Ketika seorang guru melihat perilaku anak didik (siswa) yang belum mempunyai motivasi belajar, maka perlu diambil langkah-langkah yang dapat menimbulkan motivasi untuk belajar bagi siswa tersebut. Hanya denga motivasilah anak didik dapat tergerak hatinya untuk dapat belajar bersama teman-temannya yang lain. Bila tidak, maka sia-sialah bahan pelajaran yang guru sampaikan ketika itu. Dalam usaha untuk membangkitkan gairah belajar anak didik, ada enam hal yang dapat dikerjakan oleh guru, yaitu :
- Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar.
- Menjelaskan secara konkret kepada anak didik apa yang dapat dilakukan kepada anak didik di akhir pengajaran.
- Memberikan ganjaran (hadiah) terhadap prestasi yang dicapai anak didik sehingga dapat merangsang untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik dikemudian hari.
- Membentuk kebiasaan belajar yang baik.
- Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok.
- Menggunakan metode yang bervariasi. (Syaiful Bahri Djamarah, 1994 : 38)
- Hukuman
- Membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar
- Membentuk kebiasaan belajar yang baik
- Membantu kesulitan belajar peserta didik
- Menggunakan metode yang bervariasi
- Menggunakan media yang baik
- Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai).
- Ulet menghadapi kesulitan (tidak mudah putus asa).
- Tidak memerlukan dorongan untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cepat puas dengan prestasi yang telah dicapainya).
- Lebih senang kerja mandiri
- Cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin
- Dapat mempertahankan pendapatnya (kalau sudah yakin akan sesuatu)
- Tidak mudah melepaskan hal yang sudah diyakininya.
- Sering mencari dan memecahkan soal-soal.
wah tips nya bagus banget nih, thank's yah udah berbagi ilmu yg bermanfaat seperti ini ;)
BalasHapus