aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Jumat, 25 Januari 2013

Contoh Penerapan Rekayasa Genetika


Apa itu Rekayasa Genetika? Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. 

Penerapan teknik-teknik biologi molekular berguna untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu. Rekayasa saat ini objeknya beraneka ragam, seperti bakteri, fungi, tumbuhan dan hewan tingkat rendah, tumbuhan dan hewan tingkat tinggi, bahkan manusia.

Rekayasa genetika merupakan salah satu contoh bioteknologi modern.
Contoh Rekayasa GenetikaBuat teman-teman yang pengen mencari contoh-contoh rekayasa genetik terhadap bakteri, hewan tingkat rendah dan contoh rekayasa genetika pada tumbuhan. Berikut ada contoh nya:

Produksi Hormon Insulin  
Metode Produksi Insulin dengan menggunakan plasmid bakteri.
Hormon insulin berguna untuk obat diabetes melitus. metodenya sebagai berikut:  

  
  • Diperlukan adanya bakteri Escherichia coli yang akan dipakai plasmidnya (bagian DNA yang mampu memperbanyak diri)
  • Diperlukan adanya gen manusia penghasil insulin. Gen ini akan dipotong oleh enzim restriksi (pemotong)
  • Potongan gen penghasil insulin akan disambungkan ke plasmid DNA Escherichia coli, dengan bantuan enzim ligase (penyambung)
  • Hasil penyambungan ini akan ditanamkan ke dalam sel bakteri Escherichia coli
  • Bakteri dibiakkan dalam medium khusus. Karena bakteri telah memiliki gen penghasil insulin, maka akan meproduksi hormon insulin  
Tumbuhan Transgenik 
Tumbuhan yang dalam selnya disisipkan gen yang membuat tumbuhan ini resisten terhadap penyakit tertentu. Misalnya tembakau yang kebal terhadap penyakit TMV (Tobacco Mosaic Virus)

Terapi Gen 
Gen dari tubuh yang sehat disisipkan ke dalam sel tubuh makhluk yang sakit. Misalnya pada pengobatan enfisema.

Antibodi Monoklonal 
Antibodi Monoklonal adalah antibodi sel gabungan yang diproduksi sel gabungan tipe tunggal yang mampu melawan penyakit kanker. Pada teknologi antibodi monoklonal, sel tumor dapat digabungkan dengan sel mamalia yang memproduksi antibodi. Hasil penggabungan sel ini adalah hibridoma, yang akan terus memproduksi antibodi. Antibodi monoklonal menyerang sel tumor

Bakteri yang Menangani Limbah 
Contoh bakteri yang menangani limbah adalah:
Bakteri metanogen adalah bakteri yang mencerna senyawa organik limbah (mengandung hidrokarbon), misalnya bakteri Pseudomonas untuk limbah minyak.
Bakteri kemolitotrof adalah bakteri yang mencerna senyawa logam berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar