aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Senin, 29 Oktober 2012

Mengapa Ada Rasa Rindu?

 
Setiap dari kita pasti memiliki hati, setiap hati tentu memiliki ruang, lalu di ruang hati itu tercipta beragam rasa yang dipengaruhi oleh keadaan, tempat dan juga waktu. Satu diantara sekian banyak rasa itu ada perasaan yang disebut dengan RINDU.
Apa itu rindu?

Dan kenapa ada Rindu ?
Hmmmm, Terkadang kata rindu memang susah untuk diartikan, dan rasa rindu juga susah untuk diungkapkan dengan kata-kata. Tapi bagaimanapun, segala sesuatu pasti memiliki arti dan ada sebab dan alasan kenapa itu bisa terjadi. 

Okey lah kalo begitu, Inilah yang aku tahu Sobat :
  • Rindu adalah perasaan yang tiba-tiba muncul saat kita menginginkan sesuatu yang pernah ada, mendambakan suasana yang pernah terjadi di masa lalu kita, atau yang baru saja pergi dan menghilang.  
  • Rindu adalah mengharapkan kembali seseorang yang pernah ada di hidup kita, menanti kedatangannya dan ingin segera bertemu melepaskan rasa gundah. 
  • Rindu adalah perasaan mengharap kembali apa-apa yang biasa terjadi di hidup kita, Yaitu hal-hal yang menyenangkan, suasana yang menggembirakan, tempat yang indah, keadaan yang nyaman, seseorang yang menarik hati atau apapun yang menakjubkan di waktu yang lalu. 
  • Rindu adalah rasa hati yang gundah gulana, sesakkan dada, mengganggu pikiran, uring-uringan dan mungkin bisa juga dikatakan dengan istilah GALAU, kata yang sempat begitu popular di telinga kita sampai saat ini. Intinya tak sabar lagi ingin bertemu dengan sesuatu yang semakin kita nantikan semakin kita harapkan. 
Terkadang Rindu itu memang pedih, tapi Ia adalah kepedihan yang berujung manis, Karena ada kebahagiaan berlebih saat terpenuhi dengan yang kita inginkan. 

Rindu itu mengharukan tapi juga menggairahkan, keheningan yang menggelisahkan. Rasa hati yang hampa, lara, pilu dan sebagainya yang sangat mengganggu perasaan hati. Ia juga bisa meracuni pikiran dan membuat konsentrasi hilang dari otak kita. 

Rasa Rindu yang berlebih juga bisa membuat kita termenung, bersedih, dan mungkin bisa membuat kita menangis. Karena keinginan kita begitu membara dan tak bisa dikendalikan lagi. 

Rindu juga bisa membuat kita bertingkah lucu tanpa kita sadari. Kita jadi tersenyum sendiri, melamun sendiri, atau mungkin tertawa sendiri dalam keheningan. Hal itu wajar karena rindu bisa membuat kita larut seperti ngobrol dengan perasaan kita sendiri. Namun hati-hati jangan sampai gila karena rindu. Hehehee… 

Objek dari rasa rindu memang banyak macamnya, bisa rindu pada kenangan, rindu pada masa lalu, rindu pada teman lama, rindu pada sahabat, rindu orang tua, rindu keluarga dan yang paling umum dari rasa rindu itu adalah rasa rindu pada kekasih hati. Atau dikenal dengan istilah Kangen

Nah itu dia sebagian efek dari rasa rindu yang bisa terjadi pada hati yang sedang dilanda cinta. Maunya ingin selalu bertemu, ingin slalu dekat dengan sang pujaan hati, ingin slalu berada disisinya. Karena perasaan orang yang jatuh cinta itu telah terikat oleh kebersamaan. Jadi saat sedang berjauhan atau berpisah perasaannya seperti ada yang kurang. Ada yang hilang dari kesadaran jikalau sedang dimabuk cinta. Yah, begitulah kira-kira. 

Mungkin dari uraian di atas sebagian bisa sedikit menjawab pertanyaan ”Kenapa ada rindu?”
Ini sekedar tambahan untuk lebih memperjelas lagi kenapa sih bisa ada rindu ? 

Contoh sederhana menurut saya yaitu bahwa setiap manusia memiliki sebentuk perasaan hati. Hati juga seperti halnya dengan perut. Perut butuh untuk makan, saat tak ada makanan yang mengisi perut tentunya kita akan merasa lapar. Merasa butuh untuk makan dan menginginkan makanan yang pernah mengisi perut kita. Dan tentu saja hanya jika sudah diisi dengan makanan barulah perut itu bisa merasa lega alias kenyang. 

Nah, begitupun dengan hati. Hati membutuhkan apa-apa yang bisa membuat kita merasakan kembali sesuatu yang pernah kita rasakan. Atau bisa saja sama sekali belum pernah kita rasakan tapi sangat kita idam-idamkan. Itulah kebutuhan, itulah keinginan. Karena kebutuhan dan keinginan itu, menyebabkan muncul rasa yang berlebihan yang dinamankan Rindu. 

Intinya kenapa ada rindu yaitu karena ada yang dibutuhkan dari perasaan. Ada yang diinginkan mengisi hati yang kosong. Dan kekosongan itu hanya bisa diisi dengan terwujudnya keinginan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar