aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Senin, 24 Desember 2012

Teknologi Buat Anak Konsumeris dan Individualis


Semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada perubahan gaya hidup dan perilaku anak baik di perkotaan maupun pedesaan.

Hal itulah yang perlu diwaspadai para orang tua, karena anak-anak saat ini cenderung berperilaku individualis dan konsumeris. Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan, perilaku instan dan konsumeris itu sangat berbahaya jika tidak didukung oleh finansial orang tua.

Seperti terjadinya kasus anak membunuh temannya untuk mendapatkan handphone atau membunuh orang dewasa untuk memiliki sepeda motor merupakan salah satu contoh korban dari gaya hidup.

"Gaya hidup itu mengubah perilaku anak menjadi instan, akhirnya dia tidak rasional," ujar Arist Merdeka Sirait kepada Suara Merdeka usai menjadi pembicara dalam acara Gebyar Kreatifitas Anak yang digelar oleh Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) Mino Martani di Benteng Van der Wijck Gombong, Kebumen, Rabu (19/12).

Perilaku individualis sebagai dampak teknologi anak juga semakin berbahaya. Karena terbuai oleh pergaulan semu di dunia maya, anak-anak menjadi kurang bersosialisasi di kehidupan nyata.

"Solusinya dimulai dengan memfungsikan kembali rumah sebagai tempat berinteraksi yang nyaman bagi anak. Sebab, selama ini anak-anak lebih nyaman bergaul rumah di dunia maya," imbuhnya seraya menyebutkan orang tua tidak boleh masa bodoh atas kondisi anak karena beralasan sibuk mencari nafkah.

Berkembang Optimal Bagian Program YSBS Minomartani Yuni Kristianawati mengatakan, kegiatan yang berlangsung sejak Selasa (18/12) itu diikuti oleh 500 anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA yang berasal dari desa terpencil.

Yakni Desa Wiradadi dan Kalikidang Kabupaten Banyumas serta Desa Panikel, Ujung Gagak, dan Sida Sari Kabupaten Cilacap. Kegiatan yang didukung oleh Child Fund Indonesia dan Kementrian Sosial RI itu mengangkat tema Kunci Suksesku Dibangun dari Kebersamaan.
Reff : www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar