aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Minggu, 07 April 2013

Memahami Fitur Edmodo

Kali ini saya akan membahas tentang suatu website atau situs yang berguna untuk pendidikan yang bernama Edmodo.com  

Edmodo.com adalah suatu website yang menyediakan fasilitas pendidikan seperti social jejaring namun berkonsep pendidikan dengan mengikut sertakan semua elemen seperti perusahaan atau instansi,sekolah dan dinas-dinas lainya . Edmodo.com didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O’Hara yang bertujuan media pembelajaran dikelas dengan mengikut sertakan pantauan dari Guru, Siswa dan Orang Tua sehingga dalam website ini benar-mendukung pendidikan sepenuhnya.  

Fitur Edmodo 

Menurut Umaroh (2012) Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo. 

a). Assignment 

Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secaraonline. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman Assignment jugaterdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook. Berikut tampilan assignment yang telah diselesaikan oleh siswa. Tombol “Turnin (31)” artinya adalah 31 siswa telah selesai mengerjakan tugas (assignment) sebelum deadline yang ditentukan. Sedangkan “DUEApril 23, 2012” menunjukan tanggal batas pengumpulan tugas. 

b). File and Links 

Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll. Berikut ini contoh pengiriman note dengan melampirkan file modulIpraktikum.doc. dan link NPaperbox-Reading is Fun. 

c). Quiz 

Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupapilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapatdibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur inidilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiapbutir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harusdiperiksa oleh guru terlebih dahulu. Berikut adalah tampilan kuis sebelum dipublikasikan. 

Untuk mengetahui hasil jawaban siswa, klik tombol “Turn In”, jika bentuk soal adalah isian singkat atau uraian, maka guru dapat melakukan koreksi secara langsung. Tampilan koreksi hasil kuis dapat dilihat pada gambar di bawah. 

d). Polling 

Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapan siswa terhadap materi fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan. 

e). Gradebook 

Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz.Penilaian pada gradebookdapat di-export menjadi file.csv. Berikut ini adalah tampilangradebookdengan user sebagai guru. 

Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem. Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa. Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung. Berikut tampilan menu grades untuk siswa. 

f). Library 

Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link danFile yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo. Di bawah ini tampilah Library pada guru. 

g). Award Badges 

Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepadasiswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreatifitas guru dalam memberikan penghargaan. Berikut adalah tampilanAward Badges. 

h). Parents Codes 

Menurut Rismayanti (2012), Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantauaktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas. 

Kelebihan dan kekurangan Edmodo :   
  • Menurut Umaroh (2012), adapun kelebihan dari jejaring edmodo adalah :
  • Membuat pembelajaran tidak bergantung pada waktu dan tempat.
  • Meringankan tugas guru untuk memberikan penilaian kepada siswa.
  • Memberikan kesempatan kepada orangtua/ wali siswa untuk memantau aktivitas belajar dan prestasi dari putra-putrinya.
  • Membuat kelas lebih dinamis karena memungkinkan interaksi guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa dalam hal pelajaran atau tugas.
  • Memfasilitasi kerja kelompok yang multidisiplin.
  • Mendorong lingkungan virtual kolaboratif yang membantu pembelajaranberbasis proses.  
Sedangkan kekurangan dari jejaring edmodo adalah :
  • Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
  • Belum tersedianya sintaks online secara langsung pada edmodo. 

Kesimpulan :

Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat sekolah dan dapat berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan agenda yang diberikan kepada siswa. 

Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec.
Edmodo dalam pembelajaran matematika dapat berfungsi sebagai platform bagi guru untuk melakukan pemberian tugas dan penilaian kepada siswanya secara online.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar