aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Jumat, 05 April 2013

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Hampir setiap orang pernah mengalami rasa malas untuk melakukan sesuatu aktivitas. Terlebih-lebih bagi mereka yang berstatus sebagai pelajar, dimana dalam kesehariannya selalu bergelut dengan pelajaran-pelajaran di sekolah dan beberapa diantaranya mungkin tidak mereka sukai.

Rasa malas memang sesuatu hal lumrah bila masih bisa dikontrol keberadaanya. Namun apabila rasa malas telah mengganggu dalam aktivitas, khususnya dalam belajar, maka tentu hal ini harus segera diatas sedini mungkin agar tidak berkepanjangan dan dapat merusak target-target yang akan dicapai, khususnya target nilai tinggi atau juara kelas di sekolah.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Berikut ini adalah beberapa tips cara menghilangkan rasa malas belajar yang mungkin bisa segera Anda terapkan, dimana tips ini bisa Anda mulai dari hal-hal yang sangat sederhana, hingga merubah berbagai kebiasaan yang dapat membuat Anda menjadi bosan untuk melakukan aktvitas belajar.

1. Rasa kantuk kerap membawa dampak rasa malas belajar. Hal ini dapat Anda hindari dengan cara mandi atau hanya sekedar membasuh muka.

2. Cara mengatasi malas juga dapat diatasi dengan cara mengubah posisi duduk, khususnya saat Anda sedang membaca. Dalam hal ini Anda bisa saja mencoba posisi berdiri sebentar ketika sudah kelamaan duduk dan membuat suasana belajar menjadi bosan. Namun dalam hal ini upayakan agar menghindari posisi dari duduk menjadi berbaring, sebab hal ini dapat membuat Anda kebablasan untuk terlelap tidur.

3. Berpindah ruangan dikala rasa bosan adalah salah satu solusi untuk mengatasi rasa malas. Dalam hal ini Anda bisa mencoba berpindah ruangan dari kamar baca ke tempat yang lain. Baik ke berenda rumah, ruang tamu, atau bakan bisa juga berpindah ke dapur.

4. Melakukan penyegaran dengan cara pergi kehalaman rumah atau berdiri di dekat jendela juga merupakan salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa malas. Ketika Anda berada di halaman rumah atau berdiri di dekat jendala, maka saat itu Anda dapat menghirup udara yang segar, sehingga mampu menciptakan suasana menyegarkan, dan membuat rasa bosan dan kantuk akan hilang.

5. Mengatasi rasa malas dapat juga disiasati dengan cara mengganti kegiatan lain. Berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika rasa malas belajar sedang menyerang dapat dilakukan seperti merapikan rak buku, menyusun roster pelajaran dan sebagainya dan tentunya pekerjaan tersebut dapat membuat otot-otot Anda rileks kembali.

6. Berbincang-bincang dalam waktu sebentar dengan orang-orang terdekat dengan Anda merupakan salah satu hal yang paling penting juga dilakukan dalam mengatasi rasa malas. Dalam hal ini Anda harus pastikan agar tidak lupa akan waktu, sebab tujuan berbincang-bincang disini adalah hanya untuk menumbuhkan semangat baru, tetapi bukan untuk ngobrol ngidul sampai tidak lupa dengan waktu.

7. Melepaskan rasa malas belajar karena faktor bosan juga dapat disiasati dengan cara pergi sebentar untuk membuat secangkir teh atau kopi. Bila Anda tidak suka minum teh atau kopi, maka sebagai alternatif Anda juga bisa mencoba membuat minuman lain seperti susu atau juice.

8. Mengubah kebiasaan belajar Anda adalah hal yang paling berperan penting untuk mengatasi rasa bosan. Bila selama ini Anda kerap belajar dengan cara menghafalkan berbagai isu tulisan buku, maka Anda bisa mencoba alternatif lainnya dengan cara mendengarkan berbagai kajian tentang pelajari melalui media Audio Visual, seperti halnya DVD yang diputar melalui Laptop Anda, atau bahkan bisa juga mendengarkan melalui alat perekam yang telah Anda sediakan sebelumnya seperti misalnya media ponsel atau tape recorder.

Selain ke-8 cara yang sudah disebutkan diatas, maka Anda juga dapat mencoba membaca atau mendengarkan berbagai kata-kata motivasi dari orang lain yang bisa ditemukan pada buku atau juga di media internet. Selain itu hal paling utama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa malas belajar adalah dengan kemauan diri Anda sendiri. Tanpa ada kemuan, maka tentunya rasa malas tidak akan pernah dapat diatasi.

11 GOLONGAN AHLI NERAKA

naik-untaFirman Allah SWT dalam surah al-Naba ayat 18: 
“Yaitu hari (yang pada waktuitu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok.”

Adalah diriwayatkan bahwa ayat yang tersebut diatas pernah ditanyakan oleh Muaz bin Jabal, katanya, “Ya Rasulullah, apa maksudnya ayat ini?” Maka Rasulullah SAW menangis sebelum menjawab pertanyaan tersebut karena inilah yang selalu dibimbangkan oleh baginda.

Lalu baginda menjawab:
“Ya Muaz, umatku kelak apabila bangkit dari kubur akan menjadi 12 golongan.

Sebanyak 11 golongan akan memasuki neraka dan hanya 1 golongan sahaja yang akan memasuki syurga.

Adapun 11 golongan yang memasuki neraka adalah seperti berikut:

1.Mereka yang tidak mempunyai kaki dan tangan. 
Ini adalah kerana mereka suka menyakiti hati jiran tetangga.

2.Mereka yang menyerupai babi. 
Ini adalah balasan bagi orang yang suka meninggalkan solat lima waktu.

3.Mereka yang perutnya besar seperti gunung dan dipenuhi dengan ular dan kala. 
Inilah balasan bagi mereka yang enggan mengeluarkan zakat.

4.Mereka yang keluar darah dari mulutnya. 
Inilah balasan mereka yang berdusta.

5.Mereka yang berbau busuk seluruh badannya. 
Ini adalah balasan mereka yang mengaut keuntungan dalam jual beli atas penipuan.

6.Mereka yang dicincang-cinca ­ngpada tengkuk dan bahu. 
Ini adalah balasan mereka yang menyaksikan maksiat atau perbuatan jahat namun diam saja.

7.Mereka yang keluar dengan tidak berlidah dan keluar nanah dan darah dari mulut. 
Ini balasan mereka yang tidak mau mengatakan kebenaran.

8.Mereka yang keluar dalam keadaan terbalik iaitu kepala dibawah dan kakinya keatas. 

Ini adalah balasan mereka yang berzina serta mati sebelum bertaubat.

9.Mereka yang berwajah hitam, bermata biru dan perutnya penuh api. 
Ini balasan mereka yang memakan harta anak yatim secarazalim.

10.Mereka yang kulitnya penuh kudis dan penyakit2 lain yang menjijikan. 
Ini adalah balasan mereka yang berani melawan kedua ibu bapanya.

11.Meraka yang buta matanya danhatinya, giginya seperti tanduk, bibirnya berjuntai hingga keperut, dari perut dan pehanya keluar kotoran.
Ini adalah balasan mereka minum minuman keras.

Dan satu golongan yang masuk kesyurga ialah:

12.Mereka yang wajahnya bagaikan bulan purnama, berjalan di atas titian Mustaqim pantas seperti kilat.
Ini balasan orang yang beramal salih dan menjauhi maksiat serta mendirikan solat lima waktu dan mati dalam keadaan bertaubat.”

Ya Allah Masukkanlah Kami Ke Dalam Golongan Yang Ke 12 Ya Allah…
Aamiin Ya Robbal Alamiin

Source

ANTARA KEIMANAN DAN SIFAT HASAD

Hasad membuatku marah jika ada orang lebih tenar daripadaku
Hasad membuatku tidak suka jika ada orang yang lebih berhasil daripadaku
Hasad membuatku tidak suka jika ada orang yang disukai orang lain
Hasad membuat hatiku merana jika ada orang yang memimpin
Hasad membuatku sering menghalangi orang lain berbuat baik
Hasad membuatku sangat suka pujian
Hasad membuatku sangat paling tidak suka dilangkahi
Hasad membuatku jarang tawadhu’
Hasad membuatku sombong
Hasad membuatku suka berkata-kata merendahkan bahkan kotor terhadap orang lain
Hasad membuatku selalu ingin memimpin, mengatur padahal aku tidak berkompenten
Hasad membuatku tidak tahu malu dan tidak tahu diri 


Demi Allah, sungguh memang akhirnya hasad tidak pantas terkumpul dalam diri seorang beriman terutama para panutan; ulama, ustadz, kyai, habib, guru dan semisalnya.
Artinya: “Dan tidak terkumpul dua perkara di dalam hati seorang hamba (yang beriman), keimanan dan sifat hasad.” HR. An Nasai

Ilmuwan Menghidupkan Kembali Embrio Katak yang Telah Punah


"Kami tengah menyaksikan Lazarus bangkit dari kematian, selangkah demi selangkah yang mendebarkan." 
Genom seekor katak Australia yang telah punah berhasil dihidupkan dan diaktifkan kembali oleh tim ilmuwan dengan menggunakan teknologi kloning yang canggih untuk menanamkan inti sel “mati” ke dalam telur spesies katak lain yang masih segar.

Katak aneh perut-pengeram, Rheobatrachus silus – yang secara unik menelan telur-telurnya untuk dierami di dalam perutnya, lalu melahirkannya melalui mulut – diketahui telah punah sejak tahun 1983.

Namun tim Lazarus Project telah mampu memulihkan inti sel dari jaringan-jaringan yang dikumpulkan pada tahun 1970-an dan yang selama 40 tahun tetap berada dalam sebuah pendingin konvensional. Proyek ini bertujuan untuk menghidupkan kembali katak tersebut.

Dalam percobaan yang dilakukan secara berulang-ulang selama lima tahun, para peneliti menggunakan teknik laboratorium yang dikenal sebagai transfer nuklir sel somatik. Mereka memilih telur segar dari jenis katak yang berkerabat jauh, Mixophyes fasciolatus, mematikan inti telurnya dan menggantinya dengan inti mati dari katak punah. Beberapa sel telur di dalamnya spontan mulai membelah dan bertumbuh ke tahap embrio awal berupa bola kecil sel hidup. 



 
Ilustrasi katak perut-pengeram, Rheobatrachus silus, spesies katak asal Australia yang telah punah sejak tahun 1983. (Kredit: Peter Schouten)

Meski tak ada embrio yang mampu bertahan lebih dari beberapa hari, tes genetik menegaskan bahwa sel-sel yang membelah tersebut mengandung bahan genetik dari katak punah.

“Kami tengah menyaksikan Lazarus bangkit dari kematian, selangkah demi selangkah yang mendebarkan,” ucap pemimpin tim Lazarus Project, Profesor Mike Archer dari University of New South Wales, Sydney, “Kami telah mengaktifkan kembali sel-sel mati menjadi hidup dan memulihkan kembali genom katak yang telah punah dalam sebuah proses. Sekarang kami memiliki sel-sel segar katak punah dalam tabung lab untuk digunakan dalam eksperimen kloning selanjutnya.

“Kami semakin yakin bahwa rintangan ke depan adalah masalah teknologi, bukan biologis, dan yakin kami akan berhasil. Yang penting, kami sudah tunjukkan janji besar dari teknologi ini sebagai alat konservasi di saat ratusan spesies amfibi di dunia berada dalam bencana penurunan.”

Pekerjaan teknis dalam proyek ini dipimpin oleh Dr. Andrew French dan Dr. Jitong Guo, dalam laboraturium University of Newcastle yang dipimpin seorang ahli katak, Profesor Michael Mahony, bersama dengan Mr. Simon Clulow dan Dr. John Clulow. Spesimen beku diawetkan dan disediakan oleh Profesor Mike Tyler dari University of Adelaide, yang secara ekstensif sempat mempelajari kedua spesies katak perut-pengeram, R. silus dan R. vitellinus, saat sebelum keduanya lenyap di alam liar sejak tahun 1979 dan 1985.

Dalam acara TEDx DeExtinction yang diselenggarakan oleh Revive and Restore dan National Geographic Society di Washington DC, Profesor Archer untuk pertama kalinya berbicara secara terbuka mengenai Lazarus Project ini dan juga tentang minat yang tengah berlangsung mengenai rencana kloning thylacineAustralia, hewan karnivora yang dikenal sebagai harimau Tasmania dan diduga telah punah sekitar 2.000 tahun lalu.

Para peneliti dari seluruh dunia berkumpul di sana untuk membahas kemajuan dan perencanaan bagi berbagai jenis hewan dan tanaman punah lainnya. Spesies yang menjadi kandidat mungkin meliputi mammoth berbulu, dodo, beo merah Kuba dan moa raksasa Selandia Baru.
Reff  Kredit: University of New South Wales

Ilmuwan Membentuk Sel-sel Saraf Baru – Langsung di Dalam Otak


"Temuan ini merupakan bukti pertama yang penting untuk kemungkinan memprogram-ulang sel lain menjadi sel saraf di dalam otak."
Bidang terapi sel, yang bertujuan membentuk sel-sel baru dalam tubuh untuk menyembuhkan penyakit, telah mencapai langkah penting dalam pengembangan menuju pengobatan baru. Laporan terbaru dari para peneliti di Universitas Lund, Swedia, menunjukkan cara yang mungkin untuk memprogram-ulang sel-sel lain menjadi sel-sel saraf, secara langsung di dalam otak.

Dua tahun yang lalu, para peneliti Universitas Lund merupakan yang pertama di dunia yang berhasil memprogram-ulang sel kulit manusia, yang dikenal sebagai fibroblast, menjadi sel saraf penghasil dopamin – tanpa harus mengambil jalan memutar melalui tahap sel punca. Kelompok riset ini kini melangkah jauh ke depan dan menunjukkan cara memprogram-ulang sel kulit maupun sel-sel pendukung menjadi sel-sel saraf, secara langsung pada tempatnya di dalam otak.

“Temuan ini merupakan bukti pertama yang penting untuk kemungkinan memprogram-ulang sel lain menjadi sel saraf di dalam otak,” kata Malin Parmar, pimpinan studi yang dipublikasikan dalam jurnalProceedings of the National Academy of Sciences ini.

Para peneliti menggunakan gen yang dirancang untuk diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menggunakan obat. Gen ini dimasukkan ke dalam dua jenis sel manusia: sel fibroblas dan glia, atau sel pendukung yang hadir di dalam otak secara alami. Setelah mentransplantasikannya ke dalam sel-sel otak tikus, gen itu lantas diaktifkan dengan obat khusus yang dicampur ke dalam minuman tikus. Sel-selnya kemudian mulai melakukan transformasi menjadi sel-sel saraf.

Pada eksperimen terpisah, di mana gen serupa disuntikkan ke dalam otak tikus, para penelitian juga berhasil memprogram-ulang sel-sel glia dari tikus itu sendiri menjadi sel-sel saraf.

“Temuan riset ini berpotensi membuka jalan alternatif bagi transplantasi sel di masa depan, yang akan menghilangkan hambatan sebelumnya untuk bisa diteliti, seperti kesulitan membuat otak bisa menerima sel-sel asing, serta munculnya risiko perkembangan tumor,” tutur Malin Parmar.

Pada akhirnya, teknik baru pemrograman-ulang secara langsung di dalam otak ini dapat membuka kemungkinan baru untuk lebih efektif mengganti sel-sel otak yang sudah mati pada penderita penyakit Parkinson.

“Kami tengah mengembangkan teknik ini agar dapat digunakan untuk menciptakan sel-sel saraf baru sebagai pengganti fungsi sel-sel yang rusak,” tambah Marlin, “Dengan mampu melaksanakan pemprograman-ulang in vivo, maka dimungkinkan untuk membayangkan gambaran masa depan di mana kita bisa membentuk sel-sel baru secara langsung dalam otak manusia, tanpa harus mengambil jalan memutar melalui kultur dan transplantasi sel.”

Mendikbud: Tidak Ada Bocoran Soal UN 2013

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meyakini bahwa naskah soal ujian nasional (UN) 2013 yang memiliki 20 variasi soal ini tetap aman. Bocoran soal UN yang diisukan pun dijamin tidak terjadi sehingga ia meminta anak-anak agar tetap fokus belajar dan mempersiapkan diri.

"Rasanya sulit jika soal tersebut bisa bocor saat masih di percetakan. Karena yang ditunjuk untuk mencetak ini sudah dipastikan keamanannya," kata Nuh di Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Ia memberi satu contoh percetakan yang menjadi tempat langganan untuk mencetak naskah soal UN yaitu PT Pura yang berada di Kudus. Di tempat percetakan tersebut, seseorang tidak bebas masuk keluar begitu saja. Satpam akan memeriksa barang bawaan dan biasanya meminta agar tidak dibawa masuk.

"Barang apa pun ada tempat penitipannya tidak boleh dibawa masuk. Satpam selalu ada untuk mengawasi dan ada CCTV juga," ujar Nuh.

Tidak hanya itu, para pekerja di percetakan tersebut juga dikarantina selama menyelesaikan pencetakan naskah soal UN tersebut. Mereka tidak bisa kembali ke rumah hingga UN selesai digelar. Apabila ada hal yang memang harus dilakukan di luar, maka mereka harus melalui pemeriksaan yang luar biasa ketat.

"Prosesnya itu ketat sekali. Kalau ada soal salah saja, langsung dihancurkan tidak terus dibiarkan saja sehingga bisa dibawa keluar," ungkapnya.

"Lalu naskah soal ini datanya tidak melalui komputer atau semacamnya, tapi lewat dokumen resmi yang dicetak menjadi sebuah plat. Jadi mari fokus belajar saja. Tidak ada itu yang namanya bocoran," imbuhnya.
Reff 

Empat Hal yang Harus Diperhatikan Saat UN

Ternyata kegagalan dalam Ujian Nasional (UN) tidak hanya disebabkan pada ketidaksiapan siswa terhadap materi saja. Sebab, banyak siswa yang cerdas dan sebenarnya memperoleh nilai tinggi di UN harus menghadapi kenyataan pahit karena Lembar Jawaban Komputer (LJK) miliknya tak terpindai.

Pemerhati Pendidikan Saufi Sauniwati mengatakan bahwa hal ini terjadi berulang kali di tiap penyelenggaraan UN. Beberapa hal yang membuat LJK akhirnya tidak terpindai saat dilakukan koreksi jawaban adalah cara penghitaman yang salah, mencorat-coret LJK, tidak teliti saat mengisi LJK dan tidak mengisi LJK dengan pensil 2B.

"Saya sempat ikut mengoreksi saat di Cimahi dan itu banyak kejadian seperti itu. Jadi siswa juga diminta disiplin karena yang namanya teknis ini sangat menunjang," kata Saufi di Jakarta beberapa saat lalu.

Pertama, jangan pernah mencoba menggunakan alat tulis selain pensil 2B. Sebab, dalam POS Ujian Nasional (UN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menggunakan pensil 2B agar dapat terpindai dengan baik.

"Ada yang waktu itu memakai spidol hitam. Ya jelas tidak bisa terbaca oleh mesin. Jadi guru atau pengawas juga harus awasi peserta UN untuk ini," ujar Saufi.

Kedua adalah cara penghitaman LJK. Sebenarnya, cara penghitaman ini sudah berulang kali dijelaskan. Namun, berulang kali pula, banyak siswa yang masih salah sehingga jawaban tak terbaca.

Yang pasti bulatan harus dihitamkan penuh dan tepat. Sebaiknya juga hindari hanya memberi centang pada LJK dan akan dihitamkan nanti karena dikhawatirkan waktunya tidak cukup.

Ketiga adalah hindari mencorat-coret LJK di bagian yang tidak diminta karena akan mengakibatkan LJK tak terpindai. Salah satunya adalah tanda hitam dipinggir LJK yang merupakan penanda sebaiknya jangan dicorat-coret.

Kemudian jika diminta membubuhkan tanda tangan, maka lebih baik tetap gunakan pensil dan jangan di luar kotak. "Pernah kejadian, anak ini dapat nilai tinggi saat dikoreksi manual tapi saat dipindai tidak terbaca. Karena tanda hitam yang dipinggir LJK itu diwarnai dan ada juga yang malah buat gambar di LJK," ujar Saufi.

Selanjutnya, teliti dalam mengisi LJK. Seringkali siswa lupa menghapus jawaban yang salah sehingga jawaban pada suatu nomor menjadi dobel. Hal ini termasuk saat mengisikan nama dan identitas di LJK. Perbedaan nama atau identitas juga mengakibatkan LJK tak terbaca.

"Misalkan begini, namanya Christian Hadinata. Pada hari pertama dia tulis lengkap. Kemudian hari kedua hanya ditulis C. Hadinata dan hari ketiga Christian. H. Itu tidak akan bisa terakumulasi nilainya sehingga merugikan," jelasnya.

"Jadi jangan iseng dan disiplin dalam teknis pengerjaannya juga sangat penting," tandasnya.
Reff

Mau Sukses UN, Intip Caranya...

Ujian nasional (UN) 2013 untuk jenjang SMA/SMK/MA akan digelar pada 15 April mendatang. Berbagai persiapan dilakukan para siswa agar dapat lulus pada UN kali ini. Namun, ada satu hal yang diingat, yaitu perbanyak latihan soal.

Pemerhati pendidikan, Saufi Sauniwati, mengatakan, belajar dengan menghafal materi saja tidak cukup ampuh untuk menaklukkan soal UN yang nanti diujikan. Untuk itu, siswa sebaiknya sering berlatih soal sesuai kisi-kisi UN yang ada sehingga memudahkan saat menjawab soal pada ujian sebenarnya.

"Banyak medianya, bisa lewat buku kumpulan latihan soal atau lewat portal yang menawarkan latihan soal UN atau dari bimbel juga bisa," kata Saufi.

"Yang terpenting, pilih buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi UN resmi dan bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dari jawaban soal yang ada," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa banyaknya melakukan latihan soal jelang ujian itu terbukti mampu meningkatkan jembatan memori dalam otak. Yang artinya, makin sering seorang siswa berlatih soal UN, maka ingatan tentang soal UN dan bagaimana menjawabnya, juga bagaimana menganalisis kesalahannya akan terbentuk.

Tidak hanya itu, latihan soal ini juga bermanfaat bagi para guru. Pasalnya, guru dapat memetakan nilai siswa dan fokus pada siswa yang masih tertinggal.

Latihan soal ini juga bisa dipergunakan untuk memprediksi angka kelulusan sebuah sekolah, mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM), membuat strategi pembelajaran baru bagi siswa, serta dapat digunakan orangtua untuk memprediksi kemampuan anak.