aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Jumat, 17 Mei 2013

GURU WANITA PERTAMA DALAM ISLAM

Asysyifa' binti Abdullah diberi gelar guru wanita pertama dalam Islam karena kecerdasan dan keimanannya.Ia mengajarkan ilmunya kepada wanita-wanita muslimah dengan mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Berikut ini kisahnya:
Sysyifa' binti Abdullah masuk islam sebelum hijrahnya Nabi Muhammad SAW.I termasuk muhajirin angkatan pertama dan wanita yang berbaiat kepada Rasulullah SAW.Ia termasuk wanita cerdas dan salah satu ulama diantara ulama wanita dalam Islam.

Asysyifa' menikah dengan Abu Hatsmah bin Hudzaifah dan dikaruniai anak yang diberi nama Sulaiman bin Abi Hatsmah.Ia dikenal sebagai guru dalam membaca dan menulis.Sebelum datangnya Islam hingga masuk Islam, ia tetap memberikan pengajaran kepada wanita-wanita muslimah dengan hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Oleh karena itu, ia disebut sebagai guru wanita pertama dalam Islam.Di antara wanita-wanita yang di didik adalah Hafshah binti Umar bin Khattab, istri Rasulullah SAW.

Wanita Ahli Ruqyah.
Di zamannya, asysyifa' memang terkenal sebagai ahli ruqyah.Tatkala ia masuk Islam dan berhijrah bersama rombongan, ia berkata kepada Rasulullah SAW,
"Aku adlah ahli ruqyah di masa jahiliyah, dan aku ingin memperlihatkannya kepada Anda."
"Perlihatkanlah kepadaku wahai Asysyifa," balas Rasulullah SAW.

Lalu Asysyifa' memperlihatkan cara meruqyah bisul di hadapan Nabi Muhammad SAW.Setelah selesai memperlihatkan keahliannya, ia mendapatkan sanjungan dari Rasulullah SAW dan bahkan meminta Asysyifa' untuk mengajari Hafshah.

Salah satu doa yang digunakan Asysyifa' dalam meruqyah adalah, 

"Ya Allah, Tuhan manusia, Yang Maha menghilangkan penyakit, sembuhkanlah karena Engkau Maha Penyembuh, tiada yang dapat meyembuhkan selain Engkau.Sembuh yang tidak terjangkiti penyakit lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar