aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Selasa, 27 Agustus 2013

Syirik dan Durhaka kepada Orang Tua

“Maukah kamu aku kabarkan tentang dosa yang paling besar? Beliau mengulangi tiga kali. Kami menjawab, “Mau wahai Rasulullah,” beliau bersabda, “Menyekutukan Allah, dan durhaka kepada kedua orang tua”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Pesan Rasulullah Saw dalam hadis ini begitu menggetarkan jiwa, beliau mengulangi pertanyaannya sebanyak tiga kali. Sebuah penegasan tentang kepastian apa yang diberitakan. Bahwa dosa yang paling besar yang sangat dimurkai Allah SWT adalah menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.

Rasulullah Saw mewanti-wanti umatnya agar tidak terjerumus kepada dosa ini. Bahkan beliau menuntun kita supaya menghindarkan diri dari syirik kecil yaitu riya. Supaya tidak terjebak kepada syirik besar.

Dosa besar kedua adalah durhaka kepada kedua orang tua. Dosa ini bersumber dari hati yang tidak mau bersyukur, tidak berterimakasih, tidak mempunyai kasih sayang. Orang tua seharusnya mendapatkan tempat yang layak, penghormatan dan rasa cinta dari sang anak.

Mereka berdua telah mengantarkan anak menuju masa depannya dengan berbagai macam onak dan duri yang ditemui dalam perjalanannya. Sepenuh cinta dan kasih saying dalam merawatnya sampai besar. Ketika anak dewasa membalas dengan kedurhakaan kepada keduanya, maka murka Allah yang akan didapatkan sang anak. Ingatlah ridha Allah ada bersama keridhaan orang tua, seperti halnya murka Allah ada bersama murka orang tua.

Segeralah bertaubat wahai mereka yang masih melakukan perbuatan syirik. Dan mereka yang durhaka kepada orang tua, berhentilah, minta maaf kepada keduanya, bahagiakan mereka berdua, senangkan hatinya sebelum semuanya terlambat!
Reff

Tidak ada komentar:

Posting Komentar