aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 27 Oktober 2012

Bidadari Menara Ketujuh

 
Novel versi pdf
Penulis: Yasmi Munawwar
Download

Kania & Kenny

 
Penulis: Julie Suryati Simanjuntak
Novel versi pdf
Download

Totto Chan: Gadis Cilik Di Jendela

 
Penulis: Tetsuko Kuroyanagi  
Novel versi pdf
Bahasa Indonesia
Download

The Third Twin

 
Kembaran Ketiga
Penulis : Ken Follet
Novel versi pdf

Download

Orang Orang Malioboro

 
Penulis: Eko Susanto
Novel versi pdf
Download

Kyai Menang Togel - Humor Bikin Insyaf

 
Penulis: Abdillah F. Hasan
Novel versi pdf

Apa jadinya kalo seorang kyai ikutan main togel, menang lagi? Ha… ha… ha… Seneng dong dapet uang. Bener gak?

Ada gak ya, kyai yang ikutan main togel? Pasti ada. Ini dia kisahnya… mau tahu isinya apa? Baca aja. Buku ini penuh dengan humor (atau lebih pasnya kita sebut parodi aja kali ye… soalnya kyai di buku ini tingkahnya aneh-aneh) nyeleneh.

Kyai di buku ini seneng banget ma yang namanya salam tempel. Tau gak salam tempel? Itu tuh yang disalami gak lepas-lepas, nempel terusss… lengket kayak lagi pacaran.

Pokoknya, baca buku ini bikin kita insyaf, deh, menjaga diri dari hal-hal buruk yang dikerjain kyai kita ini. Trus ada juga sih hal baik yang bisa kita ikutin dari prilaku kyai ini. Pandai-pandai aja memilihnya ye…

Salam buat semua kyai, mohon maaf bila ada yang menyinggung, tidak bermaksud ke situ kok. Buku ini Cuma Humor Doangan.
Download

Sepagi Itu Kita Berpisah

 
Penulis: Marga T
Novel versi pdf
Download

Semester Pertama di Malory Towers

 
Novel : Semester Pertama di Malory Towers 
Penulis : Enid Blyton
Novel versi pdf 

Badai Badai Puber

 
Penulis : Motinggo Busye
Novel versi pdf
Bahasa : Indonesia
Download 

Pelarian


Judul : Pelarian
Format pdf 
Ukuran : 1 MB
Download

Ebook Motivasi Tung Desem Waringin


Judul : 24 Prinsip Milyader Yang Dicerahkan
Pengarang : Tung Desem Waringin
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 32
Format : pdf
File size : 345.33 KB
Prinsip-prinsip yang mengubah anda dari posisi sekarang menuju posisi yang anda inginkan dengan lebih cepat dan lebih dahsyat !!! Prinsip-prinsip ini dijabarkan oleh Tung Desem waringin dalam seminar Be Great Be A Billionaire, ke 24 prinsip ini antara lain adalah :
  1. Prinsip 1 : Membuat Nilai Tambah.
  2. Prinsip 2 : Faktor Kali.
  3. Prinsip 3 : Peluang Ada Di Mana-Mana.
  4. Prinsip 4 : Be, Do, Have.
  5. Prinsip 5 : Belajar Bukan Menyalahkan (Blame Excuses Justify).
  6. Prinsip 6 : "Alam Semesta Itu Berlimpah, Tidak Ada Kekurangan, Kecuali Di Dalam Pikiran Kita Sendiri.
  7. Prinsip 7 : Mereka Yang Memberi, Pasti Menerima.
  8. Prinsip 8 : Win - Win.
  9. Prinsip 9 : Selalu Open Mind Atau Terbuka.
  10. Prinsip 10 : Kata-Kata Berkuasa.
  11. Prinsip 11 : Anda Adalah Kekayaan Anda.
  12. Prinsip 12 : Kekayaan Adalah Kebebasan.
  13. Prinsip 13 : Segala Sesuatu Dimulai Dari Impian (Dreams).
  14. Prinsip 14 : Kejelasan Adalah Kekuasaan, Kejelasan Adalah Kekuatan.
  15. Prinsip 15 : Pilih Yang Menghasilkan Baru Pilih Yang Anda Sukai, Baru Pilih Yang Mudah.
  16. Prinsip 16 : Imajinasi Lebih Unggul Dari Kemauan.
  17. Prinsip 17 : Pertanyaan Yang Benar Menghasilkan Jawaban Yang Benar.
  18. Prinsip 18 : Apapun Yang Terjadi Tidak Ada Artinya Sampai Kita Sendiri Yang Memberi Arti.
  19. Prinsip 19 : Harmonis Antara Keinginan, Keyakinan, Dan Cara Kerja.
  20. Prinsip 20 : Toughts Become Things.
  21. Prinsip 21 : Ketuklah Maka Pintu Akan Dibukakan.
  22. Prinsip 22 : Berbagi Artinya Memiliki Lebih.
  23. Prinsip 23 : Tidak Nyaman Berarti Kita Sedang Tumbuh.
  24. Prinsip 24 : Milyarder Yang Mencerahkan Mempunyai Prinsip Bahwa Dia Harus Terus Belajar Dan Berkontribusi Untuk Bangsa Dan Negara Dan Untuk Alam Semesta.  
 Download

KUMPULAN KISAH-KISAH ISLAM

 
DAFTAR ISI BUKU KUMPULAN KISAH-KISAH ISLAM 
  1. Kisah Nabi Adam A.S.
  2. Kisah Nabi Idris A.S.
  3. Kisah Nabi Nuh A.S
  4. Kisah Nabi Hud A.S
  5. Kisah Nabi Saleh A.S
  6. Kisah Nabi Ibrahim A.S
  7. Kisah Nabi Ismail A.S
  8. Kisah Nabi Ishaq A.S
  9. Kisah Nabi Luth A.S
  10. Kisah Nabi Ya'qub A.S. 
  11. Kisah Nabi Yusuf A.S.
  12. Kisah Nabi Syu'aib A.S.
  13. Kisah Nabi Musa A.S.   
  14. Kisah Nabi Daud A.S.   
  15. Kisah Nabi Sulaiman A.S.
  16. Kisah Nabi Ayyub A.S.
  17. Kisah Nabi Yunus A.S.   
  18. Kisah Nabi Zakaria A.S.
  19. Kisah Nabi Yahya A.S.  
  20. Al-Qur'an Sebagai Pembela Di Hari Akhirat    
  21. Kisah Lima Perkara Aneh 
  22. Kisah Anjing-Anjing Neraka     
  23. Kisah Pemuda Beribu-Bapakkan Babi     
  24. Kisah Berkat Di Balik Membaca Bismillah
  25. Kisah Bumi Dan Langit    
  26. Kisah Neraka Jahannam  
  27. Tujuh Macam Pahala Yang Dapat Dinikmatinya Selepas Matinya
  28. Kisah Kelebihan Berpuasa Pada 10 Muharram Dan Peristiwa-Peristiwa Yang Berlaku Pada Hari Tersebut      
  29. Kisah Nafsu Yang Degil Pada Perintah Allah            
  30. 5 Wasiat Dari Allah S.W.T. Kepada Rasulullah S.A.W
  31. Manusia Berhadapan Dengan Enam Persimpangan 
  32. Hikmah Meninggalkan Cakap Bohong
  33. Batu-Batu Yang Aneh
  34. 10 Pesanan Allah S.W.T Kepada Nabi Musa A.S.
  35. Kisah Seorang Anak Membangkang Perintah Ayahnya   
  36. Kisah Awan Mengikuti Orang Yang Bertaubat
  37. Ayat Kursi Menjelang Tidur      
  38. Percakapan Musa A.S Dengan Tuhan     
  39. Jenazah  Berubah Menjadi Babi Hutan
  40. Minum Arak Puncak Segala Kejahatan   
  41. Kasih Sayang Allah S.W.T      
  42. Allah S.W.T. Menolak 1 Doa Dari 3 Doa Rasulullah S.A.W
  43. Kisah Binatang Yang Bernama Huraisy   
  44. 10 Jenis Solat Yang Tidak Diterima Oleh Allah S.W.T
  45. 12 Azab Bagi Mereka Yang Meninggalkan Sembahyang  
  46. Kisah Tempat Tinggal Ruh
  47. Kisah Kelebihan Berselawat  Ke Atas Rasulullah S.A.W
  48. Kisah Mayat Bangun Dari Kubur  
  49. Suara Syaitan Yang Menggoda Keteguhan Iman 
  50. Hikmah Berbakti Kepada Kedua Ibubapa 
  51. Kamar-Kamar Di Syurga          
  52. Kelebihan Umat Rasulullah S.A.W Menurut Pandangan Nabi Adam A.S
  53. Kisah Seekor Ulat Dengan Nabi Daud A.S      
  54. Kisah Pemuda Yang Bernama 'Uzair
  55. Tanda-Tanda Kiamat             
  56. Riak Memusnahkan Pahala        
  57. Kisah Pendita Yang Insaf
  58. Kisah Si Pemalas Dengan Abu Hanifah   
  59. Pahala Membantu Tetangga Dan Anak Yatim     
  60. Makanan Dari Hasil Tilik         
  61. Kisah Wali Allah Yang Solat Di Atas Air
  62. Rasulullah S.A.W. Dan Uang 8 Dirham
  63. Kurma Madinah                   
  64. Jibril As, Kerbau, Kelelawar, Dan Cacing       
  65. Pahala Sebanyak Bintang Di Langit      
  66. Mangkuk Yang Cantik Madu Dan Sehelai Rambut
  67. Rela Dimasukkan Ke Dalam Neraka               
  68. Fathimah Az-Zahra Rha  Dan Gilingan Gandum 
  69. Gurau Dan Canda Rasulullah Saw         
  70. Pahlawan Neraka                         
  71. Tidak Akan Masuk Neraka Orang Yang Menangis Kerana Takutkan Allah       
  72. Kisah Luqman Al-Hakim Dengan Telatah Manusia        
  73. Kisah Malaikat Jibril Dan  Malaikat Mikail Menangis    
  74. Nabi Ilyas A.S Dan Malaikat                    
  75. Bangunan Yang Tidak Rosak Dan Pemilik Yang Tidak Boleh Mati
  76. Kelebihan Ayat Kursi                             
  77. Kisah Berpisahnya Roh Dari Jasad               
  78. Kisah Anak Kecil Yang Takut Api Neraka
  79. Kisah Seorang Kristian Masuk Islam Berkat Memuliakan Asyura'
  80. Balasan Meninggalkan Solat              
  81. Kisah Unta  Mematahkan Rancangan Abu Jahal Untuk Membunuh Rasulullah S.A.W  
  82. Penderitaan Yang Dialami Oleh Abu Hurairah
  83. Saudara Mara, Kekayaan Dan Amal Perbuatan   
  84. Orang Yang Paling Berani         
  85. Mabuk  Dalam Cinta Terhadap Allah             
  86. Kisah Juru Dakwah Yang Tidak Gentar  
  87. Kubur Berkata Sewaktu Sewaktu Jenazah Fatimah Az-Zahra Hendak Dikebumikan    
  88. Kisah Asal Usul Hajar Aswad    
  89. Kisah Unta Menjadi Hakim       
  90. Kisah 'Auj Bin Unuq Dibinasakan Oleh Burung Hud-Hud
  91. Cinta Sejati Seorang Ibu Terhadap Anak-Anaknya             
  92. Nabi Idris  Dan Pedoman Hidup 
  93. Lima Belas Bukti Keimanan       
  94. Kain Kafan Daripada Rasulullah S.A.W  
  95. Rahsia Khusyuk Dalam Sembahyang              
  96. Kisah Dari Kitab Allah Yang Dahulu             
  97. Kisah Perlawanan Antara Seorang Lelaki Dan Iblis      
  98. Kisah Asal Usul Bekas Tapak Kaki Nabi Ibrahim A.S (Maqam) 
  99. Kesabaran Seorang Perempuan Yang Dirasuk             
  100. Perbualan Antara Rasulullah S.A.W Dengan Iblis               
  101. Antara Sabar Dan Mengeluh     
  102. Kisah Nabi Salleh A.S Dan Unta Dari Batu Karang     
  103. Kisah Dipotong Tangan Kerana Memberi Sedekah
  104. Jangan Menyiksa Diri                                     
  105. Syahid Selepas Mengucapkan Syahadah         
  106. Nama-Nama Syurga Dan Neraka         
  107. Menahan Lapar Semalaman Kerana Menghormati Tetamu
  108. Kisah Gunung Menangis Takut Tergolong Batu Api Neraka
  109. Niat Taubat Menukar Arak Menjadi Madu               
  110. Kisah Rasulullah S.A.W.  Dan Pengemis Yahudi Buta
  111. Rasulullah S.A.W. Mendatangi Kafilah Dagang  
  112. Bidadari Untuk Umar R.A.               
  113. Nabi Sulaiman As Dan Seekor Semut  (1)               
  114. Nabi Sulaiman As Dan Seekor Semut  (2)               
  115. Kambing Dan Alat Tenun                 
  116. Keberanian Saad Bin Abu Waqqash Ra. 
  117. Bertani Di Syurga                                                
  118. Wahyu Terakhir  Kepada Rasulullah Saw
  119. Air Mata Taubat Nabi Adam A.S               
  120. Allah Maha Pengampun                           
  121. Amal Yang Membuka Pintu Syurga       
  122. Berkat Kejujuran                 
  123. Bilal Yang Teguh Iman           
  124. Cinta Sejati Tsauban Terhadap Nabi            
  125. Derita Sakaratul Maut Kerana Mengutamakan Isteri Lebih Dari Ibunya
  126. Dialog Abu Hanifah Dengan Ilmuan Kafir Tentang Ketuhanan   
  127. Dialog Allah Dan Iblis  Mengenai Tempat Tinggal               
  128. Dialog Iblis Dengan Rasulullah S.A.W.  
  129. Dialog Ramadhan Di Hadapan Allah      
  130. Hadiah Dari Neraka              
  131. Hamba Yang Ajaib        
  132. Hamba Yang Banyak Celanya     
  133. Iblis Ingin Bertaubat                             
  134. Isteri Yang Taat Kepada Suami  
  135. Janggut Nabi Harun Berwarna Dua      
  136. Keadaan Manusia  Di Padang Mahsyar   
  137. Keberanian Rasulullah S.A.W.                                   
  138. Kecantikan Rasulullah S.A.W. Sebagai Insan Teragung 
  139. Kelebihan Huzaifah Al-Yamani                   
  140. Keramat Seorang Wanita                                                 
  141. Ketabahan  Iman Zunairah Terhadap Allah      
  142. Khalifah Gila?                                                            
  143. Khalifah Umar Abdul Aziz Hidup Sederhana    
  144. Khalifah Umar Al-Khatab Dengan Nenek Tua   
  145. Khidir Hadir Semasa Pengurusan Jenazah Nabi S.A.W.
  146. Kisah Nabi Musa Dengan Wanita Penzina
  147. Kisah Qarun  Yang Binasa Dengan Hartanya     
  148. Kisah Rasulullah Dengan Daging Beracun         
  149. Kisah Saiyidina Umar Dengan Paderi             
  150. Kisah Seekor Ulat  Dengan Nabi Daud A.S.    
  151. Kisah Tsabit Disuruh Kahwin Kerana Sebiji Apel
  152. Kisah Uqa'il  Dengan Rasulullah S.A.W.
  153. Kuda Mati Hidup Semula                 
  154. Mengapa Al-Quran Dibukukan                    
  155. Nabi Ibrahim A.S. Dengan Orang Majusi
  156. Nabi Idris A.S. Menikam Mata Iblis            
  157. Nabi S.A.W. Dan Pengutip Hutang      
  158. Nabi Sulaiman Dengan Kubah Ajaib      
  159. Nabi Sulaiman Raja Yang Bijaksana      
  160. Nelayan Mukmin Dan Nelayan Kafir      
  161. Orang Pertama Yang Dihukum Di Akhirat
  162. Panasnya Api Neraka !                           
  163. Pencuri Dan Abid  (Orang Yang Kuat Ibadat)   
  164. Pencuri Kain Kafan                       
  165. Perihal Dua Ruh Yang Diseksa Di Neraka
  166. Rahsia Permata Indah Khalifah Harun Ar-Rasyid       
  167. Raja Yang Rela Menjadi Tukang Kebun   
  168. Riwayat Asal Kejadian Nabi Adam A.S. 
  169. Riya'...Membinasakan Ibadat     31
  170. Saiyidina Ali Dan Peminta Sedekah              
  171. Saiyidina Ali Dengan Seorang Nasrani Tua      
  172. Saiyidina Hassan Dan Pemuda Badwi             
  173. Salman Al-Farisi Pemimpin Yang Rendah Diri            
  174. Satu Amalan Nilainya Syurga                    
  175. Semerbak Iman Masyita                  
  176. Si Sopak, Si Botak Dan Si Buta 
  177. Sifat Kasih Rasulullah S.A.W.          
  178. Sifat Pemurah Rasulullah S.A.W        
  179. Surat Saidina Umar Ibnu Khattab Kepada Sungai Nil   
  180. Syadad Bin 'Aad Membina Syurga Dunia
  181. Tangisan Isam Bin Yusuf
  182. Tangisan Rasulullah  Menggoncangkan Arasy     
  183. Taubat Perompak Badwi  Dengan Sepotong Ayat
  184. Taubatnya Abu Hurairah R.A.           
  185. Taubatnya Malik Bin Dinar               
  186. Terperangkap Di Dalam Gua                      
  187. Tidak Sejahat Firaun                     
  188. Umar Bin Abdul Aziz Pemerintah Yang Amanah         
  189. Wafatnya Tsa'labah Bin Abdurrahman R.A.
  190. Wajah Mayat  Berubah Menjadi Himar          
  191. Wasiat Nabi S.A.W. Kepada Abu Dzar R.A.
  192. Yang Lebih Kaya Dan Mencintai Fitnah          
  193. Zubir Bin Al-Awwam Pembantu Yang Setia      
  194. Bila Malaikat Mencabut Nyawa   
  195. Golongan Wanita Yang Di Seksa Dalam Neraka  
  196. Sifat-Sifat Isteri Yang Solehah         
  197. Bagaimana Isteri Yang Solehah Membuat Suaminya Redha      
  198. Adab-Adab Seorang Isteri Dan Wasiat Seorang Ibu   
  199. Ringkasan Pengasas Empat Mazhab       
  200. Ummu Salamah R.A                      
  201. Abu Ubaidah Bin Jarrah R.A    
  202. Zainab Binti Jahsy Bin Ri`Ab R.A       
  203. Abdullah Bin Zubeir              
  204. Al-Miqdad Bin Amru Bin Tsa`Labah R.A
  205. Bilal Bin Robah                   
  206. Fathimah Binti Muhammad Rasulullah Saw       
  207. Bara' Bin Malik R.A              
  208. Fudhail Bin Iyadl At-Tamimy    
  209. Khobbaab Bin Al-Art    
  210. Zaid Bin Haritsah
  211. Mu'adz Bin Jabal
  212. Mush'ab Bin Umair       
  213. Arti Dajjal Dan Ya'juj Wa-Ma'juj               
  214. Dajjal Dan Ya'juj Wa-Ma'juj Menurut Al-Qur'an
  215. Dajjal Adalah Identik (Sama) Dengan Ya'juj Wa-Ma'juj
  216. Mengapa Al-Qur'an Tak Menyebut-Nyebut Dajjal
  217. Dajjal Menurut Al-Hadits
  218. Tempat Tinggal Dajjal Pada Zaman Nabi
  219. Agama Dajjal             
  220. Apakah Dajjal Itu Orang Ataukah Bangsa ?     
  221. Gambaran Dajjal Menurut Al-Hadits     
  222. Tempat Munculnya Dajjal 
  223. Fitnah Yang Paling Besar 
  224. Tanda-Tanda Dajjal      
  225. Sorga Dan Neraka Dajjal         
  226. Kecepatan Dajjal, Kendaraan Dajjal Di Darat, Di Laut Dan Di Udara   
  227. Dajjal Mengeluarkan Kekayaan Bumi      
  228. Kawan-Kawan Dajjal Hidup Senang Dan Musuh-Musuh Dajjal Hidup Sengsara
  229. Pertemuan Dajjal Dengan Arwah Orang-Orang Yang Sudah Meninggal Dan Percakapan Dajjal Dengan Mereka     
  230. Kekuatan Yahudi Di Belakang Dajjal     
  231. Pengaruh Dajjal Terhadap Wanita               
  232. Dajjal Dan Anak Yang Tidak Sah
  233. Penyembuhan Ajaib               
  234. Bisikan Jahat Dajjal      
  235. Munculnya Dajjal Dan Merajalelanya Di Dunia   
  236. Dajjal Akan Dikenal Oleh Seseorang Di Antara Kaum Muslimin
  237. Siapakah Yang Berkata: "Inilah Dajjal Yang Diterangkan Oleh Nabi Saw"     
  238. Dajjal Dibunuh Tetapi Ya'juj Wa Ma'juj T'idak
  239. Gagasan Nabi Saw Untuk Mengalahkan Dajjal Dengan Dalil     
Download 

Siswa Bertanya Kepada Guru, Kenapa Takut?

  
Dalam setiap kesempatan bertemu dengan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, setelah menjelaskan materi pembelajaran saya selalu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Bagi saya, pertanyaan dari siswa menunjukkan bahwa siswa memperhatikan materi yang saya sampaikan sekaligus memberi sedikit gambaran kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Untuk beberapa kelas, saya cukup puas karena ada beberapa siswa yang bertanya. Meski terkadang pertanyaan yang mereka sampaikan tidak ada kaitannya dengan materi pelajaran yang saya sampaikan saat itu, saya selalu berusaha menjawab pertanyaan dari siswa karena saya tidak ingin membatasi keingintahuan siswa terhadap sesuatu. Sayangnya pada beberapa kelas saya tidak menemukan satu pun siswa yang mau bertanya meski sudah berulangkali saya beri kesempatan dan motivasi untuk bertanya. Mengapa???

Sekian detik setelah saya memberikan kesempatan bertanya pada siswa dan tidak ada satu pun siswa yang bertanya, saya selalu memperhatikan ekspresi wajah mereka. Saya yakin ada banyak pertanyaan di kepala mereka, tetapi kenapa tak ada satu pun yang mengungkapkan pertanyaannya? Saat saya tanyakan kejelasan dari materi yang saya sampaikan, mereka pun hanya menjawab bersama : “jelaass…” Meski setelah beberapa saat saya tanyakan beberapa hal untuk materi yang baru saja saya sampaikan tak ada satu pun yang bersuara.

Heran? Bingung? Putus asa? Pasti! Saya hampir frustasi saat menghadapi kelas yang seperti itu, pasif atau Kelas Mati. Akhirnya dalam sesi pembelajaran saat itu saya membiarkan siswa beraktifitas seperti rencana kegiatan pembelajaran yang saya tuangkan dalam RPP tanpa pertanyaan, dan dipastikan saat itu diskusi kelompok dan kelas menjadi tidak maksimal. Saat itu kepala saya penuh dengan pertanyaan.. mengapa??? Akhirnya diakhir pembelajaran saya memberikan pertanyaan untuk menggali beberapa alasan mengapa siswa tidak berani mengungkapkan pendapat atau bertanya dalam pembelajaran.
  
Ada beberapa alasan yang membuat siswa enggan atau tidak berani bertanya, diantaranya adalah :
  • Takut dianggap bodoh atau ditertawakan teman-temannya.
  • Takut disuruh maju menyelesaikan soal ke depan oleh guru.
  • Takut jika diminta menjelaskan ulang materi yang baru saja disampaikan oleh guru.
  • Takut dianggap tidak fokus atau tidak memperhatikan ketika diterangkan.
  • Tidak membaca materi pelajaran atau kurang memperhatikan guru saat pelajaran sehingga sama sekali tidak paham materi yang akan ditanyakan.
  • Takut mengemukakan pendapat karena bingung cara menyampaikannya (tidak dapat berbahasa dengan baik).
  • Takut dianggap sok pintar dalam kelas.
  • Ada guru yang marah saat siswa bertanya sesuatu di kelas.
  • Dan segudang penyebab lainnya. 
Dari beberapa alasan tersebut menunjukkan bahwa peran guru sebagai pengelola kelas sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Guru seharusnya tidak sekedar menyampaikan materi tetapi juga perlu melakukan pendekatan pada siswa serta menumbuhkan motivasi pada siswa untuk menjadikan kegiatan pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah :
  • Memilih cara dan metode mengajar yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan keadaan siswa termasuk memperhatikan penampilan.
  • Menginformasilkan dengan jelas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sehingga siswa paham betul apa yang harus dikuasai dari kegiatan pembelajaran.
  • Menghubungkan kegiatan belajar dengan minat siswa.
  • Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran misalnya melalui kerja kelompok. Pancing siswa yang pasir untuk aktif dalam kegiatan kelompok.
  • Selalu melakukan evaluasi dan informasikan hasilnya, sehingga siswa mendapat informasi yang tepat tentang keberhasilan dan kegagalan dirinya.
  • Melakukan improvisasi-improvisasi yang bertujuan untuk menciptakan rasa senang anak terhadap belajar. Misalnya kegiatan belajar diseling dengan bernyanyi bersama atau sekedar bertepuk tangan yang meriah.
  • Menceritakan keberhasilan para tokoh-tokoh dunia yang dimulai dengan mimpi-mimpi mereka dan ceritakan juga cara-cara mereka meraih mimpi-mimpi itu. Ajak siswa untuk bermimpi meraih sukses dalam bidang apa saja seperti mimpinya para tokoh dunia tersebut.
  • Berikan respon positif kepada siswa ketika mereka berhasil melakukan sebuah tahapan kegiatan belajar. Misalnya pujian, penghargaan atau hadiah bagi siswa/kelompok yang berhasil mengerjakan tugas dengan baik.
  • Tanamkan pada siswa bahwa bertanya tidak menunjukkan sebuah ketidakmampuan, tetapi sebuah kemampuan untuk mengatasi ketidaktahuan akan sesuatu.
  • Berikan motivasi bahwa setiap siswa punya hak untuk mengatualisasikan dirinya didalam lingkungan kelasnya,apapun kondisinya tetap selalu dihargai.
  • Pacu semangatnya, bahwa setiap siswa memang punya level berbeda dalam kelasnya, yang ditentukan oleh potensinya, semangatnya, etos belajarnya,agar setiap siswa berlomba memberikan kemampuan terbaik dikelasnya.
  • Tidak ada salahnya, berikan improvisasi bisa terkait dengan aspek Religis agar siswa semakin menghayati jati dirinya, pentingnya masa depan kehidupannya yang diawali dari kehidupannya saat ini.
  • Dan lain sebagainya, silahkan ditambahnkan sendiri! 
Dengan melakukan hal tersebut di atas, ternyata dapat meningkatkan motivasi siswa untuk bertanya saat proses pembelajaran setidaknya siswa yang semula diam saat diberi kesempatan bertanya mulai berani bertanya. Dan sebagai seorang guru, kita harus bijak untuk menghargai dan menjawab pertanyaan mereka. 

Teka-teki Imam Ghazali



Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya tentang sebuah teka-teki:

Imam Ghazali = "Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"
Murid 1 = "Orang tua."
Murid 2 = "Guru."
Murid 3 = "Teman."
Murid 4 = "Kaum kerabat."
Imam Ghazali = "Semua jawanan kalian benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu adalah janji Allah, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati, (Surah Ali-Imran :185).

Imam Ghazali = "Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini?"
Murid 1 = "Negeri Cina "
Murid 2 = "Bulan."
Murid 3 = "Matahari."
Murid 4 = "Bintang-bintang."
Iman Ghazali = "Semua jawaban kalian tidak ada yang salah. Tetapi yang paling tepat adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan apa yang Allah perintahkan."

Iman Ghazali = "Apa yang paling besar di dunia ini?"
Murid 1 = "Gunung."
Murid 2 = "Matahari."
Murid 3 = "Bumi."
Imam Ghazali = "Semua jawaban kalian benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah Al A'raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka."

IMAM GHAZALI = "Apa yang paling berat di dunia?"
Murid 1 = "Baja."
Murid 2 = "Besi."
Murid 3 = "Gajah."
Imam Ghazali = "Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua berkata tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka karena gagal memegang amanah."

Imam Ghazali = "Apa yang paling ringan di dunia ini?"
Murid 1 = "Kapas."
Murid 2 = "Angin."
Murid 3 = "Debu."
Murid 4 = "Daun-daun."
Imam Ghazali = " Semua jawaban kalian tepat, tapi yang paling ringan di dunia ini adalah MENINGGALKAN SOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, dengan mudah kita tinggalkan sholat."

Imam Ghazali = "Apa yang paling tajam di dunia ini?"
Murid- Murid dengan serentak menjawab = "Pedang."

Imam Ghazali = "Itu benar, tapi benda yang paling tajam di dunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan  saudaranya sendiri."
Sumber : detikmaya.com

Keistimewaan Unta Menurut Islam & Sains

  
Lima puluh lima derajat celcius adalah suhu yang panas membakar. Itulah cuaca panas di gurun pasir, daerah yang tampak tak bertepi dan terhampar luas hingga di kejauhan. Di sini terdapat badai pasir yang menelan apa saja yang dilaluinya, dan yang sangat mengganggu pernafasan.

Padang pasir berarti kematian yang tak terelakkan bagi seseorang tanpa pelindung yang terperangkap di dalamnya. Hanya kendaraan yang secara khusus dibuat untuk tujuan ini saja yang dapat bertahan dalam kondisi gurun ini.

Kendaraan apapun yang berjalan di kondisi yang panas menyengat di gurun pasir, harus didisain untuk mampu menahan panas dan terpaan badai pasir. Selain itu, ia harus mampu berjalan jauh, dengan sedikit bahan bakar dan sedikit air. Mesin yang paling mampu menahan kondisi sulit ini bukanlah kendaraan bermesin, melainkan seekor binatang, yakni unta.

Unta telah membantu manusia yang hidup di gurun pasir sepanjang sejarah, dan telah menjadi simbul bagi kehidupan di gurun pasir. Panas gurun pasir sungguh mematikan bagi makhluk lain. Selain sejumlah kecil serangga, reptil dan beberapa binatang kecil lainnya, tak ada binatang yang mampu hidup di sana. 

Unta adalah satu-satunya binatang besar yang dapat hidup di sana. Allah telah menciptakannya secara khusus untuk hidup di padang pasir, dan untuk melayani kehidupan manusia. Allah mengarahkan perhatian kita pada penciptaan unta dalam ayat berikut:
 "Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan." (QS. Al-Ghaasyiyah, 88:17) 

Jika kita amati bagaimana unta diciptakan, kita akan menyaksikan bahwa setiap bagian terkecil darinya adalah keajaiban penciptaan. Yang sangat dibutuhkan pada kondisi panas membakar di gurun adalah minum, tapi sulit untuk menemukan air di sini. Menemukan sesuatu yang dapat dimakan di hamparan pasir tak bertepi juga tampak mustahil. Jadi, binatang yang hidup di sini harus mampu menahan lapar dan haus, dan unta telah diciptakan dengan kemampuan ini.

Unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu lima puluh derajat tanpa makan atau minum. Ketika unta yang mampu berjalan tanpa minum dalam waktu lama ini menemukan sumber air, ia akan menyimpannya. Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit. Ini berarti seratus tiga puluh liter dalam sekali minum; dan tempat penyimpanannya adalah punuk unta. Sekitar empat puluh kilogram lemak tersimpan di sini. Hal ini menjadikan unta mampu berjalan berhari-hari di gurun pasir tanpa makan apapun.

Kebanyakan makanan di gurun pasir adalah kering dan berduri. Namun sistem pencernaan pada unta telah diciptakan sesuai dengan kondisi yang sulit ini. Gigi dan mulut binatang ini telah dirancang untuk memungkinkannya memakan duri tajam dengan mudah.

Perutnya memiliki disain khusus tersendiri sehingga cukup kuat untuk mencerna hampir semua tumbuhan di gurun pasir. Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda kedatangan badai pasir. Butiran pasir menyesakkan nafas dan membutakan mata. Tapi, Allah telah menciptakan sistem perlindungan khusus pada unta sehingga ia mampu bertahan terhadap kondisi sulit ini. Kelopak mata unta melindungi matanya dari dari debu dan butiran pasir. Namun, kelopak mata ini juga transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata. Terdapat pula disain khusus pada hidung unta. Ketika badai pasir menerpa, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.

Salah satu bahaya terbesar bagi kendaraan yang berjalan di gurun pasir adalah terperosok ke dalam pasir. Tapi ini tidak terjadi pada unta, sekalipun ia membawa muatan seberat ratusan kilogram, karena kakinya diciptakan khusus untuk berjalan di atas pasir. Telapak kaki yang lebar menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, dan berfungsi seperti pada sepatu salju. Kaki yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas membakar di bawahnya. Tubuh unta tertutupi oleh rambut lebat dan tebal. Ini melindunginya dari sengatan sinar matahari dan suhu padang pasir yang dingin membeku setelah matahari terbenam.

Beberapa bagian tubuhnya tertutupi sejumlah lapisan kulit pelindung yang tebal. Lapisan-lapisan tebal ini ditempatkan di bagian-bagian tertentu yang bersentuhan dengan permukaan tanah saat ia duduk di pasir yang amat panas. Ini mencegah kulit unta agar tidak terbakar. Lapisan tebal kulit ini tidaklah tumbuh dan terbentuk perlahan-lahan; tapi unta memang terlahir demikian. Disain khusus ini memperlihatkan kesempurnaan penciptaan unta.

Marilah kita renungkan semua ciri unta yang telah kita saksikan. Sistem khusus yang memungkinkannya menahan haus, punuk yang memungkinkannya bepergian tanpa makan, struktur kaki yang menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, kelopak mata yang tembus cahaya, bulu mata yang melindungi matanya dari pasir, hidung yang dilengkapi disain khusus anti badai pasir, struktur mulut, bibir dan gigi yang memungkinkannya memakan duri dan tumbuhan gurun pasir, sistem pencernaan yang dapat mencerna hampir semua benda apapun, lapisan tebal khusus yang melindungi kulitnya dari pasir panas membakar, serta rambut permukaan kulit yang khusus dirancang untuk melindunginya dari panas dan dingin.

Tak satupun dari ini semua dapat dijelaskan oleh logika teori evolusi, dan kesemuanya ini menyatakan satu kebenaran yang nyata: Unta telah diciptakan secara khusus oleh Allah untuk hidup di padang pasir, dan untuk membantu kehidupan manusia di tempat ini.

Begitulah, kebesaran Allah dan keagungan ciptaan-Nya tampak nyata di segenap penjuru alam ini, dan Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Allah menyatakan hal ini dalam ayat Al-quran: 
 "Sesungguhnya, Tuhanmu hanyalah Allah, yang tidak ada Tuhan selain Dia. Pengetahuan – Nya meliputi segala sesuatu." (QS. Thaahaa, 20:98) 
Reff : lintasfrekuensi.blogspot.com

Potensi Siswa Indonesia

 
Berikut pengalaman dari Profesor Yohanes Surya dalam mengantarkan anak didiknya menjadi juara Olimpiade Internasional.
(…..Ternyata siswa yang selama ini dianggap “bodoh” itu dapat menjadi hebat sekali hanya dalam waktu 6 bulan asalkan mereka mendapat guru yang berkualitas dan metode pembelajaran yang tepat.) patut direnungkan oleh kita sebagai guru. 
Secara rata-rata kemampuan siswa Indonesia dalam belajar matematika atau IPA (Fisika) sangat baik. Anak-anak Indonesia tidak bodoh. Kalau mereka mendapat kesempatan, mereka akan berprestasi luar biasa. 

Sekitar pertengahan tahun 2009 kami membawa 5 anak dari kabupaten Tolikara dan 5 anak dari Wamena ke Surya Institute di Tangerang. Tolikara dan Wamena adalah daerah pegunungan di Papua yang selama ini dianggap sangat terbelakang. Dari Wamena kami ambil 1 siswa dari desa Kurulu dimana seluruh penduduknya masih mengenakan koteka dan perempuannya masih telanjang dada. 

Di Surya Institute para siswa ini dilatih matematika GASING (Gampang Asyik dan Menyenangkan) 4 jam per hari. Selama pelatihan kami melihat bahwa sesungguhnya siswa-siswa ini sangat cerdas matematika, berlawanan dengan anggapan selama ini yang menganggap mereka ini bodoh. Siswa ini juga punya keinginan kuat untuk maju, mereka ingin sepintar anak-anak lain dari pulau Jawa. Mereka juga sangat rajin belajar. Hasilnya? Hanya dalam waktu 6 bulan mereka sudah mampu menghitung dengan sangat baik. Segala bentuk soal pecahan dapat dikerjakan dengan baik. Semua soal cerita dari buku Matematika kelas 1 hingga kelas 6 SD dapat diselesaikan dengan sangat baik. Ternyata siswa yang selama ini dianggap “bodoh” itu dapat menjadi hebat sekali hanya dalam waktu 6 bulan asalkan mereka mendapat guru yang berkualitas dan metode pembelajaran yang tepat. 

Saya masih ingat, tahun 2004 saya bawa Andrey Awoitauw siswa SMP kelas 1 dari Jayapura. Ketika dibawa ke Surya Institute ia tidak bisa menghitung pecahan. Ia hanya bisa menghitung kali, jumlah dan kurang. Tapi ketika dilatih dengan metode yang tepat dan guru yang berkualitas, Andrey mampu meraih medali emas dalam bidang Matematika SMP Olimpiade IPA Nasional 2005 di Jakarta. Bahkan nilainya melebihi nilai yang diperoleh seorang siswa yang pernah juara menjadi juara dunia matematika. 

Hasil Andrey mengingatkan saya sekitar 15 tahun lalu waktu saya pulang dari Amerika Serikat, teman saya bertanya kenapa mau pulang ke Indonesia, bukankah sudah enak kerja di Pusat fisika nuklir Amerika Serikat. Ketika saya jawab bahwa saya pulang karena ingin menjadikan Indonesia juara dunia dalam olimpiade fisika, teman saya ini tertawa. Ia bilang Indonesia tidak akan bisa jadi juara, anaknya bodoh-bodoh dan malas-malas. Ternyata 5 tahun kemudian, setelah saya menemukan metode yang tepat, anak-anak Indonesia mulai bermunculan menjadi juara dalam berbagai lomba tingkat dunia. 

Dimulai tahun 1999 Made Agus Wirawan dari Bali merebut medali emas Olimpiade Fisika Internasional di Italia. Kemudian tahun 2005 Anike Bowaire dari Papua dan Dhina Susanti dari Semarang berhasil meraih medali emas The First Step to Nobel Prize in Physics sekaligus menjadikan Indonesia juara dunia dalam lomba tersebut. Di Tahun 2006 Jonathan Mailoa meraih peringkat 1 dari 386 peserta sekaligus membawa Indonesia menjadi juara pertama diantara 85 negara peserta Olimpiade Fisika Internasional di Singapore. Di tahun 2009 Indonesia menjadi juara dunia dalam lomba karya ilmiah International Conference for Young Scientists di Polandia dengan merebut 6 medali emas. Tahun 2009 juga Indonesia juara dunia dalam lomba Global Enterprise Challenge suatu lomba yang menggabungkan kemampuan entrepreneurship dan IPA. Di tingkat SMP kita beberapa kali juara dunia dalam International Junior Science Olympiad. Sampai tahun 2009 sudah lebih dari 69 medali emas dipersembahkan siswa-siswa Indonesia dalam kejuaraan-kejuaraan ini. 

Hasil berbagai olimpiade ini semakin meyakinkan saya bahwa kalau kita bisa menemukan metode yang tepat dan guru yang hebat, anak-anak kita akan menjadi luar biasa.  

Kualitas Guru 

Selama melatih ribuan guru-guru IPA dan matematika di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, kami menemukan perbedaan yang cukup mencolok dari segi kualitas antara guru-guru di kota besar dan daerah-daerah terutama daerah tertinggal. 

Guru di kota besar terutama dari sekolah-sekolah terbaik, sudah cukup baik kualitasnya. Mereka punya kesempatan dan fasilitas yang baik untuk mengembangkan diri. Sebagian dari mereka sudah menggunakan komputer dalam proses pembelajarannya, bahkan ada yang mampu membuat perangkat-perangkat lunak pembelajaran. Mereka hanya kesulitan ketika harus melatih siswa ke tingkat olimpiade. Soal-soal olimpiade seperti olimpiade fisika, matematika, kimia masih dirasakan terlalu berat untuk mereka. Mereka butuh pelatihan khusus untuk olimpiade ini. 

Untuk guru-guru di daerah, keinginan majunya sangat kuat. Mereka sadar bahwa mereka kurang, mereka ingin memperbaiki diri. Seorang peserta dari Aceh yang kami latih selama 1 bulan di Jakarta mengatakan: “Selama 20 tahun saya mengajar, belum pernah kami mendapatkan pelatihan seperti ini. Disini walaupun kami belajar dari pagi hingga malam hari, kami sangat menikmati, kami baru sadar bahwa ternyata kami ini sangat kurang… Waktu 1 bulan ini kami anggap kurang. Kami ingin belajar lagi. Kami ingin nanti siswa-siswa Aceh jadi siswa yang pintar-pintar”. 

Seorang guru dari desa di Pulau Jawa menangis “waduuuh selama ini ternyata saya mengajar salah, 15 tahun saya mengajar salah… o Gusti ampuni saya…” Guru ini mengaku ia telah mengajar konsep yang salah (miskonsepsi) tentang IPA. Ia tidak tahu bahwa yang ia ajarkan itu salah. Ia menganggap bahwa bumi bisa berputar terus karena dapat energi dari sinar matahari. Ia menganggap bahwa benda terapung karena gaya ke atas lebih besar dari gaya berat. Dan masih banyak lainnya. 

Guru dari suatu daerah di Papua mengaku ia selama ini sangat bersalah, telah mengajar salah. Guru ini menghitung 23 + 3 hasilnya 56. Menurut guru ini konsep penjumlahan sama seperti perkalian. Jadi ia harus menambahkan puluhan dan satuan masing-masing dengan 3. Ia menjumlahkan 2 + 3 = 5 dan 3 + 3 = 6. Jadi hasilnya 56!. Dalam pecahanpun mereka keliru menghitung ½ + 1/3. Menurut mereka untuk menghitung penjumlahan ini pembilang dijumlah dan penyebut dijumlah jadi hasilnya 2/5. 

Guru dari daerah lain mengaku bahwa selama ini ia mengajar sangat monoton. Ia telah membuat pelajaran IPA yang begitu asyik dan menyenangkan menjadi mata pelajaran yang membosankan siswa. Guru ini mengaku bahwa selama ini ia tidak mendapatkan metode yang tepat. Akhirnya yang terjadi adalah siswa bosan dan mengganggap IPA atau fisika itu sulit.
Masih banyak kisah-kisah guru yang mengaku bahwa mereka selama ini belum mengajar secara GASING (Gampang, Asyik dan menyenangkan). Mereka bingung karena selama ini belum banyak dapat pelatihan yang baik. 

Berdasarkan berbagai komentar dari para guru dan pemantauan di lapangan, kami menyimpulkan bahwa keadaan guru-guru IPA dan Matematika di daerah pinggiran atau daerah tertinggal adalah : 1. Mereka sadar kekurangan mereka; 2. Mereka punya kemampuan untuk berkembang asal diberikan kesempatan; 3) Mereka punya keinginan kuat untuk berubah menjadi lebih baik; 4) mereka punya jiwa pendidik yang ingin membuat anak didiknya berhasil; 5) Mereka memerlukan tambahan sarana berupa alat demonstrasi IPA dan matematika + pelatihan menggunakan alat ini untuk membuat pelajaran menjadi lebih menarik; 6). Secara ekonomi mereka perlu perbaikan agar lebih konsentrasi dalam mendidik anak. 

Jadi sebenarnya guru-guru yang ada di Indonesia adalah guru yang baik, mereka punya hati, mereka punya keinginan maju tetapi mereka butuh bantuan, dukungan dan kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik. 

What’s next? 

Untuk memperbaiki kualitas pembelajaran matematika dan IPA di Indonesia, seluruh stakeholder pendidikan termasuk pemerintah dan masyarakat perlu saling bahu membahu dalam meningkatkan kualitas guru. Yang dimaksud kualitas disini termasuk kemampuan menguasai konten (guru IPA harus mengerti konsep-konsep IPA secara benar dan guru matematika mengerti dan mampu mengerjakan soal-soal matematika dengan benar) dan juga metode pembelajaran yang GASING (Gampang, Asyik menyenangkan). Lewat guru yang berkualitas inilah kita bisa mengubah wajah matematika dan IPA yang selama ini dianggap momok yang menakutkan menjadi sesuatu yang menyenangkan. 

Untuk guru-guru dikota besar, diperlukan sekali pelatihan intensif sampai level olimpiade sehingga siswa-siswa terbaik kita dapat kesempatan terus untuk meningkatkan kemampuannya sampai ke level olimpiade. 

Untuk guru-guru di daerah terutama di daerah terpencil, perlu ada pelatihan khusus yang cukup lama (tidak hanya pelatihan sporadis yang hanya 1-2 harisaja). Pelatihan 6 bulan – 1 tahun ini akan membantu guru-guru ini untuk meng-update konten yang dimiliki dan juga memperbaiki metode pembelajaran. Kita berharap kedepannya kemampuan guru-guru di daerah ini akan mampu menyamai kemampuan guru-guru di kota-kota besar. 

Memang untuk pelatihan yang lama ini butuh dana yang cukup besar, tetapi dengan dana 20 % yang dicanangkan pemerintah untuk pendidikan, hal ini tidaklah sulit untuk dilaksanakan. Saya percaya jika semua stakeholderpendidikan bekerja bahu membahu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan IPA di Indonesia, maka kualitas sumber daya manusia kita akan meningkat secara luar biasa.

(Prof. Yohanes Surya adalah Pendiri Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya suatu sekolah untuk mendidik calon guru untuk menjadi guru berkualitas) 
Reff : www.yohanessurya.com

Prinsip-prinsip Belajar


 

Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman “(Hamalik, 2003:36). Sedangkan menurut Morgan (Sagala, 2006:13). "Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman." 

Berdasarkan Hamalik dan Morgan di atas, penulis menyimpulkan bahwa belajar adalah suatu perubahan perilaku pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. 

Dalam proses belajar ada prinsip belajar yang harus dipegang agar kegiatan belajar tersebut terarah dan baik. Menurut Sagala (2006:53), Prinsip-prinsip belajar sebagaimana berikut ini:
  1. Law of Effect
  2. Spread of Effect
  3. Law of Exercise
  4. Law of Readiness
  5. Law of Primacy
  6. Law of Intencity
  7. Law of Recency
  8. Fenomena Kejenuhan
  9. Belonging ness
Adapun pengertian prinsip belajar di atas adalah sebagai berikut: 

a. Law of effect
Yaitu berupa hubungan timbal balik antara rangsang yang diberikan guru kemudian siswa memberikan reaksi, sebaiknya suasana belajar dalam keadaan yang nyaman dan menyenangkan, supaya siswa lebih semangat dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

b. Spread of Effect
Yaitu suatu respon yang diberikan siswa terhadap hasil pembelajaran

c. Law of Exercise
Yaitu hubungan timbal balik antara rangsang dan respon, harus sering dilatih maka hasil belajar akan lebih optimal.

d. Law of Readiness

Yaitu suatu keadaan dimana siswa dalam keadaan siap untuk belajar sehingga proses pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. 

e. Law of Primacy
Yaitu keadaan dimana siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, sehingga siswa merasa puas atau senang 

f. Law of Intencity
Memberikan penjelasan yang lebih terperinci apabila diupayakan melalui upaya yang dinamis. 

g. Law of Recency
Yaitu sesuatu pelajaran yang baru dipelajari dan mengesankan akan lebih mudah 

h. Fenomena Kejen
Yaitu suatu pelajaran bosan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran 

i. Belonging ness
Keterkaitan bahan yang dipelajari pada situasi belajar, akan mempermudah berubahnya tingkah laku. 

Menurut Wittig (Muhibbin, 2005:114) proses belajar berlangsung dalam tiga tahapan, yaitu:
  • Aquisition (tahapan perolehan/penerimaan informasi)
  • Stoge ( tahap penyimpanan informasi)
  • Retrieval (tahap mendapatkan kembali informasi) 

Maksud dari tiga tahapan proses di atas  adalah sebagai berikut: 

1. Aquisition (tahapan perolehan/penerimaan informasi)
Tahapan ini adalah mulainya siswa menerima pengetahuan atau informasi yang kemudian merespon informasi atau pengetahuan tersebut, sehingga dapat menimbulkan pemahaman dan perubahan prilaku pada diri siswa.

2. Stoge ( tahap penyimpanan informasi)
Tahapan ini adalah kelanjutan dari tahapan Acquisition, yaitu setelah siswa mendapatkan informasi atau pengetahuan maka secara otomatis siswa tersebut akan menyampaikan pemahaman dan perubahan prilaku yang telah terjadi pada diri siswa tersebut.

3. Retrieval (tahap mendapatkan kembali informasi)
Proses retrieval adalah proses dimana siswa tersebut merespon masalah yang dihadapi dengan mengungkapkan dan memproduksi kembali atau dengan kata lain mengingat kembali apa yang tersimpan dalam memori baik berupa informasi, simbol pemahaman ataupun perilaku tertentu.
Reff : fisika79.wordpress.com

Istilah-istilah Umum Dalam Pembelajaran

 
Berikut ini beberapa pengertian istilah-istilah yang sering kita temui dalam pembelajaran, perangkat mengajar atau pendidikan.

Indikator: karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kompetensi dasar tertentu.

Kecakapan Hidup (life skill): kemampuan yang diperlukan untuk menempuh kehidupan dengan sukses, bahagia dan secara bermartabat, misalnya: kemampuan berfikir kompleks, berkomunikasi secara efektif, membangun kerjasama, melaksanakan peran sebagai warganegara yang bertanggung jawab, kesiapan untuk terjun ke dunia kerja.

Kecukupan (adequacy): mempunyai cakupan atau ruang lingkup materi pokok yang memadai untuk menunjang penguasaan kompetensi dasar maupun standar kompetensi.

Kompetensi Dasar: kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh lulusan; kemampuan minimum yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk standar kompetensi tertentu dari suatu mata pelajaran.

Kompetensi Keulusan: kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan lulusan suatu jenjang pendidikan yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Konsistensi (ketaatasasan): keselarasan hubungan antarkomponen dalam silabus (kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran).

Materi Pokok: bahan ajar minimal yang harus dipelajari siswa untuk menguasai kompetensi dasar

Membelajaran Berbasis Kompetensi: pembelajaran yang mensyaratkan dirumuskannya secara jelas kompetensi yang harus dimiliki atau ditampilkan oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

Pendekatan Hierarkis: strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas penjenjangan materi pokok.

Pendekatan Prosedural: strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu tugas pembelajaran.

Pendekatan Spiral: strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas lingkup lingkungan, yaitu dari lingkup lingkungan yang paling dekat dengan siswa menuju ke lingkup lingkungan yang lebih jauh.

Pendekatan Terjala (webbed): strategi pengembangan pelajaran, dengan menggunakan topik dari beberapa mata pelajaran yang relevan sebagai titik sentral, dan hubungan antara tema dan sub-tema dapat digambarkan sebagai sebuah jala (webb).

Kegiatan Pembelajaran: Menunjukkan aktivitas belajar yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan objek atau sumber belajar. Kegiatan pembelajaran dapat dipilih sesuai dengan kompetensinya, dapat diperoleh di dalam kelas dan di luar kelas. Bentuknya dapat berupa kegiatan mendemonstrasikan, mempraktikkan, mensimulasikan, mengadakan eksperimen, menganalisis, mengaplikasikan, menemukan, mengamati, meneliti, menelaah, dll., yang bukan kegiatan interaksi guru-siswa seperti mendengarkan uraian guru, berdiskusi di bawah bimbingan guru, dll.

Ranah Afektif: aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek.

Ranah Kognitif: aspek yang berkaitan dengan kemampuan berpikir; kemampuan memperoleh pengetahuan; kemampuan yang berkaitan dengan pemerolehan pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan, dan penalaran.

Ranah Psikomotor: aspek yang berkaitan dengan kemampuan melakukan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan; kemampuan yang berkaitan dengan gerak fisik.

Relevansi: keterkaitan, kesesuaian.

Silabus: susunan teratur materi pokok mata pelajaran tertentu pada kelas/semester tertentu.

Standar Kompetensi: kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran; kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa; kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam suatu mata pelajaran.

Strategi Pembelajaran: dimaksudkan sebagai bentuk/pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan