aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Selasa, 02 Juli 2013

Guru Empati Siswa Simpati

Salah satu elemen terpenting dari sebuah penemuan sebagai cikal bakal terbentuknya ilmu pengetahuan jika seseorang memiliki keberanian untuk bertanya ,seperti apa ini,mengapa begitu ,bagaimana caranya dsb. Demikian juga pembelajaran yang efektif jika dapat merangsang rasa ingin tahu sisa untuk mengksplorasi,menggalai lebih dalam serta tercapainya tingkat ketahanan mlalui aktivitas bertanya para peserta didik .namun tidak jarang sisa tidak memiliki kebaranian bertanya...?

Ketidak beranian bertanya sisa bisa disebabkan macam macam diantaranya disebabkan dari dalam diri seperti tidak terbiasa bertanya,takut salah ,takut ditertawakan,takut dianggap bodoh dsb .Sedangkan yang disebabkan oleh luar dirinya adalah perilaku pendidik seperti pernyataan berikut ini:

· Bukankah pertanyaanmu itu tadi sudah ditanyakan oleh temanmu..?
· Pertanyaanmu tidak bermutu..?
· Pertanyaanmu sudah terjawab melalui pertanyaan mu tadi..?
· Sudah nggak usah tanya macam macam ...?dsb 


Pernyataan seperti ini membuat siswa enggan untuk bertanya atau bahkan memilih diam daripada kena damprat walaupun sebenarnya dirinya tidak mengerti sama sekali dengan mata pelajaran yang sedang dan sudah dijelaskan.

“ if your student are afraid to disgree with you ,you lose out on their knowledge and creativity “.  

Seorang pendidik harus berusaha agar sisa tetap memiliki rasa percaya diri saat mengikuti kegiatan pembelajaran ,bahkan semestinya dapat menghargai setiap keunikan anak didik termasuk dalam hak untuk bertanya dari seorang siswa,agar terjadi suasana bertanya dari peserta didik ,mulailah dengan sedikit menceritakan atau memutarkan sebuah video pembelajaran yang relevan dengan materi yang akan dibahas ( maksimal 7menit ) ,kemudian amati ketertarikan dan minat sisa selanjutnya berikan pertanyaan kepada mereka “Seperti apa pendapatmu tentang tayangan tadi...?”

Sebagai guru harus dapat menyesuaikan diri dengan perilaku belajar siswa termasuk jangan memberondong siswa dengan aneka ceramah tentang pengetahuan sebagai guru atas materi yang anda anggap sebagai satu satunya sumber belajar ,padahal saat ini sumber belajar sisa sangat beragam dari berbagai media.

Jika mendaptkan perbedaan pendapat dengan sisa tetaplah hargai pribadi sisa dengan mengucapkan “pendapat kamu baik ,saya sendiri baru tahu tentang pertanyatanmu tadi ,terima kasih,kira kira bisakah kamu bantu dari mana sumber pengetahuan itu kamu dapat...?

Pengalaman yang menyenangkan pada diri siswa itu cenderung mendorong siswa untuk membantu anda dalam mendapatkan jawaban bagi peserta didik yang lain,sekaligus sisa akan merasa percaya diri untuk mengajukan pernyataan maupun pertanyaan sebagai bagian dari kegiatan belajarnya.Disamping bagi siswa lain setiap kata dan tindakan anda akan mendtangkan rasa hormat dan minat yang tinggi terhadapkegiatan pembalajaran yang anda selenggarakan.

Nabi SAW bersabda ; “ tiga perkara yang dapat mensucikan kecintaan teman anda kepada anda yaitu; anda memberi salam lebih dahulu jika bertemu dengannya,anda lapangkan tempat duduknya dan anda panggil dengan nama kesukaannya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar