aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 10 Oktober 2012

Inilah 40 Orang yang Mengubah Wajah Internet Dunia

40 Orang yang Mengubah Wajah Internet Dunia (Part 4) 
Internet pasti telah menjadi bagian dari keseharian Anda. Tak dipungkiri, setiap detik Anda bisa saja terkoneksi dengan internet, apakah sekedar update status di Facebook, chatting dengan kawan via YM ataukah untuk mengecek email di kantor juga upload berbagai data ke cloud server. Dengan fungsi internet yang mempermudah berbagai pekerjaan tersebut, pernahkan Anda berpikir tentang orang-orang yang sangat berjasa atas perkembangan internet hingga saat ini?

Di artikel ini Gopego share pada Anda informasi mengenai 40 orang penting yang dianggap berjasa karena telah berhasil mengubah wajah internet. Karena merekalah Anda bisa akses internet lewat ponsel, melakukan video chat via Skype juga melakukan transaksi online. Siapa sajakah mereka?

(1) Vint Cerf, (2) Bob Kahn, Bapak Internet Dunia
Bersama Bob Kahn, Vint Cerf disebut sebagai Bapak Internet Dunia. Kedua orang ini berjasa menciptakan TCP/IP suite of communication protocols. Itu adalah sebuah bahasa pemrograman yang dipakai oleh komputer untuk bisa saling terhubung melalui sebuah jaringan. Cerf pernah menyatakan bahwa internet hanyalah sebuah cerminan dari populasi sedangkan adanya spam adalah efek samping dari layanan gratis tersebut. 



(3) Tim Berners-Lee, Pencetus www
Tim Berners-Lee adalah orang Inggris yang menemukan World Wide Web (www). Dia menulis web client dan server pertama dan mendesain cara untuk membuat links atau hypertext. Lee juga hadir sebagai tamu kerhormatan di acara pembukaan Olimpiade 2012 London. Saat ini Lee bertugas mengatur standar untuk web dan melanjutkan memperbaiki kualtias desain web sesuai perannya sebagai direktur dari World Wide Web Consortium (W3C). 



(4) Ray Tomlinson, Bapak Email Dunia
Ray Tomlinson adalah seorang programmer. Bapak Email ini sangat berjasa karena dialah yang menciptakan email sehingga saat ini Anda bisa bertukar pesan melalui email dimanapun Anda berada. Tomlison mencetuskan ide @ sebagai simbol untuk mengawali alamat sebuah email. Hingga hari ini, ada lebih dari satu miliar orang yang telah menggunakan email dengan simbol @ setiap harinya. 



(5) Michael Hart, pencetus lahirnya ebooks
Michael Hart adalah orang yang memulai adanya ebook dan memutus rantai buta huruf. Dia adalah pencetus Project Gutenberg dan pembuat perpustakaan elektronik pertama di dunia yang telah mengubah cara orang dalam membaca buku. Koleksi di perpustakaan digital tersebut meliputi karya yang bisa diakses publik dan karya-karya lain yang memiliki hak cipta sehiingga membutuhkan ijin khusus untuk bisa diakses user. 



(6) Gary Thuerk, pengirim Email spam pertama
Mengirim spam disebut sebagai teknik kuno dalam strategi pemasaran. Adalah Gary Thuerk, orang pertama yang mengirim spam melalui email ke para konsumen menggunakan sistem baru T-series of VAX buatan Arpanet for Digital. Saat Gary mengirim promo tersebut, ia tidak menyadari bahwa itu adalah email spam pertama di dunia. 



(7) Scott Fahlman, pencetus emoticon
Scott Fahlman disebut sebagai orang pertama yang menciptakan smiley emoticon berbasis ASCII. Menurut Fahlman, cara itu akan mampu memberikan kesan humor pada kalimat-kalimat yang cenderung barsifat serius. Dan Anda tahu, sekarang setiap program messenger menggunakan emoticon, demikian halnya di chat room dan email. 



(8) Marc Andreessen, Netscape Navigator
Marc Andreessen adalah orang yang telah mengubah cara orang menavigasi di internet. Ia menciptakan web browser pertama yang disebut sebagai Mosaic yang selanjutnya dijual secara komersil dengan nama Netscape Navigator. Andreessen juga merupakan co-founder dan pimpinan Ning serta investor dari sejumlah startup seperti Digg, Plazes dan Twitter. 



(9) Jarkko Oikarinen, Internet Relay Chat (IRC)
Jarkko Oikarinen merupakan pengembang real-time online chat tool pertama yang sangat populer. Ia membuatnya di tanah kelahirannya di Finlandia dan menyebutnya sebagai Internet Relay Chat atau Anda kenal sebagai IRC. IRC mulai dipakai di tahun 1991 dan mendapatkan momen saat terjadi perang Irak-Kuwait. Saat sinyal radio dan televisi dimatikan, dunia tetap bisa mendapatkan informasi tentang kejadian di Irak dan Kuwait melalui IRC. 


(10) Robert Tappan Morris, worm virus pertama
Konsep worm virus cukup unik jika dibandingkan cara hacking yang umum dilakukan. Worm virus tidak masuk dalam jaringan melalui perantara dirinya sendiri melainkan dengan cara mengirim sebuah program berukuran kecil yang telah di-code untuk bisa melakukan tugas yang diperintahkan. Menggunakan konsep tersebut, Robert Tappan Morris menciptakan Morris Worm yang dikenal sebagai salah satu worm virus pertama di dunia yang dikirim lewat jaringan internet. Kerusakan karena Morris Worm ditaksir mencapai ribuan dollar dan mengakibatkan hilangnya produktivitas ketika pertama kali disebar di tahun 80an. 

 

Itulah 10 dari 40 orang paling berjasa dalam perkembangan dunia internet. Gopego masih memiliki daftar 30 orang lainnya yang akan kami berikan pada Anda dalam seri “40 orang yang Mengubah Wajah Internet Dunia.”


(11) David Bohnett, Pencetus Geocities
Bersama John Rezner, David Bohnett mendirikan Geocities di tahun 1994. Geocities kemudian menjelma menjadi komunitas terbesar di internet. Bohnett memprakarsai konsep penyediaan web homepage gratis kepada siapa saja. Pada akhirnya Geocities mengakhiri layanannya pada 27 Oktober 2009.  



(12) Ward Cunningham, pencetus Wiki pertama
Ward Cunningham adalah seorang programmer asal Amerika yang mengembangkan Wiki pertama sebagai sebuah sarana bagi pengguna internet untuk untuk menggabungkan, menciptakan dan edit online pages secara bersama. Istilah Wiki dipih Cunningham dari bahasa Hawaii yang artinya ‘cepat’. 



(13) Sabeer Bhatia, penggagas Hotmail
Sabeer Bhatia mendirikan Hotmail dan diberitakan secara luas saat memutuskan menjual layanan email gratis tersebut pada Microsoft senilai $400 juta. Bhatia dianugerahi “Entrepreneur of the Year” oleh Draper Fisher Jurverstson di tahun 1998 dan tercatat dalam “People to Watch” dalam bidang bisnis internasional versi majalah Time di tahun 2002. Akuisisi paling menonjol dilakukan Bhatia saat membeli Jaxtyr pada tahun 2009 yang dia percaya akan mampu menggeser Skype. 



(14) Matt Drudge, pencetus aggregation website
Matt Drudge adalah pencetus situs pengumpul berita The Drudge Report. Popularitas situs tersebut menjulang saat skandal Monica Lewinsky banyak dibahas di media. 



(15) Larry Page, (16) Sergey Brin, pendiri Google
Larry Page dan Sergey Brin telah mengubah cara dunia melakukan pencarian dan menggunakan internet. Kedua orang ini bekerja sebagai tim dan memimpin Google hingga saat ini. Google tumbuh sangat cepat sejak pertama kali diluncurkan. Page dan Brin memulai membangun Google dengan uang pribadi dan kemudian mendapatkan dana melalui Stanford. 



(17) Bill Gates, pendiri Microsoft
Bill Gates mendirikan perusahaan software Micro-soft, sebuah nama yang merupakan gabungan dari kata microcomputer dan software. Kemudian Bill Gates mengembangkan GUI (Graphical User Interface) untuk sebuah disk OS. Ia menyebutnya sebagai Windows. Bill Gates menuai sukses melalui Windows karena OS tersebut berhasil menarik perhatian dunia dan dipakai di setiap komputer di kantor maupun rumah. 



(18) Steve Jobs, Pendiri Apple
Ide inovatif tentang sebuah personal computer yang dihasilkan Steve Jobs menjadikannya sebagai sosok yang berhasil merevolusi indusri hardware dan software komputer. Jobs menciptakan desain sederhana namun penuh gaya yang menginspirasi jutaan perusahaan IT di seluruh dunia. 



(19) David Filo, (20) Jerry Yang, pendiri Yahoo!
David Filo dan Jerry Yang mendirikan Yahoo! sebagai kegiatan sampingan yang kemudian menjadi sebuah merek universal dan mengubah cara orang berkomunikasi, akses informasi serta membeli barang. Kata Yahoo! disebut merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” tetapi Filo dan Yang mengatakan bahwa ungkapan Yahoo! dipakai mewakili istilah umum untuk “kasar, tidak canggih, tidak berbudaya”. 



Itulab 10 orang paling berjasa di dunia internet dalam rangkaian seri 40 Orang yang Mengubah Wajah Internet Dunia. Gopego masih memiliki 20 orang lain yang wajib Anda tahu yang akan kami bahas dalam seri selanjutnya.

(21) Brad Fitzpatrick, pendiri LiveJournal
Brad Fitzpatrick mendirikan LiveJournal, salah satu blogging platfrom pertama yang pernah ada. Fitzpatrick menggunakan nama populer bradfitz di internet. Dia juga merupakan pencipta dari beragam proyek software gratis, seperti mamcached yang dipakai di LiveJournal, Facebook juga Youtube. Sampai hari ini LiveJournal aktif sebagai sebuah komunitas online tempat orang bisa share banyak hal melalui diary dan blog.  



(22) Shawn Fanning, pendiri Napster
Shawn Fanning adalah orang yang berjasa mendirikan Napster, sebuah program peer-to-peer-file-sharing yang didesain untuk memungkinkan penggemar musik bisa mencari dan bertukar musik. User bertukar sembarang lagu dengan pengguna lain melalui direktori khusus yang ada di hard drive. Layanan ini telah memiliki lebih dari 25 juta pengguna sejak dibuat tahun 2001, namun kemudian ditutup setelah munculnya serangkaian tuntutan hukum. Industri digital musik kemudian didominasi oleh Apple dan Napster berganti nama sebelum diambil alih oleh Roxio. 



(23) Peter Thiel, pendiri Paypal
Peter Thiel adalah salah satu orang yang berjasa membesarkan PayPal. Dengan PayPal, orang bisa mudah transfer uang secara cepat. Pada mulanya PayPal memberikan kode pada sebuah grup developer untuk bisa bekerja menggunakan metode transaksi baru. Thiel turut mendirikan PayPal saat ia berusia 31 dan menjualnya ke eBay empat tahun kemudian seharga $1,5 miliar. 



(24) Pierre Morad Omidyar, pendiri eBay
Pierre Omidyar mendirikan sebuah online marketplace yang mampu mengumpulkan pembeli dan penjual dalam satu tempat. Konsep ini merupakan hal baru yang belum ada sebelumnya dan sangat menarik minat publik. Omidyar tidak membutuhkan banyak kawan dalam membesarkan eBay karena semua ia lakukan sendiri. Kekuatan besar yang dimiliki Omidyar adalah keyakinannya bahwa setiap orang akan selalu membeli apapun dan itu terbukti dengan semakin besarnya eBay. 



(25) Jimmy Wales, pendiri Wikipedia
Jimmy Wales mendirikan ensiklopedia terbesar di dunia yang memuat banyak artikel dan mudah diedit oleh siapapun yang mengaksesnya. Wikipedia dirikan pada tahun 2001 dan berkembang menjadi referensi terpopuler di internet.

 

(26) Stewart Butterfield, (27) Caterina Fake, pendiri Flickr
Photosharing website telah menjadi bagian dari keseharian dunia maya yang dipenuhi jutaan orang. Stewart Butterfield dan Caterina Fake adalah pendiri Flickr yang membuat Anda tidak lagi membutuhkan album untuk menyimpan foto. Di tahun 2005, Flickr diambil alih oleh Yahoo.

 

(28) Jonathan Abrams, pendiri Friendster
Jonathan Abrams mendirikan Friendster, dibantu oleh Cris Emmanuel. Jejaring sosial tersebut memiliki banyak tools untuk membantu pertemanan yang terinspirasi dari Match.com. Friendster adalah social network pertama yang sangat populer. Seperti Facebook, di Friendster user bisa edit profile juga memasukkan daftar film dan buku favorit. 



(29) Niklas Zennstrom, pendiri Skype
Niklas Zennstrom merupakan salah satu pendiri layanan populer Skype. Layanan ini memberikan software gratis bagi pengguna di seluruh dunia untuk bisa menelepon menggunakan komputer, baik Linux, Mac juga Windows dan perangkat mobile. 



(30) Bram Cohen, pendiri Bit Torrent
Jika Napster merupakan generasi pertama gile sharing, maka Bram Cohen mengubahnya tampilan file sharing melalui BitTorrent. Software serta layanan yang diberikan BitTorrent dalam waktu sesaat telah memiliki banyak pengguna dengan prinsip: semakin cepat Anda upload, semakin cepat Anda bisa download. BitTorrent memecah file menjadi beberapa bagian kecil, dan sesaat setelah user memiliki sebagian itu maka proses upload bagian yang kecil tersebut segera bisa dilakukan dan diterima oleh user lain. 

 

(31) Reid Hoffman, pendiri LinkedIn
Reid Hoffman sebelumnya merupakan wakil presiden PayPal. Dia kemudian membangun Linkedln sebagai sebuah media sosial profesioanl yang memungkinkan user untuk membaut daftar kontak beserta detil dari orang-orang yang dikenal dalam bisnis yang mereka kerjakan. Dengan menjadi user Linkedln, Anda bisa mencari pekerjaan, menawarkan CV juga mencari pegawai untuk perusahaan Anda.


(32) Matt Mullenweg, pendiri WordPress
Matt Mullenweg membangun open source blogging yang paling banyak dipakai di dunia, WordPress. Hingga saat ini banyak situs besar yang didesain menggunakan WordPress, seperti Techcrunch, HuffingtonPost dan Mashable.


(33) Chad Hurley, (34) Steve Chen, dan (35) Jawed Karim, pendiri Youtube
Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim bertemu saat mereka masih menjadi pegawai PayPal. Kemudian mereka bekerjasama untuk menciptakan situs video-sharing Youtube. Youtube berkembang sangat pesat hingga mencapai 100 juta video pendek dalam sehari. Dalam menciptakan Youtube, Hurley bertugas mendesain interface dan logo sementara Chen dan Karim bertugas di bagian teknis. Hurley kemudian menjadi CEO Youtube dan Chen menjabat pimpinan divisi teknologi. Satu setengah tahun kemudian Google membeli Youtube melalui pembelian saham $1,65 miliar.



(36) Craig Newmark, pendiri Craigslist
Craig Newmark memulai sebuah situs bernama Craiglist yang akhirnya mampu mengubah dunia periklanan. Situs ini pada awalnya menjadi momok bagi surat kabar karena merasa terancam dengan situs iklan. Dimulai dari bentu email list untuk kawan-kawan Craig di Bay Area, akhirnya situs ini tumbuh pesat menjadi sebuah online database untuk iklan-iklan yang dicari orang mulai dari iklan perlengkapan rumah tangga hingga biro jodoh.


(37) Julian Assange, pendiri WikiLeaks
Julian Assange dikenal sebagai pendiri situs WikiLeaks, situs yang khusus mempublikasikan dokumen-dokumen rahasia dari seluruh dunia. Assange mendesain software mutakhir untuk WikiLeaks sehingga mampu melindungi identitas dari orang yang membocorkan dokumen yang dipublikasikan. Sebagai hasilnya, tak seorangpun mampu melacak siapa yang menyetorkan dokumen-dokumen tersebut kepada Assange, demikian juga mengenai kapan dan di mana mencurinya.



(38) Dick Costolo, pendiri FeedBurner
Jika sebelumnya pengguna internet terbiasa mengecek situs favorit untuk melihat adanya berita baru, maka dengan FeedBurner yang dikembangkan Dick Costolo, orang tak perlu lagi melakukannya. FeedBurner merupakan situs pengumpul berita yang secara otomatis download semua update dari situs-situs favorit pengguna. FeedBurner kemudian diambil-alih oleh Google di tahun 2007. Saat ini Costolo menjabat CEO Twitter sehingga Twiiter mampu menjadi generasi baru RSS.



(39) Mark Zuckerberg, pendiri Facebook
Pada mulanya Zuckerberg mengembangkan Facebook untuk menjalin kontak antar mahasiswa di universitas Harvard. ‘Status update’ kemudian menjadi awal lahirnya kembali Facebook karena mulai saat itu user bisa menambah kawan ke jaringan yang lebih luas. Tambahan fitur foto, video, chat, group, dll, menjadikan Facebook sebagai media sosial terbesar saat ini.


(40) Jack Dorsey, pendiri Twitter
Jack Dorsey mendirikan Twitter untuk memungkinkan kawan dan saudara saling mengetahui kegiatan masing-masing. Dengan batasan 140 huruf saja, Twitter justru berkembang pesat menjadi media komunikasi aktif tidak hanya untuk keperluan pribadi tetapi untuk bisnis.  

Sumber : gadget.gopego.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar