aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 13 April 2013

Fisika dalam Golf

Fisika dapat dengan mudah kita temukan dalam keseharian kita. Bahkan saat sedang bermain golf, fisika terlibat di dalamnya, mulai dari gaya gravitasi bumi, membembengkoknya tongkat golf, hingga peristiwa aksi-reaksi.

Mari kita mulai dari awal permainan golf. Sebelum dipukul, bola golf diam di tempat mengikuti hukum Newton. Karena tak ada gaya resultan yang bekerja pada bola, maka bola golf tidak bergerak. Meskipun gaya gravitasi bumu menarik bola menuju pusat bumi, namun permukaan tanah memberikan gaya ke atas (gaya normal) kepada bola sehingga gaya resultan pada bola golf adalah nol.

Saat mulai mengayunkan tongkat golf, perlahan-lahan dimulai dengan menjauhkan tongkat golf dari bola golf. Gerakkan tongkat tersebut berbentuk lingkaran. Saat sedang mengayunkan tongkat untuk memukul bola, tongkat golf itu menyebabkan kepala tongkat mengalami percepatan. Percepatan ini menentukan seberapa jauh bola terlempar. Kita mengetahui hal ini dari hukum kedua Newton yang mengatakan bahwa besar gaya yang diberikan kepada bola kepada bola golf sama dengan massa bola dikalikan percepatan yang dialami bola golf. Makin besar percepatan ayunan tongkat golf, makin besar gaya yang dialami bola golf.

Saat kepala tongkat mengenai bola, gaya dari tongkat akan menyebabkan bola memampat, dan bola akan mengerjakan gaya reaksi kepada tongkat. Namun karena gaya reaksi ini relatif kecil untuk massa kepala tongkat, maka efeknya tidak akan teramati, dan ayunan tongkat akan berlanjut. Jarak pada bola, besar percepatan grafitasi bumi, hambatan udara, dan tiupan angin.

Dari pembahasan mengenai gerak parabola, kita mengetahui bahwa jarak jangkauan bola golf juga tergantung pada sudut elevasi bola golf. Dengan demikian, tidak selalu bahwa gaya pukul yang kuat akan menghasilkan jarak jangkauan yang besar. Ada faktor elevasi yang harus diperhatikan. Itulah sebabnya, jika diamati, para pegolf professional tidak begitu saja mengandalkan kekuatan pukulan, tetapi juga ketepatan pemilihan sudut elevasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar