aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Jumat, 28 September 2012

Generator Van de Graff

Apa itu generator Van de Graff ??? 
Generator Van de Graff adalah mesin pembangkit listrik yang biasadipakai untuk penelitian di laboratorium. Salah satu contoh generator Van de Graff yang ada di Indonesia terdapat di Pusat Peragaan Iptek di Taman Mini Indonesia Indah. Generator ini dibuat oleh Robert Jemison Van de Graaff (1901-1967). Beliau adalah seorang fisikawan berkebangsaan Amerika Serikat. 

Generator Van de Graff terdiri atas :
a. dua ujung runcing yang terdapat di bagian atas dan bawah
b. sebuah silinder logam yang terdapat di bagian bawah
c. sebuah silinder polietilen yang terdapat di bagian atas
d. sabuk karet yang menghubungkan kedua silinder
e. konduktor berongga berbentuk bola (kubah)

   
Generator Van de Graff

Generator Van de Graff prinsip kerjanya sama dengan menghasilkan muatan listrik dengan cara menggosok (metode gesekan). Gesekan antara sabuk karet dengan silinder logam bagian bawah menimbulkan muatan listrik negatif pada sabuk karet. Gesekan antara sabuk karet dengan silinder politilen bagian atas menimbulkan muatan listrik positif pada sabuk karet. 

Gerakan sabuk karet ke atas membawa muatan negatif mengalir ke kubah melalui ujung runcing di bagian atas. Elektron akan tersebarmenempati seluruh permukaan kubah. Pada kubah bagian dalam tidak terdapat elektron. Adapun, gerakan sabuk karet ke bawah membawa muatan positif. Muatan positif sabuk karet ini mengalir melalui ujung runcing bawah ke tanah untuk dinetralkan. 

Silinder logam bawah dijalankan dengan motor listrik, sehingga sabuk karet terus-menerus bergerak, menghasilkan muatan negatif mengalir ke kubah, sehingga terbentuk muatan listrik yang besar pada kubah generator Van de Graff.

Sumber : pustakafisika.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar