Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Rabu, 19 Desember 2012

PERAN SEORANG GURU


Dalam pendidikan, kedudukan guru teramat sentral, karena langsung berhadapan dengan peserta didik. Sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan di suatu negara. Baik tidaknya kualitas pendidikan di suatu negara, sangat ditentukan oleh peran maupun kualitas guru-gurunya. Untuk itu, seorang guru harus memahami tugas dan perannya dalam pendidikan. Disini saya informasikan beberapa peran guru dalam pendidikan. 
  1. Didalam masyarakat Guru adalah satu profesi yang sudah lama dikenal dan tetap dibutuhkan dalam masyarakat maju atau masyarakat modern .
  2. Bangsa yang maju adalah bangsa yang baik pendidikanya, baik pendidikanya maka akan meningkat kualitas sumberdaya manusinya, Sumberdaya yang meningkat akan otomatis akan meningkat kesejahteraanya.
  3. Salah satu komponen penting dalam upaya meningkatkan pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan guru menjadi berkualitas, profesional, dan berpengetahuan.
  4. Tugas guru bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.
  5. Guru yang profesional adalah guru yang menguasai materi pelajaran, menguasai kelas, mengendalikan prilaku peserta didik , bisa menjadi teladan, dapat membangun kebersamaan, dapat menghidupkan suasana pembelajaran dan menjadi manusia pembelajar.
  6. Guru abad XXI adalah seorang saintis yang menguasai ilmu pengetahuan yang ditekuninya .Sebagai ilmuwan gurutergolong elit intlektual, mampu menjadi fasilitator, motivator, inspirator, dan inovator alam transformasi pembelajaran anak didik.
  7. Guru bukanlah profesi kelas dua, sebab itu calon guru sebaiknya adalah insan terpilih untuk jabatan profesi mulia.
  8. Fungsi komunikator, sebagai komunikator guru memiliki peran yang berkaitan dengan informasi. Untuk itu seorang guru selain penyedia informasi bagi peserta didik, juga be rupaya menyaring informasi tersebut agar informasi yang diberikan pada siswa adalah informasi yang benar- benar sesuai dengan kebutuhan siswa, dan berusaha bagaimana cara informasi tersebut dapat diterima dan dipahami.
  9. Fungsi komunikator guru erat kaitanya dengan kemampuan guru dalam memberikan motivasi baik secara verbal maupun non verbal,instrinsik dan ekstrinsik kepada peserta didik, karena efektivitas komunikasi sangat mempengaruhi keberhasilan dalam memotivasi.
  10. Sebagai komunukator kaitanya dengan memotivasi peserta didik bagaimana guru berhasilmembangkitkan motivasi belajar dengan cara- cara komunikasi yang efektif yang dapat membangkitkan minat misalnya bagaimana guru memperjelas tujuan yang akan dicapai,bagaimana upaya dalam merumuskan bersama tujuan ,bagaimana cara menghubungkan bahan pelajaran dengan kebutuhan siswa agar bisa dipahami.
  11. Sebagai komunikator, guru bertugas mengkomunikasikan peserta didik dengan berbagai sumber belajar misalnya ; memberikan informasi tentang sumber yang digunakan, tempat belajar yang kondusif, informasi tentang sumber- sumber belajar yang lain.
  12. Peran sebagai komunkator. Guru dapat mengkomunikasikan materi pembelajaran dalam bentuk verbal atau non verbal dalam kelas atau di luar kelas melalui komunikasi inter personal atau kelompok kecil atau klasikal.
  13. Didalam kelas Guru menjelaskan, siswa bertanya, menyimak, sebaliknya guru memberikan arahan tugas, menjawab pertanyaan, dan mencari solusi bersama keduanya aktif dengan tetap sentral pada siswa. 
  14. Prey Katz menggambarkan peranan guru sebagai komunikator yaitu sebagai sahabat yang dapat memberikan nasehat-nasehat, pemberi inspirasi dan dorongan,pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai-nilai.
  15. Fungsi sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator guru menyediakan berbagai sarana dan prasarana belajar dan kemudahan-kemudahan lain yang menyebabkan para siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik ( mulai dari merencanakan dan mengorganisasikan proses pembelajaran dengan baik). 
  16. Guru sebagai fasilitator memiliki peran memfasilitasi peserta didik secara maksimal dengan mempergunakan berbagai strategi, metode, media, dan sumber belajar. Belajar dapat dilakukan dikelas atau di luar kelas.
  17. Sebagai fasilitator guru berperan dalam memberikan layanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Melalui usaha yang sungguh-sungguh , guru ingin agar ia mudah menyajikan bahan pelajaran dengan baik .
  18. Sebagai komunikator erat kaitan dengan fungsi sebagai fungsi dinamisator, fungsi sebagai teladan, fungsi sebagai orang tua, fungsi sebagai sahabat/teman dan fungsi sebagai penghibur. 
  19. Peran sebagai komunikator adalah termasuk dalam kompetensi sosial yang diamanatkan dalam UU Guru dan dosen yaitu UU No.14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1 yang menyatakan kompetensi sosial melipiti kemampuan guru berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, sesama guru, wali murid dan masyarakat.
Semoga bermamfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar