aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 11 Mei 2013

Daya Tarik Laut Mati

Laut Mati adalah danau yang terletak di perbatasan Jordania, Palestina, dan Israel.

Laut ini sebenarnya adalah danau karena berada pada daratan. Kenapa disebut laut? Karena berair asin dan memiliki wilayah yang luas.

Laut yang panjangnya mencapai 76 km dan lebarnya 16 km, dinamakan laut Mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan di dalam air garam ini. Laut Mati adalah salah satu laut yang memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia.

Kadar garamnya sekitar 32 % dibandingkan kadar garam laut rata-rata yakni hanya 3%. Karena konsentrasi garam yang sangat tinggi inilah, tidak memungkinkan ada kehidupan di dalamnya.

Lalu, mengapa air laut Mati sangat asin? Karena Laut Mati berada pada posisi yang rendah, maka air yang diterima itu tidak bisa dialirkan kemana-mana. Satu-satunya jalan keluar air yaitu melalui proses penguapan ke udara saja. Itulah sebabnya air laut Mati menjadi sangat asin karena air yang mengalami proses penguapan meninggalkan zat-zat mineralnya.

Kalian tidak bisa berenang? Tenang saja, di laut Mati kalian bisa mengapung lho. Kok bisa ya? Itu karena laut Mati memiliki kadar keasinan yang sangat tinggi. Aneh memang, tapi inilah keunikkan alam. Selain bisa mengapung, daya tarik laut Mati adalah lumpur hitamnya.

Lumpur laut Mati bisa membantu kulit kering dengan mengganti elektrolit yang hilang, bisa mengobati beberapa masalah dermatologi seperti eksim, jerawat, rematik, sakit sendi, dan masalah sirkulasi dan saraf. Garam Laut Mati juga bisa bertindak sebagai desinfektan yang bisa mengeluarkan zat berbahaya dari kulit.

Selain kandungan garam yang amat sangat tinggi, air laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin karena itulah lumpur laut Mati ini dianggap sangat berkhasiat.

Orang-orang juga menggunakan garam dan mineral dari laut Mati untuk menciptakan kosmetika dan herbal sachet lho. Daya tarik inilah yang membuat turis-turis berdatangan ke laut Mati. kalian mau mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar