aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Jumat, 19 Oktober 2012

10 FAKTA MENARIK DARI SEJARAH CATUR

 
Sejarah yang panjang dan bersifat dinamis telah menghasilkan pemain catur di seluruh dunia menurut The Chess in the Olympics Campaign, "605 juta orang di seluruh dunia tahu cara bermain catur." Berikut adalah 10 hal yang paling menarik / fakta-fakta tentang catur :

1. Mesin Catur dari Turki 
Mesin catur turki dibuat abad ke-18 yang menjadi korban penipuan adalah sejumlah orang-orang terkenal seperti Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin, karena itu sebenarnya bukan mesin.

Termasuk konstruksi yang rumit yang mencakup metode untuk menyembunyikan operator nya, pemain catur manusia ditempatkan di dalam mesin ini. Ketika mesin itu terbakar rahasia itu baru terbongkar, dan mesin catur dari Turki tetap menjadi cerita lain yang menarik di sepanjangsejarah catur

2. Catur dan Otak Anda 
Catur sering dikutip oleh para psikolog sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi memori. Juga memungkinkan pikiran untuk memecahkan masalah yang kompleks dan bekerja melalui ide, maka tidak mengherankan bahwa catur direkomendasikan dalam memerangiAlzheimer. Beberapa berpendapat bahwa hal itu dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, meskipun itu adalah topik yang lebih kompleks.

Efek dari catur pada individu muda telah menyebabkan catur sedang diperkenalkan di distrik sekolah dan berbagai negara. Ini telah ditunjukkan untuk meningkatkan nilai anak-anak dan efek positif lainnya.

3. Komputer Pemain Catur 
Catur di komputer sekarang bagian yang sangat penting dari catur.yang paling terkenal Garry Kasparov, juara dunia dan dikenal sebagai salah satu pemain terkuat dalam sejarah catur, dikalahkan oleh IBM Deep Blue pada Tahun 1997 dalam pertandingan enam-game.

Selain klaim kecurangan, ini adalah kejutan besar kepada dunia catur. Pada Tahun 2006 juara dunia Vladimir Kramnik dikalahkan oleh Deep Fritz, melanjutkan pernyataan kekuatan catur olehkomputer.

Saat ini program-program catur yang mudah tersedia untuk pemain catur yang penting dalam menganalisis dan meningkatkan permainan.Mereka umumnya setingkat dalam kekuatan yang sama dengan grandmaster.

4. Permulaan dari catur dan tinju 
Pasar varian catur luas dan beragam. Ada beberapa varian yang mengubah pion-pion, papan, dan apapun dari meletakkan tiga papan catur di atas satu sama lain. Anda bahkan dapat menempatkan dua papan catur side-by-side dan bermain gila di mana Anda mengambil sepotong dan tangan ke lawan untuk penempatan.

Catur tinju telah muncul dalam beberapa Tahun terakhir, pencampuran dalam putaran tinju untuk waktu yang telah ditentukan pada papan catur. Anda jatuh pada satu depan dan Anda kehilangan.Ini membawa aspek lain yang menarik untuk dunia catur dan variannya, yang tentunya menarik bagi sebagian orang untuk mencari variasi baru.

5. Taktik Pembukaan 
Teori pemukaan catur berjalan dengan baik sesuai dengan kemungkinan tak berakhir tentang catur.Sebuah pembukaan didefinisikan sebagai rangkaian langkah untuk memulai permainan, yang dapat mencakup banyak variasi yang berbeda sub.

Ada lebih dari 1.000 bukaan yang berbeda, termasuk variasi dalam waktu pembukaan yang lebih besar yang bisa kita pelajari. PemBukaan adalah aspek yang unik dari catur juga. Hal ini juga memungkinkan pemain catur cara untuk "mempersiapkan" menghadapi lawan atau bermain catur dengan gaya mereka.

Sebagai contoh, ada berbagai jenis pertahanan yang satu dapat belajar sesuai dengan gaya agresif atau posisi bermain, yakni King's Indian atau Queen's Indian defenses respectfully d4.

6. Kemungkinan Tak Terbatas 
Setelah tiga langkah yaitu tiga langkah oleh masing-masing pihak (masing-masing "bergerak" dalam catur mempertimbangkan langkah oleh si Putih dan hitam) ada lebih dari sembilan juta lebih kemungkinan posisi .

perhitungan serupa telah dibuat, jika Anda cenderung matematis, melihat nomor Shannon untuk estimasi terhadap kompleksitas catur.

Kemungkinan dalam catur menambah keindahannya. Anda pasti tidak perlu khawatir dari posisi yang sama saat Anda bermain, yang meminjamkan pentingnya pengenalan pola dan strategi posisi-spesifik.

Dengan kata lain, Anda harus berpikir bahwa setiap permainan catur tidak memiliki pola langkah yang sama satu sama lain

7. Dapatkah Anda Bermain Catur dengan mata tertutup? 
Catur dengan mata ditutup adalah nyata

dan didokumentasikan dalam catatan dunia.Hal ini seperti kedengarannya: pemain membuat semua gerakannya tanpa melihat papan.Biasanya ada "orang tengah" semacam untuk memberi dan menerima langkah untuk permainan.

Catur dengan mata tertutup adalah keterampilan mengesankan bahwa banyak pemain catur yang miliki bakat ini. Hal ini tentunya membutuhkan kemampuan jeli melihat papan catur dengan jelas, yang dapat menjadi sulit setelah banyak bergerak.Rekor Permainan seperti ini dipecahkan pada Tahun 1960 di Budapest oleh Flesch Janos Hungaria, yang bermain 52 lawan secara bersamaan saat mata tertutup ia menang 31 kali dari 31 permainan.

8.Sang Ratu yang Dinamis 
Mungkin ada daftar top 10 hanya pada ratu, yang telah mengalami sejumlah perubahansepanjang sejarah. Mulai dari hanya bisa bergerak 1 bidak secara diagonal , kemudian bisa bergerak dua arah dan selanjutnya di sepanjang jalan, lalau mampu bergerak seperti kesatria.

Tentu saja sekarang, untungnya, ratu mampu bergerak diagonal, horizontal, dan vertikal dengan lingkup bagian lain.Awalnya ide langkah ratu ini adalah dari "Fers," seorang konselor atau perdana menteri, penasehat raja.Orang-orang Eropa kemudian berubah di Tahun 1400-an menjadi bagian terkuat di catur.

9.Pendek dan Panjang Permainan 
Dalam catur itu menakjubkan untuk diperkirakan betapa pendek atau panjang sebuah permainan. Untuk pasangan yang pertama tercepat adalah sebagai berikut: 1. f3 e5 2. f3 e5 2. g4 Qh4++ ini dikenal sebagai Fool's mate (ada variasi lain dari pasangan ini).

Menggambar langkah atau pengunduran diri mungkin terjadi sebelum langkah dimulai, yang dapat terjadi dalam kasus skenario klasemen turnamen atau pemain yang tidak muncul saat permainannya, masing-masing.

Permainan terpanjang turnamen catur berlangsung selama 269 langkah (20 jam, 15 menit), yang berakhir dengan seri.perkiraan teoritis untuk permainan terpanjang bervariasi dan ekstrim (5.000 lebih langkah), yang rumit dengan peraturan khusus (dan bermain buruk!), yaitu aturan 50 langkah dan 2 kali pengulangan .

10.Sejarah Dari Catur 
Catur memiliki sejarah yang sangat panjang dan terhormat. Hal ini diyakini berasal dari India pada kekaisaran Gupta, dan kemudian membuat jalan ke Barat pada abad ke-9. Tentu saja ada kemajuan yang berbeda antara periode waktu dulu dan sekarang, yang telah membuat catur seperti sekarang ini.

Sebagai contoh, pion memungkinkan untuk maju dua kotak hanya dari posisi semula diperkenalkan pada Tahun 1280 di Spanyol. aturan promosi Gadai dibatasi untuk beberapa waktu, seperti di abad 18 dan 19 ketika itu terbatas pada bagian-capture sebelumnya. Tentu saja, sekarang pion mungkin dipromosikan menjadi kuda, benteng,ksatria,, atau ratu.  
Sumber : artikel-populer.blogspot.com

Rahasia Dibalik Lagu Adele Someone Like You


Lagu Someone Like You membuat Adele jadi ikon berkat kemampuannya membuat penonton terharu hingga menitikkan air mata. 


Para psikolog mencari tahu hal yang membuat Adele, si Gadis asal London selatan, mampu membuat pendengarnya berderai air mata.Para peneliti telah lama tahu bahwa bagian tertentu dari musik secara konsisten dapat menimbulkan efek emosional yang kuat dari pendengarnya.

Psikolog Inggris John Sloboda mengidentifikasi hal ini lewat percobaan sederhana 20 tahun lalu. 

Dia meminta para pecinta musik untuk menunjukkan bagian-bagian lagu yang membuat mereka merinding atau berlinang air mata. 

18 lagu diidentifikasi dan Dr Sloboda menemukan 18 di antara lagu itu mengandung "appoggiatura", not yang bentrok dengan melodi hingga menimbulkan disonansi.
"Appoggiatura menimbulkan rasa tegang di pendengar," kata Martin Guhn,psikolog di University of British Columbia kepada Wall Street Journal. 

"Bila not-not itu kembali ke jalur melodinya, ketegangan berkurang dan menimbulkan rasa nyaman." 

Saat itulah rasa merinding mulai terasa pada pendengar. Jika bentrok itu terjadi beberapa kali dan berdampingan, maka akan tercipta siklus tegang dan rileks yang memicu reaksi lebih kuat. 

Di titik itu, air mata mulai mengalir. "Someone Like You" ternyata bertabur not-not ornamental sejenis appoggiatura. 

Dr Guhn menjelaskan bahwa Adele memodulasi nada pada akhir not panjang lalu segera masuk ke harmoni berikutnya sehingga makin memperpanjang reaksi kuat pada pendengar.
Bersama Dr Marcel Zentner, Dr Guhn menyusun sebuah studi tahun 2007 tentang efek emotif musik.

Menurut studi itu, musik akan menimbulkan efek merinding jika mengandung kejutan lewat volume, timbre dan pola harmonis. 

"Someone Like You" adalah contoh klasik dari teori itu. Dimulai dengan pola, lembut berulang, dan Adele menjaga agar not tetap dalam rentang frekuensi sempit. 

Kemudian, ketika chorus dimulai, suara Adele melompat satu oktaf dan nada mulai lepas dari rangkaian seiring volume yang meningkat.Pada saat yang sama, harmoni bergeser dan liriknya menjadi lebih dramatis. 

Pertanyaan berikutnya; jika "Someone Like You" membuat pendengarnya sedih, kenapa lagu itu justru jadi popular?

Tim ahli saraf di Universitas McGill tahun lalu melaporkan bahwa intensitas musik secara emosional membanjiri pusat rasa senang di otak sehingga pusat rasa itu melepaskan dopamine, hal yang sama terjadi saat kita makan, berhubungan seks, atau menggunakan narkoba. 

Tim itu mendapati bahwa rasa merinding yang ditimbulkan suatu lagu berhubungan dengan jumlah dopamine yang dilepas meskipun itu lagu sangat sedih.
Sumber : menujuhijau.blogspot.com

Manfaat Dengarkan Musik Untuk Tubuh


Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan. 


"Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks)," kata Dr Victoria Williamson, dosen psikologi dari Goldsmith College London.

Lantas apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dengan mendengarkan musik?

1. Meningkatkan suasana hati (Mood)
Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin.

"Otak sangat rumit - ada banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan perasaan senang - tidak mengherankan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang," kata Bridget O'Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind.

2. Fokus
Ini memang sedikit aneh, tetapi bukti menunjukkan bahwa mendenggarkan musik dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi. Sebuah alat 'digital tonic' yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks.

Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

"Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, kita dapat menginduksi beberapa bagian pada otak tetap terjaga, tergantung pada tujuan yang ingin kita lakukan," jelas Paris psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh
Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

4. Kesehatan mental lebih baik
Musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental.

"Ada dua cara berbeda yang digunakan dalam terapi musik: baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan," kata Bridget O'Connell.

5. Redakan stres
Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

6. Perawatan pasien
Musik benar-benar dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada pasien dengan penyakit jangka panjang, seperti penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan.

Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

"Musik dapat sangat berguna bagi seseorang yang berada dalam situasi di mana mereka telah kehilangan kontrol dari lingkungan eksternal mereka," kata dr Williamson.
Sumber : wahw33d.blogspot.com

Fisika Sebagai Produk, Proses, dan Sikap Ilmiah

 
Sebagian besar orang memahami bahwa IPA adalah ilmu pengetahuan yang terdiri dari fisika, biologi dan kimia. Di samping itu sebagian orang memandang IPA sebagai kumpulan informasi ilmiah, sedangkan para ilmuwan memandang IPA sebagai sebuah cara (metoda) untuk menguji dugaan (hipotesis), dan para ahli filsafat memandang IPA sebagai cara bertanya tentang kebenaran dari segala sesuatu yang diketahui. Masing-masing pandangan itu adalah benar menurut sudut pandang yang digunakannya. Sementara itu kesamaan pandangan para pendidik dan pengajar tentang hakekat IPA termasuk fisika di dalamnya sangatlah penting, agar tidak terjadi disparitas dalam merencanakan dan mengembangkan pembelajaran IPA. 

Menurut Collette dan Chiappetta (1994) menyatakan bahwa “sains pada hakekatnya merupakan sebuah kumpulan pengetahuan (“a body of knowledge”), cara atau jalan berpikir (“a way of thinking”), dan cara untuk penyelidikan (“a way of investigating”)". Dengan mengacu kepada pernyataan tersebut, pandangan kebanyakan orang, pandangan para ilmuwan, dan pandangan para ahli filsapat seperti yang telah dikemukakan di atas tidaklah salah. Masing-masing pandangan hanya merupakan salah satu dari tiga hakekat IPA dalam pernyataan itu. Pernyataan Collette dan Chiappetta lebih merupakan pandangan yang komprehensif atas hakekat IPA atau sains. Pernyataan yang lebih tepat tentang hakekat IPA adalah IPA sebagai produk untuk pengganti pernyataan IPA sebagai sebuah kumpulan pengetahuan (“a body of knowledge”), IPA sebagai sikap untuk pengganti pernyataan IPA sebagai cara atau jalan berpikir (“a way of thinking”), dan IPA sebagai proses untuk pengganti pernyataan IPA sebagai cara untuk penyelidikan (“a way of investigating”). Karena fisika merupakan bagian dari IPA atau sains, maka sampai pada tahap ini kita dapat menyamakan persepsi bahwa hakekat fisika adalah sama dengan hakekat IPA atau sains. Jadi hakekat fisika adalah sebagai produk (“a body of knowledge”), fisika sebagai sikap (“a way of thinking”), dan fisika sebagai proses (“a way of investigating”).  

1. Fisika sebagai Produk
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan manusia, terjadi interaksi antara manusia dengan alam lingkungan. Interaksi itu memberikan pembelajaran kepada manusia sehinga menemukan pengalaman yang semakin menambah pengetahuan dan kemampuannya serta berubah perilakunya. Dalam wacana ilmiah, hasil-hasil penemuan dari berbagai kegiatan penyelidikan yang kreatif dari para ilmuwan dinventarisir, dikumpulkan dan disusun secara sistematik menjadi sebuah kumpulan pengetahuan yang kemudian disebut sebagai produk atau “a body of knowledge”. Pengelompokkan hasil-hasil penemuan itu menurut bidang kajian yang sejenis menghasilkan ilmu pengetahuan yang kemudian disebut sebagai fisika, kimia dan biologi. Untuk fisika, kumpulan pengetahuan itu dapat berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori dan model.  

a. Fakta
Fakta adalah keadaan atau kenyataan yang sesungguhnya dari segala peristiwa yang terjadi di alam. Fakta merupakan dasar bagi konsep, prinsip, hukum, teori atau model. Sebaliknya kita juga dapat menyatakan bahwa, konsep, prinsip, hukum, teori, dan model keberadaannya adalah untuk menjelaskan dan memahami fakta. 

b. Konsep
Konsep adalah abstraksi dari berbagai kejadian, objek, fenomena dan fakta. Konsep memiliki sifat-sifat dan atribut-atribut tertentu. Menurut Bruner, Goodnow dan Austin (collette dan chiappetta: 1994) konsep memiliki lima elemen atau unsur penting yaitu nama, definisi, atribut, nilai (value), dan contoh. Yang dimaksud dengan atribut itu misalnya adalah warna, ukuran, bentuk, bau, dan sebagainya. Sesuai dengan perkembangan intelektual anak, keabstrakan dari setiap konsep adalah berbeda bagi setiap anak. Menurut Herron dan kawan-kawan (dalam Collette dan Chiappetta 1994), konsep fisika dapat dibedakan atas konsep yang baik contoh maupun atributnya dapat diamati, konsep yang contohnya dapat diamati tetapi atributnya tidak dapat diamati, dan konsep yang baik contoh maupun atributnya tidak dapat diamati. 

c. Prinsip dan Hukum
Istilah prinsip dan hukum sering digunakan secara bergantian karena dianggap sebagai sinonim. Prinsip dan hukum dibentuk oleh fakta-fakta dan konsep-konsep. Ini sangat perlu dipahami bahwa, hukum dan prinsip fisika tidaklah mengatur kejadian alam (fakta), melainkan kejadian alam (fakta) yang dijelaskan keberadaannya oleh prinsip dan atau hukum. 

d. Rumus
Rumus adalah pernyataan matematis dari suatu fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori. Dalam rumus kita dapat melihat saling keterkaitan antara konsep-konsep dan variable-variabel. Pada umumnya prinsip dan hukum dapat dinyatakan secara matematis. 

e. Teori
Teori disusun untuk menjelaskan sesuatu yang tersembunyi atau tidak dapat langsung diamati, misalnya teori atom, teori kinetik gas, teori relativitas. Teori tetaplah teori tidak mungkin menjadi hukum atau fakta. Teori bersifat tentatif sampai terbukti tidak benar dan diperbaiki. Hawking (1988) yang dikutip oleh Collette dan Chiappetta (1994) menyatakan bahwa “kita tidak dapat membuktikan kebenaran suatu teori meskipun banyak hasil eksperimen mendukung teori tersebut, karena kita tidak pernah yakin bahwa pada waktu yang akan dating hasilnya tidak akan kontradiksi dengan teori tersebut, sedangkan kita dapat membuktikan ketidakbenaran suatu teori cukup dengan hanya satu bukti yang menyimpang. Jadi, teori memiliki fungsi yang berbeda dengan fakta, konsep maupun hukum”  

f. Model
Model adalah sebuah presentasi yang dibuat untuk sesuatu yang tidak dapat dilihat. Model sangat berguna untuk membantu memahami suatu fenomena alam, juga berguna untuk membantu memahami suatu teori. Sebagai contoh, model atom Bohr membantu untuk memahami teori atom.

2. Fisika sebagai Proses
IPA sebagai proses atau juga disebut sebagai “a way of investigating” memberikan gambaran mengenai bagaimana para ilmuwan bekerja melakukan penemuan-penemuan. Jadi IPA sebagai proses memberikan gambaran mengenai pendekatan yang digunakan untuk menyusun pengetahuan. Dalam IPA dikenal banyak metoda yang menunjukkan usaha manusia untuk menyelesaikan masalah. Para ilmuwan astronomi misalnya, menyusun pengetahuan mengenai astronomi dengan berdasarkan kepada observasi dan prediksi.  

Ilmuwan lain banyak yang menyusun pengetahuan dengan berdasarkan kepada kegiatan laboratorium atau eksperimen yang terfokus pada hubungan sebab akibat. Sampai pada tahap ini kiranya cukup jelas bahwa, untuk memahami fenomena alam dan hukum-hukum yang berlaku, perlu dipelajari objek-objek dan kejadian-kejadian di alam itu. Objek-objek dan kejadian-kejadian alam itu harus diselidiki dengan melakukan eksperimen dan observasi serta dicari penjelasannya melalui proses pemikiran untuk mendapatkan alasan dan argumentasinya. Jadi pemahaman fisika sebagai proses adalah pemahaman mengenai bagaimana informasi ilmiah dalam fisika diperoleh, diuji, dan divalidasikan. Dari uraian di atas kiranya dapat disimpulkan bahwa pemahaman fisika sebagai proses sangat berkaitan dengan kata-kata kunci fenomena, dugaan, pengamatan, pengukuran, penyelidikan, dan publikasi. Pembelajaran yang merupakan tugas guru termasuk ke dalam bagian mempublikasikan itu. Dengan demikian pembelajaran fisika sebagai proses hendaknya berhasil mengembangkan keterampilan proses sain pada diri siswa.  

Indikator dari setiap keterampilan proses yang meliputi: mengamati, mengklasifikasi, mengukur, mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan penyelidikan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan, adalah seperti daftar di bawah ini. 

a. Indikator mengamati (observasi):
  • Menggunakan alat indera yang sesuai.
  • Memberi penjelasan apa yang diamati.
  • Memilih bentuk pengamatan yang sesuai.
  • Mencatat persamaan, perbedaan, keteraturan.
  • Membandingkan
  • Membuat pengamatan dalam perioda tertentu.
  • Mencatat kekecualian/atau hal yg tak diharapkan.
  • Menjelaskan suatu pola.
  • Menemukenali (identifikasi menurut pola tertentu). 

b. Indikator mengklasifikasi /mengkatagori/seriasi:
  • Memberi urutan pada peristiwa yang terjadi.
  • Mencari persamaan dan perbedaan.
  • Menentukan kriteria pengelompikkan.
  • Menempatkan pada kelompok tertentu berdasarkan kriteria.
  • Memilih (memisahkan dengan jumlah kelompok tertentu).
  • Mengelompokkan berdasarkan ciri-ciri tertentu yang ditemukan dalam pengamatan
  • Memisahkan dengan berbagai cara.
c. Indikator mengukur/melakukan pengukuran:
  • Memilih alat ukur yang sesuai
  • Memperkirakan dengan lebih tepat
  • Menggunakan alat ukur dengan ketepatan tertentu
  • Menemukan ketidakpastian pengukuran
d. Indikator mengajukan pertanyaan:
  • Mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan.
  • Mengidentifikasi pertanyaan yang dapat dijawab dengan penemuan ilmiah.
  • Mengubah pertanyaan menjadi bentuk yang dapat dijawab dengan percobaan.
  • Merumuskan pertanyaan berlatar belakang hipotesis (jawab dapat dibuktikan).
e. Indikator merumuskan hipotesis:
  • Merncoba menjelaskan pengamatan dalam terminologi konsep dan prinsip.
  • Menyadari fakta bahwa terdapat beberapa kemungkinan untuk menjelaskan suatu gejala.
  • Menggunakan penjelasan untuk membuat prediksi dari sesuai yang dapat diamati atau dibuktikan
f. Indikator merencanakan penyelidikan/percobaan:
  • Merumuskan masalah.
  • Menemukenali variabel kontrol.
  • Membandingkan variabel bebas dan variabel terikat.
  • Merancang cara melakukan pengamatan untuk memecahkan masalah
  • Memilih alat dan bahan yang sesuai
  • Menentukan langkah-langkah percobaan
  • Menentukan cara yang tepat untuk mengumpulkan data
g. Indikator menginterpretasi/menafsirkan informasi:
  • Menarik kesimpulan.
  • Menggunakan kunci atau klasifikasi.
  • Menyadari bahwa kesimpulan bersifat tentatif
  • Menggeneralisasi.
  • Membuat dan mencari pembenaran dari kesimpulan sementara
  • Membuat prediksi berdasarkan pola atau patokan tertentu
h. Indikator berkomunikasi:
  • Mengikuti penjelasan secara verbal.
  • Menjelaskan kegiatan secara lisan, menggunakan diagram.
  • Menggunakan tabel, grafik, model, dll, untuk menyajikan informasi.
  • Memilih cara yang paling tepat untuk menyajikan informasi.
  • Menghargai adanya perbedaan dari audien, dan memilih metoda yang tepat.
  • Mendengarkan laporan, menanggapi dan memberikan saran.
  • Memberi sumbangan saran pada kelompok diskusi.
  • Menggunakan sumber tidak langsung untuk memperoleh informasi.
  • Menggunakan teknologi informasi yang tepat.  

3. Fisika sebagai Sikap

Dari penjelasan mengenai hakekat fisika sebagai produk dan hakekat fisika sebagai proses di atas, tampak terlihat bahwa penyusunan pengetahuan fisika diawali dengan kegiatan-kegiatan kreatif seperti pengamatan, pengukuran dan penyelidikan atau percobaan, yang kesemuanya itu memerlukan proses mental dan sikap yang berasal dan pemikiran. Jadi dengan pemikirannya orang bertindak dan bersikap, sehingga akhirnya dapat melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah itu.  

Pemikiran-pemikiran para ilmuwan yang bergerak dalam bidang fisika itu menggambarkan, rasa ingin tahu dan rasa penasaran mereka yang besar, diiringi dengan rasa percaya, sikap objektif, jujur dan terbuka serta mau mendengarkan pendapat orang lain. Sikap-sikap itulah yang kemudian memaknai hakekat fisika sebagai sikap atau “a way of thinking”. Oleh para ahli psikologi kognitif, pekerjaaan dan pemikian para ilmuwan IPA termasuk fisika di dalamnya, dipandang sebagai kegiatan kreatif, karena ide-ide dan penjelasan-penjelasan dari suatu gejala alam disusun dalam fikiran. Oleh sebab itu, pemikiran dan argumentasi para ilmuwan dalam bekerja menjadi rambu-rambu penting dalam kaitannya dengan hakekat fisika sebagai sikap. 

Reff :