuntaskan UN yang sangat menentukan kelanjutan masa depannya, sekarang rasanya begitu sia-sia UN beserta hasilnya jika sama sekali tidak bisa dijadikan rujukan untuk mengukur kemampuan siswa?

Hasil UN ditingkat SD begitu bias, sehingga saya mempertanyakan masih layakkah PSB SMP Negeri masih menggunakan NEM SD yang sama sekali tidak mencerminkan kemampuan anak lulusan SD untuk mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi? Adakah cara lain yang lebih bijak dan tepat, agar anak-anak yang layak saja mengisi SMP Negeri yang dulu dianggap masih mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan SMP Swasta?

Berikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ini!

Guru Sebagai Pengayom Anak Didik

 
Tulisan ini saya buat sebagai bahan refleksi untuk diri saya sendiri sebagai seorang pendidik dan teman-teman semua yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Setelah sekian lama menekuni sebuah profesi sebagai seorang pendidik, saya merasakan betapa posisi seorang guru begitu penting dalam kehidupan siswanya. Guru tidak hanya berfungsi mengajarkan bahan pelajaran semata tetapi juga harus membantu siswa mengatasi semua permasalahan yang menghambat proses belajarnya.

Tidak bisa dipungkiri, setiap siswa yang datang ke sekolah berasal dari latar belakang yang berbeda. Jika dalam kelas terdapat 30 siswa, dan mengajar 6 kelas sehingga seorang guru seperti saya mempunyai pekerjaan untuk memahami 180 jenis keanekaragaman latar belakang siswa tersebut seperti latar belakang ekonomi keluarga anak, latar belakang keyakinan atau agama anak, latar belakang pendidikan anak, latar belakang lingkungan sosial anak, tingkat kecerdasan anak, kegemaran anak, model belajar anak dan lain sebagainya. Nah, bisa dibayangkan seorang guru mengajar 6 kelas dalam satu minggu, maka saya harus mempelajari 180 karaketeristik siswa yang berbeda, semuanya dengan baik. Kompleksnya pekerjaan guru tersebut perlu dipahami oleh masyarakat luas. Mereka perlu memahami jika pekerjaan guru tidak semudah yang bayangkan seperti tugas guru datang di kelas menerangkan sebentar, memberikan contah soal, memberikan soal dan memberi PR pada siswa-siswanya, bermain dengan siswa-siswanya, sering mendapat  libur, dan setiap tanggal 1 mendapat gaji. Perlu disadari jika seorang guru sebenarnya menanggung beban yang luar biasa berat untuk mengantarkan siswanya berhasil dalam belajar.

Belum lagi, motivasi siswa-siswa sekarang umumnya begitu rendah, meski fasilitas kehidupan yang menyertainya begitu berlimpah, beda jauh dengan siswa pada jaman saya sekolah dulu. Tidak ada HP, Internet, Facebook, Bimbel, Les Privat, sehingga untuk memahami suatu pelajaran saya hanya mengandalkan dari guru saja, dan tentu belajar keras hanya ditemani lampu teplok minyak tanah berjam-jam dengan hanya ditemani radio butut. Maka masih kurang apa siswa-siswa sekarang, dengan fasilitas bejibun mengapa kalian masih saja belum optimal menyerap ilmu pelajaran sebagai kewajiban kalian disekolah?

Posisi guru di mata para siswanya adalah sosok yang dianggap tahu akan banyak hal, sehingga tidak jarang seorang guru harus menghadapi permasalahan- permasalahan siswanya yang sering kali di luar keahliannya. Seperti sekarang yang sedang saya jalani, sejatinya saya seorang sarjana lulusan Fisika, tetapi saat ini saya dengan sangat terpaksa harus juga mengajar Biologi, Kimia dan Bahasa Inggris. Bagaiamana mungkin saya mengajar secara Profesional dengan mata pelajaran yang sama sekali tidak saya dapatkan dibangku kuliah, saya paksa sekeras apapun tetap tidak mampu menguasai mata pelajaran diluar bidang kemampuan saya. Jangan-jangan saya malah hanya mengundang Stroke untuk diri saya?

Sebagai seorang pendidik, tugas saya mendengarkan semua cerita uneg-uneg yang disampaikan oleh siswa-siswa tersebut dengan baik untuk mengurai akar permasalahannya. Tidak sedikit dari permasalahan yang dihadapi anak didik menyita energi saya. Sering kali saya merasakan jika permasalahan diluar akademik tersebut terkadang jauh lebih rumit daripada tugas pokok mengajarkan materi belajar. Dalam situasi seperti ini, saya tidak boleh menolak atau menghindarinya. Kewajiban saya adalah mengayomi anak didik supaya tenang dan bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik. Berlandaskan kerangka akademik yang menaungi hubungan guru dan siswanya, maka penyelesaian yang diberikan pun harus mendidik dan ilmiah. Saya selalu mengedepankan aspek berpikir logis dan ilmiah dalam menghadapi pemasalahan anak didik.

Dari cerita tersebut di atas, ketika seorang guru berfungsi sebagai pengayom kehidupan perserta didik, maka seorang guru harus bertindak adil. Seorang guru tidak boleh mengucilkan atau berbuat tidak adik pada diri siswa lantaran beberapa hal sepele seperti latar belakang keyakinan atau agama yang berbeda, latar belakang ekonomi anak, termasuk anak rekan-rekan guru sendiri dan lain sebagainya. Keiklasan dalam mendidik anak harus bersifat universal tanpa adanya sekat-sekat yang membatasinya. Dengan demikian jasa kita sebagai seorang pendidik akan selalu diingat dalam diri anak, bahkan kita akan menjadi figure (model) yang akan ditiru oleh anak tersebut. Nah, apakah kita telah menjadi pengayom yang baik untuk anak didik kita?

Akhirnya, saya hanya bisa meminta berikan kekuatan kepada saya Ya Robb, begitu berat beban yang ada dipundak saya sebagai seorang pendidik yang kelak Engkau mintai pertanggung-jawaban dihadapanMu!

Menjadi Guru Favorit Siswa

 
Siapa yang tidak ingin menjadi guru favorit siswa, seperti yang tertera pada judul artikel kali ini. Tidak sulit menjadi guru yang menyenangkan sehingga siswa tertarik mengikuti pelajaran yang kita sampaikan. Bukan wajah cantik atau tampan yang menyebabkan seorang guru menjadi perhatian siswa, walaupun itu dapat menjadi point juga. Tetapi lebih ke teknik penyampaian materi dan pembawaan si guru tersebut yang menjadi daya pikatnya. Berikut akan dipaparkan beberapa tips n’trik menjadi guru favorit siswa.

First impression is a must! Yup, kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah Anda. Begitu kutipan iklan yang sering didengar. Memang kesan pertama merupakan salah satu kunci keberhasilan menjadi guru favorit. Apabila pertama kali mengajar saja sudah membuat siswa bosan, apalagi pertemuan selanjutnya. Bisa dipastikan siswa ogah-ogah mengikuti pelajaran yang disampaikan. Misalnya, berkenalan dengan diawali bernyanyi atau membagikan permen pada siswa. Sehingga mereka akan ingat kalau Anda adalah guru yang suka bernyanyi atau guru yang baik hati membagikan permen di kelas. So, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara perkenalan yang menarik dan cara menyapa siswa yang unik.

Tugas utama guru adalah mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa sesuai dengan bidang keilmuan yang diampuhnya. Maka seharusnya guru benar-benar menguasai ilmu yang akan diajarkannya. Bagaiman mungkin mampu menyampaikan dengan baik, kalo guru sendiri tidak menguasai ilmu yang akan diajarkannya?

Sudah menjadi keajiban siswa harus mengikuti pelajaran, seberapapun suka atau tidak suka, siswa tetap harus mengikuti pelajaran dari guru. Tidak jarang, bahkan sudah lumrah siswa-siswa mendapat tugas dari guru yang kadang ringan, berat, menyenangkan atau membosankan dan memberatkan, tetapi harus tetap dijalankan. Hargai siswa anda dengan memberikan reward untuk hal-hal yang telah dikerjakan, betapapun belum sempurna menurut Anda. Karena reward akan memacu siswa akan terus memberikan yang terbaik.

Selanjutnya ramah dan posisikan diri sebagai sahabat. Sekarang sudah bukan jamannya lagi guru yang ditakuti muridnya, melainkan guru yang dihormati siswa. Salah satu cara untuk dihormati adalah ramah pada siswa. Menjadi teman siswa dengan batas-batas tertentu. Bisa memposisikan diri dengan baik, kapan menjadi teman siswa, kapan menjadi guru yang harus dihormati dan didengarkan penjelasannya. Siswa paling benci dengan guru yang sok jaim dan merasa dirinya lebih tinggi dan lebih segalanya dari siswa. Stay down to earth teacher!

Menjadi pendengar yang aktif dan baik. Ketika siswa bertanya tidak disela dengan sok tahu melanjutkan maksud siswa. Dengarkan hingga siswa selesai bertanya dan tanyakan jika kurang mengerti maksud dari pertanyaan siswa. Semua orang ingin didengarkan apa yang disampaikan, meskipun hal yang ditanyakan sepele, tetapi sebaiknya seorang guru tetap memberikan respon terbaiknya.

Seorang guru adalah panutan, contoh, yang akan ditiru oleh muridnya. Jika ia membentak siswa, maka suatu hari nanti sang guru akan menerima sikap tidak hormat dari muridnya. Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Hargai dan hormati siswa Anda. Karena mereka adalah calon-calon penerus bangsa yang belajar membangun bangsa ini dari Anda, para guru. Hati-hati dalam bersikap, tegas dan galak berbeda. Tegas adalah memberikan peringatan bahwa siswa sebaiknya tidak bersikap demikian dengan alasan yang jelas, tetapi galak memarahi siswa tanpa sebab yang jelas.

Dalam menyampaikan materi, sebaiknya gunakan kalimat yang jelas  dengan suara keras yang bisa diterima seisi kelas dan tidak berbelit-belit. Saya sering mendengar kelhan siswa yang suara gurunya begitu pelan, sehingga sulit dipahami maksudnya. Komunikasi yang baik antara guru dan murid merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penyampaian materi. Guru yang memahami materi akan mencari cara agar siswa dapat menangkap isi pembahasan dengan mudah. Penjelasan yang singkat namun mengena lebih baik, daripada panjang lebar namun siswa tidak mengerti maksud dari penjelasan tersebut.

Betapa membosankannya jika guru menyampaikan materi tanpa diselingi humor. Guru tidak mesti seperti Sule OVJ atau melakukan tingkah konyol untuk membuat siswa terhibur. Namun, jokes sederhana yang membuat suasana kelas tidak kaku, cukup membuat aura kelas lebih hangat.

Sesekali atau berulang kali berikanlah kepada siswa motivasi tentang arti suatu pembelajaran, agar siswa paham benar mengapa ia harus menerima pelajaran. Agar dari dalam siswa sendiri muncul keinginan bahwa sebenarnya yang mereka lakukan adalah juga untuk kehidupannya dimasa mendatang. Memberikan motivasi akan membuat tenaga anak selalu terlecut dan bergairah mengikuti pelajaran yang Anda sampaikan.

Manusia merupakan tempatnya salah dan lupa, jadi sebaiknya introspeksi diri ketika di koreksi siswa. Bukannya merasa benar sendiri. Menerima koreksi siswa tidak membuat Anda tampak bodoh. Mengakui dengan jujur bahwa Anda lupa siapa penemu Benua Amerika, ataupun ada kesalahan dalam perhitungan menandakan Anda adalah pribadi yang terbuka dan menerima kekurangan diri.

Jika Anda berjiwa besar, tanyakan kepada siswa-siswa anda tentang pengajaran yang telah dilakukan, apakah membuat siswa-siswa Anda senang atau tertekan. Katakan siswa menjawab jujur sesuai isi hatinya, dan jawaban siswa sama sekali tidak akan mempengaruhi proses penilaian dari Anda. langkag berikutnya seorang guru harus berani berubah menjadi lebih baik untuk kepentingan pengajarn, kebaikan bersama guru dan siswa.

Apakah tips n’ trik tersebut dapat membuat Anda menjadi guru favorit siswa? Selamat mencoba! Jika anda ingin menambahkan, silahkan isi kotak komentar dibawh ini. Trims

QUIZ – Aku Dan Jati Diriku


Banyak orang telah mengenalku, entah dari sumber resmi ataupun tidak resmi. Aku telah dikenal di seluruh dunia. Baik oleh negara-negara berkembang, apalagi negara maju. Karena aku dianggap sebagai pembaharu dunia. Kemampuanku tidak diragukan lagi dalam segala aspek kehidupan manusia. Betapa tidak, semua mengandalkan kemapuanku dalam beraksi. Aku selalu dilibatkan dalam mengoperasikan peralatan manusia secanggih apapun. Mulai dari sekedar permainan anak sampai keperluan orang dewasa. Dari sekedar peralatan rumah tangga sampai peralatan ke ruang angkasa, aku tetap dilibatkan.

Kebanyakan orang selama ini menganggap aku selalu berlaku menyimpan. Itu karena pemahaman orang yang belum menyadari benar akan hakekat perilaku. Umum hanya melihat hal-hal yang tampak saja, walaupun sesungguhya hal yang tampak itu sering kali hanya semu karena keterbatasan kemampuan mata melihat. Ambil contoh matahari terbit di Timur dan terbenam di Barat. Bukankah hal seperti hanya semu. Selain itu coba renungkan seandainya Anda berada di tempat parkir mobil yang telah terisi banyak mobil berjajar berurutan dari depan sampai belakang dan hanya tinggal satu tempat di paling belakang kosong belum terisi untuk satu mobil. Jika Anda dapat melihat dari atas dan memperhatikan mobil paling belakang mundur mengisi kekosongan tempat di belakangnya, kemudian mobil di depannya juga mundur untuk mengisi kekosongan yang baru, demikian seterusnya. Tentu Anda akan melihat kekosongan itu justru bergerak maju. Sehingga gerak maju kekosongan tempat untuk parkir satu mobil itu hanya semu saja, sebagai akibat mobil yang bergerak mundur.

Oleh karena itu kita perlu membiasakan diri memandang sesuatu dengan mata hati, dan mata pikir secara jernih. Saya tahu, keterbatasan itu perlu ada, agar manusia tidak menjadi semakin sombong. Belum tentu apa yang kita lihat itu sebagai hal yang nyata.

Jika Anda ingin bersahabat denganku, pahami aku. Bukan berarti aku sombong. Akan tetapi memang kadang aku enggan ke luar dari tempat kedudukanku semula. Aku terlalu disiplin dalam bersikap dan berperilaku.

Perlu Anda ketahui komitmenku terhadap diri sendiri, bahwa aku tetap akan mempertahankan prinsip jati diriku untuk selalu berlawanan dengan perilaku rival bebuyutanku yang tak akan pernah mau akur untuk saling bertahan dengan prinsip masing-masing. Biarkanlah diriku memperoleh predikat negatif sedangkan rivalku dengan predikat positif. Walaupun Anda mungkin juga akan menganggap bahwa yang positif itulah yang benar sekalipun, aku tetap ingin negatif. Namun jangan kaget kalau dengan keadaan saling bertahan pada prinsip itulah justru perpaduan positif dan yang negatif memperoleh kedigdayaan kami bersama. Bukankah perbedaan itu sebagai suatu anugerah Yang Maha Kuasa. Tentu jika perbedaan itu dapat dikelola untuk menggapai kekuatan. Bukan saling menjatuhkan untuk dapat menguasai. Dengan itulah aku menjadi tak begitu saja mudah lepas dari kekompakkan untuk tetap berbeda.

Dengan memahami kondisiku ini Anda akan mudah mempengaruhiku. Karena aku ringan tangan , gesit dalam bertindak. Teratur dan berdisiplin dalam berbuat. Jika Anda dapat mengarahkanku ke suatu titik yang Anda inginkan sesuai dengan karakterku aku sangat penurut. Tetapi maaf aku tak pernah mau kompromi bila Anda melakukan kesalahan sehingga aku menjadi salah arah. Tentu akan dapat mencelakakan Anda sendiri. Arahkan aku ke suatu titik yang memiliki potensial listrik lebih tinggi. Keteraturanku dalam bergerak ini memiliki potensi energi yang maha dahsyat.

Wahai pembaca yang budiman, ayo tebak: siapakah “Aku”? 

Reff : mjeducation.co

BIDADARI UNTUK UMAR R.A

 
Sahabat Umar bin Khattab r.a. adalah salah satu dari sahabat Rasulullah SAW. Semenjak ia memeluk islam kaum muslimin telah memperoleh suatu kekuatan dalam berdakwah yang sangat besar. Sejak itulah mereka berani sholat dan thawaf dika’bah secara terang-terangan. Umar r.a. adalah seorang yang wara’, ia sangat teliti dalam mengamalkan Islam.

Umar r.a. mempelajari surah Al-Baqoroh selama 10 tahun, ia kemudian melapor kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah SAW apakah kehidupanku telah mencerminkan surah Al-Baqoroh, apabila belum maka aku tidak akan melanjutkan ke surah berikutnya”. Rasulullah SAW menjawab, “Sudah…”!. Umar r.a. mengamalkan agama sesuai dengan kehendak Allah SWT. Karena kesungguhannya inilah maka banyak ayat di Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT berdasarkan kehendak yang ada pada hatinya, seperti mengenai pengharaman arak, ayat mengenai hijab, dan beberapa ayat Al-Qur’an lainnya.

Rasulullah SAW seringkali menceritakan kepada para sahabatnya mengenai perjalannya mi’raj menghadap Allah SWT. Beliau SAW sering pula menceritakan bagaimana keadaan surga yang dijanjikan Allah SWT kepada sahabat-sahabatnya. Suatu hari ketika Rasulullah SAW dimi’rajkan menghadap Allah SWT, kemudian malaikat Jibril AS memperlihatkan kepada Beliau SAW taman-taman surga.

Rasulullah SAW melihat ada sekumpulan bidadari yang sedang bercengkrama. Ada seorang bidadari yang begitu berbeda dari yang lainnya. Bidadari itu menyendiri dan tampak sangat pemalu. Rasulullah SAW bertanya kepada Jibril AS, “wahai Jibril AS bidadari siapakah itu”?. Malaikat Jibril AS menjawab, “Bidadari itu adalah diperuntukkan bagi sahabatmu Umar r.a.”. Pernah suatu hari ia membayangkan tentang surga yang engkau ceritakan keindahannya. Ia menginginkan untuknya seorang bidadari yang berbeda dari bidadari yang lainnya. Bidadari yang diinginkannya itu berkulit hitam manis, dahinya tinggi, bagian atas matanya berwarna merah, dan bagian bawah matanya berwarna biru serta memiliki sifat yang sangat pemalu. Karena sahabat-mu itu selalu memenuhi kehendak Allah SWT maka saat itu juga Allah SWT menjadikan seorang bidadari untuknya sesuai dengan apa yang dikehendaki hatinya”.

Subhanallah..!!

Ironi dan Tragedi Pendidikan di Indonesia

 
Ada ironi nan pilu dalam pendidikan kita. Kemasygulan ironi itu berulang dan kian mengabaikan martabat pendidikan. Terbayangkankah guru memperlakukan siswanya seperti barang tak berjiwa? Hal itu dilakukan hanya demi kepentingan guru. Beginikah nasib pendidikan ketika uang begitu memobilisasi dinamika pendidikan?

Riwayat pendidikan kita diwarnai sejarah uang (gaji). Sampai lahirnya era Reformasi, gaji guru, khususnya guru PNS, demikian kecil. Reformasi telah membalikkan nasib guru, khususnya guru PNS. Pemerintah terus menaikkan gaji guru dan memberikan beragam tunjangan.

Niat meningkatkan kesejahteraan guru itu mulia. Sayang, begitu banyak guru yang belum selesai dengan dirinya. Kepahitan hidup panjang karena gaji kecil membuat mereka demikian dahaga uang. Jiwa mereka kian kerontang ketika panggilan jiwa sebagai pendidik nihil. Guru hanyalah sebuah pekerjaan.

Ketika pemerintah terus menaikkan gaji dan memberikan beragam tunjangan, mereka tergagap-gagap hingga mabuk. Mereka tak lagi berpijak kukuh karena nihilnya panggilan jiwa sebagai pendidik. Pengabdian dengan menjadi guru menjadi tema usang dan bahan olok-olokan.

Pada gelora nafsu meraup uang inilah sejumlah guru berubah karakter dari abdi menjadi budak. Abdi itu pemuja kehidup- an yang memuliakan martabat diri. Pilihan sikap dan tindakannya diorientasikan memuliakan kehidupan dan martabat diri. Orientasi hidup abdi adalah investasi jangka panjang.

Budak adalah kebalikannya. Sikap dan tindakan budak hanya untuk kepentingan jangka pendek lagi egoistis. Budak hanya akan bekerja bila tahu akan segera mendapat hasil/untung untuk dirinya. Budak tak peduli kalaupun pilihan sikap dan tindakannya menghancurkan martabat dan kehidupan.

Perilaku membudak (uang) ini tercecap pada kasus pembocoran soal ujian, proyek buku, dan pembangunan pengadaan fasilitas pendidikan yang amburadul, memberikan jasa manipulasi nilai, atau memecah jumlah kelas di sekolahnya demi memenuhi tuntutan minimal proyek sertifikasi. Juga ketika mereka terus menambah kelas dengan menerima sebanyak-banyaknya siswa tanpa seleksi agar mencapai target minimal jumlah mengajar untuk tuntutan sertifikasi. Tak peduli cara ini dilakukan di tengah sekolah-sekolah kecil miskin yang kian sekarat.

Ini tragedi pendidikan. Niat awal meningkatkan kesejahteraan agar guru kian bermartabat kini justru telah menjadi proses perbudakan (guru) yang justru menghancurkan martabat serta kehidupan.
Peran negara

Negara tak bisa terus membiarkan dinamika pendidikan semacam ini. Guru itu lentera, penyuluh kehidupan. Ia hanya bisa jadi pencerah kehidupan bila dari kedalaman jiwanya terpendar terang. Itu terjadi ketika hidupnya dijangkarkan pada panggilan jiwanya sebagai pendidik.

Tak dimungkiri bahwa untuk hidup, guru membutuhkan pendapatan layak. Namun, hidup guru tak boleh berangkat dari situ. Pemerintah pun tak boleh terus membiarkan uang (gaji, tunjangan) demikian memesona bahkan memobilisasi pendidikan. Pertama, uang bisa membikin seseorang haus tak terpuaskan. Apalagi ia yang belum selesai dengan dirinya. Pendidikan yang dimobilisasi uang kian menyandera nurani guru. Mereka berubah dari abdi pendidikan menjadi budak uang.

Kedua, ternyata tak cukup niat baik menyejahterakan guru dengan terus meningkatkan gaji-tunjangan. Penerapan kebijakan itu telah membuat sejumlah guru sekolah bertindak tunanurani. Demi meraup uang, mereka tak peduli nasib sekolah sekitar. Kita bertanya masygul, di manakah tanggung jawab serta panggilan jiwa mereka mencerdaskan bangsa? Di mana pula solidaritas mereka dengan nasib sesama guru di sekolah sekarat/mati itu? Meraup rakus murid demi memenuhi target proyek sertifikasi telah mengubah realitas sekolah dari komunitas pemuja kehidupan yang cerdas menjadi gerombolan berseragam.

Ketiga, dinamika pendidikan yang dimobilisasi uang dalam praksisnya terbukti membuat perilaku sejumlah guru kian liar dan tunamoral, serta efektif membikin sekarat hingga mematikan sekolah-sekolah kecil. Kalau pemerintah membiarkan kondisi ini, niat awal meningkatkan martabat kehidupan lewat pendidikan berubah menjadi proses sistematis oleh negara yang membunuh sejumlah sekolah di negeri ini.

Inilah tragedi pendidikan sekaligus kejahatan keji negara berselimut kebijakan. Jangan biarkan nasib negeri ini dipertaruhkan dengan gegabah dan murah.
Source : http://edukasi.kompas.com