aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 13 April 2013

MENJADI PRIBADI YANG TANGGUH

Dalam kehidupan di era globalisasi sekarang ini, banyak dari manusia bingung terhadap apa arti hidup di dunia bagaimana bertindak dan bagaimana cara mengaktualisasi diri. Di kalangan para generasi muda bingung terhadap bagaimana cara “mencari” jati diri. Dan dari itulah berbagai macam tingkah laku dan aktivitas mereka lakukan, baik dengan cara yang “benar” atau dengan cara yang melanggar aturan. Contoh ”pencarian” jati diri yang benar adalah dengan melakukan aktivitas yang positif dan membangun (beraktivitas dakwah, sosial kemasyarakatan, dan lain lain), ada juga pencarian jati diri dilakukan dengan cara yang bertentangan dengan norma agama (terlibat narkoba, geng motor, judi,, dan lain-lain. 

Jalan menjadi pribadi yang tangguh ada empat tahap :

Tahap Pertama, kenali diri anda. Dari mana anda berasal, untuk apa anda diciptakan, dan akan kemana anda setelah mati. Kita sebagai pribadi yang beriman pasti tahu bahwa kita diciptakan oleh Allah SWT. Di dunia Allah memberi kita kesempatan untuk “menikmati” dunia yaitu dengan cara yang ma’ruf (baik) sesuai dengan tujuan daripada penciptaan manusia yaitu untukj “beribadah”. Pengertian ibadah adalah sangat luas bukan hanya untuk melakukan ritual peribadatan tapi juga untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan berbuat seperti apa yang “di atur” oleh Allah SWT. Dalam hal kematian kita yakin bahwa apa saja yang pernah hidup di dunia akan “mati” dan kembali ke hadapan Allah dengan mempertanggungjawabkan apa saja yang kita perbuat selama di dunia. 

Tahap Kedua adalah bepikir dan bersikap secara sistematis dan berpola Linear - Parsial, serta bertindak dan berpikir secara khas yang telah di ajarkan kepada kita tentang bagaimana bertingkah laku dan berpikir positif dimana selalu berada di jalur yang “benar”, yaitu dengan melakukan tindakan-tindakan dan pola pikir yang tidak bertentangan dengan norma yang ada (khususnya norma agama). Jadilah pribadi yang bertanggung jawab dan mampu memberikan pengaruh positif dalam lingkungan.

Tahap ketiga adalah mengembangkan diri. Tancapkan motivasi dalam diri kita untuk selalu berbuat baik (dilandasi semangat mencari pahala dan ridho Allah), percaya diri, melakukan segala sesuatu dengan maksimal dan berusaha menjadi yang terbaik, serta selalu bersyukur. 

Tahap keempat adalah tingkatkan diri dengan selalu menggali potensi yang ada pada diri kita, dalami ilmu yang telah kita pelajari, dan tidak takut akan kegagalan. Dalam rangka menjadi pribadi yang tangguh, paksakan diri kita untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik setiap harinya.

Keempat tahap diatas apabila kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan konsisten, maka insyaallah akan menjadikan diri kita akan menjadi pribadi yang tangguh dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.

(Diambil dari materi Be The Best Not Be Asa oleh M. Karebet Widjajakusuma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar