aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Jumat, 02 Agustus 2013

Prof Furqon: Rekrutmen Guru Harus Benar-benar Fair

Pakar pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd menyatakan, seorang guru harus memiliki karakter kuat dan cerdas.

“Karakter kuat dan cerdas berimplikasi bahwa guru atau semua unsur pendidikan harus memiliki target pendidikan,” jelas Prof Furqon kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Kentingan, Jebres, Solo.

Target pendidikan, menurut Furqon yang juga Dekan FKIP UNS, ada dua. Yang pertama, membentuk manusia berakhlaq atau berkarakter, siapapun lulusannya. Kedua, membentuk atau membangun manusia pembelajar.

“Manusia pembelajar ini agar menjadi cerdas. Agar cerdas maka perlu belajar,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Prof Furqon, Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) harus mencari input yang terbaik. Sebab masih ada peluang luas untuk memilih terbaik dari bangsa ini untuk menjadi guru.

“Hanya sekarang ini perlu ada penguatan kelembagaannya, karena jumlah LPTK sekarang ini sudah banyak sekali,” tandasnya.

Setelah itu, lanjut Dekan FKIP UNS tersebut, adalah pembelajaran yang bagus. Istilah lulus susah pada hakekatnya adalah pembelajaran yang bagus. Selain itu sistem rekrutmen guru yang fair. Sehingga guru yang baik dan berkualitas memang dipilih betul.

“Berdasarkan pengalaman, mereka yang lulus ranking 1 hingga 10 di LPTK yang berkualitas, dijamin bisa diterima sebagai guru, dengan catatan rekrutmen dilakukan secara fair. Karena lulusan itu memiliki kemampuan adaptable,” ungkapnya.

Prof Furqon menyatakan, bila hal itu dilakukan maka bisa diyakini bahwa pendidikan Indonesia akan menjadi baik dan berkualitas. Peluang itu besar untuk dilaksanakan era sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar