aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 25 Mei 2013

Belajar Kehidupan dari Lebah

Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang paling bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Untuk mencapai derajat kemuliaan, seorang insan tidak sekedar meneguhkan hasrat yang luhur dan mulia, namun sejak awal dia sudah memulainya dengan niatan yang juga mulia, dan juga dengan upaya serta perilaku yang jauh dari cela. Seperti lebah.

Lebah adalah makhluk Tuhan yang amat inspiratif: dia hanya mengambil yang baik-baik, melakukan dg cara-cara yang baik, dan menghasilkan yang terbaik.

Lebah hanya ambil input yang baik-baik. Tentang makanan, tak pernah tergoda makan ampas kedelai atau minum air comberan (kata agusriyanto). Sudahkah kita makan makanan yang halal dan baik? Hasil yang baik tak mungkin didapat dari input yang buruk. Hikmah metaforisnya: kalau sesuatu itu dimasukkan input yang bagus-bagus, yang positif-positif, maka hasilnya akan jauh lebih positif, jauh lebih baik. Kalau kita terbiasa mengambil input secara berpikir dan cara bertindak yang positif, masukan yang kita simpan di pikiran yang positif, disimpan didalam hati kita bagus-bagus seperti bunga. Maka akan lahirlah pribadi yang seperti Madu (kata Aa’ Gym).

Lebah pun bekerja dengan baik; sarangnya dijaga tetap steril, bagi tugas dan kerja samanya istimewa, dan sebagainya. Pun ketika dia menjelajah, ke manapun lebah hinggap, tak ada ranting yang patah. Dia tak pernah menjadikan dirinya bagian dari masalah. Dia hinggap untuk membantu. Maka sudahkah kita selalu menjadi bagian dari solusi di komunitas manapun kita “hinggap”?

Lebah juga menghasilkan output yg baik: madu yang istimewa, bukan limbah atau sampah. Kita sudah amat familiar dengan berbagai khasiat dari madunya lebah:untuk menambah daya tahan tubuh, memperbanyak produksi ASI, menyembuhkan darah tinggi, melancarkan darah dan urine, menyembuhkan panas dalam, mengobati reumatik, memperlancar fungsi otak, menyembuhkan luka bakar, dan seterusnya dan seterusnya. Banyak sekali. Maka sudahkah kita hasilkan manfaat dari diri kita? Satu pun, ada kah manfaat yg bisa didapat orang lain dari diri kita?

Bahkan saking besarnya kontribusi sang Lebah, “dunia” serasa tak lengkap tanpa keberadaannya. Dengan bantuannya terhadap proses penyerbukan, lebah telah membantu ekosistem dengan memudahkan proses pembiakan pelbagai spesies tanaman dan tumbuhan, termasuk yang menjadi sumber makanan kita. Di Amerika, fenomena kehilangan koloni lebah dianggap sebagai penyebab industri buah-buahan di negara itu terancam. Karena di Amerika saja, 1/4 dari seluruh penyerbukan yang terjadi pada tanaman buah-buahan untuk manusia disumbangsihkan oleh lebah. Jika dikonversikan, nilai kerja per tahun dari lebah setara dengan $10 miliar! Sampai-sampai senat Amerika harus membuat undang-udang penjagaan habibat agen penyerbukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar