aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 17 Oktober 2012

Raih Nobel Berkat Fisika Kuantum 2012


Setelah mengumumkan peraih Nobel Kedokterean (Fisiologi), giliran Royal Swedish Academy of Sciences yang mendeklarasikan pemenang Nobel Fisika pada 9 Oktober.

DUA fisikawan Amerika Serikat dan Prancis yang sama-sama berusia 68 tahun sukses meraih penghargaan itu. Mereka adalah David Wineland dan Serge Haroche.

Wineland dan Haroche mampu mencuri perhatian dewan juri karena menemukan metode penelitian kuantum. Berkat teori yang lahir dari penelitian tersebut, bermunculanlah riset menarik dalam bidang fisika. Dua di antaranya adalah penciptaan alat penunjuk waktu yang sangat akurat dan komputer yang bekerja dengan sangat cepat.

Meski berbagi penghargaan sama, dua ilmuwan itu tidak pernah bekerja secara bersama-sama. “Mereka masing-masing meneliti partikel individu kuantum dengan tetap mempertahankan properti kuantumnya. Metode tersebut menjadi terobosan bagi banyak ilmuwan untuk mendalami ilmu tentang kuantum,” jelas Royal Swedish Academy of Sciences.

Teori Wineland dan Haroche itu memungkinkan fisikawan mengukur jenis kuantum yang sangat mudah berubah. Dengan menerapkan metode Wineland dan Haroche itu, para ilmuwan sukses menciptakan komputer canggih yang bekerja berdasar teori kuantum fisika.

Dari metode sama, juga tercipta alat penunjuk waktu akurat yang di masa mendatang bisa menjadi acuan standar waktu internasional. Meski menghasilkan teori yang sama, dua fisikawan itu menggunakan pendekatan yang sangat berbeda.

Sebagai fisikawan pada National Institute of Standards and Technology (NIST) dan University of Colorado, Wineland menggunakan pendekatan ion. Setelah menjebak ion pada sebuah partikel, dia mengukur properti kuantum dengan menggunakan cahaya. Sedangkan Haroche yang mengajar pada College de France and Ecole Normale Superieure menggunakan pendekatan foton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar