aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Kamis, 04 Oktober 2012

Trik Memahami Simbol-simbol Dalam Rumus Fisika


Memang di akui fisika masih menjadi pelajaran yang banyak tidak disukai siswa. Termasuk mungkin Anda. Salah satunya dengan banyaknya rumus-rumus juga perhitungannya yang harus paham matematika tentunya. Ibaratnya Fisika tanpa matematika seperti memasak tanpa api. matematika adalah alat untuk memecahkan perlsoalan fisika yang ada.

Kembali ke masalah rumus, susah juga memahami simbol-simbol yang ada di rumus tersebut. Saya beri trik aja yang mungkin sama guru fisika kalian tidak disampaikan. Langsung aja ya.. ke Te ka pe. Gini lho sebenarnya belajar fisika ya sekaligus belajar matematika juga bahasa. Jadi, simbol dalam rumus tersebut diambil dari huruf inisial dalam bahasa Inggris atau disimbolkan dalam alphabet Yunani. Gitu aja ko….

Saya beri contohnya ….

1. Dalam rumus jarak s = v.t, dapat saya jelaskan

- jarak disimbolkan s dari kata “space”, yang sering ngetik pasti deh hapal

- v = kecepatan dari kata “velocity”

- t = waktu dari kata “time”

gimana ngerti ga….

2. Dalam besaran-besaran yang lain adalah:
  • Luas ( A area )
  • Volume ( V volumn )
  • Percepatan (a “acceleration”), kalau percepatan sudut pake alphebet yunaninya yaitu “α” begitu juga kecepatan sudut “ω”
  • Gaya (F “Force”)
  • Gaya gesek ( f ” force”) pake huruf kecil biar sebih special. Kalau dalam getaran dan gelombang f = “frekuensi”
  • Gaya Berat / biasa disebut “berat” aza (w “weight”)
  • Suhu ( T “Temperature”) dalam bab radiaktif simbol T =waktu paruh (T “Time” juga dalam getaran dan gelombang Peroda juga simbolnya T (” Time”) jadi harus kita pahami aja, kita sedang membahas konsep apa.
  • Usaha /Kerja ( W “Work”)
  • Tekanan (P “Pressure”)
dalam memahami dimensi jg sama misal panjang (dimensinya L “Long”), massa (M “Massa”) dll

oh ya…. gimana kalau ada simbol vt dan vo. yang ini seperti nama orang. Agar ga ketukar biasanya diberi nama kepanjangannya supa beda aja. seperti, Jaja Miharja dengan Jaja Raharja, kan beda! maka vt = kecepatan pada suatu saat dan vo kecepatan awal. Begitu juga pada pemakaian simbol yang lain. prinsipnya sama ko…

Semoga bisa membantu…. dan selamat mencoba pada simbol-simbol yang lain…….

jika bingung berlanjut…. hubungi blog ini lagi….

1 komentar:

  1. The use of symbols is very common, https://www.findwritingservice.com/blog/read-the-poems-with-essay-on-emily-dickinson as many people clearly understand that it is more convenient and faster than describing in words.

    BalasHapus