aguspurnomosite.blogspot.com

aguspurnomosite.blogspot.com
Berpikir Luas Membuka Cakrawala Kehidupan! Berusaha Memberikan Yang Terbaik Untuk Masa Depan! Katakan "Go Go Go SEMANGAT" !!!

Sabtu, 12 Januari 2013

Wolfgang Pauli : Tokoh Fisika Dunia Penemu Formula Neutrino


Beberapa waktu yang lalu dunia dikejutkan dengan penemuan para ilmuwan tentang adanya partikel yang dapat bergerak melebihi kecepatan cahaya. Partikel ini disebut dengan Neutrino. Tokoh fisika dunia yang pertama kali merumuskan hal ini adalah Wolfgang Pauli. Fisikawan dari Austria yang kala itu memformulasikan neutrino pada tahun 1930. Neutrino merupakan partikel dengan massa sangat kecil, ringan dan dapat bergerak cepat.

Tokoh Fisika Dunia Pencetus Neutrino

Wolfgang Pauli. Dialah salah satu tokoh fisika dunia yang terkenal karena teori fisika kuantumnya. Dia dilahirkan pada tahun 1900 di Vienna. Serta pernah memenangkan hadiah nobel pada tahun 1945 karena penemuannya pada hukum baru yakni prinsip larangan pauli. Hal ini atas nominasi dari Einsten. Memang jarang ada ilmuwan yang bisa disejajarkan dengan Einsten karena kehebatannya. sedangkan Pauli adalah salah satu dari sedikit ilmuwan yang bisa di sejajarkan dengan Einsten tersebut. Einstein pun mengakui kehebatan Pauli.

Peristiwa Pertama Kali Ditemukannya Neutrino Oleh Pauli Sebenarnya jauh sebelum neutrino ditemukan Einsten sudah memprediksikan adanya sebuah benda yang mampu bergerak dengan kecepatan melebihi cahaya yang ia sebut sebagai tachyon. Pertama kali diformulasikannya neutrino pada tahun 1930. Saat itu Wolfgang Pauli sedang bingung dan pusing karena tidak dapat menjelaskan fenomena yang terjadi pada peristiwa peluruhan beta (beta decay) yang mengubah neutron menjadi elektron dan proton.

Terdapat energi yang hilang pada peristiwa peluruhan tersebut. Pauli bingung dengan energi dan momentum yang hilang tersebut serta bagaimana menjelaskannya. Akhirnya ia berinisiatif mengusulkan bahwa energi yang hilang pada peristiwa peluruhan beta tersebut merupakan energi yang dipakai oleh sebuah partikel yang sangat kecil, ringan, tidak mempunyai massa, tidak terlihat dan mampu bergerak dengan kecepatan cahaya.

Partikel ini yang kemudian pada empat tahun kemudian diberi nama neutrino oleh Enrico Fermi. Neutrino bisa berarti little neutral one atau si kecil yang netral. Lalu pada tahun 1956 dua orang ilmuwan melakukan eksperimen dan menemukan adanya neutrino di dalam reaktor nuklir.

Pada perkembangan selanjutnya banyak ilmuwan yang mempelajari dan melakukan berbagai eksperimen tentang neutrino. Hingga beberapa waktu yang lalu dunia dihebohkan karena adanya neutrino oleh para ilmuwan dunia. Hal ini menjadi perbincangan hangat diantara para tokoh fisika dunia karena dapat meruntuhkan teori relativitas Einsten.
Sumber : uniqpost.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar