aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Minggu, 10 Februari 2013

TAKUTLAH AKAN DAHSYATNYA API NERAKA!


Inilah sebagai gambaran tentang neraka berdasarkan Quran dan Hadist nabi. Semoga kita semua terhindar dari bencana akhirat yang begitu pedih ini. Semoga apa yang tersaji dibawah ini dapat menjadi Ibrah bagi kita semua. Amin!  

- Dahsyatnya api neraka!:

Neraka disiapkan Allah bagi orang-orang yang mengkufuri-Nya, membantah syari’at-Nya, dan mendustakan Rasul-Nya. Bagi mereka adzab yang pedih, dan penjara bagi orang-orang yang gemar berbuat kefasiqan. Itulah kehinaan dan kerugian yang paling besar.

Allah -Subhanahu wa ta’ala- berfirman: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, & tak ada bagi orang-orang yang zhalim seorang penolongpun.” (QS Ali ‘Imran: 192).

Demikian pula firman Allah Ta’ala: “Katakanlah: ‘Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat.’ Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata!”. (QS Az Zumar: 15).

Itulah seburuk-buruk tempat kembali. “Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (QS Furqan: 66).   

- Kedalaman api neraka!:

Dari Abu Hurairah -Radhiyallaahu ‘anhu-: “Kami bersama Rasulullah -Shallallaahu ‘alaihi wa sallam-, tiba-tiba terdengar suara benda jatuh. Maka Nabi Muhammad -Shallallaahu alaihi wa sallam- bertanya: ‘Tahukah kalian apakah itu?’ Kami pun menjawab: ‘Allah & RasulNya lebih mengetahui’. Rasulullah bersabda: ‘Itu adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka sejak tujuh puluh tahun lalu. Batu itu jatuh ke dalam neraka, hingga baru mencapai dasarnya tadi!’”. (Hadits shahih riwayat Abu Hurairah).

- Bahan bakar api neraka!: 

Allah Ta’ala berfirman: “Peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir!”. (QS Al-Baqarah : 24).

Batu yang dimaksud dalam ayat ini ditafsirkan oleh Ibnu Abbas and sebagian besar pakar tafsir dengan belerang, dikarenakan sifatnya yang mudah menyala lagi busuk baunya. Sebagian pakar tafsir juga berpendapat bahwa yang dimaksud batu di sini, ialah berhala-berhala yang disembah, sebagaimana Allah berfirman (yang artinya): “Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah umpan Jahannam, kamu pasti masuk ke dalamnya!”. (QS Al-Anbiya’: 98).

- Panasnya api neraka!:

Dari Abu Hurairah -Radhiyallaahu ‘anhu-, beliau berkata: Rasulullah -Shallallaahu ‘alaihi wa salam-bersabda: “Api kalian, yang dinyalakan oleh anak Adam, hanyalah satu dari 70 bagian nyala api Jahannam”. Para shahabat kemudian mengatakan: “Demi Allah, jika sepanas ini saja niscaya sudah cukup, wahai Rasulullah!”. Rasulullah menjawab: “Sesungguhnya masih ada 69 bagian lagi, masing-masingnya semisal dengan nyala api ini”.(Hadits shahih riwayat Abu Hurayrah).

- Makanan penghuni neraka!:

Allah Ta’ala telah berfirman: “Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tak menggemukkan dan tak pula menghilangkan lapar”. (QS Al-Ghasiyah: 6-7).

Ibnu Katsir -Rahimahullah- membawakan perkataan Ali bin Abi Thalhah, dari Ibnu Abbas: “Itu adalah pohon dari neraka”. Sa’id bin Jubair berkata, “Itu adalah Az-Zaqum (pepohonan berduri bagi makanan penghuni neraka)!”. Ada pula yang berpendapat bahwa yang dimaksud ialah batu.

- Minuman penghuni neraka!

Allah Ta’ala berfirman: “Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnnya-lah air nanah itu dan hampir dia tak bisa menelannya!”. (QS Ibrahim: 16-17). Yaitu mereka diberi air yang amatlah busuk baunya lagi kental, maka merekapun merasa jijik dan tak mampu menelannya.

“Diberi minuman dengan hamiim (air yang mendidih) sehingga memotong ususnya”. (QS Muhammad: 47).

Hamiim ialah air yang mendidih oleh panasnya api Jahannam, yang mampu melelehkan isi perut dan menceraiberaikan kulit mereka yang meminumnya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): “Dengan air itu dihancurluluhkan segala apa yang ada di dalam perut mereka dan juga kulit (mereka)”. (QS Al-Hajj: 20).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar