aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 31 Juli 2013

Pengenalan Perilaku Siswa Kunci Keberhasilan Kurikulum 2013.

Kondisi siswa saat ini sangat berbeda dari generasi beberapa tahun lalu terlebih dengan akrabnya mereka terhadap dunia TIK ,sehingga perilaku dan motivasi belajar mereka sangat sulit di “manage” ,lantas bagaimana kami dapat memenuhi tuntutan kurikulum 2013 ,kank hari…?

Kurikulum 2013 menganut: 

  • Pembelajaran yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan 
  • Pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.Landasan Teori Kurikulum 2013.Kemendikbud. 
Saat ini kita melihat siswa siswi yang tengah akrab dengan perkembangan teknologi menjadi anak anak yang cenderung open mind,menyukai kebebasan ,lebih peka,berpiki kritis,sulit diatur ,banyak pertanyaan/tuntutan ,gampang bosan dengan rutinitas atau pembelajaran yang tidak disukai dan enggan menghafal .Karena itu peran guru tidak mentransfrom mata pelajaran dengan hafalan atau catatan saja sebagai tugas mngajarnya melainkan mendekati siswa sebagai sosok individual manusia seutuhnya yang memiliki perasaan ,pikiran dan motivasi.Mengingat jika siswa tidak di”manusia’kan mereka mencari solusi atas persoalannya dengan caranya sendiri yang tidak jarang bisa berakibat fatal .Terlebih dunia maya adalah dunia heterogen yang tidak bisa memproteksi anak dari dampak buruk akibat informasi yang merusak pada anak.

Karena itu peran guru dalam mendidik anak sebagaimana tututan kurikulum dimana siswa dapat belajar dari sumber mana saja dan dengan siapa saja,sekaligus memiliki pengalaman belajarnya sendiri ,maka pendekatan individual kepada siswa menjadi kuncinya dan dilakukan secara berkesinambungan .Guna menjadi “sahabat” siswa inilah bebrapa cara yang bisa dilakukan :

Pertama, Kepemilikan dan penggunaan gadget menjadi pilihan siswa saat ini dan beberapa tahun mendatang,supaya anda bisa diterima oleh gank mereka anak tidak bisa melarang atau memperoloknya ,melainkan justru membantu siswa tahu kemanfaatan dari segala peralatan gadget yang dimilikinya sekaligus menjadikan gadget yang dimiliki siswa sebagai media dan sumber belajar nya.

Kedua, saat ini dan beberapa tahun mendatang semestinya anda sudah mempersiapkan diri untuk memiliki kompetensi TIK untuk kegiatan pembelajaran yang menjadi tanggung jawab anda agar lebih menari perhatian ,lebih mudah,lebih cepat difahami siswa dan menyenangkan.

Ketiga, anda semestinya memanfatkan komunitas siswa baik dari dunia nyata atau dunia maya agar dapat memberikan motivasi ,komunikasi,terkonesi dan ‘memantau ‘aktivitas mereka.

Keempat, materi pelajaran yang anda kembangkan harus memiliki muatan pengalaman belajar real yang dialami siswa sekaligus memiliki relevansi dengan latar belakang ,karakteristik dan meningkatkan kompetensi awal yang dimiliki siswa.Karena dengan perilaku”kritis dan Mandiri’ siswa sulit dipaksa belajar menurut kemampuan yang guru suka,jika ini terjadi siswa bisa mengalami demotivasi dalam belajarnya.

Kecenderungan guru diindonesia yang tidak memberikan pelajaran berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sementara di Amerika Serikat, guru menjabarkan materi pendidikan dengan kehidupan sehari-hari sampai 3 kali lipat dan Jepang 5 kali lipat.

Kelima, Tumbuh dan kembangkan minat untuk membelajarkan siswa tidak sebatas hanya pada jam kerja sebagai guru,dimasa mendatang siswa ingin belajar dari anda darimana dan kapan dia inginkan.Milikilah,saluran connected yang dapat dihubungi siswa sewaktu waktu baik melalui web blog ,email ,jejaring social atau saluran komunikasi lainnya.

Keenam, Ciptakan pembelajaran yang menantang rasa ingin tahu siswa untuk belajar secara lebih mendalam dan meningkat dari waktu kewaktu dikarenakan siswa menyukai tantangan.
Menurut sebuah penelitian ; guru-guru memberikan tingkat kesulitan soal terbilang rendah atau lower package order. Mereka tidak mendorong partisipasi muridnya untuk lebih maju lagi. Akibatnya cara pemikiran para pelajar tertinggal.

“Hanya 10% guru yang memberikan soal bagi murid dengan jawaban lebih dari satu. Murid didengar bagaimana dia memandang soal tersebut. Di negara lain, sampai 76% dari soal-soal memungkinkan murid jawab persoalan lebih dari satu jawaban’.mediaindonesia.com.

Ketujuh, Citra diri anda sebagai guru dimata siswa sudah harusnya memiliki citra diri yang positif dan memiliki karakter yang kuat ,Karena itu bangunlah sikap,ucapan dan perilaku yang dapat mendatangkan respect dari siswa sehingga tercermin dari perasaan rindu dari siswa untu belajarlebih banyak dan lebih lama dari anda sebagai gurunya.

Kedelapan, ketulusan harus menjadi dasar landasan pelayanan pendidikan kepada siswa, karena itu lakukanlah sedemikian rupa sehingga siswa merasa disayangi dan terpenuhi kebutuhan psikologisnya sehingga anda mendapatkan Trust dari peserta didik .

Kesembilan,dalam kurikulum 2013 , anda harus bisa membangun relasi dan komunikasi dengan sesama rekan guru yang kolaboratif ,sinergi dan integrative. 

Mengingat Kurikulum 2013 dilakukan penguatan tata kelola sebagai berikut:

  1. Tata kerja guru yang bersifat individual diubah menjadi tata kerja yang bersifat kolaboratif;
  2. Penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader); dan
  3. Penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran 
Terakhir, bersiaplah untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan tidak hanya sekedar mengajar dan menghasilkan siswa mencapai standar KKM / mencapai unas tertinggi saja melainkan juga harus mengenali siswa lebih dekat untuk mengembangkan beragam potensi yang dimiliki nya.Apun nama kurikulumnya membela kepentingan terbaik siswa adalah hal yang utama..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar