aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Kamis, 29 Agustus 2013

Monumen Bambu Runcing Surabaya

Bambu Runcing adalah sebuah senjata yang terbuat dari bahan baku bambu yang diruncingkan. Senjata ini dahulu konon digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai alat perlawanan melawan penjajahan kolonialis Belanda.

Pada saat ini bambu runcing baik berupa logo atau monumen banyak digunakan oleh berbagai daerah di Indonesia untuk melambangkan keberanian dan pengorbanan para pejuang dalam meraih kemerdekaan. Monumen Bambu Runcing Surabaya salah satunya.

Terletak di jalan Panglima Sudirman yang merupakan jalan utama di Kota Pahlawan ini, Monumen Bambu Runcing berdiri tegak. Berbentuk sekumpulan bambu runcing yang merupakan lambang semangat arek-arek Suroboyo saat melawan penjajah dengan menggunakan senjata seadanya berupa sebilah bambu yang ujungnya diruncingkan.

Bangunan bersejarah ini (Monumen Bambu Runcing) merupakan salah satu dari beberapa ikon kota Surabaya. Terdiri dari 5 buah pilar beton yang tingginya tidak seragam dibentuk menyerupai bambu runcing. Pada saat tertentu, air akan keluar dari masing-masing lubang bambu seperti air mancur. Monumen ini dikelilingi berbagai tanaman hias warna-warni sehingga tampak asri dan segar sesaat melintasi perjalanan disekitar Surabaya Pusat yang lumayan penat akan kemacetan saat menjelang pagi dan sore.

Itulah tadi posting singkat tentang Wisata Bambu Runcing Surabaya. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar