aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Minggu, 03 Februari 2013

NGOPI ATAU NGETEH, SEHAT YANG MANA?

Sejak jaman dulu, hingga jaman modern ini, kopi dan teh menjadi minuman favorit bagi kebanyakan orang di dunia. Meski begitu, banyak orang yang takut minum kopi atau teh, karena kandungan kafeinnya, bisa mengganggu kesehatan. Namun menurut penelitian, kafein pada kopi dan teh, ternyata mempunyai efek yang menguntungkan sebagai obat psikoaktif, yang dapat memelihara fungsi otak, dan belakangan ini, hal itu sangat dihargai.

Meski begitu, ada orang yang takut ngopi dan beralih ke ngeteh saja. Pertanyaannya, ngopi atau ngeteh, sehat yang mana sih? Inilah jawabannya. Penelitian terbaru oleh pakar internasional dari University of Lisbon dan University of Coimbra, Portugal menemukan, bahwa kafein dalam kopi dan teh dapat melindungi terhadap penurunan kognitif yang terlihat pada demensia (kepikunan) dan penyakit Alzheimer.

Studi epidemiologis pertama menunjukkan, hubungan terbalik antara konsumsi kafein dengan kejadian penyakit Parkinson. Kemudian beberapa studi epidemiologi lanjutan menunjukkan, bahwa konsumsi jumlah moderat kafein juga berbanding terbalik dengan penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan serta kejadian penyakit Alzheimer, jelas Alexandre de Mendonca, dari Institute of Molecular Medicine and Faculty of Medicine, University of Lisbon, Portugal, seperti dilansir dari Seniorjournal.

Kesimpulannya, kopi pahit atau teh pahit, sama-sama ampuh melawan kepikunan. Uji laboratorium menemukan, bahwa minum secangkir teh hitam dan hijau secara teratur dapat menghambat aktivitas enzim tertentu di otak, yang membawa pada Alzheimer, yaitu suatu bentuk demensia generatif yang mempengaruhi 10 juta orang di seluruh dunia.

Berdasarkan jurnal Phytotherapy Research, Alzheimer ditandai dengan penurunan asetilkolin. Kopi dan teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim acetylcholinesterase (AChE), yang memecah bahan kimia atau neurotransmiter dan asetilkolin. Selain itu kopi, teh hitam, dan teh hijau juga menghambat aktivitas enzim butyrylcholinesterase (BuChE), yang ditemukan dalam deposit protein pada otak penderita Alzheimer. Meskipun tidak ada obat untuk Alzheimer, kopi dan teh berpotensi menjadi senjata lain yang digunakan untuk mengobati penyakit ini dan memperlambat perkembangannya, ungkap Dr.Ed Okello, peneliti dari Medicinal Plant Research Centre di Newcastle University, Inggris.

Meski begitu diingatkan, sebaiknya dalam meminum kopi atau teh pahit, secukupnya setiap pagi, atau sore hari. Karena minum kopi secara berlebihan, dapat meningkatkan serangan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk ke dalam sirkulasi darah, dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian. Namun minum kopi atau teh dalam jumlah yang sedang tidak membahayakan, malah bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Melewati pagi rasanya kurang lengkap tanpa secangkir kopi atau teh. Selain menyehatkan, kedua minuman ini juga dapat memberikan ekstra semangat. Dua-duanya pun memiliki kandungan antioksidan dan kafein. Namun, kopi sering dianggap tidak aman, karena kafeinnya yang tinggi. Dan banyak yang kemudian memilih teh. Sebenarnya, mana yang lebih baik, dan apa manfaat kedua minuman ini untuk tubuh? Beberapa catatan di bawah ini mungkin bisa menjelaskan.

  1. Antioksidan: Baik teh atau kopi memang memiliki kandungan antioksidan, hanya saja jenisnya berbeda. Teh mengandung flavanoid yang berbahan dasar photochemicals, sedangkan kopi mengandung quinines dan asam klorogenat. Akan tetapi, kedua jenis antioksidan itu menjalankan fungsi yang sama, yaitu menangkal radikal bebas.
  2. Kafein: Faktanya, kopi memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dari teh. Yakni dua kali lipat. Akan tetapi, jika kita terlalu lama menyeduh teh, ini akan membuat kafein di dalam teh semakin meningkat. Jadi, baik kopi dan teh sama-sama punya zat yang mengandung kafein.
  3. Melawan Kanker: Walau mengandung kafein yang tinggi, namun konsumsi kopi dalam batas wajar akan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Baik teh atau kopi, mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap berbagai jenis kanker, terutama kanker ovarium dan kanker payudara.
  4. Racun: Patut diketahui bahwa konsumsi kopi atau teh secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan zat kafein. Ini akan mengganggu sistem saraf pusat, yang menyebabkan insomnia, gelisah, dan sakit kepala. Demikian juga dengan konsumsi teh yang berlebihan. 
Itulah beberapa manfaat kopi dan teh. Teryata keduanya sangat membantu dalam menjaga kesehatan. Jadi kalau ada yang menawari, pilih ngopi atau ngeteh, jawabannya, bisa memilih salah satunya, dan sama saja. Bisa membuat tubuh fresh dan memberikan semangat sebelum beraktivitas. Hanya selera seseorang saja dalam menentukan pilihan. Ada yang lebih mantap ngopi, tetapi ada juga yang lebih sreg ngeteh. Anda sendiri, memilih yang mana? (Wisnu Dewabrata).

RINGKASAN MANFAAT KOPI & TEH

Kopi dan teh ternyata memiliki manfaat yang berlimpah. Seperti dilansir oleh sangatuniksekali.blogspot.com, berikut ringkasan manfaat kopi dan teh dengan jelas. Jangan ragu mengkonsumsi minuman-minuman tersebut, sepanjang tidak berlebihan dan wajar-wajar saja.

Manfaat Kopi : 
1. Zat antioksidan.
2. Menjaga kebugaran dan konsentrasi.
3. Mengurangi resiko penyakit parkinson.
4. Membantu dalam penyembuhan penyakit.
5. Mengurangi berat badan.
6. Membantu mengontrol depresi.
7. Mengurangi resiko kanker payudara.
8. Mengurangi resiko penyakit alzaimer
9. Mengurangi resiko penyakit jantung.
10. Mengurangi resiko penyakit pengerasan hati.
11. Mengurangi resiko penyakit goat/asam urat.

Manfaat Teh :
1. Zat antioksidan.
2. Mengurangi resiko penyakit jantung.
3. Mengurangi dehridasi.
4. Mendorong metabolisme.
5. Memperkuat tulang.
6. Memutihkan gigi.
7. Mencegah infeksi.
8. Mengatasi kanker.
9. Bebas kalori.
10. Menghambat penuaan dini.

Begitulah ringkasan manfaat kopi dan teh, maka silahkan pilih salah satunya. Atau ingin mengkonsumsi keduanya? Silahkan saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar