aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 04 Mei 2013

Guru Sebagai Inspirasi Cita cita Siswa SMP

“Ayo anak anak ambillah secarik kertas lalu tuliskan cita citamu....” pesan guru kepada siswa SMP kelas VII.

Maka anak anak pun segera menuliskan cita cita nya dengan cepat lalu kertas dibalik menandakan bahwa ia sudah menuliskan,ada yang masih membayangkan apa yang harus dituliskan,ada yang bertanya kepada teman bahkan ada yang sama sekali tidak tahu apa yang harus ditulisnya. Itulah gambaran siswa usia SMP dalam memahami arti cita cita bagi dirinya.

Mungkin terlalu dini untuk “mendorong’ siswa SMP menentukan arah dari cita cita ,namun dengan siswa mengimajinasikan “mimpi” sejak dini akan mempermudah bagi guru memotivasi siswa untuk meraihnya. Sebagian besar siswa SMP sulit atau belum memiliki rencana aktivitas jangka panjang dalam jenjang karir pendidikannya atau bahkan mendeskripsikan dengan jelas apa cita citanya. Pandangan akan arah tujuan pendidikan yang dijalani siswa tidak bisa stabil dan logis. Mengingat wawasan dan pola pikirnya masih banyak dipengaruhi oleh teman sebaya,informasi dan lingkungan sekitar.

Meskipun demikian siswa SMP tidak ada salahnya mulai diberikan wawasan,kesempatan ,semangat ,pengalaman untuk menjelajahi berbagai peran,serta mengenal beragam profesi untuk memberikan wacana dan pengetahuan tentang masa depan .Sekaligus dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk belajar memilih cita cita dan memperjuangkannya dengan belajar bersungguh -sungguh.  


Inilah kiat Praktis yang semestinya dapat dilakukan guru memotivasi siswa:

  • Sebelum menjelaskan isi teori /konsep yang akan dijadikan materi pembelajaran, ajaklah siswa untuk mencari dan menemukan tokoh /sejarah penemuan konsep dan teori yang akan dipelajari .
  • Fokuskan pada perjuangan ,kerja keras,kreativitas,kegigihan ,semangat dan kepekaan terhadap lingkungan agar dapat mengenali dan menginternalisasi sistem “nilai” para tokoh tersebut untuk tokoh panutan bagi siswa.
  • Mintalah siswa untuk mengindentifikasi dan mendeskripsikan nilai nilai penting dan menuliskannya, sekaligus dorong siswa untuk memberikan pendapat atau kesan atas nilai nilai dari tokoh yang sudah diketahuinya.
  • Jangan paksa siswa untuk secara langsung meniru,bangga atau menginternalisasi nilai nilai para tokoh apalagi dengan membandingkan perilaku siswa dan para tokoh bersangkutan ,hal ini hanya akan membuat siswa tidak berempati terhadap materi yang dipelajarinya.
  • Minta siswa menuliskan apa yang mereka impikan di masa depan,lantas bagaimana mereka mencapainya..,,biarkan mereka menuliskan menurut pendapatnya sendiri jangan didikte atau dikomentari.
  • Motivasilah siswa untuk membaca dan mengambil referensi kesuksesan para tokoh sebagai sumber inspirasi meraih keberhasilan siswa meraih cita cita.  

" Seorang guru adalah sumber inspirasi untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri peserta didik dalam meraih cita citanya dimasa depan. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar