aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 27 Juli 2013

7 Manfaat Menakjubkan dari Puasa

Sudah banyak penelitian mengungkapkan jika puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Puasa juga merupakan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari tubuh. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari puasa, seperti yang dilansir Yahoo!.

Kurma 
Agar puasa tidak terganggu kalian harus memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi. Kalian bisa makan kurma saat berbuka atau sahur. Kurma adalah makanan yang menyediakan serat yang sangat dibutuhkan tubuh dan akan membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan Anda selama puasa. 

Tingkatkan Kemampuan Otak 
Para ilmuwan di Amerika telah menemukan bahwa puasa mampu meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang mendorong tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi otak. Demikian juga, penurunan jumlah hormon kortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, membuat seseorang dapat menurunkan tingkat stres selama dan setelah Ramadan. 

Kurangi Kebiasaan Buruk 
Saat berpuasa, kalian akan mengubah gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat dengan gaya hidup yang lebih baik. Kalian bisa menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, makan junk food, makan makanan manis atau lainnya. 

Turunkan Kadar Kolesterol 
Sebuah tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang berpuasa akan mengalami pengurangan kolesterol dalam darah. Kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung hal ini akan mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. Jika Anda mengikuti diet sehat setelah Ramadhan, tingkat kolesterol akan dapat diturunkan dengan mudah. 

Detoksifikasi Tubuh
Puasa dapat mendetoksifikasi tubuh dari racun yang menumpuk. Selama puasa, Anda dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh mulai memakan cadangan lemak untuk menciptakan energi, itu akan membakar setiap racun berbahaya yang mungkin hadir dalam timbunan lemak di tubuh Anda. 

Menyerap Banyak Nutrisi 
Saat berpuasa metabolisme akan menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap dari makanan semakin besar. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dan sahur, sehingga memungkinkan otot untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Kontrol berat badan Puasa membantu kita lebih mudah menurunkan berat badan. Kita hanya perlu makan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan sehat selama puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar