aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 21 November 2012

Memejamkan Mata Bisa Meningkatkan Memori

 
ADA CARA YANG MUDAH UNTUK MENINGKATKAN MEMORI, TUTUP MATA ANDA KETIKA SEDANG ISTIRAHAT TERJAGA. MENURUT PARA ILMUWAN, MEMEJAMKAN MATA DALAM KEADAAN TERJAGA SETELAH MENDAPAT INFORMASI BARU DAPAT MEMBANTU OTAK MUDAH MENYIMPAN INFORMASI TERSEBUT. 
"Pembentukan memori baru pada otak tidak dapat diselesaikan dalam hitungan detik. Aktivitas yang Anda lakukan beberapa menit pertama setelah mendapatkan informasi baru benar-benar mempengaruhi seberapa baik Anda mengingat informasi tersebut setelah seminggu," kata Michaela Dewar, psikolog di University of Edinburgh, Skotlandia seperti dilansir mnn.

Penelitian dilakukan terhadap 33 orang dengan kisaran usia antara 61 sampai 87 tahun. Peserta penelitian diminta mendengarkan dua cerita pendek selama 15-30 menit dengan instruksi untuk mengingat detail cerita sebanyak mungkin dari masing-masing cerita.

Peserta dibagi ke dalam 2 kelompok, dimana satu kelompok diminta beristirahat sambil memejamkan mata dalam keadaan terjaga setelah mendengarkan cerita dan kelompok lain bermain komputer. Selanjutnya peserta diminta menggambarkan apa yang terjadi dalam setiap cerita tersebut.

Kemudian peserta harus mengingat kembali detail dari kedua cerita tersebut setelah 10 menit dan 7 hari kemudian. Peserta dalam kelompok orang yang memejamkan mata dalam keadaan terjaga lebih banyak mengingat tentang isi cerita, bahkan setelah seminggu kemudian, daripada kelompok lain.

Para peneliti menduga bahwa selama seseorang yang beristirahat dalam keadaan terjaga selama 10 menit setelah mendapatkan informasi, otak lebih mudah mengkonsolidasikan memori yang baru masuk menjadi memori jangka panjang. Tanpa konsolidasi memori, seseorang bisa melupakan informasi yang baru didapatkannya.  

Sumber : detik.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar