aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Kamis, 21 Maret 2013

Bagaimana Menjadi Guru Yang Sukses

Menjadi GURU SUKSES bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Berikut kunci – kunci bagaimana menjadi guru yang hebat dan sukses sehingga Anda menjadi guru yang hebat yang mampu menjadi inspirasi positif bagi siswa Anda di kelas dan kehidupan mereka. Kesuksesan dalam mengajar (pembelajaran), seperti di sebagian besar wilayah kehidupan, hampir seluruhnya tergantung pada sikap (attitude) dan pendekatan (approach) Anda.

Berikut kunci –kunci yang bermanfaat bagi Anda dalam melakukan proses pembelajaran.

  • Guru yang sukses itu memiliki selera humor yang sehat
  • Guru yang sukses itu fleksibel (luwes)
  • Guru yang sukses itu memiliki harapan yang tinggi
  • Guru yang sukses itu memiliki sikap positif
  • Guru yang sukses itu konsisten
  • Guru yang sukses itu Adil dan Bijaksana 
Guru yang sukses itu memiliki selera humor yang sehat. Sering sekali siswa merasa bosan dengan kelas kita yang begitu tegang dan sepi dari tawa, dan selera humor. Rasa humor dapat membantu Anda menjadi seorang guru yang sukses. Rasa humor dapat meredakan situasi kelas yang begitu kaku dan tegang yang pada akhirnya menjadi penghambat dan pengganggu dalam proses pembelajaran. Rasa humor juga akan membuat kelas lebih menyenangkan bagi siswa Anda dan mungkin membuat siswa Anda begitu berharap untuk selalu hadiri dan memperhatikan kelas Anda. Yang terpenting adalah bahwa rasa humor akan memungkinkan Anda untuk melihat sukacita dalam hidup dan membuat Anda menjadi orang yang paling bahagia karena Anda maju melalui karir yang Anda harus capai dengan penuh perjuangan dan kerja keras namun terkadang membuat diri Anda merasa stres.

Guru yang sukses itu fleksibel (luwes). Pembelajaran yang kita lakukan di kelas bukan bersifat statis, kaku dan mekanis. Pembelajaran itu mengalir dan cair, dalam arti, selalu berubah – ubah sesuai dengan kondisi dan konteks siswa. Fleksibilitas dalam proses pembelajaran sangat penting untuk dilakukan. Guru hebat dan sukses mampu melakukan pembelajaran seluwes mungkin sehingga membantu para siswanya dalam mengendalikan ketegangan yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, sikap fleksibel dari dan oleh seorang guru yang sukses sangat penting tidak hanya untuk mengendalikan tingkat kesetegangan Anda, tetapi juga bagi siswa yang mengharapkan Anda untuk bertanggung jawab dan mengambil kendali situasi.

Guru yang sukses itu memiliki harapan yang tinggi. Seorang guru yang efektif harus memiliki harapan yang tinggi. Anda harus berusaha untuk meningkatkan standar kompetensi siswa Anda. Jika Anda tidak memiliki harapan dan tujuan maka tidak akan terwujud tujuan pembelajaran Anda. Anda harus mampu meyakinkan siswa Anda bahwa Anda sangat berharap siswa Anda dapat mencapai tujuan dan harapan pembelajaran yang tinggi sehingga memberi mereka rasa percaya diri juga. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda harus membuat harapan yang tidak realistis. Namun, harapan Anda akan menjadi salah satu faktor kunci dalam membantu siswa belajar dan mencapai prestasi yang mereka inginkan.

Guru yang sukses itu memiliki sikap positif. Sikap positif merupakan aset besar dalam kehidupan. Anda saat ini berada dalam lautan kehidupan dan terutama dalam profesi mengajar. Sikap positif akan membantu Anda mengatasi gejolak ini dengan cara terbaik. Sebagai contoh, Anda mungkin mengetahui hari pertama sekolah bahwa Anda mengajar Aljabar 2 bukannya Aljabar 1. Hal ini bukan merupakan situasi yang ideal, namun seorang guru dengan sikap yang benar akan mencoba untuk fokus dalam mendapatkan kesan yang baik saat hari pertama di kelas tanpa memberi dampak negatif kepada siswanya.

Guru yang sukses itu konsisten. Dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi siswa, Anda harus tahu apa tujuan Anda setiap hari. Anda harus konsisten. Hal ini begitu berpengaruh dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi para siswa dan mereka akan lebih memiliki kemungkinan mencapai keberhasilan belajar secara cepat. Sungguh menakjubkan bahwa siswa dapat beradaptasi dengan guru sepanjang hari. Namun, mereka tidak akan menyukai lingkungan di mana aturan yang terus berubah secara tidak konsisten.

Guru yang sukses itu Adil dan Bijaksana. Banyak orang bingung keadilan dan konsistensi. Seorang guru yang konsisten adalah orang yang sama dari hari ke hari. Seorang guru yang adil memperlakukan siswa sama dalam situasi yang sama. Misalnya, siswa mengeluhkan ketidakadilan ketika guru memperlakukan satu jenis kelamin atau kelompok siswa yang berbeda. Ini akan menjadi sangat tidak adil bagi siswa yang memiliki prestasi yang baik lebih utama mendapatkan perhatian dari pada siswa yang memiliki kemampuan di bawah. Siswa menangkap ini begitu cepat, jadi hati-hati dicap tidak adil.

Akhirnya, jika Anda melakukan kunci – kunci tersebut dengan benar maka Anda mampu menjadi GURU yang SUKSES dan EFEKTIF!

Semoga Anda Mendapatkan Manfaat!

2 komentar:

  1. Trima kasih Pak Agus atas kunjungan di WEBSITE sy....Pajenegan BLOGnya so inspiratif ...blog kami blog terbuka siapapun bisa menggunakannya ...karena haya info-info atau tulisan yang bisa kami sumbangkan yang tiada arti ini.... MOGA SUKSES ...DAN PENUH BAROKAH KELUARGK AMIN..

    BalasHapus
  2. Saya juga dengan tulus mengucapkan terima kasih pak, karena saya hanya menyambungkan saja postingan dari Bapak, karena informasi itu akan sangat diperlukan oleh rekan rekan pendidik dinegeri ini, agar pendidikan di negeri ini semakin berkualitas dan bermatabat. Semoga Allah SWT senantiasa mencatat sebagai pahala untuk Bapak. Amin!

    BalasHapus